[Picture] Reply 1988 Wrap Up Party!


Bagaimana kegalauan kalian semuanya?
Aku sudah menonton V-App Ryu Jun Yeol sore ini dan aku benar-benar menangis lagi, tapi kali ini aku merasakan kehangatan dihatiku.
Bagi kalian yang menontonnya, kalian tahu bagaimana ia sangat menyukai karakter Jung Hwan, bagaimana ia juga 'kecewa' dengan endingnya dan bagaimana ia sangat ingin Jung Hwan dan Deok Sun bersatu.


Kapten ship kita adalah Ryu Jun Yeol, dan bahkan Hyeri juga adalah Tim Jung Hwan. Dalam V-App Jun Yeol Oppa, Jun Yeol mengatakan Hyeri menangis saat adegan confession di episode 18, mereka bahkan harus break sebentar untuk menenangkannya.

Aku langsung merasa, Ahhhhh, jadi sebenarnya bahkan mereka berdua juga berfikir kalau Jung Hwan dan Deok Sun akan bersatu setelah confession, tapi ternyata itu adalah perpisahan dengan cinta mereka berdua. Mereka juga sedih, kita juga sedih dan semuanya juga sedih. Bagaimana pun semuanya terserah pada writer-nim.

Jadi intinya gini, Jung Hwan dan Deok Sun adalah tokoh utama sampai episode 18. Mereka latihan untuk adegan itu dan Jun Yeol & Hyeri berfikir mereka akan bersatu setelah adegan itu. Tapi ternyata sebelum syuting adegan itu, PD-nim menjelaskan pada mereka kalau Jung Hwan bukanlah suami Deok Sun. Ia menjelaskan kalau ini adalah adegan perpisahan dengan cinta pertama Jung Hwan.
Nah, saat itu lah Hyeri menangis dan Jun Yeol juga baru tahu akan hal itu dan itu membuatnya semakin masuk ke dalam perannya. Ia juga bingung kenapa ia bukan husband setelah semua adegan lovey dovey dia dan Deok Sun.

Jadi,Jung Hwan tidak ambil bagian dalam kisah cinta baru Taek dan Deok Sun. Ingat, saat Jung Hwan membangun hubungannya dengan Deok Sun, Taek masuk dalam hubungan mereka dan membuat Jung Hwan menjadi tak tega pada Taek. Nah, dalam kisah cinta Taek dan Deok Sun, Jung Hwan sudah melepaskan jadi dia tidak ambil bagian lagi.

Jadi aku simpulkan, episode 1-18 (minus beberapa episode yang JH jadi cameo) adalah kisah cinta Jung Hwan & Deok Sun dimana Jung Hwan adalah tokoh utamanya. Itu kisah cintanya tersendiri.
Episode 19 dan 20 (plus beberapa episode JH jadi cameo / banyak adegan TK & DS) itu adalah episode tersendiri untuk membangun kisah cinta Taek dan Deok Sun. Oke.

Jadi sebenarnya kita tim Jung Hwan tidak gagal paham sama sekali.
Dan kemungkinan bahwa penulis mengubah script karena spoiler itu ada benarnya. Seperti beberapa komentar netizen buzz yang juga aku baca ada dikomentar di blog ini ada benarnya.
Ingat, kita bahkan tidak mendapatkan adegan saat Taek dan Deok Sun di taman bermain itu. Aku masih menduga itu spoiler saat Deok Sun dan Taek bicara berdua dari hati ke hati.
MUNGKIN, hanya MUNGKIN awalnya penulis benar ingin membuat Taek mengakui perasaannya pada Deok Sun disana dan Deok Sun menolaknya, karena dia menyukai Jung Hwan.

Kita tidak menafsirkan semua clue salah, karena itu real clue untuk Jung Hwan. Intinya ending Jung Hwan ini bittersweet ending.
Bagaimana pun drama ini sudah berakhir dengan seperti itu. Alternatif endingnya ya ada di otak masing-masing iya kan?
*butuh fanfiction nih HAHAHAhHAHHA

Aku mengatakan aku tidak merasakan chemistry antara Taek dan Deok Sun dipostingan sebelumnya, sekarang aku jadi sedikit mengerti kenapa.
Karena aku terlalu delulu pada Jung Hwan dan karena ternyata Hyeri juga berharap kalau Deok Sun berakhir dengan Jung Hwan. Mungkin ya, MUNGKIN, karena itu lah Hyeri sulit untuk menyesuaikan karakternya yang mencintai Taek lagi. Karena Hyeri katanya juga baru tahu pas mereka syuting episode 18 itu, awalnya dia juga berfikir JH dan DS bakalan bersatu.


Tapi tentu saja, aku masih sedih dengan endingnya, bukan karena Taek dan Deok Sun yang bersatu, tapi karena pada akhirnya, setelah semuanya, Kim Jung Hwan makin dan makin dan makin menghilang dari layar kita. Aku ga peduli kalau mereka mengganti fokus menjadi hubungan Taek dan Deok Sun, tapi tetap saja mereka harus tetap memperhatikan karakter Kim Jung Hwan. Setidaknya memberikannya seorang wanita dan memperlihatkan versi dewasanya juga, sama seperti Reply series yang lain yang tidak menerlantarkan karakter lain. Kita bahkan tidak tahu apakah mereka masih berhubungan atau tidak dengan Jung Hwan dan Dong Ryong di tahun 2015/2016.

Aku sudah sedikit tenang karena V-App Jun Yeol sangat membantu penyembuhan luka hati ini. Dia bahkan menangis juga mengetahui betapa banyak fans yang care sama karakter Jung Hwan.
Dia bahkan sedih saat tahu dia bukan suami Deok Sun. 

Aku akan memposting isi V-App nya di lain waktu hehhehehehhehe
Kalau engsub-nya sudah rilis. V-App nya sangat lucu lhooo, meski ada sedhnya juga, tapi kita tahu kalau Ryu Jun Yeol itu ternyata orang yang asyik diajak ngobrol :)
Dia jujur banged dan nggak jaim :)

Oke, aku tahu malam ini adalah wrap up party-nya Reply 1988 dari V-App Ryu Jun Yeol. Karena katanya habis ini dia mau pergi ke wrap up party-nya.
Dia bilang dia ga mau telat nanti para senior ngomel kalau dia telat gegara dia ga jadi suaminya Deok Sun HAHAAHHAHAHAHA.
Jun Yeol ini fans Deok Sun LOL, dia bahkan nggak berhenti mention Deok Sun dan Hyeri di V-App-nya, makanya aku bilang dia kapten kapal kita!!!!
#Team Jung Hwan

Setelah drama ini berakhir di episode 20 semalam, ada banyak komentar ini dan itu, ada bahagia dan kecewa. Tapi Reply 1988 tetaplah drama yang hangat untuk kekeluargaan dan persahabatannya :)
Mungkin sekarang aku bisa mengatakan mari move on, karena aku sudah menonton episode 19 dan 20, aku fokus pada bagian kekeluargaannya, terutama pernikahan Bo Ra yang WOW. Aku benar-benar menangis. SunBoRa adalah tokoh utama dalam Reply 1988 episode 20 ini.


 Ryu Jun Yeol I-Phone Wallpaper :)

 Tadi pagi Ryu Jun Yeol dan Lee Dong Hwi filming untuk Talk Show TVN TAXI.
Tahu kan? Yang mereka ngobrol-ngobrol naik taksi keliling Seoul.
Aku nonton yang pas Reply 1997, Seo In Guk dan  Eun Ji Won, yang saat itu menelpon Eun Ji dan mereka malah bahas love line Eun Ji dan In Guk diluar syuting, lucu banged.

 Para Mami udah jadi cantik di tahun 2016 :)

 Ra Mi Ran Omma menuju tempat wrap up party :)
Dengan jaket bunga-bunganya.

 Sun Woo omma, stylenya hitam semua tante~

Yang paling tua diantara para omma, Lee Il Hwan omma paling modis. Cantik lagi.
jeans pink, baju ungu :)

Hyeri datang ke Wrap Up party dengan jaket birunya yang lucu :) Aku naksir.
Dia lebih cantik dengan rambut pendeknya.

 Uri DorongNyong's here~
Ternyata di tahun 2016 dia masih hidup HAHHHAHAHA
Lee Dong Hwi memilih stelan hitam malam ini

 Jin Joo nggak mau kalah donk :)
Kim Seol manis banged yak.
Jadi ingat nyanyi Minky Minky Minky lagi HAHHAHAHHAA
Anak yang paling disayang di seluruh Ssangmundong :)

 Sung No Eul juga datang.
LOL. Aku lupa nama ajusshi ni HAHAHHAHA

 Ayah DoRongNyong juag terlihat hadir~

 Lee Min Ji dan Lee Si Young juga datang.
Suka banged sama style Lee Si Young (bener kan itu namanya?)

 AIGOOOOOOOOOO KIM SAJANG~
Kim Sung Kyun juga datang, stylenya lebih muda sekarang hhehehehhhe

 Ayah Taek juga datang dengan style hitamnya.
Kok banyak yang make baju hitam ya? HAHHHAAHHAHA

Ryu Jun Yeol akhirnya datang ke warp up party setelah menyelesaikan V-App-nya.
Sempat ganti baju juga bang? HAHAHAHHAH
Style-nya lucu ya, nggak formal, lebih ke santai dan aku suka itu :)

Ryu Hye Young nggak kelihatan di red carpet eh HAHHAHAHA
Dia udah masuk ruangan duluan :)

Go Kyung Pyo akhirnya muncul juga :)
Katanya tadi dia masih ada pemotretan.
Bang jadian aja sama Hye Young deh, cocok hehhehehe

BTW Park Bo Gum kemana ya? Kok nggak keliatan ya?
Aku udah ngerasa aneh sejak kemarin kok pas ending Reply 1988 dia malah fanmeeting, sekarang apakah dia nggak datang lagi?
Pas Konser juga namanya belum dikonfirmasi akan hadir, atau mereak mau buat kejutan?
Ryu Jun Yeol bilang dia bakalan ikut vacation to Phuket, tapi Park Bo Gum juga belum konfirmasi.
Hmmmm, mungkin dia sibuk kali ya? Banyak scedule~
EDIT: Setelah cek IG, Bo Gum memang ada scedule malam ini, jadi kayaknya dia ga bisa datang.


 
 Kayaknya wrap up party-nya bakalan seru nih.
Aku nungguin ada yang upload video deh hehehheheh
Nanti aku update lagi kalau udah nemu pic mereka :)


89 comments:

  1. Aku masih gabisa move on malah kak. Setelah semua yang terjadi. Ini akhirnya? Gilak. Aku gabisa kaaaaaaaaaaaaaak T.T tapi yudahlah. Bahkan hampir seluruh pemeran di #teamJunghwan hahaha. Emang kuat banget kemistri mereka. Bickering is the best relationship. Hah. Aku masih kecewa parah sama writer. 2 ep terakhir. Nggak. 4 episdoe akhir bener2 beloooook. Banyak yang bilang kemungkinan besar sebenernya tempat nikah itu di pesen buat jh-ds tapi karna spoiler merajalela maka inilah alternatif endingnya. Ngga memuaskan sama sekali. Aku sakit akan loveline-nya. Tapi ngga dengan familynya. Aku cinta bangeeeeeet mereka. Cuma, aku gabisa nonton ulang dengan senyuman. Karna tiap inget mereka berdua, aku nangis. Aku gabisa T.T
    Aku harap Ryu dapet penulis yang bener2 baiiiikkkk. Dia main lead loh! Oke sampe ep 18. Bahkan buat Oppa, drama ini selesai di ep 18. Sama bangeeeeeet hahaha. Aku gabisa bayangin perasaan mereka ketika mereka tau mereka bukan pasangan. Pasti ngga sepenuh hati jalaninnya :3 Salah writer-nim. Dia ngebuat suami-dukseon-yang-terpilih jadi di benci. Aku... Ga benci cuma untuk beberapa saat, aku ga kuat liat muka dia. Beri waktu sebentar buat ngilangin sakit ini.
    Dan Ryu Oppa... Sukses selaaaaalu. Kamu suami pilihan seluruh wanita di dunia kok tenang aja :D
    v-app nonton pas engsub aja entar :3
    Gasabar nunggu drama baru Oppaaaaa.
    BETTY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa...sama banget. Perasaanku kayaknya sudah terwakilkan sama komen ini...setelah semua kemistri yang begitu kuat hanya untuk diakhiri dengan JH yang mengalah...sigh...ini patah hati besarku yang kedua setelah Chilbong.

      Sungguh ending yang tak masuk akal. 2 episode akhir cuma filler bagiku. Cerita ini sesungguhnya adalah kisah keluarga, persahabatan, dan cinta pertama JH kepada seseorang bernama DS. Cerita ini tamat di ep 18 bagiku.

      Ep 19 di mana CT kissing DS sungguh terlihat memaksa dan bikin aku mempertanyakan karakter DS di sini.

      Delete
    2. semula aku gak mau nonton drama ini abis jadul trs gk keren wktu diliat sekilas setelah nonton episode satu malah gak berhenti. aku kira juga suami duk seon itu bakalan jung hwan tapi ternyata dengan taek. maaf ya sya pendukungnya taek jadi gembira banget wktu liat endingnya. bner2 gak ketebak alurnya. banyak pesan moral dan bikin kangen drama ini meskipun udah berakhir.

      Delete
  2. Selamat Airin akhirnya bisa Muve on juga kita...kkkk
    Aku rela kapal ku tenggelam dengan kapten kapal yang super ganteng RJY...hehehe
    sepertinya warm Up party nya juga berduka buat Jung Hwan...
    RJY itu lucu n apa adanya n cara ngomongnya bagus banget...lucu pas dia bilang ku pikir kita akan melakukan ini sambil makan ramen di sungai Han seperti apa yg Hyeri lakukan...lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dia lucu banged, pinter ngomong dan nggak jaim. Dia bahkan berinteraksi dengan para staf disana juga.
      Dia beberapa kali tuh ngomong kalau dia kira bakalan kayak Hyer LOL.
      Kayaknya dia beneran deket sama Hyeri, soalnya dia tersu nyebut nama Hyeri dan Deok Sun HAHHAHHHA

      Delete
    2. ku pikir juga begitu..makanya chemistry mereka ber 2 dapat banget...dan dia juga cerita kalau dia dan hyeri suka bertanya2 kapan kiss scene nya...lol
      sepertinya hyeri dan RJY yakin bahwa Duk Seon n JH akan bersatu..tapi apa mau di kata SW nya malah bikinnya begitu..bahkan temannya Byun Yo Han juga Team JungHwan...
      kita tenggelamnya rame2 nih..lol
      pilihan movie favoritnya keren ya...

      Delete
    3. kita beneran tenggelam dalam pesona Jung Hwan dan Deok Sun LOL. Bahkan Hyeri dan RJY juga tim Jung Hwan dan itu membuatku makin senang.
      MAri kita ship mereka di dunia nyata HAHHAHAHA

      *jadi semangat lagi

      Delete
    4. Begitulah JH terlalu mempesona...
      Aku mau ngeship dia sama aku sendiri Airin..ottoke???lol
      Siapapun penikmat drama yg benar2 menonton drama karna story dan akting pemainnya tidak akan ada yg didak suka JH dan Ryu Jun yeol...
      aku saja yg awal nonton drama ini karna PBG malah falling in love super deeply sama JH alih alih sama Taek...lol

      boleh ya aku Ship dia sama aku saja...aku akan menggantikan DS untuk JH...HAHHAHAHA

      Delete
    5. ya ya ya saya juga udah agak move on meski masih ada kata tapinya... download videonya Ryu oppa tdi jadi udah agak lega lucu dan baek dia orangnya.. pas dateng d film Himalaya filmnya mami miran dia bahkan nyalami semua fansnya trus fansnya pada teriak RYU JUN YEOL RYU JUN YEOL... sepertinya memang naskahnya juga diganti itu mengecewakan hanya karena spoiler mereka mengubahnya ketika pemeran utamanya saja menginginkan mereka bersatu, lega juga setelah Jun Yeol oppa dan Hyeri berada d team Jung Hwan... Dukung banget lo mereka jadian di dunia nyata kelihatanya mereka deket dan nyaman banget satu sama lain. Semuanya rame-rame tenggelam ya si Lee Bang Ji alias Byun Yo Han juga ikut bareng-bareng tenggelam ya.... tapi juga nyesek ceritanya dibelokkan hanya karena spoiler yg sebenarnya kita semangat spoiler ada tapi kita kan penasaran gimana jalan ceritanya jadi pasti tetap ok tpi mereka memilih membuang semuanya... RYU JUN YEOL OPPA SAMPAI NANGIS KARENA DAPAT BANYAK CINTA DARI KITA SEMUA...

      Delete
  3. Bogum & kyungpyo katanya nyusul belakangan karena ada photoshoot. Setuju airin butuh fanfiction!!!! Kekekeke terimakasih buat spoiler dan sinopsisnya selama ini. Sangat membantu.. :D

    ReplyDelete
  4. Rasanya jadi tenang pikiranku. Sekarang mulai ga emosi lagi kyk kemarin-tadi siang. Uri Jungpal, sekarang ak relakan. Kalo endingnya gtu gapapa, namanya drama. Kalo udah gini critanya, biasanya ak bakal pake prinsip ku dulu, "Ngenes di Drama, bahagia di dunia nyata". Setelah liat v app junyeol, entah kesambet apa jadi ngeship hyeri-junyeol XD #Plakkk meski pas awal2 emg ngeship setelah nonton bts nya mereka, tpi sekarang tambah 'ngeh' buat ngeship :D mungkin buat pengobat hati :3 ngeship di dunia nyata gapapa kan? Toh ga ada yg nglarang :D DS-JH berubah HR-JY XD moga dapat jatah drama lagi kyk jungeum-jisung kyk di kill me heal me :3 #ngimpi

    ReplyDelete
  5. ryu jun yeol oppa is the best,, suka banget senyumnyaa, senyum malu malunya,, haha,, v app nya emang bikin saya move on jugaa,,dia apa adanya,,daebak,, jjang,, hahaha..lebih suka dia drpada park bo gum jadinya stelah lihat v app nya,, haha

    ReplyDelete
  6. Aku antara lega sama sedih mbak ngeliat Vapp ryu Jun yeol. lega karna kita gak sepnuhnya salah paham alias gagal paham tapi sedih krn ryu jun yeol yg udh dalamin krakter junghwan malah di ganti lead man ama taek. mungkin ittu kali ya yang bikin FEELnya ilang di ep 20 ini. Soalnya aku suka banget lovedovey antara deuksun dan taek jg oppa dongsaeng bogum dan hyeeri tp pas nonton ep 20 FEELNYA ini. kesannya malah kaku banget antara TAEK-DEUKSUN dn love dovey bogum hyeri jga jd kaku. pdahal mereka selalu asik dan cute diliat di bts maupun di r88 (sebelum ep 20 ya). apapun itu SUKSES BUAT SEMUA CAST. SEMOGA DAPAT DRAMA YANG BIKIN BAPER LAGI.
    UNTUK HYERI OENNI, AKU SUKA BANGET SAMA KARAKTER DIA DI VARIETY SHOW sama DI GIRLSDAY. gak heran kalo dia disebut sbg mood maker girlsday. dtunggu drama HYERI selanjutnya gitu jga sm Ryu Jung Yeol dn yg lain. eh bora sunwoo smga jadi beneran deh direallife kn mereka bersatu dir88.

    ReplyDelete
  7. oke setelah tau dibalik adegan confession itu aku ga jadi marah sama deoksun,aku bakal nganggep deoksun dipaksa nikah ma ortunya buat nikah sama taek wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha setuju bangeeet..
      deoksun dipaksa nikah ma taek karena taek jauuuuuuh lebih kaya...
      padahal cintanya cuma buat JH seorang

      Delete
    2. hahaha setuju bangeeet..
      deoksun dipaksa nikah ma taek karena taek jauuuuuuh lebih kaya...
      padahal cintanya cuma buat JH seorang

      Delete
  8. delulu amat... dari awal reply series, lead man nya biasanya diambil sendiri ga dicasting. park bogum baru aja bilang di fanmeetnya kalo dia ditelpon langsung. sementara ryu junyeol jelas2 casting (ada klipnya di youtube). casting news nya juga duluan park bogum. color theory juga udah nunjukkin kalo taek itu hijau (dari merchandise official sampe foto childhood). pas baca script pun yang duduk samping shin pd si taek. dari awal juga udah dikasih tau kalo husband nya ngerokok.. si jungbong kan sakit, yakali junghwan ngerokok.. 2 episode awal pun taek juga kayak cameo, ya panteslah dua episode akhir junghwan gantian..
    aku juga sedih soal junghwan gabisa kita ketahuin akhirnya, cuma sebagai fans dri ketiga reply series ga terima aja gitu kalo dibilang mereka ngubah ending di akhir2.. kalo buka forumnya suntaek shippers aja di soompi, banyaak banget pertanda dan progress hubungan cinta mereka yang seperti keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA. Iya. Taek adalah suami Deok Sun, dia adalah lead male yang dipilih sejak awal oleh PD-nim. Clue-clue-nya semuanya mengarah pada Taek. OKE. Toh, dia kan jadi suami Deok Sun.

      kami adalah tim yang tersakiti yang perlu melampiaskan kekecewaan kami melalui sebuah tulisan dan saling curhat antara sesama yang merasa terkecewakan, agar rasa sakit hati sedikit terobati.
      Jika kalian menemukan clue ini dan clue itu, kami juga punya clue kami sendiri dan menurut kami ya begitu.

      Karena jalan pikiran orang berbeda dan cara membaca situasi juga berbeda, jadi ya, mau gimana lagi.
      Itu benar kami masih kecewa dengan endingnya meski kami sudah bisa menerimanya.
      Dan kami memang DELULU shipper, yang terlalu melihat ke satu karakter, apa itu salah? saat semua momen manis terarah pada karakter itu? Dan tiba-tiba dia dibuang begitu saja bahkan saat ending hanya sebagai cameo?

      ENDING adalah hal yang akan terus diingat oleh dalam sebuah drama. Bahkan jika drama itu awalnya tidak bagus kalau endingnya bagus akan mendapat applause.
      Tapi sebaliknya kalau drama itu awalnya bagus tapi endingnya tidak memuaskan, akan diingat sebagai drama yang tidak memuaskan.

      Kami tidak puas karena ending untuk karakter yang kami sukai tidak jelas bahkan screentimenya pun berkurang.
      Kami bahkan tidak bisa lama-lama melihat wajahnya di layar.

      Mengenai masalah mengubah script, kan bisa aja? Mereka bisa mengubah dan juga tidak mengubahnya.
      Karena kami tim yang terkecewakan, tentu saja kami berfikir mereka mengubahnya, karena bagi kami tiba-tiba plotnya jadi aneh. BAGI KAMI LHO.

      Jadi, biarkan lah kami melampiaskan apa yang kami pikirkan disini. Agar kami lega, agar kami bisa menerima kalau endingnya memang seperti itu.

      Delete
    2. Sudahlah tidak usah membicarakan Clue dan kesting pemain segala macam lagi lah...toh sudah nyata2 Taek suaminya kenapa masih di ributin? siapa yg jadi lead male itu tergantung asumsi masing2.
      menurut aku lead malenya drama ini ya RYU JUN YEOL karna kalau bukan karna dia gak yakin rating drama ini akan tinggi..Kisah JUNG HWAN lah yg membuat drama ini makin panas. karakternya terlalu sulit untuk tidak di cintai...
      so lets accep the ending dengan pendapat masing2..ok

      Delete
    3. Kita shipper wajar kalo DELULU , semua orang berhak mengeluarkan pandapatnya ah elaah

      Delete
    4. maaf kalo emang menyinggung.. cuma kalo kenyataan scriptnya gak diubah kan ga enak sama writernya huhu. toh screentime jungpal di awal sudah banyak. aku juga kecewa kok kayak bahkan junghwan dewsa sama dongryong dewasa ga dikasih liat. cuma tetep aja kasian writernya yang terserang hoax disana sini

      Delete
    5. cabedeh gagal faham.. hidup tim jung hwan!!!

      Delete
    6. Sebenernya melihat banyaknya spoiler yang bertebaran tapi ga ditayangin, sudah cukup membuktikan kalau script MEMANG berubah. Dgn waktu yg mepet YAKALI tim produksi ampe ky kbnyakan waktu senggang shooting scene2 yg kebuang gt aja g dpake.

      Delete
    7. Apa cinta harus berdasarkan teori atau rumus atau kalkulator yg jumlahnya terukur? Bagi yg gagal paham knp ada yg kecewa dgn ending drama ini. Itu krn mereka melihat hal terlihat jelas di depan mata. Bukan dari hati. Cinta bukan hanya diukur dr itu aja. Tapi jg ketulusan.

      Delete
  9. Udah liat dikit tadi live v_app nyaa~~
    Alhamdulillah udah bisa move on dkit..
    Ditunggu tulisan" mu selanjutnya airin..
    I am your fans now~
    😊

    ReplyDelete
  10. di V app nya gaada dibilang deh perasaan kalo mereka lead dari episode 18.. kalo diitung airtime nya pun jumlahnya sama antara taek sm junghwan.. bedanya junghwan muncul lebih awal aja. lagian gimana deoksun mau tau junghwan suka sama dia, kalo dia baiknya dibelakangnya mulu.. gak go for it kayak taek. yang jatuh cinta jadi viewer dramanya deh bukan deoksunnya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia tidak bilang Lead sebenarnya...dia cuma bilang kalau JH bukan bagian dari kisah cinta DS dan Taek...jadi kisah cinta JH adalah bagian tersendiri yang ending ceritanya adalah di episode 18 itu...makanya ketika episode 19 n 20 yg memuat kisah cinta DS n Taek, JH di buat seolah2 tak peduli tak ada interaksi mereka yg membahas itu sama sekali..so bisa di simpulkan karna kisah JH dari awal episode sampai dengan epi 18 maka otomatis Lead nya dari epi 1-18 adalah JH n DS dan Taek adalah orang ke 3 nya *Mianhe buat Tim Taek*...dan epi 19-20 Leadnya adalah Bora n SW karna setelah nonton epi 19-20 lebih banyak tentang Bora n SW sih...*Salahkan SWnya* dan menurut aku suami DS adalah Taek tidak benar-benar di tegaskan...lempeng aja...sorry lagi..

      Delete
    2. tapi kan adegan doksun ma jungpal bikin dugeun dugeun,, tapi itu trgantung pndapat masing2 sih

      Delete
    3. Gimana ngitungnya..banyak an adegan Junghwan lah..

      Delete
    4. dramanya uda tamat loo,, dan hasilnya seperti itu,,tapi sebagai penonton kan terserah kita mau menyimpulkan kayak gimana,,jd jangan menyulut hal yang sudah berlalu,, haha

      Delete
    5. iya sih haha cuma kasian writernyaa. gatau sih ngitungnya aku liat di forum.. orang korea juga banyak yang ngitung di dc hehe. aku sih tau dari promo awalnya https://www.youtube.com/watch?v=erhNCsq9Lhg . sumai ds ditegaskan sebagai taek dari yang mereka berdebat nonton konser, noeul, sm rokok sih. jadi ya aku pikir udah dari awal direncanakan begitu hehe.

      Delete
    6. OK kalau benar sudah di rencanakan dari awal kalau Taek adalah suaminya berarti SWnya Failed bikin storynya...karna jujur saja Taek kalah mentereng di banding JH...tokoh JH di buat terlalu super power dengan segala kisah n kebaikan hatinya so walaupun dia bukan Lead nya tapi dia mendapatkan cinta yang sangat besar dari penonton... bahkan Hyeri yg meranin tokoh DS juga sepertinya cintanya kepada JH bukan Taek...begitulah...
      RJY dan JH Jjangg...

      Delete
    7. Lucu yaaa... second lead dpt porsi loveline yg lebih banyak drpd lead male?
      Jd jangan tanya knp kami berkata drama ini "ANEH".
      Aku adlah penggemar drakor sejak 2004, ada ratusan judul drama yg pernah aku tonton, dn stlh drama ini berakhir aku mengingat2 lagi drama mana yg dr loveline lead malenya lebih sedikit dr second male? Bahkan smp 16 episode? GAK ADA! (aku anggapnya 16 yaaa... krn menurutku script jd aneh sejak mereka break 2 minggu).

      Delete
    8. Baca tulisan Hazuki Airin yg menenangkan ak jd tergiring move on tp setelah baca komen si Trysh, jadi pengen maki2 tp buat apa jg coba maki2 org yg ga tahu menempatkan diri.... Jung Hwan tetap Yang Terbaik, Dengan karakter terbaik, Sekalipun gantengnya ga ngalahin Taek tp pesonanya menyilaukan semua yg di reply....upz hehee....sebanding ma Yong Jae deh^^

      Delete
    9. Situ siapa ada di mari.... Usss sana ke blog yang demen Taek!

      Delete
    10. Sudah ditulis dg SANGAT JELAS oleh airin bhw dia adlah team JH, jd yg tidak berkenan mohon tidak melanjutkan mmbaca.

      Delete
    11. Sudah ditulis dg SANGAT JELAS oleh airin bhw dia adlah team JH, jd yg tidak berkenan mohon tidak melanjutkan mmbaca.

      Delete
    12. sudah sudah,trysh ga baik kamu gtu walau kamu team taek,kami2 disini yg team junghwan jg ga pernah nyalahin taek or ga suka dgn dia,tp kamu harus akui bahwa cerita r88 itu berubah dr eps 19-20.kita sebagai penonton yg dr awal ngikutin ga rasain feelnya lg, tp kamu harus akui bahwa junghwan itu magnetnya R88.saya yakin kalau ga ada junghwan nie R88 ga rame kyk gini,kita udah sering liat bo gum di nodame versi korea or sunwoo di flower boy nextdoor tp beda dgn RJY, krn dia sunggung2 dgn perannya mk kita bs rasain feel dr drama ini.awalnya rjy jg gatu kalo dia bkl jd kjh krn kalau pas casting dia pikir dia dpt karakter sunwoo krn mirip dia.tp ya sudahlah semua sudah berakhir.jd tolong jgn memperkeruh suasana ya trysh.kalau ga suka jgn berkunjung kesini.ini tempat kita berbagi pendapat tp tdk dgn ribut.ok. makasi buat pengertiannya.

      Delete
  11. sayang sekali soalnya awalnya aku suka recapmu dan percaya sama coor theory yang waktu itu dipost hehe. cuma abis liat sumber-sumber lain dan fokus ke dramanya secara keseluruhan barulah aku sadar.. aku merasa junghwan-deoksun terlalu romantis adegannya buat jadi main couple di reply series.. secara sebelum2nya hubungan couple2 sebelumnya lebih kayak keluarga gitu. buat saran aja, coba cek recapnya dramabeans deh hehe makasih ya buat asupan spoilernya selama series ini. appreciate your hardwork :)

    ReplyDelete
  12. bener kak,, setelah liat v app nya oppa/ ajussi waenyol haha,, jadi ngobatin rasa kecewa malam tdi,,, berharap habis ini ada projek baru junyeol ma hyeri,,, jadi bisa terobati deh,,, atau pas konser mereka duet,,, kan so sweet

    ReplyDelete
  13. terimakasih setiap recap-annya selama ini airin
    Penikmat R88 punya pandangan sendiri, tergantung dari segi mana dan makna apa yang di ambil. Semoga mata dan hati bisa terima dengan lapang dada. Yang aku tonton R88 termasuk yang terbaik, bisa buat semuanya jadi up&down:)
    Fighting!!!

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya aku baru mw komen gitu bj yg d pake rjy pas vapp sm yg d pake hyeri bwt party knp motif dan warna nya mirip jgn2 baju couple lg.biar deh taek ambil deoksun tp hyeri bwt jonn yeol krn aku ship mrka d real life jg.oya bwt team taek tlng jgn komen d blog ini soal taek/deoksun lg bg team junghwan slmanya jungwan dan deoksun lah kisah cinta sejatinya mskpn sw-nim bkn taek jd swmi nya deoksun bwt ending r88 tp bg kami endingnya adlah akhr ep 18.bkn kah bnyk drama korea yg bkn ending gantung yg bkn penonton menginprenstasikan sendiri akhr dr drama trsbt dan bg km seperti itu ending r88 berakhr d ep 18 dan suka2 km bis itu mw inspretasikan klnjtn hub jh/ds.biar deh kami d blng shiper delulu tp kami bangga psngn kami bkn hati yg ntn saat mereka bersama bsa ikut deg2an,meleleh dsb bahkan bg hyeri confesion junghwan bwt dy nangis berarti bg hyeri sbgai individu dia lbh tersentuh dgn junghwan drpd dngn taek.

      Delete
  15. Setuju setuju... >///< yang foto jungpal eh junyeol yang atas sama hyeti di RC :D ga sadar lo. Tpi yang junyeol oppa di rc, ntah ak emg lebay, mata minus ato gmn, kerah bajunya junyeol yg ketutup jaket jg biru :3 nah udh lah, mari kembali ke dunia kita dan ngeship couple fav kita :3

    ReplyDelete
  16. kadang suka kesel . knp tim junghwan mau melampiaskan kekesalanya ada aja tim sebelah yg kadang bikin gue naek darahh. gue gak benci si deokson jadi sama si taek sabodolah tp gue kelewat kesel sm team taek yg kadang ngatain junghwan gak gentle. menurut lo aja pikir kurang baek apa junghwan korbanin semua demi si taek. wajar dong airin menuangkan kekecewaanya lewat blognya kan udh garis keras mbak airin tim junghwan dan ini juga blog mbak airin. kalo pun masih ada yg gak nerima sm pendapat mbak airin tentang clue2nya atau semuanya ya bisa di skipp kan. yang penting taek udh menang di drama kan.

    btw mbak airin gue suka bgt sm blog kamu dr dulu zamanya itazura nakiss apalagi si furukawaa. omg kabar dia gimanaa wakakkakakak. aku tunggu semua postan mu mbakk suer suka bgt sm penyampaian mu dlm menulis blog wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaaa...ngerusak mood banget.. jangan sampau kalau tar pas airin recap V-App nya RJY muncul lagi..

      Delete
  17. Airin, ini blog pribadimu suka2 kamu dan hakmu mau nulis apa, kamu jg udah menjelaskan kalo kamu TEAM JUNGHWAN, jadi menurutku buat yg di luar TEAM JUNGHWAN dan ga suka sama tulisanmu ga punya hak apa-apa dong.

    ReplyDelete
  18. Nambah komen ah jgn2 bnyk cast pake baju wrn item atw wrn gelap itu bwt nunjukin kedukaan mereka kalo ship mereka jg karam.biar aja d sebut delulu gw yakin kalo mereka cast d interview sbgai individu mereka pst jwb jung hwan orng cnthnya aja noel sm jinjo mlh jung hwan.bnr ga team jung hwan,jgn2 park bo geum jg kalo d tanya sbgai individu siapa yg lbh cocok jd swmi deok sun dy jawab jung hwan lg.ha....ha....

    ReplyDelete
  19. Bagaimana kegalauan saya?? Hemmmm
    Sedikit terobati berkan baru saja nonton v app jung hwan, ehhh maksudnya Ryu Jun Yeol :) (yahhh sekarang udh bisa senyum)
    Terus mampir kesini yg juga bisa membuat tambah tersenyum dan tidak segalau kemarin,,,
    Tapi MASIH belum sanggup nonton ep 19 dengan full dan ep 20 MASIH belum di download, apa lg nonton ualang setelah streaming kemarin,,,
    Makasi hazuki atas kabar terbarunya reply 1988,, moga hazuki dan semua Team Jung Hwan setelah ini bisa kembali terseyum menghilangkan kegundahan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut,,,
      Setelah selesai baca komen perasaan saya yang sebelumnya tenang perlahan dirusak dan mulai panas. Hazuki, saya, kami, meraka yang di Team Jung Hwan lagi proses bersama mengobati luka secara perlahan agar tidak berlarut2, dan ini blognya hazuki jadi terserah dia mau nulis apa!
      Klo kalian team taek yg nayar krsini dan gak terima harusnya gak usah mampir kesini apa lagi baca,,,(bikin sakit hati diri sendiri). Dan juga jangan meminta kami membaca diforum yg kalin dukung (team taek) karena itu menyakiti diri sendir bagi kami yg ada di Team Jung Hwan..
      Kan sudah JELAS TEAK & DS bersatu, kami sudah tahu dan sangat paham dan juga MENERIMA..
      JADI bisa ditegaskan kami disini ingin saling mengobati dan menghilangkan luka, jandan ditamanah lukanya menjadi berdarah2 lagi,,,
      Sekian # maaf untuk yang merasa tersinggung

      Delete
  20. RJY benar2 kapten dari kapal ini.di Team JungHwan sejati...lucu bgt pas dia ngasih nilai buat pengakuan cinta Taek d epi 10 nilainya rendah banget dengan komentar "aku berharap ini tidak usah ada" sambil senyum *kira2 komennya begitu ya* dan dia mengasih nilai untuk pengakuan JH di epi 18 tinggi sekali sehingga grafiknya jadi berbentuk V yg dengan lucu dia hubungkn dengan VApp...lol..
    This guy so funny...kkk

    ReplyDelete
  21. Aku akhirnya memutuskan nonton ep 19-20 tnpa sub dengan pertimbangan, skip2 taek-ds moment dan fokus ke cerita keluarga yg lain,dan pastinya ingin liat jungpal utk terakhir kali (walaupun screen timenya sedikit bgt). Ya sedikit semangat,krna memang inti cerita kekeluargaan mereka yg memenangkan drama ini. Masih galau sih dengan endingnya junghwan,tapi mencoba move on deh. Mungkin kalo sdh siap,pikir2 deh download ep 19-20 yg engsub.
    Dan buat yg lain yg ga merasa baper,ku saranin cobalah nonton dr awal n coba liat dri sudut pandang junghwan,mungkin akhirnya kalian akan ngrti apa yg kami rasain. Disini bukan lg masalah siapa suami DS,tapi kenapa gq ada ending yg jelas buat junghwan. So pasti sih kita bnrnya pgn junghwan yg jd si husband,kenapa? Krna dari awal (ya ga awal2 bgt sih) kita digiring utk prediksi,bhkan pede menetapkan, klo junghwan suaminya. Air timenya banyak, cerita tentangnya ditata apik, karakternya dibuat seperti "wah,ini dia nih yg worthed jd suaminya", but the end he is nothing,cuma gara2 timing. Ini bukan lagi mslh team taek or tim junghwan, tapi junghwan dibawa kemanaa??
    Mian,aku bnr2 dibuat baper n down soalnya..
    Tapi,liat postingan airin ini,mari kita sama2 move on :) seenggaknya,kita dpt berita segar ttg isi hati para pemain yg trnyata team junghwan juga,hahahahaaa...Fighting yeorobun,let's keep strong and love junghwan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! setuju banget. Dia nggak mendapat ending yang sepadan bagiku. Plis deh, lame excuse banget kalo dia kalah dari Taek cuma gara2 Fate dan Timing...usaha JH sebenarnya lebih banyak dibanding CT...aku udah ga mikirin siapa yang pantes jadi suami DS. Ga peduli lagi. Cuma yang jadi pikiran adalah, eksekusi ending buat dia, dan juga Dong Ryong yang bikin pengen gigit meja.

      Delete
  22. katanya RJY ama Hyeri nungguin adegan kissing mereka ,yaa
    ternyata mereka juga nga sabar pengen ada adengan kissing antara JH and Duksun ternyata ,emmmm :-D
    katanya juga mereka pengen di lakukan pas episode 5 tapi semua hanya tinggal angan-angan aja
    semua gara - gara PD nim dan penulisnya,aku yakin mereka juga kesal makanya hyeri sampai nangis kan katanya saat buat ep 18
    karena pupus sudah harapan buat mereka dapat adegan kissing
    dan hal itu juga nyesek buat aku pribadi karena mereka nga dapat adegan kissing sama sekali :-(

    ReplyDelete
  23. YA SUDAHLAH.... SUDAH PADA SEDIKIT MOVE ON KAN? SEMUA SUDAH BISA SEDIKIT TERTAWA KAN? MARI MOVE ON BARENG-BARENG..... TAPI.... HEHEHEHE BAGIKU MASIH SELALU ADA TAPINYA... JADI NI V APP DIADAKAN AGAR PEMAIN ASLINYA MENJELASKAN SECARA LANGSUNG APA YANG TERJADI DAN MEMBICARAKAN DENGAN JUJUR PENDAPATNYA TENTANG ENDING DRAMANYA BIAR SEMUA PAHAM DAN SEDIKIT TERHIBUR..MESKIPUN BEGITU TAPI.... TAPI DAN TAPI... DAN BESOK MEREKA MAU LIBURAN DI PHUKET IKUT DONG MAU RAME-RAME MELUK JUNG HWAN... SUDAH LEGA TAPI LO INGET JADI KESAL DAN SAKIT RASANYA KOK BEGITU JADINYA... TAPI TAPI SETIAP MENGATAKAN SUDAH LEGA MASIH SELALU ADA KATA TAPI MESKI RYU JUN YEOL SUDAH MENJELASKANNYA MASIH TETAP GA RELA..

    ReplyDelete
  24. Sori yah airin komen lg,cm gegara ga bsa tdr td bc tweet eyes on ryu pas vapp ryu joon yeol.trus bnr yah awal nya ryu joon yeol pkr dy bkl jd sun woo.jgn2 tdnya pd-nim mw nya yg jd cast jh adlh gkp dan td kan info dr team taek blng pbg d tlp lngsng sm pd-nim nya kan,bsa jd gkp jg d tlpn bwt jd slh satu cast d r88.nah pas rjy casting mngkn pd-nim mlh jatuh hati sm acting rjy trus mlh jdin dy jh dan gkp jd sw.kalo gini lbh msk akal awalnya cintasegitiga hrsnya antara gkp-hyr-pbg seperti yg d release k media.nah mngkn skenario awalnya emng jh(gkp) adalah husband deoksun.mngkn krn ga enak sm agencynya gkp yg udh d janjin jd leadmale nya skrip d rbh biar sw jd cast pntng .tp stlh ep 3 tayang bnyk fans yg lnsg jodohin jh(rjy) k ds drpd k sw. skrip nya d rbh biar sw(gkp) pny scren lbh bnyk mknya scren taek d kurangin dan krn fans bnyk yg ska dinamika jh/ds jd dfokus k perjalanan cinta jh.nah kslhn swnim dia mengabaikan dinamika cinta taek bwt ds dr ep 7-18(kcuali ep 9,10&17) 3 ep itu pun cm nujukin sdkt dinamika antra taek/ds kalo kata airin ngebosenin dan datar2 aja.mknya mereka mnt rehat semnggu bwt bkn ending yg bsa muasin swm orng.tp bsa jd ada komplen dr agencynya pbg yg kbrtn kalo bintang skls pbg cm jd pemeran pria ketiga dlm drama ini apalgi kalo bnr pdnim nlpn lngsng otomatis ada tgung jwb moral bwt jdin pbg sbgai leadmale atw 2ndleadmale.nah mw ga mw hrs ada yg d korbanin dong.otomatis rjy yg rokie lah yg d korbanin.d rubah lah skrip akhrnya yg maksain bngt taek jd husband.kalo soal clue sbnrnya sengaja d bkn bias yah kalo gampang ketebak ga seru dong.jd smw clue dr ep 1-18 bsa d mskn bwt 22 nya bwt jh/tk.kalo team taek blng aku lebay krn bikin bw2 agency dlm produksi drama,knp aku pny pkrn ky gni krn aku jd ingt drama producer gmn berpengaruhnya sbuah agency artis dlm mengintimidasi sbuah produksi acara stasiun tv sbs.bhkn kita d ceritan bagaimana sbuah agency mengubah latar belakang cindy(IU) biar saat debut dpt prhtian dr msyrkt dan saat terbongkar mlh nyalahin artis nya yg boong.pst sbgian klian ntn kn drama ini.jd mngkn aja dong klo ending drama r88 ada intimidasi dr agency nya pbg.dan kalo d liat aneh aja kan msa swmi deoksun blm pst ikt dlm acara konser r88.yg bkn scedhule artis kn agency nya otomatis swm tawarn hrs d setujui agency.kalo ga ada unsur"sakit hati" knp kesan nya pgb blm ada konfirmasi pdhl hyri sbgai leadfemale udh comfirm msa pas leadmale nya msh mkr2.apalgi kt airin sched pbg dr kmrn full smpe2 blm tau dtng apa ga d part ini krn ada sched lain mlm ini.aneh bin lucu msa hubby deoksun kmngkn ga dtng bwt party.jd kata aku sh agency pbg sengaja bkn sched super sibuk seolah2 ampe ga smpt dtng k acara2 yg d bwt untk reply.yah itulah dunia showbiz yg kita liat blm tentu yg sbnrnya.jd kalo emng bnr demi memuaskan tuntutan agency skrip ep terakhr d rubah maksa aku cm brharap park boo geum bsa lbh bsr hati krn skrng mngkn jd bulanan2 kekecewaan dr sbgain bsar fans r88 yg d dlm nya adalah team junghwan.bwt ryu joon yeol aku harap bis ini bnyk twrn ngantri bwt km main d film atwpn drama.dan semoga hub km sm hyeri terealisasi d real life (dispact d tungg yah foto2 mrka ber2 lg kencan)ini delulu ship rjy/hyr in real life

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas lihat ep 19, sempet jugs kepikiran kayak gini.. tp ga sampe kepikiran ke agency nya sih.. cuma kepikiran mentang metang ryu jun yeol artis baruu gitu.. jd aq mikirnya mntang mntang ryu jun yeol nya masih baru, jd trkesan ga pantes gitu klw jd pmeran utama..haha..ga pengen nyalahi siapa siapa sih.. tp endingnya emang sangaatt lucuuu..dan kasiaann banget jung hwannya

      Delete
    2. Kalian tw, manusia (ditinjau dr psikologis dan sosiologis) tidak sesederhana itu. Walau pun memang ada hal yg tdk kita ketahui. Sebagian org, melihat ending drama ini 'aneh'. Well, mungkin saya akan seperti airin. Tdk ingin seantusias atau pun berlebihan jika ada drama series lainnya. Ini drama.. suka2 yg punya. Bukan realita.

      Delete
  25. ditunggu recap V-APP RYU JUN YEOL nyaaa airinn :*

    klo emang Taek dr awal udh di jodohin SW nim jd suami nya duksun, yasudah lah..
    terlepas dr itu smua, karakter Jung Hwan udh buat drama ini meroket naik..

    BTW itu pd pakai hitam2 kaya nya berduka karena JH gagal sm DS.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bgt airin aq setia menanti recap V-APP nya JH kemarin cm bisa natapin wajahnya aja secara ga paham sm bahasanya&sub nya yg sedikit bgt.semangatt,kami siap menunggu ya

      Delete
  26. Setelah ep 1-18 jadi lead ehhh ep 19-20 cuma jadi cameo mbeheeekkkk (suara kambing 1988)
    Pernah mikir, ada ep pas pernikahan taek sama deoksun junghwan nyerang pakai pasukan airforce nya 😂
    Versi suami deoksun yang dibuta kejungpal jungpalan di akhir malah dibuat ketaek taekan dan terlihat dipaksakan.
    Pemain pendukung serasa pemain utama ( sunwoo sama bora adegan kissu banyak amat) sedangkan nunggu junghwan ma deoksun lamaaaa nya gak ketulungan, sedang taek udah bisa maen nyosor aja
    Perjuangan junghwan di sampai 18 kalah sama taek yang modal nya senyum doang maaf ya teamtaek, markir mobil aja belum bener. Lebih enak liat deoksun duduk di samping junghwan pas nyetir. Nyampe sekarang belum berani nonton ep 19 ma ep 20 (trauma), pernikahan bora serasa peralihan isu dimana kita tau writer nya kampret mbeheehekkk. Tapi gak pa pa, setidaknya RJY kecewa dan sedih di drama tapi banyak wanita di dunia mencintai akting dan karakernya. Mobe on ke cheese in the trap yukk kak airin. 😊

    ReplyDelete
  27. Setelah ep 1-18 jadi lead ehhh ep 19-20 cuma jadi cameo mbeheeekkkk (suara kambing 1988)
    Pernah mikir, ada ep pas pernikahan taek sama deoksun junghwan nyerang pakai pasukan airforce nya 😂
    Versi suami deoksun yang dibuta kejungpal jungpalan di akhir malah dibuat ketaek taekan dan terlihat dipaksakan.
    Pemain pendukung serasa pemain utama ( sunwoo sama bora adegan kissu banyak amat) sedangkan nunggu junghwan ma deoksun lamaaaa nya gak ketulungan, sedang taek udah bisa maen nyosor aja
    Perjuangan junghwan di sampai 18 kalah sama taek yang modal nya senyum doang maaf ya teamtaek, markir mobil aja belum bener. Lebih enak liat deoksun duduk di samping junghwan pas nyetir. Nyampe sekarang belum berani nonton ep 19 ma ep 20 (trauma), pernikahan bora serasa peralihan isu dimana kita tau writer nya kampret mbeheehekkk. Tapi gak pa pa, setidaknya RJY kecewa dan sedih di drama tapi banyak wanita di dunia mencintai akting dan karakernya. Mobe on ke cheese in the trap yukk kak airin. 😊

    ReplyDelete
  28. aaahh kalau aku mah udah sampai episode 16 aja nontonnya .. yaa walaupun ep 17 - 19 didonlot tetep ga berani buat nonton .. dan untuk ep 20 cukup tau aja ..

    baru kali ini saya sangat sangat mencintai karakter dalam sebuah drama biasanya lewat lewat saja .. Kim Jung Hwan akan selalu dihati ..

    terima kasih airin selama ini selalu membuat hari hari sy selalu tersenyum bahagia lewat postingan teory nya dan juga berita tentang RJY dan yaa walaupun postingan terakhir buat sedih ..

    ReplyDelete
  29. Airin, aku nungguin v-app nya ryujunyeol dan taxi nya yg brg lee donghwi yaa.. 2 aktor hebat yg cm jd penghias di eps 19-20 (T-T)

    Jgn lupaaa share fotonya jg ya.. bakal kangen berat sama Junghwan..

    ReplyDelete
  30. halo admin,
    saya yg beberapa minggu lalu bikin admin emosian gara-gara komentar saya,saya secara sadar mengakui kalau saya terlalu berani berkomentar disini ditengah ratusan pembaca blog ini yg adalah tim jung hwan berani berkomentar di blog ini sama saja dengan resikonya saya sengaja masuk kedalam tumpahan api luka yg masih membara,

    admin,saya juga merasa ini sangat tak adil bagi jung hwan percayalah terlepas dari siapapun yg saya dukung saya juga merasa ini akhir yg terlalu sadis bagi jung hwan,

    tapi sejak awal saya membaca tulisan-tulisan admin pun soal reply 1988 admin saya rasa terlalu banyak berkhayal ini dan itu tentang deok sun dan jung hwan dengan kata lain admin terlalu percaya diri 1000 % kalau end gamenya jung hwan akan tetapi khayalan tak selalu sesuai kenyataan saat faktanya khayalan tak bisa diwujudkan menjadi kenyataan daripada memilih untuk menerima fakta yg ada seseorang lebih memilih untuk melukai diri tinggal dalam khayalan selamanya demi melindungi harga diri mereka yg terkoyak,

    saya bisa mengerti kalau tim jung hwan ingin menghibur diri dengan jalan seperti ini,tapi admin tolong jawab pertanyaan saya jika eksekusi ending untuk jung hwan lebih baik misalkan jung hwan mendapatkan pengganti deok sun dan diceritakan bahagia di masa depannya bisakah admin menerima fakta kalau memang deok sun ditakdirkan untuk taek bahkan sejak episode 2??

    kami mengerti kekecawaan tim jung hwan tapi kami sbg tim taek juga merasa sakit hati dengan tim jung hwan yg terus menyudutkan karakter taek dan bahkan lebih ekstrimnya lagi membenci park bo gum dan hyeri di real lifenya mereka hanya pemain yg dibayar untuk mengikuti permintaan penulis dan produser bahkan meski kami tim taek sekalipun kami juga turut berduka cita untuk jung hwan tapi sebaliknya tim jung hwan malah membalas kami dengan pengingkaran sepanjang hidup untuk karakter yg kami cintai bukan hanya karna wajah tampannya saja seperti yg seringkali kalian tuduhkan

    sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khayalan?
      Helloooo... maaf ya mbak, tp apa mba merasakan sweet moment yg bikin dugem2 antara CT dn DS di eps 1-16??? 16 loh ya... 16 episode. Sdgkn CT - DS? 4 episode terakhir yg kelihatan maksa dn gak terasa feelnya.

      Delete
    2. Udah deh..... Situ ngapain komen di mari.... Gak bijak banget sih...

      Sana koar koar di fansclab endiri. Kaga ada emang blog yang dukung T A E K. Saya yang tadinya gak terlalu brnci sama Taek jadi benci liat komen kamu nyangkut di mari.

      Udah deh... Kalo mau buka pikiran jangan di mari yg udah jelas lagi berusaha move on. Udah jangan komen lagi ya say.... Bikin gerah tahu... #sapuSapu Upsst Sworry

      Delete
  31. Kalau aku justru mikirnya cerita ini menceritakan pemeran karakter utamanya cew di sammundong sampai kisah cintanya yg dimulai dari sunwo terus ke junghwan karena lead female nya pernah bilang dia gak sangka bisa menikah dengan suaminya itu.. Berati tandanya dulu dia gak memperhatikan suaminya.. Coba liat waktu awal2 ceritanya lebih banyak fokus ke sunwo terus berubah ke junghwan.. Baru ke taek menurut aku sih gitu... Jadi kalau junghwan di bilang yg bikin ratingnya naik aku kurang sependapat.. Karena ini fokusnya ke lead femalenya.. Dan rating ini naik pun emang ceritanya bagus sih.. Itu aja pendapat saya karena pas di akhir2 saya menjadi team dok sun karena saya terserah aja suaminya.. itu aja sih pendapat saya terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal faham mbak ya??? cb deh ditonton ulang lg. rating naik karna junghwan karena sebagian besar penduduk dibumi ini mencintai karakter junghwan.

      Delete
    2. Setuju sama oktaviana.... Ini nonton lagi aja beb.... Trus cek di drama wiki tiap episodnya...

      Delete
  32. saya team jung hwan, namun dengan akhir seperti itu.. rasanya kurang memuaskan karena tidak semua tokoh dalam drama ini happy ending..
    tapi setelah mencoba berusaha menerima bahwa taek adalah husbandnya DS, maka saya sampai pada satu kesimpulan.. meskipun kesimpulan ini hanya pendapat saya sendiri
    bahwa pemeran utama dari drama ini ada 3 orang yaitu DS, Sunwoo, sama JH karena menurut saya mereka mempunyai jalan ceritanya sendiri, anggap saja DS memiliki jalan cerita untuk menemukan cintanya yang awalnya dari Sunwoo, ke JH dan berakhir di Taek.
    sementara Sunwoo juga memiliki jalan cerita bagaimana dia berusaha untuk mendapatkan cintanya yang selama ini hanya bisa menjadi pemuja rahasia dan berakir menikah dengan bora
    dan yang terakhir jalan cerita untuk JH, dimana di drama ini menceritakan bagaimana dia merasakan jatuh cinta dengan sahabatnya sendiri, dan selalu ragu untuk mengunggkapkan perasanaannya dan berakhir dengan merelakan cinta pertamanya untuk sahabatnya sendiri. jadi kalau tentang percintaan menurut saya 3 orang ini adalah pemeran utamanya. dan jika kita lihat cover reply 1988 baik yang menampilkan keseluruhan pemain ataupun hanya geng ssamundong, maka ketiga orang ini kan selalu berada di tengah.. (meskipun sebetulnya belum tentu bener sih) dan juga cerita keluarganya, dimana kita pasti paling banyak di suguhi cerita tentang ketiga keluarga tersebut, jika di bandingkan cerita keluarga Taek ataupun DR.. (tapi ini hanya pendapat saya loh)
    tapi untuk membahagiakan hati sendiri maka saya yakin sama kesimpulan saya itu.

    ReplyDelete
  33. oh ya.. untuk airin terimakasih untuk semua postingan-nya..
    suka banget baca postingan airin :)
    semangat terus airin dan di tunggu postingan-postingan selanjutnya :)

    ReplyDelete
  34. barusan balik di Soompi. gak tau benar apa tidak dan sumbernya juga gak jelas, tapi katanya sebelumnya endingnya gak kayak gini tapi lebih tagis lagi. berdasarkan kisah nyata ada pilot muda yang tewas karena menghindari menabrak bangunan. dan ia memeliki saudara dengan penyakit jantung. jadi kisah ini diceritakan untuk mengenang Jung Hwan. Taek mendapatkan semua cerita tentang Deok Sun dari Jung Hwan. Jung Hwan juga memberikan cicncin itu pada Taek dan Taek memberikannya pada Deok Sun sebagai kenang-kenangan setelah pemakaman Jung Hwan. lengkapnya baca di Soompi. endingnya lebih masuk akal tapi lebih heartbreaking. aku lebih sedih dengan ending ini, tapi aku rasa bakal jadi lebih memorable ketimbang ending yang sekarang dipaksakan. mungkin ini sebabnya ending yang disuguhi pd nim jadi berantakan kerana animo yang begitu besar pada karakter Jung Hwan yang diluar perkiraan tim produksi sebelumnya. untuk meredam kemarahan fans, maka dibuat Jung Hwannnya Move on tapi karena diluar rencana jadinya banyak plot hole dan terkesan memaksa. sekali lagi itu mungkin. hanya satu yang mengganjal jika memang ending yang di Soompi itu benar, maka bagaimana mungkin PD nim membuat karakter Taek dewasa sangat Jung Hwan. apa kerasukan roh Jung Hwan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ceritanya memang tragis (sampe ada yg meninggal). Kenapa ga yg itu aja.. saya malah ngerasa lebih lega. Ketika rasa sakit itu justru mendewasakan kita. Ketimbang cerita yg... yaahh,, kayaknya klo saya liat tuh, "emang mesti gitu yaa..". Saya pernah liat yg cerita yg pemeran utamanya berakhir tragis. Tapi, saya ga masalah dgn hal itu. Krn ceritanya benar2 membuat saya memikirkan banyak hal. Banyak hal baik yg tersimpan didalamnya, sangat apik walau tragis.

      Delete
    2. iya setuju. yg penting junghwan sampe akhir jelas kemana rimbanya. bukan malah bikin tanda tanya besar gini

      Delete
    3. Hai~

      Walaupun lebih tragis karena ada yang meninggal, itu jelas kan akhirnya kalo junghwan memang bukan untuk duksun.
      Sedangkan ending yang terjadi junghwan ini masih hidup, tampil sedikit, tidak diceritakan bagaimana masa depannya. (Pembunuhan karakter) T_T

      Hehe.. maaf ya jadi ikut nimbrung

      Delete
  35. Menurut ak itu emg masuk akal sma ending yang ditulis queenaraya. Kalo emg gtu critanya, entah ak emg sadis ato gmana ak suka adegan itu. Bsa aja si ds lari ketakutan kehilangan jh trs utk yag trakir jh ngucapin slamat tinggal trs ds nangis kejer. Hehehe #psycho 3:). Tpi itu bakal jdi cinta yg dikenang. Sumpah ini GILA. AK udah GILA skarang. Udah ah... Abaikan ğŸ˜Ž

    ReplyDelete
  36. yaa kalo bisa sih project barunya ryu jun yeaol and hyeri kek projectnya park seo joon and hwang jung eum di she was pretty yang ngobatin patah hatinya ohrion di kill me heal me.. hihi

    ReplyDelete
  37. Meski DS gak tersentuh ma apa yg dilakukan oleh JH...tapi Hyeri malah suka,tersentuh dan mengidamkan sosok JH....
    aku gak butuh karekter DS yg acuh sama JH...yg aku butuhkan hyeri yang peduli ma ryu jun yeol...

    ReplyDelete
  38. ada yang udah nonton filmnya Jun Yeol yg socialphobia?? subtitle nya gak ada ya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai~

      Iya, aku udah nonton lebih dari 10x tanpa subtitle. Bahkan subtitle bahasa inggris pun belum ada.

      Di subscene belum ada, tapi dulu denger2 ada yang request sub di viki atau dramafever tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi :)

      Delete
    2. bagus ga filmnya?trus aktingnya oppa jun yeol gmn?

      Delete
  39. Nonton v-app, tp ga ngrti mksud yg jun yeol bicarain..Hehe.. Mian..Butuh sub. Tp seneng bgt ngliat junyeol keluar dr karakter junghwan tp mash dg style junghwan-nya .. Kekeke
    Tp barusan dpt pencerahan pas baca trnslet dr eyes on ryu di twitter, trnyata junyeol bahas first love dlm dunia nyatanya juga yg katanya lagi persiapan nikah ato udh nikah ya?? Gagal fokus saya ..kekeke
    Trs junyeol curhat saat ia merasa jelek pas adegan nangis sm ketawa, trs ada yg bilang bilang kalo bibirnya mirip bibir angelina jolie .. Wakakaka .. Lawak bgt

    Sepertinya udh sedikit bisa move on yaa .. Lega aja kalo hyeri dan junyeol dalam #teamjunghwan jg dan ternyata best friend junyeol byun yohan jg team junghwan .. Ga nyangka

    Ok .. Thanks airin updetanya .. Ditunggu updatetan selanjutnya ..

    ReplyDelete
  40. Meskipun udah agak lega dari crtnya Ryu tapi rasanya masih janggal. Dari awal syuting kok gak dkasih tahu siapa tokoh utamanya, preparenya terkesan gimana gitu. Masih sedih dari kenyataan Junghwan yg brakhr sprti in. Q kira waktu break gk syuting kan ngeluarin ost "As Time Goes by" yg nyanyi kihyun i2 mncrtkan pda akhrnya stlh wktu brlalu si DS sama JH brsatu. Ternyata.... huft.
    masih sakit rasanya klo dnger ost i2, yg mncul dibenakku Junghwan.

    ReplyDelete
  41. koment lagi deh saya gegara selesai ntn eps 20,,
    kesimpulan saya dari drama ini adh cerita nya engk nyambung, hahaha
    yg diwawancara siapa, yg di ceritakan masa lalu nya siapa, wkwkwkw, ngapain jg DS ama CT diwa2cara tp yg dibhs dimsa lalu perasaan JH, gagal paham deh, jd nya ketawa sendiri deh.
    dan bnyk yg blng drama ini cerita nya real life, bnr2 real life, wkt adegan CT blng DS cantik pake lipstik orange, saya jd teringat adegan suami masa dpn wktu ditanya DS dia msh cantik apa engk ? dijwb suaminya, kau mau kaca, hahahahahhaah
    ini bnr2 real life, bkn hnya di indo kalo udah nikah suami berubah ternyata dikorea jg, trus suami ms dpn ngomong kasar ama DS, TK kan baik ama DS ya, masa dia udh nikah jd kasar ama DS, apa DS yg ngajarin, hahahah, ini bnr2 real life, jgn2 udah nikah CT bosen ya ama DS, wkwkwkw,
    ya sdh l namanya jg drama, terserah writer mau endingnya bgman, hnya saja klo ceritanya engk nyambung kyk gini perlu dipertanyakan kredibilitas PD dan writernya, entah itu perubahan script, entah itu krn agency, entah krn spoiler yg bertebaran, jadiin peljran lah buat mereka,
    VAPP Ryu jun yoel ditunggu ya airin, saranghae...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 baca komen ini jadi kepikiran. Bener juga ya, yg diwawancarai CT, tapi yang mengeluaran perasaan di masa lalu adalah JH (yang pas timing dan fate itu). Aku ga pernah denger inner monolognya CT, padahal dia yang diwawancarai. Agak ga nyambung emang. Fyuh...

      Delete
  42. Airin ditunggu V-APP nya ya, ada yg tau gimana buka v app nya tanpa download di hp aplikasi v-app nya? misal via website gitu. thx u :)
    masih blm bisa move on dr drama ini,butuh drama baru yg bisa mengalihkan pikiran dan hari dari JH oppa ^^

    ReplyDelete
  43. Dari awal aku udah (bertekad) siap kalau yang jadi suaminya adalah Taek. Aku emang dukung Jung Hwan dari scene pertama mereka pas nonton film Cho Yun Fat itu, tapi aku belajar dari pengalaman Reply 1994 kemarean. Aku pendukung keras Chilbong dan berakhir pataha hati dan menangis nonstop 3 jam dan sampai sekarang nggak tega buat nonton ulang Reply 1994.

    Nah makanya aku udah siap2 in banget deh, "Ah, gapapa kalo sama Taek..." tapi aku nggak merasakan chemistry apa pun di antara DS dan CT. Sampai episode 18 aku masih berharap adanya keajaiban, kali ini aku ga bakal nangis lagi ketika kapalku karam. Tapi setelah adegan Fate dan Timingnya Jung Hwan, aku udah yakin takkan suka 2 episode terakhir.

    Aku setuju sama teman2 yang bilang episode 1-18 adalah kisah cinta JH dan cinta pertamanya, sangat tepat. Tapi aku ngerasain itu sebagai pembuka luka lagi...aku udah coba move on dr JH, tapi tetap nggak bisa. I miss their bickering...glance each other....so much!

    Aku udah bertekad ga bakal nangis,tapi tetap saja nggak bisa ditahan. Aku mengerti positifnya adalah RJY jadi banyak mendapat perhatian karenanya, sama seperti Chilbong 2 tahun lalu. Tapi tetap saja rasanya sakit melihat dia yang selalu melindungi DS tapi nggak bisa memilikinya. Dan Taek, aku ga pernah liat dia ngelakuin apa2 selain bawa trophy Baduk untuk DS. So what?

    Buat aku cerita ini tamat di Ep 18. Cerita ini terfokus pada keluarga dan persahabatan, dan kisah cinta pertama JH di dalamnya. Kisah DS dan CT yang hanya 2 episode adalah filler dari banyak plothole di sini. Well done, Writer-nim

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story