[Trivia] Talk About Reply 1988 Hint On Jung Hwan and Deok Sun


Oke. Kita kembali mengulas mengenai petunjuk-petunjuk yang ada dalam drama Reply 1988. Kita akan fokus ke petunjuk episode 9 dan 10 dan beberapa petunjuk baru yang ditemukan fans.
Aku sangat menyukai membahas petunjuk-petunjuk yang diberikan PD-nim, ini membuktikan kalau dia serius dengan setting tempat dan membuat beberapa hal kecil menjadi penyampaian jalan cerita selanjutnya.
Dalam 3 reply series sebelumnya, selalu ada petunjuk, tapi yang paling aku ingat adalah Reply 1994 yang memang kelihatan banged petunjuknya.
Nah, kali ini, PD-nim kembali men-troll kita dengan petunjuk teori warna dan juga boneka.


Hanya saja, setelah beberapa waktu ini, aku merasa teori warna sudah mulai berubah dan teori boneka juga tidak bisa dipercaya lagi. Aku menduga hal ini karena PD-nim sudah tahu kalau kita fokus pada hal-hal itu, dan dia sengaja membuat kita bingung dengan teori tersebut. HAHHAHAHAHAHAHAHA. Well, gimana pun dia lebih pintar dari kita.
Kali ini, aku akan membicarakan mengenai petunjuk yang ditemukan fans mengenai beberapa adegan yang hmmmmmmmm, bisa dibilang memang men-troll kita.

Aku beneran suka saat salah seorang fans di soompi menemukan sesuatu dengan mata elangnya.
Saat Deok Sun dan Jung Hwan pergi ke konser Starry Night, saat mereka keluar dan Deok Sun terlihat sangat bahagia karena bisa menyaksikan penyiar yang ia sukai, ia memukul-mukul Jung Hwan.
Saat itu ada fans yang keluar dari dalam aula membawa banner hati merah dan lewat, tepat dibelakang Deok Sun dan Jung Hwan. Dan ekspresi keduanya juga terlihat manis banged saat hati itu tepat ada di tengah mereka.
Apakah ini petunjuk kalau OTP kita akan bersama?????????????
Aku tahu PD-nim mempermainkan perasaan kita dengan hal itu. Karena dia mensetting tempat selalu sempurna, makanya aku yakin dia sengaja meminta pemeran pembantu membawa tanda hati itu untuk membuat kita sebagai Tim Jung Hwan excited!
KAlau ini memang petunjuk keduanya akan bersama, aku menyukainya.

Saat Jung Hwan dan Deok Sun berfoto bersama, kalian bisa melihat betapa gugupnya Deok Sun.
Awalnya dia sama sekali tidak memegang tali tas-nya kan?
Tapi saat akan berfoto dengan Jung Hwan, ia memegang tali tas-nya dan kalian bisa melihat kalau ia sangat nervous, karena itu ia menggenggamnya dengan erat dan lagi, ia kelihatan menahan nafas saat berfoto. DAn ekspresinya itu lho, kelihatan banged kalau dia nervous.
Artinya? Ya dia deg degan! Ada kemungkinan itu karena dia suka sama Jung Hwan HAHHAHAHHAAHHHAAH. KAlau dia ga ada rasa ga mungkin dia deg-degan.

Nah kita bisa melihat perbedaannya saat dia berfoto bareng Taek.
Deok Sun ga kelihatan gugup, mungkin awalnya ia kaget, tapi dia bersikap biasa kemudian, bahkan saat Taek memeluk bahunya, ia tersenyum dan tangan Deok Sun itu, dia kelihatan biasa aja. Makanya. saat itu Deok Sun tidak merasakan apa-apa, bahkan ia dengan begitu mudahnya memakai baju Taek. LOL.
Aku tidak mengatakan kalau Deok Sun tidak menyukai Taek lho, hanya saja tidak ada perasaan romantis saat itu, kita ga tau juga ceritanya mau dibawa kemana, yang jelas, untuk saat ini, Deok Sun hanya menganggap Taek adik kecilnya.

Mengenai scene di episode 10, aku merasa buruk pada Jung Hwan karena sepertinya timingnya di episode 10 sejak awal tidak pas.
Saat mereka makan cake ulang tahun ayah, Jung Hwan mengatakan kalau ia ingin memberikan sesuatu pada Deok Sun, tapi mereka belum pergi saat tiba-tiba orang tua datang dan ada telpon dari Dong Ryong.
Apa kalian sadar kalau Jung Hwan menerima telpon menggunakan tangan kiri? Ada banyak perbincangan mengenai suami Deok Sun yang kidal juga, KIm Joo Hyul aslinya juga kidal. Sementara Taek sepertinya kidal juga, karena dia makan dengan tangan kiri.
Tapi ada kemungkinan kalau Jung Hwan bisa dua-duanya, atau perlahan PD-nim membuat dia juga kidal?HAAHAHHAHAHA.

NAh, mengenai timing tadi, Jung Hwan jelas akan memberikan Deok Sun tiket konser Lee Moon See, yang kita lihat di ending episode 10, dimana Jung Hwan tampak galau setelah mendengar pengakuan Taek dan memandangi tiket yang akan ia berikan pada Deok Sun, tapi tidak bisa ia berikan. Timing tidak pas, juga saat adegan di pantai, saat mobil tidak muat, mereka memutuskan Taek dan Deok Sun yang tinggal. Kenapa Jung Hwan membiarkannya? Aku kesal sekali saat itu, karena dia sama sekali tidak kelihatan cemburu. Mungkin hal itu karena dia tidak curiga sama sekali dengan Taek. Seperti kata Sun Woo, 2 orang ditinggalkan jauh lebih baik dari 1 orang. Jung Hwan, adalah orang yang dipercayai akan membawa Dong ryong pulang, orang tuanya titip membawa Dong ryong pulang, artinya ia bertanggungjawab atas itu, karena itu, dia tidak bisa tinggal.
Sun Woo tidak akan mau, karena dia nempel dengan Bo Ra, jadi akhirnya memang hanya TAek dan Deok Sun lah yang terpaksa tinggal berdua.
TAnpa Jung Hwan tahu ada adegan romantis keduanya.

Deok Sun, seperti yang aku katakan sebelumnya, kalau dia ga ada rasa sama Jung Hwan, dia tidak akan bersusah payah mencari tahu. Dia bisa saja mengabaikannya.
TApi dia sepertinya memang ingin tahu karena dia juga punya rasa, makanya dia langsung keluar untuk memastikan, tapi ia tidak bisa mengatakannya.
Jung Hwan tahu, kalau Deok Sun ingin mengatakan sesuatu, karena melihat gerak-gerik Deok Sun dan juga kaki Deok Sun yang ga tenang. Dia juga pernah merasakan hal itu, saat ingin mengatakan sesuatu tapi ragu dan ga bisa. Makanya JUng Hwan sampai bertanya 3 kali.
Aku suka banged sama adegan itu HAHAHAHHAHAHA.

Deok Sun tampak begitu gembira saat akan pergi ke pantai dan di pantai. Bahkan saat dalam mobil, Deok Sun meminta Sun Woo menghidupkan musik dengan agak lembut dari biasanya. Apakah karena Jung Hwan ada disana?
KArena malam sebelumnya, dia sudah mendengar bagaimana perasaan Jung Hwan?
Aku masih saja belum mendapatkan feel-nya, aku berharap Deok Sun agak gimanaaaaa gituuu, aku harap kita bisa melihat bagaimana hati Deok Sun nantinya, kilas balik seperti pada Sun Woo. LOL.

Nah, ada yang membuat aku tersenyum-senyum dengan pendapat dan tebakan para fans. Yang paling aku pikirkan adalah malam saat Deok Sun menanyakan tentang kencan buta pada Jung Hwan dan JUng HWan menjawab 'hajima.'
Aku menyukai karena Jung Hwan langsung ke intinya, ga mengatakan hal ga jelas seperti sebelumnya (saat dia bilang pada Deok Sun untuk mikir sendiri kenapa ia datang ke Gangnam).
Nah, Deok Sun kelihatan sangat gembira saat Mi Ok menanyakan hal itu, ia senyam senyum sendiri dan mengatakan kalau itu rahasia.
Ada yang nyadar ga kalau dia memainkan bibirnya?
Ada yang mengatakan kalau ini mungkin hanya delulu-nya saja, tapi ia berfikir kalau setelah Jung Hwan mengatakan 'hajima', masih ada yang terjadi. Yaitu : KISSU!!!!

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!
Aku shock karena ga kepikiran akan hal itu.
Tapi itu ada kemungkinan juga kan, melihat Deok Sun senyum senang dan malu-malu gitu, dan lagi dia bilang kalau itu RA_HA_SI_A.
Kalau hanya 'hajima' saja, aku rasa dia bisa mengakuinya pada Mi Ok kan?
Nah, spekulasi ini membuat fans berfikiran kalau Deok Sun dan Jung Hwan sudah pacaran!!!!!!!!!!!
Kalau malam itu ada kissu atau appaun itu, siapa tahu kalau keduanya sudah pacaran! Itu sebabnya Jung Hwan ga khawatir ninggalin Deok Sun dan juga, kegalauan Jung Hwan setelah mendnegar pengakuan Taek itu, mungkin karena dia merasa sedih Taek menyukai gadis yang sudah menyukainya.
HAHAHAAHHAHAHAHAHAHAAHA.
Ini spekulasi paling manis, mungkin tapi tak mungkin. Bagaimana menurut kalian?

Beberapa fans ada yang menonton kembali episode sebelumnya dan menemukan sebuah petunjuk saat Taek ulang tahun. Kayaknya ini bukan petunjuk sih, tapi lebih ke sebuah kemungkinan.
Saat Taek ulang tahun, para anak laki-laki sibuk untuk mengakhiri acaranya karena pengin minum minuman keras yang beli Taek, dan Deok Sun ingin cepat-cepat karena dia mau makan cake-nya.
Saat itu, Jung Hwan membawa kameranya dan memotret Taek kan?
Ada yang mengatakan kalau sebenarnya Jung Hwan itu memotret Deok Sun.
Aku juga ga yakin sih, mungkin maksudnya saat itu Wajah Deok Sun ada dalam foto Taek, dan mereka serta aku penasaran, kemana foto itu ya?

Ada teori tentang ayah Taek dan ibu Sun Woo juga.
Katanya di atas TV ayah Taek, ada 3 bunga pada awal-awal episode dan sekarang tinggal 2 bunga. Kira-kira maksudnya apa ya?
Karena awalnya 2 bunga pink dan 1 ungu, sekarang tinggal 1 pink dan 1 ungu.
Apakah kemungkinan besar mereka akan menikah?
Kalau mereka menikah Jin Joo ga bisa sama Taek donk! Padahal aku juga ship mereka HAHAHAHHAAHAHA.

TApi Jin Joo bisa aja sama Dong ryong kan?
Aku ingat kalau ship mereka berdua juga sebelumnya (HAHAHHAHAHHA, aku banyak shipnya yak?)
Dengan begitu, seperti yang aku tulis sebelumnya, semuanya akan menjadi keluarga besar pada akhirnya.
JUng HWan dan Deok Sun, Sun Woo dan Bo Ra, Ayah Taek dan Ibu Sun Woo, Jin Joo dan Dong Ryong HAHHAHHAH.
Aku senang ada fans di soompi yang menyadari hal ini juga. Semoga ini terjadi deh :))


Aku juga membaca tulisan fans yang mengatakan kalau tim produksi ingin merahasiakan siapa male lead dalam drama ini di awal pengumumannya.
Itu benar, karena selain para orang tua, aku hanya mendnegar casting Hyeri, Go Kyung Pyo dan PArk Bo Gum saja.
Bahkan saat episode 00, aku sama sekali ga tertarik sama Ryu Joon Yeol.
Lucunya, aku merasa tim produksi membuat kita berfikir kalau male lead adalah Go Kyung Pyo, karena kalau kalian lihat episode 00, jelas banged kalau mereka ingin membuat kita percaya GKP adalah male lead, dan aku memang percaya awalnya, sebelum episode 3, ADEGAN ITU terjadi!!!!
HAHAHAHAHAHAHAHA.


Aku penasaran saat melihat salah satu tulisan fans, katanya di preview Episode 11, ada suara Jung Hwan yang bilang I Love You / Saranghae.
Aku langsung cus menonton preview dengan headset dan memperbesar suaranya, ulang berkali-kali tapi kok ga kedengaran ya? HAHAHHAHHAAHA
Atau itu hanya troll dari fans aja HAHAHHAHA.

Tapi aku suka di preview Deok Sun memanggil Jung Hwan dengan 'Jung Hwan-a' bukan Jung Pal. Karena biasanya kalau didepan Jung Hwan dia selalu memanggil dengan Jung Pal.
aku penasaran kira-kira itu ada di adegan apa?
HAHAHHAHA. Mana caps nya saat mereka tidur berdua lagi! LOL.

Nah, ternyata selain itu hanya bayangan kedua OTP, banyak yang bilang kalau kemungkinan scene ini beneran akan ada.
Tentu saja tentang rumah yang roboh. Dimana kamar ayah dan ibu roboh menimpa rumah Deok Sun dan keluarga terpaksa mengungsi. Hanya ada 2 kamar, kamar Jung Hwan dan kamar Jung Bong. Kedua orang tua menggunakan kamar itu dan para anak tidur di luar.
Mereka bilang susunannya Jung Bong-No Eul-Jung Hwan-Deok Sun-Bora.
KAlau adegan ini beneran terjadi, aduuuh aku akan menjadi paling bahagia HAHHAHAHA.

Repost dari EinYoshiChan di soompi forum tentang Jung Hwan adalah suami Deok Sun

1. Suami Deok Sun bicara dengan nada rendah dan sedikit pemarah, meski marahnya marah sayang dan berkata pada Istrinya : Kau ingin mati?
Jelas itu kepribadian Jung Hwan. Aku tidak bisa membayangkan Taek melakukan itu, karena Taek dan Deok Sun hubungannya ga begitu.


2. Gadis dalam Reply Series selalu menikah dengan pria yang suka adu mulut dengannya. Yoon Jae dan Deok Sun, Na Jung dan Oppa ya.
Jung Hwan dan Deok Sun paling banyak dan selalu adu mulut.


3. Jung Hwan satu-satunya yang menolak saat teman-temannya mengatakan kalau Deok Sun cute. Tipikal tsundere, dia selalu terlihat membantah tapi dalam hati benar. Artinya jelas dia suka sama Deok Sun.
Dan suami Deok Sun juga mengatakan 'lihat kaca' saat istrinya bertanya apakah ia cantik atau tidak.


4. Deok Sun dan Jung Hwan memanggil masing-masing dengan nama ejekan, salah satunya adalah 'bodoh' dan 'anjing', membuktikan kalau keduanya sangat dekat.


5. Jung Hwan tersenyum menlihat Deok Sun di TV sebagai pembawa papan olimpiade dan dia bangga pada Deok Sun.


6. Tentu saja bagaimana cara Deok Sun bicara pada suaminya, persis dengan cara Deok Sun remaja bicara pada Jung Hwan.


Aku tambahin beberapa :
 
7. Dalam Reply series, gadis selalu menikah dengan pria yang paling dekat dengannya, bukan dengan yang sangat terkenal.

8. Aku masih tidak merasa cinta pertama Deok Sun adalah Sun Woo. Ia menyukai Sun Woo hanya karena ejekan teman-temannya, jadi dia kepikiran. Aku merasa cinta pertama Deok Sun adalah Jung Hwan dan begitu juga sebaliknya. Reply series, selalu tentang cinta pertama.


9. Jung Hwan selalu menjadi fokus adegan. saat Adegan Taek mengatakan ia menyukai Deok Sun, fokus-nya adalah pada Jung Hwan , bukan TAek.


10. Reply 1988 ini mirip dengan Reply 1997, dimana fokus ada pada perasaan pria, dimana perasaan wanita masih kabur. Dimana, nanti akan ada masa pasangan sebenarnya berpisah beberapa tahun.

11. Pasangan utama Reply series adalah pasangan yang mempunyai lagu tema sendiri. Deok Sun dan Jung Hwan, punya lagu tema, karena setiap adegan romantis mereka, A Little Girl selalu diputar.


Bonus. Begitu banyak ruang yang tersisa dekat Dong Ryong tapi Jung Hwan duduknya disamping Deok Sun, hampir nempel pula.
Kalau kalian perhatikan saat dia mengambil manitto dari dalam kaleng, kalian bisa liat dia seolah-olah mau menyentuh tangan Deok Sun.
Bicara soal manitto, ada yang berspekulasi, Deok Sun memberi cokelat pada Jung Hwan, hanya saja kita belum liat scene-nya HAHHAHHA


Tapi tentu saja, sebagai shipper, aku cukup takut kapal kami akan tenggelam.
Aku takut Jung Hwan menjadi Chilbong 2, tapi hatiku tetap yakin akan Jung Hwan.
Banyak shipper Taek-DeokSun juga menulis teori di soompi, dan aku taku membacanya HAHHAHAHAHAHA. Aku ga mau baca kalau tentang mereka, karena keraguan akan menerpa.
Terutama luka di dahi Taek yang sudah ditunjukkan di episode 10 ini, aku yakin kalau minggu depan atau minggu depannya lagi, kita akan melihat luka di dahi suami Deok Sun. Karena kalian tahu sendiri, PD-nim suka mempermainkan perasaan kita AHAHAHAHAHAHAHA.

Pada scene diatas, kalau kalian perhatikan, Deok Sun kelihatan banged pengin dapat respon dari Jung Hwan. Saat para anak laki-laki mengatakan Deok Sun harus bertanggungjawab atas Taek, Deok Sun melirik Jung Hwan saat ia mengatakan ia akan melakukannya, ia ingin melihat reaksi Jung Hwan, sayangnya kita ga bisa melihat lebih dalam reaksinya HHAHAHHAAHHA.
Dan Deok Sun selalu curi-curi pandang pada Jung Hwan, bahkan sebelum ke toilet.
Ini menambha spekulasi kalau keduanya pacaran lho~

Aku tahu scene 2015 banyak menipu, karena PD-nim akan membuat scene 2015 dengan berbagai keahliannya, membuat suami Deok Sun kelihatan seperti Taek atau Jung Hwan. Tapi unik juga fans menemukan hal ini saat Official Twitter mengganti header twitternya, ekspresi Jung Hwan sama dengan pin Kim Joo Hyk LOL.
Kalau teori warna benar, kuning jodohnya hijau, kita bisa melihat kalau warna hijau dan kuning ada dibawa berdua hHAHHAHHAHAHA. Abaikan kartunnya LOL.

Ada still baru yang diambil fans, tapi fans belum yakin apakah gadis itu Deok Sun atau bukan. Ada yang bilang itu syuting CF Joon Yeol juga.
Tapi kalau ini syuting Reply, maka gadis itu bukan Deok Sun.
Bisa jadi aklau gadis itu adalah pacar Jung Hwan T____T

Aku juga sama penasarannya dengan yang mengatakan kenapa scene Jung Hwan dan Deok Sun yang menonton konser tidak diperlihatkan pada kita, sedangkan scene Taek dan Deok Sun di pantai dibuat seindah mungkin.
aku benci kenyataan itu. Tapi aku harap akan ada balasannya di episode mendatang LOL.
Aku harus percaya pada SW-nim dan PD-nim, karena selama ini mereka belum pernah membuat aku kecewa dengan ship-ku.
GO GO GO!!!

 BONUS!
Aku sumpah ketawa ngakak pas nemu gambar ini!
Niat banged fans-nya Taek-Deok Sun yang menyatakan diri mereka sebagai Taegitanic HAHHAHAHAHAHAHAHAAHAHA.
Aku buka halaman DC-nya juga, mana OSt-nya Titanic lagi LOL.
Tapi ingat, Titanic karam di lautan lhoo~
HAHAHHAHAHHAH

Lets Pray For Kissu Next Episode!
KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAA



53 comments:

  1. Haha gakatau mau ngomong apa nih kak setelah baca ini, tapi aku salut bgt sama PD-nim dan SW-nim ngetrol kita terusss.. sampai mau nangis da marah
    aku pernah baca di twit dia bilang gini"walaupun banyak rahasia reply 1988 ini belum terjawab oleh fans siapa future husbandnya deoksun tetapi dari awal sampai akhir junghwan lah y akan menjadi suami deoksun" jadinya perasaan ini campur aduk:v

    ReplyDelete
  2. haloo kak biasanya aku jadi silent reader disini tapi udah ga tahan lagi mau komen soal junghwan-deoksun ship dan aku suka banget sama tulisan kakak baik itu sinopsis, spoiler maupun trivia soal hint-hint troll dari mereka. We are on the same boat kak, aku ga bisa ngebayangin kalau akhirnya Junghwan bukan male lead soalnya dari awal, bahkan dari adegan perkenalan awal, Deoksun selalu teriak dan kasar sama Junghwan. Deoksun ga pernah kasar ke Taek jelas, ke Sunwoo ga pernah juga dan ke Dongryong au ga ingat dia pernah main kasar. Belum lagi Deoksun lebih dekat ke ortu Junghwan daripada yang lain kan (Aigoo~ Kim sajang). Jadi dari ep 1 aku udah ngerasa kalau Junghwan ini bukan pemain sampingan dan terbukti di ep 3. Terus soal husband personality, ada yang bilang di soompi kalau personality Taek bisa berubah, tapi menurutku personality ga akan bisa berubah 180 derajat. Dari kepala sampai kaki KJH itu versi dewasa Junghwan. titik ga ada Taek-nya sama sekali. Hehe. Sedikit clue yang menurutku selalu ada di Reply series soal main lead: si cewek (Shiwon, Najung, Deoksun) ga terlalu pintar tapi si cowok pasti pintar dalam bidang akademik (Yoonjae= pengacara, oppa= dokter) dan buat Junghwan memang belum tahu gedhenya dia kerja apa tapi dia ranking 1 di sekolah, sementara Taek terkenal, pintar main baduk, tapi ga ngelanjutin sekolah yah meskipun ga bisa dibilang ga jenius juga sik, hehe (like Chilbong, he was famous and very skilled in baseball, sadly I was Chilbong team :(). Semangat kak semoga ship kita segera berlabuh yah meski aku yakin 99,999% kalau husband = junghwan kalau bukan ga mau nerusin nonton reply lagi hahahahaha. Ditunggu tulisan kakak soal Reply selanjutnya :D

    ReplyDelete
  3. Akhirnya hazuki update juga,,, dari tadi bolak balik blog ini pengen baca ulasannya hazuki ttg couple kitaa DeokHwan,,, sumpah gemes bgt sama couple ini,, smpe2 aku gak ada selera buat ngikutin drama lain,,, haha semoga mereka bener ya kalo emang ada "sesuatu" yg terjadi setelah kata hajima, hehehe maunyaaaaa

    ReplyDelete
  4. hahaha~ udah lama gak dengar istilah tsundere lagi. meskipun ujungnya sama junghwan, tapi tetap saja saya nyipperin jung hwan sama taek.. wkkkkk~ pasangan gay yang imut #duh

    ReplyDelete
  5. luka di dahi ....

    ep.3 ... jung hwan gak sengaja kena pukul pake panggaruk punggung yg dberi doksun ke ibunya sebagai hadiah setelah pulang wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG!! Iya! Iya! Iya!
      Aku baru inget! HAHAHAHAHHA
      So, masih bisa selamat kalau PD nim beneran menggunakan itu HAHAHA

      Delete
  6. Gomawooooooo.. Hazuki hint2nya bikin senyumsenyum sendiri kok bisa sih fans #reply88 punya mata elang gitu. Kalo gak baca trivianya mungkin aku nontonya hanya sekadar nonton aja ga liat setingan tempat atau apalah itu hahahah

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka iseng liat2 soompi. Di soompi ada bbrp yang bilang kalo doek soen itu suka sama jung hwan karena dibilangin oleh temen2 nya kalo jung hwan itu suka sama dia (sama kayak case sun woo). Tapi kalo nurut aku, doek soen dari awal sukanya sama jung hwan, bahkan mungkin sebelom jung hwan suka sama dia. Coba liat ep 3 pas abis adegan doek soen-jung hwan ngumpet di gang deh. Abis adegan itu, jung hwan kan kepikiran dan ga bisa tidur (kalo menurut aku itu pas pertama kali jung hwan sadar kalo dia suka doek soen). Nah, kalo doek soen? Abis adegan itu, kalo diperhatiin dia malah tidur sambil senyum2. Jadi nurut aku, dari awal doek soen ga pernah suka sun woo sebagai cowok. Tapi, dia dari awal udah suka jung hwan, cuma belom sadar (ato mungkin udah sadar, tapi cb meng-ignore aja dan lebih milih sun woo, karena dia pikir kalo suka sun woo lebih save, toh dia percaya kalo sun woo suka sama dia kan), which means first love nya doek soen itu jung hwan. Reply series kan selalu tentang first love :D. Kemaren juga sempet baca (tapi lupa dimana), PD nya bilang, kalo drama lama (ato tentang masa lalu) pasti berkaitan dengan first love dan reply yang ini juga ga akan lepas dari hal itu :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.
      Aku juga mikirnya gitu.
      Deok Sun ini awalnya suka sama Jung HWan, cuma kamu tau sendiri gimana Jung HWan memperlakukan dia (sebelum JH sadar dia suka), kan mereka sering bertengkar, Jung Hwan kasar sama dia dan juga kelihatan JH ini kayak ga peduli sama dia.
      Jadi pas Temennya bilang ada yang suka, DS jadi berbunga2 krn dia kan remaja, biasanya anak remaja kalo ada yg bilang 'eh si ini suka sama kamu kayaknya' pasti kepikiran banged tuh.
      Nah, dia jadi pindah suka sama SW, meski sama JH dy juga masi suka
      Nah, pas temennya bilang kayaknya JH suka sama DS, tentu saja DS ga mudah percaya lagi, tapi dy penasaran, makanya membuktikan KYAAAAAAAa!!!!

      Delete
    2. tiba-tiba aku keinget pas episode 2 th 2015 Doek sun bilang kalo orng yg dikasih coklat itu suaminya (mungkin jung hwan) terus suaminya bilang bukan dia,Doek sun bilang kalo itu 30 th lalu jadi 2015-30= 1985 jadi Doek Sun ngasih itu bukan th 1988 kan tp tahun 1985...brarti Doek Sun yang suka duluan tapi dia pendem wkwkwkwk, :D

      Delete
  8. Intinya sih, alur cerita r88 ini membolak balikkan hati penonton. Jg memporak porandakan pikiran. Tp saya penasaran, saat episode 2, DS naro coklat itu utk siapa ya?
    Suami masa depan bilang dia tidak menerima coklat itu.
    Sampai ada CF coklatnya hyeri. Apa itu petunjuk?
    Tp kenapa ya, hyeri & Ryu blm ada sesi foto? Sedangkan yang lain sudah. Hahaha saya selalu penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm. Kalo aku sih mikirnya ada beberapa kemungkinan.
      pertama, suami DS adalah JH. Saat it DS ngasi ke tas SW, toh jelas JH ga ada ngerasa nerima.

      Kedua, bisa aja DS ngasi ke tas JH juga, cuma, kan Jinjoo nangis, jadi dia ngasi cokelatnya ke JJ, makanya JJ berhenti nangis dan JH ga ngerasa nerima.

      Ketiga, JH lupa HAHHAHAHA, tapi ga mungkin JH lupa kan? Cuma di soompi ada yang bilang cokelat yg dimaksud DS adalah hadiah manitto utk JH, cuma kita belum liat, dan suami DS bohong kalo dia ga ngerasa nerima HAHAHA

      Delete
    2. klo menurutku sih coklat itu dulunya memang untuk SW. seiring berjalannya waktu akibat efek terpapar carbon monoksida (20tahunan ya klo g salah) jdi DS lupa lupa inget ngassi Coklatnya ke siapa(ada di ep awal DS bilang otaknya error, lemot, apa sakit gt. aku lupa coba deh di cek lg)
      seinget DS sih ngasi ke cinta pertamanya, DS dewasa merasa JH-lah cinta pertamanya ato mungkin tepatnya cinta matinya.hehehee..
      bisa juga memori otak DS tergantikan disertai lupalupa ingatnya dia (akibat CO dan berjalannya waktu) jadi DS mengganti memori cinta pertamanya dengan cinta matinya. jadi DS hanya mengingat JH satu2nya lakilaki dalam hidupnya.
      klo diliat waktu DS remaja juga sering banget melupakan sesuatu (kamera, minuman JH, tas sekolahnya, bahkan pernah waktu hujan dia sadar hujan tp dia cm ngambil bekalnya doang jd masuk lg ngmbil payungnya)
      ato mungkin waktu itu DS memberikan coklat juga untuk JH tapi DS menaruhnya dalam kulkas (kayanya dia melihat ato mencari apa gt dikulkasnya JH waktu ngambil jus) dan coklatnya dimkan JB jd JH g tauu..
      mungkin juga di ep mendatang ada moment yg membuat DS memberikan coklat untuk JH tp coklatnya g sampai di tngn JH.

      Delete
    3. Bkny d kulkas dia nyari sosis y...

      Delete
  9. Aku suka banget baca postingannya soal deokhwan!!!!
    Setelah baca ini semalem aku ga bisa tidur mikirin scene setelah hajima bakalan ada kissu LOL
    Aku pikir soal ada adegan kissu setelah 'hajima' itu kemungkinan besar terjadi. Ngapain juga deokseon main mainin bibirnya lol.
    Feelingku mengatakan sudah terjadi waktu itu dan mereka pacaran! Aku setuju banget dengan trivia ini. Mungkin junghwan pikir saat itu adalah saat yang paling tepat untuk ungkapin perasaannya.
    Prediksi aku nih ya di ep. 11 bakal dilanjutin scene flashback hajima trus lanjut kissu hihihi. Khayalan aku nih ya junghwan pengen kissu deokseon tp dukseonnya mundur sambil bilang "junghwan-ah" (atau setelahnya mungkin) setelah kissuan, junghwan bilang "saranghae" LOLLLL.
    Gifnya OMG kelihatan banget mereka ada sesuatu. XDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wktu telponan sama mi ok ekspresi dukseon kayak orang lagi kasmaran ya hahaha

      Delete
    2. IYa kan? Iya kan?
      Kemungkinan besar mereka udah pacaran kan?
      Soalnya ada adegan di preview mereka makan kayaknya berdua, maybe dating?
      atau justru kencan pertamanya saat DS milihin kado buat papi Kim? siapa tau dia pergi bareng JH?

      Delete
    3. Xlw jatuh cinta ekspresi wajah sm tubuh emg gk bs dibohongin.
      Jung hwan team^_*

      Delete
  10. Wow halo hazuki salam kenal kenal gila aku suka banget teorinya detail banget percaya atau enggak dari episode 1 aku udah shipper junghwan dan bukan sun woo ayo sesama team junghwan jangan goyah sama episode 10 tetep terus dukung junghwan pokoknya

    ReplyDelete
  11. Aduhh ketinggalan nih,sudah semakin seru tentang teori Reply ini.Rata2 sih semuanya aku uda baca di forum soompi,sama kayak mbak juga nih hahaha kdng ketemu accountnya mbak di forum soompi
    Aku tertarik dgn adegan setelah Jung Hwan blg ke Deok Seon,buat jgn pergi ke kencan buta itu.Karena banyak fans berspekulasi,kalau mereka sudah pacaran setelah adegan itu,hmmm mungkin peluangnya 30-40% kira2 wkwkwk
    Dan masalah poster Taektanic itu wkwkwk ada yg blg,dari TeamTaek kalau mereka buat poster itu juga karena mereka tahu ship mereka bakalan tenggelam wkwkwk,tp kita lihat saja deh episode 11,makasih mbak buat postingannya!

    ReplyDelete
  12. kayanya terlalu cepet progresnya kalo mereka pacaran kemungkinannnya cuma 4 % kala mereka sedari episode 10 udah pacaran semakin jelas dong kalo jung hwan suaminya deok sun ga seru dong kalo mereka sedari episode 10 udah pacaran selesai dong ceritanya kalo begitu ga ada yg perlu digalauin jadi kayanya kalo ada analisis yg bilang mereka udah pacaran itu terlalu delulu :D

    ReplyDelete
  13. WOW.... Luar biasa.... Kekekke taegtitanic... seneng bgt update teori teori JUNG HWAN DEOK SUN... benar-benar mengagumkan penggemarnya...

    ReplyDelete
  14. Eeehhh tp coba lihat lg preview ep 11 bgian deok sun ma jung hwan tidur bareng itu selimutnya selimut milik Jung Hwan liat deh pas scene d kamar jung hwan... trus pas tdur breng liat jg bantalnya itu bntl pnya deok sun ma bora.... iya ga?

    ReplyDelete
  15. Td malem iseng nonton ulang dr episode awal . Kalo coklat itu yg aku liat sih masuk ke tasnya sunwo . pas deoksun lg mw minta sosis sama jinjo . adegan iyu di rekam kameranya ayah junghwan. Silahkan di cek lg kalo saya gak salah . Fighting

    ReplyDelete
  16. aq jg setuju ky nya ada kissu pas scene jung hwan blng hajima tp kalo stlh kissu ada deklarasi pcrn aq krng setuju mngkn kissu itu terjadi krn kebawa suasana krn muka sama muka dekat bngt.dan kalo pemikiran aq jung hwan baru mw nembak pas konser lee mon se deh.nah menurut teori qu yah stlh ini kan ky nya jung hwan jaga jarak sm deok sun nah ky nya jung hwan milih hatinya yg sakit drpd dy melukai taek.dan biasanya cowok itu kalo udh cinta mati sm cewek biasanya dy pngn liat s cewek bahagia.mgkn jung hwan melihat kalo deok sun-taek bersama tuh lovey dovey bngt(ky qt yg ngeliat psngn itu) jd dy mikir deok sun lbh bhgia sm taek drpd sm dy.nah krn itu dy mlh cr cewek lain bwt ngelupain deok sun.dan teori qu yg lain saat taek nembak deok sun di tolak krn deok sun ga menganggap taek sebagai cowok.stlh itu taek akan berkecan sm cewek lain bwt nunjukin k deok sun kalo dy itu cowok.nah kan kalo gtu cerita nya tnggl qt yg psng nebak swmi deok sun.itu sekedar teori qu soal kira2 bagaimana SW-nim bkl nge troll dng clue kalo s hubby sblm menikah pny bnyk cewek.tp gmn pun SW-nim bkn crta nya mskipun sm ep 20 hati qu d bkn galau trus,aq akan ga akan pndh ship.always my heart for jung hwan(ryo joo yeol).fighting....go....fighting

    ReplyDelete
  17. Ep.10... pas makan ayam di kamar junghwan sebelum deokseon ke toilet. Di situ banyak banget eye contact deokseon sama junghwan, iya ga? Semacam kode2an lol. Aku merasa terjadi sesuatu di antara mereka waktu scene hajima2 itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ntu dia, ntu dia, DS suka lirik2 liat reaksi JH kan? Aku ngerasa mereka udah ada sesuatu XD

      Delete
  18. Aku mau nanya di preview ep.11 yg taek terlihat sedih di kamarnya. Yg lg tidur itu siapa ya? ayahnya taek atau deoksun? trus klo deoksun, lagi ngapain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu juga yang aku penasaran. Siapa yang tidur disitu yah? Raut muka Taek waktu main baduk itu juga kelihatan sedih banget. Gue curiganya jangan2 si deoksun yang lagi tidur dikamar taek trus deoksunnya ngigauin namanya Junghwan-ah(seperti yang diteaser) terus Taek dengar dan karena itu mukanya sedih krna deoksun mimpiin Junghwan? wahahaha ngayal deh akuuu wkwk

      Delete
  19. wahhhh trxata baju yg d gunakn ds mmang milik taek wktu d dy mnjdi pmbwa acra d music bank...
    waaahh pa mksudx ya...
    ska sih sma taek tpi aq udh trpesona dgn jh...

    ReplyDelete
  20. Trivianya keren banget. Sukaaaa banget sama teori teorinya.. smoga di scene hajima mmg ada kissunya.. udah sampe 10 eps nih blom ada juga. Hhaha
    Tapi klo diliat progressnya lama sih keliatan dari dimana kita baru tau sih lead malenya ternyata JH pas eps 3. Biasanya kan di tiap drama lead male dari awal ketahuan.. ini baru di eps 3. Eps 3 menjelang akhir pula.
    Menurut ku SW-nim pengen porsi family, friedship dan lovelinenya seimbang jadi semua progressnya satu satu.
    Aku punya feeling bbrp eps kedepan DS-JH akan jadian tp mgkin akan ada masalah sampe mereka pisah (bayangin setting sampai eps 10 mrk masih 18thn-masih panjang banget perjalanan menikah)
    Feelingku DS-JH akan pisah dan salah satunya gak tinggal lagi di ssumsamdong (mgkn karena beda universitas atau krn tuntutan karir) lalu mereka akan ketemu lagi di scene funeral. Krn feeling ku lagi kyknya akan ada salah satu dari tokoh orangtua yg meninggal. Setelah ketemu lagi baru deh mereka sadar sama2 saling sayang dak akhirnya pacaran lagi~ *clbk kayak reply 1997. Hhaha
    -curhatan hati penonton yg bikin drama di dalam drama :')

    ReplyDelete
  21. ikut gereget...
    tapi coba kita flashback ke clue di episode2 sebelumnya.

    1. episode 2 dimana pada tahun 2015, yg nanyain coklat, terus si suaminya pergi merokok dulu, deoksun blg "He was so smart back then, too". nah, diantara keempat cowo itu, yg pintar cuma jung hwan dan sun woo. Taek itu cuma pintar baduk, tapi ngingat bioskop aja parah bgt. jd ga mungkin dia itu "pintar" hehe

    2. ep 06 dimana saat sang suami bilang eo 06 "When you got rejected by Sun Woo" itu kan yg ngintip cuma jung hwan, sedangkan taek blm pulang. pulang nya agak maleman dan dia ngajak deok sun buat ntn ke bioskop dr telfon umum. kayaknya dia gak lg sekitaran rumah deh.

    3. ep 08 dimenit 01:16:33 kemeja junghwan dan selimutnya kuning. banyak yg bilang kalo warna nya si deok sun itu kuning kan.
    kemudian di akhir ep 08 dimana No Eul dtg. disitu sang suami ngomong nya santai bgt kan ke No eul. kayanya itu jung hwan. karena seingat aku, Taek bl, pernah ngobrol sm No Eul.

    4. Ini rada random sih. haha ingat ga ep 09 dimana deok sun dan jung hwan foto, background nya itu biru, karena (kuning+biru=hijau, jd junghwan emg hijau haha)
    sedangkan waktu deoksun foto sm taek, background nya merah doang haha

    5. lagipula cek deh, kan di ep 09, kata suaminya, kalo di foto nya itu ada tanggalnya..
    nah di background foto waktu deok sun sama junghwan, itu ada di sebelah kiri tulisan 1989.1 ikut kejepret,
    sedangkan waktu taek foto sm deok sunm itu ga ada tanggal apa2 di fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendapatmu sama kayak aku...nah kalo menurut aku sih dari awal tuh sebenernya suami masa depannya udh dikasih tahu... Tapi kan ini masa perjalanan cinta seseorang pasti banyak

      Delete
  22. salam hayuki, selama ini jadi silent readers, hua hua makin seru aja reply 88 ini. aku suka bolak-balik blog untuk lihat trivia. aku sih yakin suami ds itu jh. tapi kalau lihat taek patah hati rasanya sedih gimana gitu. muga2 sw nim berbaik hati taek akan dapat pasangan yang menggantikan ds.

    ReplyDelete
  23. aku senang banget baca trivia di sini.. menurut aku suami DS beneran JH.. di ep 9 kl d perhatiin mungkin PD nuker foto mereka.. foto pertama yg mncul kan foto DS JH... tapi kmngkinannya DS JH dwasa (2015) ngebahas foto DS ama Taek waktu d cina, abis cara DS dewasa ngomntarin fotonya lmbut banget kayak bicarain adik kecil mereka jd kmngkin it foto taek toh senyum taek juga lebar.. nah pas DS TAEK foto trus mncul lagi tuh DS dn suami masa depannya ngomntarin foto.. aku sih sangat yakin yg d komtarin it foto si JH ma DS kan foto mreka dlu tanggal dan taunny ikut keambil trus posisi2nya juga cocok.. pokokny aku yakin kl si DS JH nkln jd suami istri..

    ReplyDelete
  24. aduh beneran aku setuju banget sama teori"nya ini...berharap juga setelah jung hwan bilang "hajima" ada adegan kiss_nya hehehehe kan otomatis deok seon ma jung hwan dah pacaran KYAAAAAAAAAA suka banget dech q

    ReplyDelete
  25. waktu liat preview ep. 11, aku juga dengan kalo jung hwan bilang "sarang handa". kyyyaaaa... ga sabar liat ep. 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAPAN? DIMANA? MENIT KEBERAPA? PAS ADEGAN APA? HAHAHHHAAHHAH
      aku udah berkali-kali puter ga denger...

      Delete
    2. sama aku juga putar berkali-kali nggak dengar juga ya, kalau ostnya kayaknya ada kata2 sarang, tp bukan JH.

      Delete
    3. Aq jg denger ada suara sarangae mlh aq ga dngr suara jung hwan ah pas bgian scene jh-ds bobo.apa aq slh denger yah krn aq ga familiar dngn bahasa korea jd mngkn kata jung hwan ah dngan sarange jd bias

      Delete
    4. jangan-jangan yang kalian denger itu suara DS ngomong 'Jung Hwan ah~'

      Delete
    5. samaaaa aku jg baru nonton previewnya. yang paling akhir adegan junghwan -deoksun satu selimut, kedengeran ada yg ngomong "saranghanda" kayaknya itu suara junghwan deh. aku pas liatnya dari ig eyesonryu :D trus lgsg komen disini :D

      Delete
    6. ya sm hyunni aq dngr nya clip dr eyeonryu yg ada sarangae tp pas cb yg d youtube yg ada suara jung hwan ah.aduh jd bngung nih mana yg bnr,apa kuping ku ini udh error gara2 otak ini mikirin jung hwan melulu dr jumat-jumat lg dr melek mata smpe merem lg bhkan smpe kbawa mimpi ha...ha...

      Delete
  26. Kalau aku punya teori sendiri soal preview ep 11.Kenapa junghwan deoksun bisa tidur barengan gitu?
    Kalo kita perhatiin preview ep 11,sepertinya ada orang namanya soohyun yg dateng ke komplek itu.Coba deh cek lg previewnya,disitu para ibu bilang "soohyun~ah,wasseo?".Nah,teori aku:
    Itu orang kayanya bekas tetangga atau apalah di komplek itu dan dia lumayan dikenal di situ.Kemungkinan dia berkunjung utk sekedar main dan akirnya nginep di salah 1 rumah mereka.Aku sih nebaknya nginep di rumah deoksun atau junghwan,terus mereka g kebagian kamar krn kamarnya dipakai soohyun buat nginep dan akirnya mereka harus ngungsi ke rumah tetangga.Alhasil junghwan deoksun tidur bareng deh.

    Ada yg pengen aku tanyain juga nih..kenapa ya taek dipanggilnya gildong?Setauku gildong itu nama ayahnya taek.Ada yg tau?

    ReplyDelete
  27. hai hazuki, aku reader baru, suka bgt sama tulisan kamu ttng reply 1988. disini aku pendukung team junghwan. suka bgt baca ulasan ttng hint hint mereka.aku nntikan terus tulisan kmu berikutnya. fighting.

    ReplyDelete
  28. hai, baru bergabung nih, dari awal nonton reply krn senang aja ikutan reply series. saat ep 3 langsung jatuh cinta sama JH. WAAHHHH. krn tampangnya yg charming dan melindungi DS. sepertinya kedua ibu2 lain pasti akan menjadi besan dari ibu DS, jadi bila SW dengan BR maka otomatis JH akan dengan DS.
    banyak teori yg membuktikan JH adalah suami DS antara lain karakter suaminya, hal SW menolak DS yg diketahui JH dan jg ketika DS menari di ep 6 akhir, suaminya langsung kabur, kalo TAek pasti akan senyam senyum melihatnya.
    kemungkinan ep 11 JH akan menjauh dari DS krn tau taek suka pada DS, apabila JH nanti pacaran sama cewek lain, itu tidak masalah, nantinya toh akan menikah dengan DS jg, krn suami DS pernah pacaran dengan banyak cewek saat kuliah kan... JH DS Fighting !!!!

    ReplyDelete
  29. duhh aku enggak betah jadi silent reader disini. hahah
    Alhamdulillah sudah tiba hari jumat dan besok hari sabtu hahaha
    Beberapa kali aku kesini enggak ada postingan baru. bangun tidur cek, siang-siang cek, mau tidur cek, dan akhirnya posting soal voting itu ahah. duh curhaat.

    karena aku sudah terlalu lapar untuk cari tau hal hal berbaru R88 akhirnya ke soompi. dan disana adalah gudangnya..

    Btw airin, Aku baca di soompi ada teori schedule. menarik banget. coba dipost sekalian. Teori itu asalnya dari Schedule yang dibuat DS pas dia fall in love sama SW.

    ohya, aku ingat soal isu tangan suami DS. ada yg bilang kidal ada yg bilang enggak. Tapi menurutku, kalau lihat situasinya JH, dia mungkin aja sebenernya kidal, tapi karena mungkin dibiasakan untuk pakai tangan kanan, jadi dia bisa keduanya.
    Misalnya untuk makan, atau pas ada orang tuanya.
    Soalnya...
    1. Pas ep 1 kalo nggak salah, pas DS ngasih minum ke ibunya JH, DS ngambil makanan pake tangan kiri. tapi JH marahin dia, dan dia balik marah. DS balik marah karena dia tahu kalo sebenernya JH kidal yg mungkin beberapa kali pakai tangan kiri dan DS tahu
    2. Ep 10 pas ultah Ayah JH, JH makan pake tangan kanan, tapi pas au ambil lauk tangan kirinya maju duluan, tapi enggak jadi dan nurunin tangan dgn keadaan menggenggam erat. akhirnya dia ambil lauk pake sumpit di tangan kanannya
    3. Beberapa kali aku lihat, tangan kirinya JH menggenggam. mungkin aja itu cara dia untuk mengabaikan kidalnya. pas preview ep 11 yg JH tiduran bareng sama DS, itu tangan kirinya juga menggenggam dengan erat. Pas BR ke tempat belajar buat ambil tiket konser, JH nggenggam pensil tangan kanan, tapi tangan kirinya nggenggam juga

    yahhh tapi aku enggak yakin juga apa iya kaya gitu. hhahhahh
    atau malah.. bisa aja bukan tangan yang jadi persoalan.

    oke Airin, kutunggu spoiler ep 11 nanti malam wkkwwkkk

    fighting!

    ReplyDelete
  30. Sumpah baca ini seneng banget... akhirnya banyak yang nge share spekulasi masing masing. Nonton ep 11 raw belum dapet feel nya kecuali pas junghwan salah masuk kamar dan end up tidur barenh deoksun. Penasaran deoksun pas ngigau ngomong apake junghwan dan kayaknya masalah konser atau kenapa junghwan marah atau diemin deoksun. Tapi gatau jugaa, mianhae. Preview ep 12 banyak sweet moment nya ma taek, dan junghwan masih galau. Butuh dukungan ini dari team junghwan 😁

    ReplyDelete
  31. Mau nambahin. Bisa jadi Choi Taek itu kidal karena keadaan, nyadar nggak ada scene Choi Taek patah tangannya waktu SD? Bisa jadi karena itu jadi terbiasa pake tangan kiri. Nyadar juga nggak? Choi Taek sepayah itu megang sumpit pake tangan kiri? Padahal Park Bo Geum memang seorang kidal aslinya lho.

    ReplyDelete
  32. ampun dj dan bacanya hhaha, ngakak sendiri senyum2 sendiri
    sumpahhhh pro banget ke Jung Hwan, kalo nanti yg jadi suaminya Choi Taek kecewa BERAT sama PD-nim.
    jeballlll jangan sampe kejadian di R-1994 terulang
    Jebaalllllllllllllll.....

    ReplyDelete
  33. Maaf komentar,menunggu siapa suaminya deoksun uhhh bikin penasaran,tp pas semalam menonton ep 19,poor sedih banget and kecewa.Mudh2an cerita akhirnya Happy ending..

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story