[Trivia] Reply 1988: The Meaning of Pink Gloves


Aku membaca sebuah teori menarik dari DC yang diterjemahkan oleh salah satu fans di forum soompi.
aku membaca teori itu semalam, tengah malam dimana semua udah pada tidur dan aku ketawa & teriak sendiri membacanya!!!
Tiba-tiba aku merasa dadaku lapang dan mulai senyam senyum lagi. Aku bersyukur ada yang berfikiran seperti teori itu LOL.

Aku menamakan ini teori Sarung Tangan Pink!
Karena ini berhubungan dengan sarung tangan pink milik Deok Sun. Dari pada teori, mungkin lebih tepat dinamakan 'sebuah kemungkinan' atau sejenisnya, karena ini hanya tebakan fans korea, namun, tebakannya ini bisa saja benar dan aku merasa kalau itu mungkin saja.
Oleh karena itu aku mau menuliskan teorinya dalam postingan ini.
Mungkin sudah ada yang baca teorinya di soompi, so? Bagaimana pendapatmu?

Ini hanya ringkasan dari teori yang dituliskan oleh mint di DC Gall : http://gall.dcinside.com/board/view/?id=reply1988&no=128728&page=1&exception_mode=recommendx
Dan teori ini diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh einYoshiChan  di forum soompi.

Aku sudah pernah menuliskan di postingan sebelumnya, kalau aku sangat kesal saat Deok Sun ragu memilih 2 sarung tangan dilacinya : sarung tangan pink dari Taek dan sarung tangan pink dari Jung Hwan (yang berjari-jari).
Dan kita semua tahu kalau Deok Sun akhirnya mengakhiri keraguannya dengan memilih sarung tangan dari Taek.

Jung Hwan memberikan sepasang sarung tangan pink muda pada Deok Sun sebagai hadiah natal. Kita semua tahu kenapa dia memberikannya, well, he loves Deok Sun.
Saat adegan didalam bus, Deok Sun diam saja sambil mendengarkan musik dari walkmannya, ia mungkin terlihat menikmati musiknya tapi sebenarnya ia sedang memikirkan alasan : Kenapa Jung Hwan datang ke MC Donalds meski ia marah saat di telpon (buktinya saat Deok Sun menjauhkan telpon dari telinganya) dan bahkan memperlakukan teman-temannya dengan baik. Saat di MC Donalds, Deok Sun langsung ke toilet setelah diomeli juga kan? Nah, disana kemungkinan besar dia juga berfikir hal yang sama.

 
Dia masih belum menemukan jawabannya, makanya didalam bus ia juga berfikir. Itu sebabnya saat Jung Hwan mengambil earphone dari telinganya, dia tidak menanyakan apa-apa dan hanya melihat dengan shock, kenapa Jung Hwan melakukan hal itu.
Keduanya sudah bersama-sama sejak lahir atau setidaknya sejak kecil, Deok Sun tahu betul bagaimana sifat Jung Hwan dan bahkan ia memanggilnya Gae Jung Pal, sering marah-marah, suaranya keras, tidak suka diganggu dan cuek. Tentu saja Deok Sun akan berfikir kenapa tiba-tiba Jung Hwan jadi berubah seperti itu. Dia bertanya-tanya kenapa Gae Jung Pal jadi bersikap baik padanya.

Saat Deok Sun dan Jung Hwan menonton TV di kamar Taek, Deok Sun mengatakan kalau dia juga ingin sarung tangan pink seperti Lee Mi Yeon.
Jelas kita lihat kalau Jung Hwan mengejeknya dan mengatakan sarung tangan itu terlihat bagus karena Lee Mi Yeon yang memakainya.
Saat adegan di bus, kita melihat kalau Jung Hwan memperhatikan tangan Deok Sun yang bergerak mengikuti irama musik, diam-diam ia memperhatikannya dan kemudian ia tersenyum manis.
Kemungkinan saat itu Jung Hwan berfikir kalau cuaca akan semakin dingin memasuki musim dingin, Deok Sun tidak punya sarung tangan, seperti hari itu dia keluar tanpa sarung tangan, jadi ia tersenyum dan teringat kalau Deok Sun ingin sarung tangan, dan karena alasan itu lah ia memberikan sarung tangan sebagai hadiah natal.
KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAa!!! Ternyata makna-nya panjang banged yak!!!

Nah, masalah berikutnya adalah, kenapa Jung Hwan membeli sarung tangan dengan 5 jari???? (ngerti kan maksudnya, yang mana sarung tangan TAek dan mana sarung tangan Jung Hwan HAHAHHAA)

Si penulis mengatakan kemungkinan itu karena Jung Hwan ingin memberikan pesan tersembunyi alias kode-kode, bahwa Jung HWan tidak melihatnya sebagai teman masa kecil lagi, melainkan seorang wanita cantik sekarang.
Kok Bisa? Nah, Jung Hwan menyukai Lee Mi Yeon, ia selalu mengatakan kalau Lee mi Yeon itu cantik dan cantik. Sarung tangan yang dirajut Lee Mi Yeon dalam drama itu adalah sarung tangan berjari. Karena itu ia memutuskan membeli yang model seperti itu, artinya sekarang ia menganggap Deok Sun seperti Lee Mi Yeon, baginya. Wanita cantik yang ia sukai.

Saat Deok Sun menyadari hadiah natal itu dari Jung Hwan, ia terlihat terkejut dan berfikir, ia mulai bertanya-tanya dalam hati, Kenapa Jung Hwan memberikannya hadiah natal di tahun ini. MENGAPA HANYA MEMBERIKANNYA PADANYA?!
Tapi pada akhirnya, meski ia masih bertanya-tanya, ia justru mencobanya di depan cermin dan terlihat bahagia.
Kenapa Deok Sun diam saja? Kenapa dia tidak mengungkit menanyakan : KENAPA KAU MEMBERIKU HADIAH NATAL?! dan bahkan Deok Sun tidak mengungkit itu sama sekali. Deok Sun dalam diamnya menyimpan semuanya.

Saat epiosde 8, kita melihat Deok Sun ragu mau menggunakan sarung tangan yang mana, apakah yang diberikan Taek atau Jung Hwan.
Ia terlihat berfikir sebentar dan akhirnya memilih sarung tangan yang diberikan Taek.
KENAPA dia memilih sarung tangan dari Taek?????

Pertama, karena hal ini akan mudah dijelaskan. Jika seandainya ada yang bertanya : kau dapat hadiah sarung tangan itu dari siapa?
Deok Sun akan mudah menjawab kalau itu hadiah dari Taek, dari game manitto, Taek sebagai secret santanya.
Toh, tidak akan ada yang penasaran kenapa Taek memberikannya, entah ada perasaan lain atau tidak, yang jelas kalau ditanya ya jawab aja hadiah game manitto.
Kedua, jika Deok Sun menggunakan hadiah dari Jung Hwan, maka itu akan mempunyai arti lain lagi. Kalau ada yang bertanya, maka ia akan sulit menjawab, jika dia bilang itu hadiah natal, akan ada pertanyaan lain, Kenapa Jung Hwan memberinya hadiah natal dan masalah akan panjang.
Karena itu Deok Sun tidak memakai sarung tangan dari Jung Hwan.

Dan hal itu akan memberi spekulasi baru, bahwa sebenarnya Deok Sun TAHU kalau Jung Hwan menyukainya!
Jika dia tidak tahu, tidak mungkin dia merasa terbebani memakai hadiah dari Jung Hwan kan? Toh keduanya sama-sama hadiah.
Deok Sun hanya mencoba untuk menyangkal perasaan itu. Ia tahu kalau Jung Hwan bersikap baik padanya mungkin karena meyukainya, tapi melihat dari sikap Jung Hwan selama ini padanya, dia jadi ragu. Karenanya dia menyangkal, Ah, ga mungkin Gae Jungpal suka sama aku.

Bukti lainnya, selama ini Deok Sun selalu diam saja dengan semua kejadian bersama Jung Hwan, alias dia kelihatan ga kepikiran hal itu atau terlihat menganggap hal itu biasa atau ga peduli.
Saat adegan dalam bus, saat Jung Hwan menunggunya saat hujan, saat Jung Hwan memberinya payung saat dia kehujanan, adegan terjebak di gang kecil, Deok Sun sama sekali tidak pernah membahasnya lagi.
Dia tidak sebodoh itu kan? Dia gadis 18 tahun yang tahu mencintai juga, jadi dia ga mungkin sebodoh itu kalau dia ga tahu perasaan JUng Hwan padanya.
Pasti disudut hatinya dia menggunakan kata 'mungkin' hanya saja, dia belum mengakuinya karena ragu.

Kenapa?
Karena Deok Sun baru saja patah hati dan kecewa karena Sun Woo.
Bahkan saat teman-temannya mengatakan kemungkinan kalau Jung HWan menyukainya, Deok Sun menolak habis-habisan, karena dia masih trauma. Karena dulu, gegara perkataan teman-temannya lah dia pikir Sun Woo suka padanya, ujung-ujungnya dia patah hati.
Jadi kali ini, dia tidak mau lagi terlalu berharap.
Saat ia menyukai Sun Woo, Deok Sun menunjukkan dengan agresif, dan saat dia membenci Sun Woo, Deok Sun tidak segan-segan menunjukkannya juga!
TApi kenapa dalam kasus Jung Hwan dia diam saja?

Seperti yang aku bilang, karena dia trauma.
Saat ia berfikir Sun Woo menyukainya, Deok Sun juga mendapat banyak petunjuk dan tanda-tanda kalau Sun Woo memang suka padanya. TApi ternyata Sun Woo malah menyukai kakaknya.
Jadi meskipun temannya mengatakan 100% Jung Hwan menyukainya, Deok Sun tidak mau percaya lagi, karena dia tidak mau sakit hati lagi.

Tapi Deok Sun tentu saja yang paling tahu tentang hal itu. Meskipun ia bodoh dalam pelajaran, tapi sebagai seorang remaja 18 tahun, dia tidak mungkin tidak merasakannya.
Ia tahu dan masih menyimpan untuk memastikannya dulu.
Jung Hwan sendiri frustasi karena Deok Sun tidak sadar-sadar, Jung HWan tidak mau mengatakan karena ia ingin Deok Sun sendiri yang sadar, dia ingin Deok Sun membalas perasaannya karena Deok Sun merasakan hal yang sama.
Dia tidak ingin Deok Sun terbebani kalau dia mengaku, atau suka karena ada yang bilang suka. HAHHAHAAHA.

Nah, ada fans yang mengatakan juga kalau sebenarnya, sebelum menyukai Sun Woo, Deok Sun itu menyukai Jung Hwan terlebih dahulu.
Teorinya, Deok Sun sudah lama menyukai Jung Hwan, karenanya saat adegan nonton film di episode 1, dia maah-marah ke Jung Hwan.
Sifat Jung Hwan, kita semua tahu, bagaimana usilnya dia, pemarah dan bla bla bla, jadi, mungkin Deok Sun masih ragu dan bingung kenapa dia menyukai pria seperti itu, dan lagi, ia tidak mengaku karena pasti akan jadi bahan ejekan. Karena itu Deok Sun menyerah bahkan sebelum memulai.
Saat itu lah baru dia mendapat pencerahan saat temannya mengatakan Sun Woo menyukainya, dan perhatian Deok Sun langsung teralih.

Tapi perasaan itu sudah lama terkubur, mungkin Deok Sun menyukainya saat mereka masih SMP atau SD, karena itu, saat adegan Jung Hwan melindungi Deok Sun di bus, Deok Sun terlihat tersenyum kecil, ia juga tidak menanyakan apa-apa lebih lanjut.
DAn saat adegan Jung HWan menjemputnya dan memberikan payung malam itu, Deok Sun tampak terkejut juga, saat melepas earphone di bus, dia juga terkejut. Deok Sun tahu. Tapi dia masih menyimpannya dalam hati, sampai dia benar-benar yakin. Dia tidak mau patah hati lagi.

Nah tentang siapa yang disukai Deok Sun dalam diarinya,  sampai sekarang aku masih percaya itu Sun Woo, tapi semalam ada yang bilang bagaimana kalau itu bukan Sun Woo, melainkan Jung Hwan?
Bagaimana kalau seseorang yang ditulis Deok Sun dalam diarinya adalah Jung Hwan?
Itu bisa menjadi sebuah kemungkinan juga, karena seingatku Bo Ra tidak pernah mengatakan nama siapa-siapa, jadi kita masih belum tahu kalau itu adalah Sun Woo. Iya kan?
Aku juga baru kepikiran jadinya, hmmm, semisalkan ternyata itu diari lama dan yang ditulis Deok Sun dalah Jung Hwan, plot twist PD-nim emang KEREN!!! HAHAHAHH

Reply 1988 ini lebih mirip Reply 1997, karena disini yang kita tahu adalah perasaan si pria, bukan dari sisi si wanita LOL.
Aku suka banged sama teori-teori di soompi, LOL, pengin aku terjemahin semua tapiiiiii....
Sampai disini dulu postingan kali ini, sampai jumpa di teori berikutnya Kekekekeke

21 comments:

  1. Salut sama netizen yang benar-benar mikirin berbagai kemungkinan waktu nonton #Reply1988 (y) Seri Reply 1988 ini bagiku emang benar-benar digarap maksimal dgn alur semengalir mungkin hingga bahkan kita terkadang baru menyadari kalo ada kode-kode khusus yang bisa jadi petunjuk setiap kali nonton episodenya..SWH PD-nim, writer, crue dan semua cast emang luar biasa!! Jjang!! Daebak!! (o^^)o
    Seneng banget Hazuki-chan antusias banget sama Reply 1988, ga banyak ketemu yang se-hype kamu dan yg lain sesama netizen jadinya aku pas kepo dpt info2 tiap hari *efek ngeracun di dunia nyata belom berdampak*
    Mau main ke forum naver atau soompi bahasa Koreaku masih level PAUD..hahaaa..jadi kalo ada kabar2 atao heboh di forum pulisss diupdate jaaa..gomawo!! :))

    ReplyDelete
  2. Setiap hari ngecek apakah ada postingan baru ttg Reply 1988 hihihihi suka banget sama teori2 ttg reply kali ini,spertinya para fans reply itu teliti banget hahaha aku aja gak kepikiran sampai sana ttg arti sarung tangan pink itu atau diari Deok Seon,kalau sampai memang bner dlu Deok Seon pernah suka dgn Jung Hwan brarti benar2 plot twist!!!Kyaaaa *ikutin gaya teriak mbak hazuki* wkwkwkwk

    Ditunggu lgi mbak teori barunya selagi menunggu episode 9 nanti gomawoo mbakk

    ReplyDelete
  3. Aku udah baca teorinya di Soompi tapi aku cuma nangkep beberapa halxD makanya aku senang banget klo ada yang nerjemahin teori ini... makasih yaaa kakkk..
    Iya setuju, Duksun pasti mikir dalem2 ttg perlakuan Junghwan sama dia. Aku yakin, kalau Duksun ternyata juga menyukai Junghwan, bakal ada adegan2 ttg perasaan/pikiran Duksun ttg Junghwan. Semoga ada... Dan aku penasaran bgt siapa yg nyatain perasaan terlebih dulu? Bagaimana bisa Duksun-Junghwan bisa menikah? (Kalau Junghwan memang 'the husband')

    ReplyDelete
  4. Makasih banget hazukiiiiiiii jadi tau deh teori2 yg kemungkinan ga terlihat jelas dgn mata hahaha
    Tiap hari cek blog buat cari trivia2 baru ttg #reply88 daebaaaaaaak bangetlah kalo sampe semua hal itu terjadi. Konsep segala macamnya daebak salut !!!
    Hwaiting hazuki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouhhh iyaaaa jadi penasaran nih sama trivia2 reply 94 duli. Kalo boleh tau hazuki pernah nulisin di blog ini juga ngga ? Kalo pernah ngebahas minta linknya dong :)
      Soalnya penasaran sama maksud dari boneka taz mania coklat hahah

      Delete
    2. blog nya udah di hapus T___T

      Delete
  5. Terimkasih mba airin udah bikin BTSnya ^^
    Semoga deok sun dan jung hwan bisa bersatu!!! Fighthing!!!

    ReplyDelete
  6. aduh makasi banget ya kak udah nerjemahinnya, kayak fans reply itu loyal banget yaaa dari reply 1994 1997 1988
    aku juga sekarang sydrome banget sama drama ini meski kata temanku ini drama jadul tapi mereka gaktau seberapa excitednnya drama ini!
    dan jujur aja ya sepertinya teori ini menuju kebenaran
    kenapa? karna hadiah sarung tgn itu kalau dikasi sama orang bukan karna sebagai pemberian wajib atau game pasti mikir makenya karna kan sayang bgt dan kita belum tau alasannya dia berikan klu gak dikasih langsung.
    karna takut dikirain kepedeean bener gak sih?
    terus di epi 1 deoksun kenapa teriak nya sama junghwan? kenapa gak sama dongryong atau sunwoo? karena cewe yg suka diam diam ama cowo yg memang dekat sama dia pasti cari perhatian sama tuh cowo teriak teriak gaje lah suara cempreng dikeluarkan lah, dan aku paling berkesan adalah setiap apa yg mau ditunjukin ( seperti latihan yg pas pembawa papan madagaskar) pasti junghwan yg pertama lihat dia, terus jodohnya reply 1988 ini adalah tetangganya deoksun tapi tetangga yg paling dekat dgn rumah deoksun adalah rumah junghwan
    aduh jadi komen panjang lebar gini pokoknya selalu mendukung junghwan deoksun deh.

    ReplyDelete
  7. kadang sesuatu yg sangat/paling berharga, akan dsimpan baik2
    mgkn itu maksud doksun lebih memilih memakai sarung tangan taek dari pad punya jung hwan

    jadi karna pemberian jung hwan sangat istimewa, makanya dsimpan dgn baik
    mgkn make nya nunggu ngedate
    yuuuhuu

    ReplyDelete
  8. Menurutku yg disukai deok sun pertama kali itu jung hwan karena diari ma cokolat itu tyang sebelum tmen deok sun blg sun woo suka deok dun...

    ReplyDelete
  9. Thanks bgt setiap hr post Reply 1988. Tp sedih bgt d post sebelumnya ttg ep akhr d tunda... bkn krna trtunda tp kenapa dah ngomong ep terakhr padhl bru tyang bru ep 8...

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget sama site ini. aku selalu download raw, dan karena nggak terlalu paham, aku pasti selalu baca sinopsis disini hoho. Aku sampai buka ulang episode 2 ttg coklat dan diary itu. Aku baru sadar Deokseon ngasih coklat ke tas Sunwoo sih. Tapi terungkao kalo tas Junghwan kedudukan Jinjoo. Mungkin aja dia salah masukin coklat karena dikira tas junghwan. Aku seneng banget akhirnya terungkap teori deokseon suka junghwan. Jadi junghwan nggak bertepuk sebelah tangan dong horeeeeeeeee!!!

    ReplyDelete
  11. Airin pst udh nonton bts antara hyeri sm PBG.knp hati ini rasa nya sakit yah (lebay).rasanya pengn kill my self kok bsa mereka jg pny chamistry ky gtu jd kepikiran perasan RYJ .yaaaak lebay maksimal nih,apalagi ngebayangin ep 9 dan seterusnya bkl bnyk scne antara deok sun taek jd tambah ga rela liat jyng hwan ku syang terluka.krn katanya bkl ada scene antara ds-tk d pantai waduh curang sw-nim nya kalo bwt mereka d cariin tmpt yg romantis tp kalo bwt ds-jh cm d lingkungan mereka aza.ga adil,ga rela pokok nya aq sebeeelll dan bkl marah bsr kalo mpe bkn jung hwan yg jd suami deok sun.apa perlu k banten bwt bkn sw-nim jd in jh suami ds

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Maaf sy mah sebenarnya gaptek jd ga tau caranya nge bagi link.minta sm airin aza dy pst tau soalnya sy liat itu soompi sy tau soompi jg dr airin krn ska k blog ini

      Delete
  12. Haha semuanya tergila gila smaa Jung Hwan... I love Jung Hwan... I love Reply... PD nim & SW nim silahkan siapkan seri Reply selanjutnya... kekeke...

    ReplyDelete
  13. Menurutku udah jelas banget siapa future husband dukseon. Di ep.6 cuma junghwan yg tau waktu dia ditolak sama sunwoo, dukseon suka kirim postcard ke radio. trus scene 2015 suaminya tau klo dukseon pernah ditolak sunwoo dan dukseon suka kirim postcard. trus suaminya bilang "apa yg tdk kutau darimu" siapa lagi yg dulunya suka dukseon diam-diam dan care banget sama dia.
    Di antara 4 sahabatnya, dukseon paling suka mukul2 junghwan kan. scene 2015 di ep.2 dukseon ga segan2 mukul suaminya. lol.

    #TEAMJUNGHWAN HEREEEE

    ReplyDelete
  14. waaah gila nih teorinya hahahaha :D but i enjoy it :D
    bener2 ngasih angin segar buat team junghwan abis baca ini. haha. abis frustasi banget sm Junghwan di 4 episode terakhir dari episode 11-14. yaah ep 14 blm nonton cm baca recap nya di forum soompi, semua fans pada kesel sm progress loveline JH-DS-TK jd ikutan gemes sama junghwan. semoga teori2 dari teamjunghwan benar adanya :D

    tp kyknya deoksun percaya first love nya sunwoo deh. apalagi soal coklat itu kan bener2 ditaruh di tas sunwoo dan Mi Ok - Jo Hyun bilang ke Deoksun kalo Sunwoo suka Deoksun itu bulan agustus. sedangkan Deoksun ngasih coklat itu bulan septembernya.

    ReplyDelete
  15. Betul mim menurut aku juga kalo emang deoksun nulis di diary nya dia suka sama siapa dan kakanya baca itu ga mungkin sunwoo. Kalo emang kakaknya tau deoksun suka sama sunwoo dia ga akan nerima sunwoo semudah itu. Pasti bora ragu kalo emang bora tau deoksun suka sama sunwoo.

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story