[Preview] Reply 1988 Episode 19


KYAAAAAAAAAAA!!!
Akhirnya previewnya rilis juga, sejak kemarin nunggui preview nggak sabar banged. Mana perang shipper makin memanas, aku sih cuma bisa ketawa sambil menikmati analisis tim Jung Hwan, jujur aku kesal banged sama Main Thread Soompi! T____T

Episode 19: You Did Your Best

Text Preview:
Karena Ayah Deok Sun melakukan shift malam setiap hari, ayah merasa sangat kelelahan.
Melihat ayah seperti itu, ibu Deok Sun menjadi sangat khawatir.
Sun Woo mengatakan pada Bo Ra kalau mereka bisa berkencan lagi dengan 3 syarat/kondisi dan Bo Ra menjadi bingung.
Disisi lain, Untuk bertemu dengan Jung Hwan, Taek pergi ke Sacheon dimana Jung Hwan bertugas....

Teaser:




Screencapture:

Miran Omma: Tiba-tiba aku merasa marah dan ingin pergi dari rumah ini.

Ibu kelihatan sedang bad mood, entah itu karena ulah ayah lagi atau sekarang ulah ayah dan Jung Bong juga. Soalnya sejak episode 18 kemarin ayah dan Jung Bong jadi dekat LOL. 
Aku ketawa ngakak pas mereka berdua berbagi lelucon yang sama dan membuat ibu kesal sekali HAHAHHAHAHAHAHA.

Jung Hwan : Ibu, kau baik-baik saja?
Miran Omma: Oh... aku baik-baik saja.

Ibu kelihatan sangat khawatir akan sesuatu dan ia memikirkannya sampai malam hari. Aku merasa ini ada hubungannya dengan menopause yang kita prediksi di episode kemarin. Ingat kan mama Na Jung waktu itu juga bad mood karena menopause-nya, nggak mau ngapa-ngapain, mudah sedih dan terlihat sangat kelelahan. Jadi aku pikir ibu badmood karena masalah itu, well, kita juga menebak kalau itu bukan menopause tapi kehamilah *semoga*

Miran Omma : Uri Il Hwa, kau sangat hebat. Kau menahannya dengan sangat baik.

Aku benci kalau melihat di preview ada yang menangis, membuat aku nggak sabar lagi untuk menontonnya dan begitu sadar Jumat masih lama HAHHAHAHAHA.
Ibu kelihatannya curhat dengan ibu Deok Sun, pasti mengenai ayah Deok Sun. Ayah Deok Sun memang kelihatan sakit belakangan ini.

Il Hwa Omma : Apakah terjadi sesuatu?
Sung Appa : Maafkan aku.
Il Hwan Omma : Kenapa kau harus meminta maaf?

Wah, ini beneran bakalan jadi episode yang galau banged. Setelah ibu Jung Hwan menangis, sekarang kita juga melihat ibu Deok Sun menangis.
Sepertinya ayah memikirkan sesuatu di luar rumah, kalau diingat-ingat, ayah Deok Sun jarang merenung sendirian kalau bukan karena masalah berat dan aku khawatir ini masalah kesehatannya lagi. Tapi kenapa ayah meminta maaf ya? Apakah sudah terjadi sesuatu? Apakah akhirnya mengambil pensiun dini karena kesehatannya?
Tapi satu harapanku untuk episode 19, aku ingin keluarga Sung pindah rumah aja deh, meski tetap di Ssangmundong. Kalau ayah mengambil dana pensiun dininya ada kemungkinan mereka bisa pindah rumah.

Taek : Jung Hwan a, apa kau ingat saat kau bertanya padaku apakah aku membuka dompetmu?

Ini adalah adegan yang ada di spoiler semalam, meski ga ada fotonya tapi ada yang bilang Jun Yeol dan Bo Gum bicara berdua di restoran.
Ya, aku udah nebak mereka akan membicarakan sesuatu yang penting dan ternyata ini masalah dompet itu. Heol. Jung Hwan butuh 6 tahun hingga akhirnya dia bisa mengakui perasaannya pada Deok Sun dan Taek butuh waktu 6 tahun untuk mengatakan kalau dia memang membuka dompet Jung HWan?
HAHHAHAHAHAHAHA
Tapi Jung Hwan kelihatan tertawa, apakah itu karena itu sudah menjadi masa lalu, jadi kenapa di ungkit lagi? DAn lagian Jung Hwan juga tahu kok Taek membukanya makanya ia hanya tertawa.


Dong Ryong : Ya! Kenapa aku baru tahu ini sekarang? Bukankah kalian sangat keterlaluan?!

Dong Ryong terlihat panik di telpon kira-kira kenapa ya?
Apa yang hanya dia yang tidak tahu?
Ada yang mengatakan ini tentang hubungan Bo Ra dan Sun Woo, well, hanya dia yang tidak tahu diantara para anak laki-laki kan?
Dan lagi, Sun Woo kelihatan takut di belakang, apakah karena Tatapan Deok Sun ini?
Deok Sun juga nggak tahu mengenai Sun Woo dan Bo Ra yang berkencan kan?
Tapi aku juga memikirkan hal lain sih, tapi kayaknya nggak mungkin. Hanya Jung Hwan yang tak ada disana. Tapi bisa jadi ini troll lagi, kalau mereka nggak ada di ruangan yang sama HAHHAHAHHAHAHHAHHAHA

Ini agak membuat aku khawatir HAHHAHHAAHHAHAHAHA
Deok Sun keluar dengan senyuman dan Taek menyambutnya. OMG!
Apa ini?????????
T______T

 
 Deok Sun : Kami hanya berteman. Kami sudah saling melihat satu sama lain selama hampir 20 tahun.
Deok Sun Chingu : Lalu kenapa kalian tidak berpacaran? 
Deok Sun : Huh?

Well, aku masih berfikir kalau mereka berdua membicarakan seseorang, kalau bukan Taek ya Jung Hwan. Oke karena aku tim Jung Hwan maka aku akan menganggap temannya menanyakan tentang Jung Hwan dan Deok Sun menjelaskan kalau mereka hanya berteman selama 20 tahun. Dan Deok Sun kaget saat temannya bertanya kenapa mereka tidak berpacaran. NAh, artinya, Deok Sun sepertinya curhat mengenai sesuatu yang lain juga.

Hanya saja yang menggangguku adalah, bagaimana temannya tahu soal Jung Hwa? apakah sia salah satu mantan pacar Jung Hwan alias cewek itu suka sama Jung Hwan?
Justru kalau mereka membicarakan tentang Taek maka lebih masuk akal. Karena Taek terkenal juga jadi temannya tahu, ia tahu mereka dekat makanya dia bertanya kenapa mereka berdua tidak pacaran dan Deok Sun menunjukkan wajah kagetnya karena sesuatu hal. Kalau aku tebak sih dia kepikiran mengenai hal itu, mungkin mengenai TAek yang sudah menyatakan perasaannya tapi ia menolak karena ia suka pada Jung Hwan atau apalah itu.

Deok Sun : Kita adalah teman...

Adegan ini adalah puncak yang ingin aku lihat dari preview ini!
Kenapa mereka berdua kelihatan ada di kamar hotel?!!!!!!!
Apa maksud Deok Sun kalau mereka adalah teman?
Apakah Taek menyatakan perasaannya disana dan Deok Sun menolaknya dengan mengatakan kalau mereka adalah teman selamanya.
Tapi 'Uri Chingu Jana' juga bisa di hanya mereka berdua atau seluruh geng termasuk Jung Hwan.

Jadi kalau menurut aku melihat adegan ini, Taek mungkin menanyakan pada Deok Sun kenapa Deok Sun tidak mengatakan apa-apa tentang perasannya pada Jung Hwan, anggap aja kalau saat itu Taek sudah tahu Deok Sun suka pada Jung Hwan. Dan Deok Sun menjawab karena mereka semuanya adalah teman, dia tidak bisa menerima salah satu dan melukai yang lain. Intinya Deok Sun melakukan hal yang sama dengan Jung Hwan dan Taek selama ini. Mungkin ya, MUNGKIN Deok Sun sudah tahu kalau Taek menyukainya juga, sejak lama, ya sejak tahun 1989 itu. Tapi dia akhirnya tidak mengatakan apa-apa pada siapapun yang ia sukai karena mereka semuanya berteman dan dia tidak mau merusak hubungan mereka semuanya.

Nah, karena itu lah Taek menunjukkan wajah seperti itu. Karena ternyata bahkan Jung Hwan, Deok Sun dan dia melakukan hal yang sama, atau karena Taek merasa kalau Deok Sun dan Jung Hwan sama-sama mencintai tapi tak bisa bersatu karena menjaga perasannya. Jadi dia merasa sedih.
Hmmmmmmmmmmmmm.
Itu hanya pemikiran aku aja sih.

Well, tapi kita tidak boleh melupakan satu hal, preview biasanya menipu HAHAHHAHAHA.
Bahakn yang terlihat satu adegan bisa jadi beda adegan, bahkan pengucapan bisa di edit juga HAHHHAHAHAHA. Tapi belakangan preview enggak menipu sih LOL.
Tapi aku menebak scene Jung Hwan dan Deok Sun akan sedikit di episode 19 nanti, mungkin pas akhir-akhir baru banyak deh. Tapi kita lihat saja.

Jadi aku mau bahas sedikit lagi tentang pernikahan Sun Woo dan Bo Ra. Kita tidak tahu kapan hal itu akan terjadi, tapi dari spoiler di Main Thread mengatakan kalau mereka akan menikah di tahun 1997 atau seterusnya.
Aku jujur saja, tidak mengerti kenapa Bo Ra meminta putus dari Sun Woo, dia juga tidak mengatakan alasannya dan menurut aku saat itu Bo Ra benar-benar menyebalkan. Tapi ternyata setelah baca-baca fakta dan teori, aku mulai mengerti kenapa Bo Ra minta putus.

Awalnya aku kira dia putus karena dia tidak mencintai Sun Woo lebih dalam atau yaa seperti itu lah, karenanya dia minta hubungan mereka di rahasiakan dan aku benar-benar nggak mengerti, ternyata itu ada alasannya.
Oke, tapi ini belum di konfirmasi. Alasannya adalah karena marga Sun Woo adalah SUNG.
Sun Woo, nama sebenarnya adalah Sung Sun Woo, dia satu marga dengan Sung Bo Ra. Sampai tahun 1997, orang yang ber-marga sama DILARANG menikah secara HUKUM. Ya, aku memang pernah mendengar hal itu, katanya kalau marga-nya sama ga boleh menikah (orang korea) makanya aku kaget saat Lee Min Jung dan Lee Byung Hun menikah. Ternyata itu hanya sampai tahun 1997.

Alasan kenapa Bo Ra meminta Sun Woo merahasiakan hal itu dari semua orang adalah karena hukum itu. Kalau sampai orang tua mereka tahu, tentu saja orang tua akan marah karena bagaimana pun mereka tak bisa melawan hukum. Hukum ya tetap hukum, kalau dilarang ya mereka tidak akan pernah bisa menikah. Karena itu lah Bo Ra mati-matian belajar dan belajar agar bisa masuk ke sekolah hukum, bahkan ia mengorbankan Sun Woo dan putus darinya.

Jadi, ada yang mengatakan Bo Ra adalah salah satu aktivis hukum yang berjuang untuk MELEGAL-KAN pernikahan satu marga!! WOOWOWOWOWOOW.
Kalau ini benar, maka ini akan sangat DAEBAK!!!
Bo Ra berjuang demi cintanya dan juga cinta para pasangan yang satu marga (dalam hal ini bukan saudara kandung, hanya saja marganya sama). Ia adalah salah satu aktivis yang memperjuangkan agar pernikahan satu marga menjadi legal.
Dan itu sebabnya tahun 1997 hukum mengenai pernikahan satu marga yang dilarang di HAPUS.
Jadi, ada kemungkinan Sun Woo dan Bo Ra akan menikah di tahun 1997. WOW.
Ingat, 1997 adalah tahun Sung Si Won. Jadi, apakah kita akan bertemu dengan Si Won dan Yoon Jae?

Nah, satu lagi, kemarin aku udah buat trivia tentang perasaan Deok Sun. Aku mau nambah lagi karena ternyata alasan aku diperkuat oleh pernyataan si soompi!
Alasan kenapa Deok Sun tidak bisa tidur dimalan setelah ulang tahun Taek dan alasan kenapa Deok Sun menatap tiket konsernya dengan bimbang.

Semua itu memang karena Jung Hwan! Ia masih mencintai Jung Hwan.

Setelah aku menonton dengan sub lagi, aku menjadi makin yakin.
Deok Sun sangat jarang pulang ke rumah diantara penerbangannya. IA lebih sering menginap di rumah temannya. Ibu dan ayahnya juga menyebutkan hal itu, bagaimana ayah mengatakan Deok Sun belakangan tidur di rumah dan ibu yang senang karena anak perempuannya akhirnya pulang dan tidur di rumah karena selama ini ia lebih suka tidur di rumah temannya.

Kenapa?

Satu-satunya orang yang jarang pulang ke Ssangmundong adalah JUNG HWAN!
Jung Hwan pindah ke Sacheon sejak ia menjadi bagian dari angkatan udara. Dan kita tahu ini pertama kali dia pulang setelah sekian lama, makanya ibu dan ayahnya serta Dong Ryong juga menyebutkannya berkali-kali, karena mereka sepi jarang kumpul dengan Jung Hwan.

Deok Sun yang jarang pulang ke rumah, tiba-tiba di hari liburannya dia full ada di Ssangmundong membuat orang tuanya senang. Untuk siapa?
Tentu saja karena Jung Hwan ada disana! Jung Hwan kembali ke Ssangmundong dan dia juga tidak mau kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan Jung Hwan, karenanya dia pulang ke rumah!
KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!

Itu membuktikan kalau memang Deok Sun masih ada rasa pada Jung Hwan.
Ia tak bisa tidur malam itu karena kepikiran Jung Hwan, sudah lama mereka tak bertemu dan bagaimana ia ingin membuat Jung Hwan cemburu dengan pacarnya, seolah ia ingin menunjukkan kalau ia sudah move on.
Bagaimana ia menatap tiket konser itu, aku yakin awalnya dia ingin mengajak Jung Hwan pergi bersamanya. FYI, Deok Sun baru mendapatkan tiket konser itu hari itu, dia belum mengajak pacarnya pergi hari itu (hari saat mereka ngumpul di restotan kakak Dong Ryong.
Tapi ia meyakinkan ia pergi dengan pacarnya, padahal ia belum ada janji apa-apa.
Makanya pas malamnya ia menatap tiket konser itu, mungkin ia ingat dia ke konser bareng Jung Hwan. Lagian Deok Sun juga nggak excited dengan konsernya seperti yang aku bilang kemarin, karena dia bahkan mau membatalkan konser itu untuk pergi menonton dengan Dong Ryong, Jung Hwan dan Sun Woo.
Iya kan? Iya kan? Iya kan?

Aduh, bicara tentang spekulasi nggak ada habisnya, hahahhahaha.
Padahal tinggal menghitung hari kita akan menemukan jawabannya. LOL.
Ya meski aku ingin sekali bilang 'apapun hasilnya kita harus menerimanya' tapi aku nggak tahu bagaimana nanti kalau ternyata bukan Jung Hwan HAHAHHAHAHA.
aku mungkin nggak akan nulis sinopsis episode 20 kalau begitu HAHAHHAHAHAHHAHA *canda*

Tapi entah kenapa saat melihat previewnya aku senyam senyum sendiri, meskipun ada kekhawatiran tapi aku menebak kalau episode 19 ini, kita akan melihat dari Taek Point Of View.
aku sangat berharao kita mendapatkan banyak flashback disana. aku yakin kita akan mendapatkannya. aku sungguh berharap husband hunting game berakhir di episode 19 tapi setelah aku pikir-pikir lagi nggak mungkin. Karena di R97 dan R94 bahkan sampai saat terakhir baru lah mereka memperlihatkan siapa suami tokoh utama kita HAHHAHAHAHHA.

Ya, bagaimana pun ending Reply 1988 tergantung pada Lee Woo Jung dan Shin Won Ho.
Kita nggak bisa berbuat apa-apa.
Selama ini aku mengikuti Reply Series, ship aku selalu berjalan dengan baik, lalu apakah kali ini akan karam? NOOOOOOOOOOOO!!! It's Jung Hwan Of Course!

Tetap semangat saudara seperjuangan, Ini belum berakhir sebelum semuanya berakhir!
Ini belum berakhir sampai akhir episode 20!

Oia, aku baca berita Jung Woo Oppa akan menikah pada tanggal 16 Januari nanti. Chukkhae Jung Woo Oppa :) Trash Oppa ya akhirnya menemukan pasangannya, semoga berbahagia dan aku sangat menantikan reunian Reply 1994 di pernikahanmu :)




64 comments:

  1. cepet bngt td siang br kluar preview lngsng dbkn preview bhs indo d blog ini.aku sh blm ntn ep 17-18 soalnya ntn clip2 d yt aza udh bkn skt hati apalgi ntn full.kalo stlh tamat yg jd swminya junghwan baru aku ntn kalo prlu ulang dr ep 1.oya kalo menurut aku sh kynya taek yg akan menjadi penyambung antara deoksun - junghwan deh(pede junghwan
    yg jd hubbnya) ky nya taek udh lama nyerah deh soal persaanya k deoksun cm aza dy blm blng k siapa2 bktnya cm dy yg bnyk kencan buta.oya td soompi ada yg menganalisa d bwh sweter pink deoksun ada yg menonjol pas bgian bwh leher kynya itu cincin yg kmrn d jadiin liontin sm deoksun.mdhan cincin itu berada pd pemiik nya

    ReplyDelete
  2. Cuma mau curhat, selama ngikutin reply series sebelumnya selalu netral baru kali ini aku agak memihak salah satu dan rasanya....., aaaaa jebaaaaal ga siap buat nangis tapi harus siap sih, walaupun aku team taek tapi dari awal aku yakin junghwan suaminya, jadi gini rasanya orang orang yang nonton drama korea lebih memilih suka second male lead, aku biasanya kalo nonton drama korea sepanjang hari ini selalu suka male lead nya, tapi kali ini, HUWAAAAAAAAAAA PARK BO GUM hiksnesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak tau bakal segininya semakin menuju ending :(
      awal nonton itu karena park bo gum
      tp rintangan yg seakan lbh hidup disini itu DS&JH, duh galau juga kalau suka 2nd male lead huhuhuuu

      Delete
    2. Gmn kl park bo geum ny sama aqu aja
      #mimpi

      Delete
    3. Salam,
      Saya team taek. Meski bgt yakin DS sama JH, maka dari itu unt 2 ep terakhir ini udh siap banjir air mata.
      Tapi masih tetap berharap kalau taek jadi suami DS.
      semoga...

      Delete
  3. Deabak kalau emang bora kaya gtu mah . Wowwww banget . Gak bisa ngomong apa apa cuman bisa menanti kepastian dari akhir jalan ceritanya .

    ReplyDelete
  4. semoga taek bukan jd yg memutuskan hubungan OTP kita, tp taek bakalan jd penghubung dan membantu OTP kita bersama. dan perasaan dukseon adlh yg paling penting, semoga dia sukanya sama junghwan. dan junghwan jgn pernah move on.

    dan bnr apa apa yg di bilang di JHDS thread bikin semangat, sudah 500 halaman aja, aku yakin kalau dukseon di ep.18 yg kelihatan ragu2, merenung dan gak bisa tidur itu semuanya karena junghwan. apalagi pas selesai minum2 di ultah taek wktu junghwan ngomongin kencannya atau ngomongin mau pergi lagi, dukseon gk respon ap2, gk di sorot kamera dan gk bisa tidur :).

    kalau gk salah juga admin prnh bilang kalau sbnrnya suami di reply series ini sdh ketahuan siapa tp kita kita dibikin goyah sm penulisnya supaya kita ragu hha adegan junghwan yg bgitu banyak masa cm di jadiin second lead. toh ini bukan drama dokumenter ttg kim jung hwan. lol *pray

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah masuk tread junghwan duksoon, dan barusan dan terkagum kagun=m ternyata banyak banget dan kecepatan update treadnya luar biasanya ketimbang main tread. jadi semangat lagi teamjunghwan hahaha.
      aku pun berpikir sama proporsi adegannya junghwan lebih banyak ketimbang taek, masa iya junghwan jadi second lead. hahaha.
      semangat teamjunghwan :)

      Delete
  5. Hahaha katanya bora itu hamil makanya DS terlihat marah di preview sampe2 SW ketakutan ngumpet di belakang TK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gtu ya haha.. SW mau ditabok ama DS deh haha..

      Delete
  6. It aint over till its over

    Langsung play 2NE1-Gotta be you

    Ganti aja deh jadi Gotta be Junghwan 😁

    ReplyDelete
  7. Dengan siapapun aku berharap akan ada reply selanjutnya setelah 88 :-D kangennn suara embeknya

    ReplyDelete
  8. Kalau ada reply series lagi mending yang jauh sekalian waktunya ke jaman Joseon hahaha jadi itu cerita nenek moyangnya salah satu tokoh yang ada di R Series yang ternyata pernah ngalamin fase husband-hunting juga di jaman itu. Seru sepertinya. =))

    ReplyDelete
  9. Airin... jangan2 DS dn temannya ketemu JH di airport trs temannya nanya soal JH. Trs DS jawab "just friend".

    Ottokhae... makin galau berspekulasi macam2.

    ReplyDelete
  10. Aduh ko jd pengen nangis gini yach,, T_T,,, walo pun udah dr awal yaqn JH yg bkl jd misuanya DS pa lagi udah ada spoiler yg lihat adegan pernikahan DS di pangkalan udara seoul ttp aja ga tega liat CT nantinya ,,,,

    ReplyDelete
  11. perjuangan menuju hari jumat berat banget yaa... hahhaaaa
    masih mengandai-andai, seandainya kalau JH yg duluan dateng saat konser di ep18 mungkin jalan cerita berubah. Galau akan berkurang =))
    miris kalau ada yg harus mengorbankan perasaan, cinta mah begitu... huhuhuuu *kok jadi curcol* masih berharap yang terbaik untuk kebahagiaan CT :( duh galau.
    but, thanks untuk previewnyaaaa ^.^ daebak!!!

    ReplyDelete
  12. selalu senang sama komen komen di sini...
    Sebagai sesama team JungHwan galau juga karna drama ini mau berakhir...dan tidak terbayangkan akan seperti apa kalau DS gak sama JH (membayangkannya saja huwaaa gak sanggup)
    tapi aku yakin JH akan memenangkan permainan ini...kkk
    dan sedikit yakin kalau nanti akan ada flashback kenapa DS memutuskan jadi pramugari?karna semua tau d epi 17 dia masih belum punya impian sama sekali dan masih bingung mau jadi apa. itu semua karena JH memutuskan jadi pilot tentunya. Dia ingin punya karir yg masih dekat2 sama JH karna DS hanya mencintai JH seorang...(Kalau beneran begitu super Romantic right??)

    ReplyDelete
  13. Yaaaa seneng bgt,,,nunggu preview ny dr kmrn2,walau kadang preview nipu sih,,tp udah terasa klo preview dah muncul berarti dah mau dekat hari jumat.gak sabaaarrr.bener2 bikin galau ni drama.tim jung hwan semangat ya,,,mksh airin,selalu setia bolak balik ke blogmu.

    ReplyDelete
  14. Wah priview ny bikin lemes, smoga aja di episode 19 ne jung hwan gk galau lg. Jumat mana? Jumat mana? Lm bngt menunggu hari H nya?

    ReplyDelete
  15. Waenyolll.....airin daebak... thanks previewnya.. setelah baca sinopsis ep 18 di blog ini juga ... yakin dah 1000% junghwan become the husband.. hari junghwan cepatlah datang..

    ReplyDelete
  16. Klo hubungan jh ds di epsd 19 ini belum dituntaskan,..bakalan membosankan...
    kejam gak sih klo masa mereka bersama cuma p1 epsd doang..
    Yaa..kejam bg psngan ini dan bagi penontonnya..
    Kita tau bahwa satu episode dibagi beberapa scene,..tuk keluarga dan individu geng ssangmundong,ditotalin jhds cuma dapat 20 menitan...jadi klo durasi tuk dsjh tuk 2 epsd ini gak bnyak...bakalan kecewa banget..

    Aku tau reply kali ini bercerita ttg kluarga jadi paling banyak di bahas yaa kluarga geng ssangmundong...tapi kisah cinta jhds pun di buat rumit dan inti ceritanya kan siapa yg jadi pasangan ds kelak...mau gak mau kisahnya dibuat panjang jg dong (dari segi durasi)...

    Preview diatas bnyak scene CT ma DS yah...
    moga cuma jadi pendorong DS tuk cepat2 nunjukin perasaan ma JH...sama halnya tmn pramugari DS...


    ReplyDelete
  17. makasih buat sub preview-nya :) seminggu ini aku udah menggila nungguin hari yg kayaknya lama bgt berputar ke jumat. tapi ada yg mau aku tanyain soal yg bagian deoksun ngobrol sama temannya. disana dia bilang 'kami sudah melihat satu sama lain hampir 20 tahun'. hampir? satu kata itu lgsg bikin nge-down. yg kita tahu kan taek baru pindah kesana umur 8/9 tahun (aku lupa), jadi kalau diitung-itung dia belum 20 tahun kenal deoksun. sementara junghwan udah lebih 20 thn. please tolong kasih tau kalau aku salah :( tunjukin kalau itu emang junghwan TT.TT kepikiran terus sama preview-nya :'(

    ReplyDelete
  18. bentar lgi jum'at...
    besok udah kamis...
    tinggal tunggu... :D

    ReplyDelete
  19. Satu hari dua puluh jaman lagi pemirsa untuk menuju final episode. Kayak nunggu nonton final piala dunia. Hahahaha... semoga durasi 1 : 30 menit x 2 episode (Episode 19, dan 20) berlangsung klimaks pertarungan akhir antara Jung Hwan dan Taek yang menang inget jangan lebay selebrasinya, yang kalah jangan ngedrop mental kuat karena pemenangnya cuma satu. Inget simpati empati ya nanti hasil perjuangannya.

    ReplyDelete
  20. MBAK AIRIN,SEMANGAT! PASTI JUNGHWAN!!! Kyaknya ep 19 bkalan fokus ke Taek apakah dia mndkung/menghambat OTP kita! tp bisa jd taek ungkapin peraasaannya ke deuksun dan nanya soal KISS itu (yg ternyta REAL) dn jwaban deuksun sperti di previwe "kita hanya teman" krn dia gak mau ngerusak persahabatan mereka yg udh lama krn hal itu. terus taek yg scr pola pikir dewasa nemuin junghwan dn cerita soal dia ditolak dn dompet itu dn nyuruh agar junghwan segera bergerak biar gak nyesel (makany junghwan snyum krn taek baby-nya besar hati nerima kenytaan kyk waktu nyokap SW dn bokap Taek ingin nikah).
    TAPI MENURUT SAHABT CWOK AKU saat aku nyuruh nnton R88 sm review ep 19 katax teori team junghwan/team teak smua terkesan maksa. katanya smpai ep 18, deuksun bkn gadis yg reppong/susah ditebak. katax stelah time jump, deuksun hanya menatap anak gang sbg teman/shbat.perasaan yg ada di masalalu baginya hanya CINTA MONYET. dan saat junghwan nyatain cinta, dia malah balik marahin aku yg menjelaskan teori kembalinya perasan deuksun ke junghwan. katanya matanya nggak nunjukkin respek kayak gitu tapi hnya skedar NOSTALGIA.Alasan dia selalu nengok ke pintu krn dia memang nungguin Taek tapi itu krn hHARI ITU HARI TERAKHIR JUNGHWAN ADA DISEOUL jd mereka bs ngumpul berlima.JUST IT. sakit banget mbak dengernya. Gitu jga dengan Taek, deuksun tau taek org yg megang janji mknya dia bingung knp dia tiba2 cancel terus thn 94, dia mash menggap taek baby krn mash tdk bs hdup scra mandiri. YANG PENTING di sini KATANYA, PERASAAN DEUKSUN dan menyebabkan hal itu muncul diusia yg udah dewasa.
    Katanya aku ama 2 orng temen cwek aku terlalu baper shingga bisa ngeliat scra objektif posis deuksun pdahal kita bertiga cewek tp nggak bisa ngeliat hal itu. (ITU hanya sudut pandang cowok sih)
    MBAK.SEMANGAT! KITA YAKIN JUNGHWAN PEMENANGNYA!

    ReplyDelete
  21. Pengen cepet-cepet liat junghwan pake seragam...
    Liat sedikit aja udah bikin klepek klepek saking gantengnya apalagi lama...
    Junghwan makin lama makin ganteng, rambut sama bajunya selalu cocok dan bikin makin keren ��������

    ReplyDelete
  22. Nggak kebayang Jumat Sabtu nanti viewers sampai berapa persen nih hahaha. Server streaming membludak. TL twitter dengan hashtag Reply 1988 banjir. Belum lagi media lain. Soompi live langsung beserta komunitasnya pasti seru hari itu. Ini drama bikin fenomenal. Semoga endingnya mantep. Semua harus bahagia. Fighting kedua tim...

    ReplyDelete
  23. Kurasa rating episode 19 dan 20 benar2 bakalan tinggi setinggi cinta #SkyCouple kita WKWKWK
    Dengan meningkatnya penasaran para penonton maka meningkat juga rating drama Reply,dan itu yg diharapkan oleh Shin Won Ho dan Lee Woo Jung.
    O iya mbak,baru2 ini aku liat di Instagram ada 1 post yg dengan bahasa Korea,ada 3 foto,foto Yoon Jae,foto Trash Oppa dan foto Jung Hwan,terus di bahasa Korea itu,aku hanya bisa baca marganya Yoon Jae yaitu Lee,shabis sterusnya aku gak tau lagi deh WKWKWK
    Aku pngen bahas di soompi tapi lagi2 aku masih anak sekolah yg mulai sibuk dengan PR HAHAHA tp ttp menyempatkan buat nnton Reply.
    Mari kita jadikan 2 hari ini sebagai waktu tenang sebelum hari Jumat(kayak kampanye aja HAHAHA)

    ReplyDelete
  24. junghwan pasti pemenangnyaa,, haha,, aku mendukungnya penuh.. wkwk
    tpi tetep park bo gum aku juga sukaa,, suka bangett..wkwk, gpp lah park bo gum disini sedih, tpi mungkin di drama lain nanti dia jadi tokoh yang bahagia,, haha

    junghwan pasti pemenangnya, karena aku yakin gaya junghwan di poster yang beda sendiri itu nunjukkin kalau dia lead malenya..haha. maksa..

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mbak haizuki airin,

    Saya mah sr disini tp gemes jg sih kl liat org pade spekulasi dan menyebabkan perang fanatisme couple

    Bagi saya mah ya
    Msh 1/4 why bisa aja sih deoksun sm sung wo
    Atw sama dong ryong
    Atw oung jung hwan
    Tp kl deoksun nolak taek ya sdh taek sama saya aja

    ReplyDelete
  26. semoga spoiler untk eps. selanjutnya dan expektasi itu emang bener2,,, karena saya selalu bertepuk tangan untuk junghwan.. selama ini dy itu cowok paling cool dan dy selalu mengorbankan diri alias mengalah,,, dari eps. DS suka SW,,, dy merelakan cintanya,, sekarang yg terberat Taek,, dan setelah 6 tahunpun,, dy harus rela memendam perasaannya dan harus meninggalkan chossarangnya,,,, aku gak bs ngebayangin bagaimana dy harus menata hatinya,,
    membaca spoiler mbk airin,buat aku berharap banyak di eps. selanjutnya,, memang si banyak rumor yg mengatakan DS=JH, tp sebelum liat sendiri,,, masih ada kehawatiran.. aku bener2 berharap dengan spoiler ini, memang sangat masuk akal juga....

    ReplyDelete
  27. Airin... jangan2 DS dn temannya ketemu JH di airport trs temannya nanya soal JH. Trs DS jawab "just friend".

    Ottokhae... makin galau berspekulasi macam2.

    ReplyDelete
  28. Hahaha sma kta kk... aq jga law bca snopsis rupa na pemeran yg q ska gk dpt cinta na ... jgn harap aq mau nnt episode trakhir ...
    Krna itu akan mnyakitkan ...
    Smoga R88 jung hwan lh yg mndptkn deoksun ...

    ReplyDelete
  29. Bener-bener nggak sabar nunggu hari jumat. kayanya semua forum bakal sibuk banget hari jumat hahaha. Aku jadi percaya kalau bakal ada jump time lagi ke tahun 1997. Berharap bakal ketemu YoungJae sama Siwon di pernikahan sunbora. seinget aku ayahnya youngjae juga pilot pesawat tempur gitu. berharap bisa ketemu yj hahaha...
    aku mendukung junghwan punya adik perempuan. tapi aku jadi nggak yakin setelah liat preview ini, mami kayanya emang manopost. aku penasaran sama adegan mami ngobrol sama mami sung, apa aja yang mereka bicarakan? apa mami sung dan mami membahas soal duksoon dan junghwan ya? hahaha
    berharap kalau yang dibicarakan antara duksoon dan temannya itu taek. dan temannya yang berbicara itu sunbaenya duksoon yang sama sama kita lihat adalah pacarnya staff baduk champion itu. soalnya yang tau kalau duksoon dan taek teman dekatkan itu ada chief choi, yang staff tadi dan staff yang waktu duksoon ikut ke china. dan staff champion tadi pastinya sudah menceritakan soal hubungan duksoon dan taek ke cewe itu makanya, cewe itu di episode 18 selalu cerita soal duksoon duksoon dan duksoon ke taek. dan jadi yang mereka bicarakan adalah soal taek. karena aku berpikir ep 19 bakal ada narasi dari taek. dan duksoon akan bernarasi di ep 20. di episode ini kayanya duksoon bakal jelasin kenapa duksoon sama taek nggak pacaran aja. karena mereka teman. sempet bingung juga sih. kalau scene ini ada setelah jump time maka bakal cocok pernyataan duksoon yang mengenal selama 20 tahun. dengan prediksi umur ketika taek datang ke sammundong ketika umur 8 tahun.
    aku penasaran apa yang terjadi antara taek dan duksoon di kamar hotel itu? apa mereka lagi di china lagi? dan kenapa mata taek berkaca kaca?
    makasih kak airin :)

    ReplyDelete
  30. Kyaaa nunggu jumat itu lama sekali, wkwk enggak puas sama spoiler n preview segitu doang. Jadilah saya terpaksa nonton ulang dari awal lagi buat mengobati kerinduan sama bang Jungpal. Oya keknya di episode 3 itu Duksun udah mulai nyadar kalo Jungpal suka sama dia deh, pas adegan kepojok bedua di gang sempit itu. Kan di shoot tuh bagian dadanya (ehm pertama saya mikirnya emang agak ehm gitu) tapi setelah diulang lagi, kan yang di shoot dada Jungpal sebelah kiri trus ada kepala Duksun nyender disana. Trus Jungpal kek nahan napas gitu, iya itu emang nahan napas supaya detak jantungnya enggak kedengeran sama Duksun. Eeeeeeehhh tapi kedenger juga deh kayanya, soalnya Duksun kaget gitu,trus dia denger jantung Jungpal sekali lagi, trus nengok ke Jungpalnya. (ingat klo letak jantung sebelah kiri karna adegan Jung Bong yang pegang dada sebelah kanan wkwk). Ah tp Duksunnya yang kelewat polos, pasti dia nyangkal enggak mgknlah jantung Jungpal jumpalitan gitu karna dia pasti karna abis lari.
    Aih lama amat ya nunggu jumat sampai galau kan~

    ReplyDelete
  31. Airin... kalau BR-SW menikah, apa bisa taek-DS menikah? Kan omma SW and appa taek menikah (jd SW-taek sodara kan?).

    Apa pernikahan seperti ini diizinkan di korea? Sesama ipar menikah.

    **tetap mencari alasan taek-DS gak akan menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAENNYOLLLL BENER JUGA NIH HAHAHAHA

      Delete
    2. hmmm aku duluuuuu sekali udah pernah nanya hal ini di forum soompi dan mereka bilang itu boleh. Bahkan katanya kalau JUng Bong nikah sama Bo Ra, Deok Sun juga bisa nikah sama Jung Hwan (kmrn aku pikir BR bakalan sama JB) LOL.
      Kalau di korea itu ga masalah, KATANYA

      Delete
  32. Wah airin dah update lagi.. Bsk sehari lagi hari jumat,jadi gak sabar . Tp aku baru tau jg klo bora sama sunwoo satu marga.. Semoga dukseon sama junghwan bisa contoh sunwoo & bora teguh mempertahankan cinta nya,,, #timjunghwan fighting gak kerasa drama ini bakal berakhir tar pastinya Kangen liat geng ssamdong

    ReplyDelete
  33. Semalem dah nangis2x liat ep 18.... tp semuanya belum berakhir sampai benar-benar beakhir... meski liat Jung Hwan udah ketawa ketawa tp rasanya masih sedih karena tahu perasaannya belum benar-benar baik... berharap nanti lo dah jadian dg deok sun ma para ortuny langsung dinikahkan kyak si naoki dan kotoko..

    ReplyDelete
  34. Junghwan pastinya sama deoksun !

    ReplyDelete
  35. Sehari 5 jam lagi final pertarungan Choi Taek vs Kim Jung Hwan mana yang akan jadi perampok hati Deok Sun? Hahaha..

    ReplyDelete
  36. Airin... kalau BR-SW menikah, apa bisa taek-DS menikah? Kan omma SW and appa taek menikah (jd SW-taek sodara kan?).

    Apa pernikahan seperti ini diizinkan di korea? Sesama ipar menikah.

    **tetap mencari alasan taek-DS gak akan menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ny indonesia jg spt ini
      Yg jelas menikah mah hrs beda jenis kelamin

      Delete
    2. Bukan ny indonesia jg spt ini
      Yg jelas menikah mah hrs beda jenis kelamin

      Delete
  37. gw yakin kim jung hwan sama deoksun karna ada yg ambil foto deoksun dan kim jung hwan pakai baju pengantin di pakalan udara gitu tapi gak tau yah bener tdknya gw sih berharap itu benar dan gw jadi penasaran nih ep 19 dan 20 gak sabaran nunggu nihh...

    ReplyDelete
  38. Waw...aku baru tau kalo itu alasan Bo Ra mutusin Sun Woo...
    Nggak nyangka ternyata cinta nya sedalam itu ke Sun Woo...
    Daebak...!!!

    ReplyDelete
  39. Berharap semoga ada sedikit pencerahan di eps. 19 buat hubungan Deoksun & Junghwan...biar nggak galau lagi seperti di episode minggu kemaren...

    Baru kali ini aku segalau ini nonton sebuah drama...baru kali ini juga kefikiran sampe di dunia nyata...terutama untuk 4 episode terakhir nya ini...sampe nggak mood mau nonton drama yg lain...2 minggu ini fokus ke Reply 1988 doank...
    Reply 1988 emang sesuatu banget...


    #TeamJungHwan FIGHTING !!!

    ReplyDelete
  40. intinya yang jadi suami duk son itu jung hwan meski aku berada di tim Taek tapi aku harus mengakui itu,aku mulai percaya saat adminnya membahas tentang berbagai teori yg membuat aku sangat yakin adalah teori Poster drama ini jarak antara Taek dan Duk son itu jauh jadi ga mungkin sdngkan jung hwan dan sun woo ada di sampingnya kita tau sun woo sudah punya pasangannya sendiri tapi jung hwan punya duk sun TITIK
    Seperti kebanyakan drama lain pemirsa hanya dibuat lebih degdegan aja dengan kisa cinta mereka yang penuh perjuangan

    ReplyDelete
  41. Intinya jangan siap2kan semua momen yang kau buat writer-nim. Jh-Ds banyak banget momennya. Gilak aja kalo mereka ngga bareng entar arrggghhhh aku gasabar besok! Ugh!
    Btw aku uda baca post-an ini kemaren tp baru komen sekarang :3 hehe. Tiap hari kesini kecuali ketika belum nonton ep terbaru xD suka sama komentar kakak :v
    BETTY.

    ReplyDelete
  42. d artikel soompi aq baca ada prnikahan d slh 1 hall air force gt
    sbel bgt
    pgn cakar2 tmbok ky'a kl ky gini
    rz nanti nunggu sub'a seabad lagi
    jujur aja aq ketar ketir pas ada clue future husband yg ngarah k taek
    biar gmn pun pgn tim jung hwan yg menang

    ReplyDelete
  43. Hay aku adalah tim junghwan hehe maaf ya min aku baru dua minggu yang lalu mulai baca dan ampe sekarang belom pernah comment apa apa disini tapi kesimpulannya aku suka banget analisis analisi tentang si suami/? Jujur aku suka banget ama reply series ini ditambah kalo aku baca trivia disini tuh aku suka banget. Harapan aku di eps selanjutnya juga tentang
    - alasan deoksun jadi pramugari apa.. dan pasti ada alasan tersembunyi ya
    - taek point of view itu udah pasti musti ada... soalnya di reply seriea sebelumnya biasanya pas udah mau abis pasti nih 2nd lead male nya tuh udah ngaku ngakuan dan rela relaan/?
    - semoga pdnim nya jangan main umpet umpetan lagi
    - banyakin scene dukseon and friend haha
    Udah segitu aja dulu makasih.
    Salam team junghwan! ^^

    ReplyDelete
  44. Last weekend of reply 1988.. i'm gonna miss this series..

    ReplyDelete
  45. Hari ini adalah d day.... team Jung Hwan hwating!!!!

    ReplyDelete
  46. Halooo #TeamJunghwan di siniiii~ Jujur aku baru nonton R88 baru-baru ini karena sebelumnya gak sempat, padahal dr pengumuman cast pemain aku paling nungguin drama ini. Karena dari R97 dan R94 pria yang aku inginkan jadi suami si tokoh perempuan meleset dua2nya. Tapi Taewoong gak semengenaskan Chilbong sih hheu. Lanjut ke R88, aku gak mau terlalu terpaku sama who is the husband selama DS happy hhe. Tapi aku memang condong ke Junghwan. Kalo toh jadinya sama Taek, tak apa. Dari preview ep 19, bisa jadi mengacaukan. Kalo di preview memperlihatkan Taek dan DS di hotel dengan "we're friends" dr DS ke Taek seolah-olah DS menolak Taek, aku malah mikir bisa jadi real ep 19 DS malah jadian sama Taek. Apalagi melihat ekspresi senyum JH discene Taek bilang ttg dompet JH, JH tersenyum seakan-akan itu senyum lega udah merelakan DS. Secara, ep 18 JH udah confess ke DS meskipun akhirnya dia mengarahkan ke DongRyong "apa kau puas?" yang menurut aku itu bukan menandakan bercanda. It not joke at all. JH never said it was joke at all. Tapi ya mari kita lihat, malam ini. Meskipun aku sedih bgt gak bisa nonton streaming atau liat live recap di Soompi karena jam segitu lagi dipesawat nanti hheu. Pray for the best deh.

    Btw agak menenangkan kata-kata Airin yg bilang kalo DS akhir pekan jarang pulang ke rumah dan lebih memilih nginep di rumah temennya tapi ia malah pulang ketika Taek ultah. Ada dua kemubgkinan di sini. DS pulang karena ingin merayakan ultah Taek dan sekaligus melihat Taek atau ia ingin melihat Junghwan yang udah lama bgt gak pulang-pulang. Well kalo dari logika sih lebih masuk akal melihat Junghwan ya karena kapanpun DS mau ketemu Taek, Taek selalu ada di sana, atau lebih sering di Ssangamdong drpd Junghwan.

    Udah ah aku gak mau berspekulasi lagi, terutama kalo ngeliat scene DS dan future husband. PDnim terlalu pintar untuk mengecoh kita. Kadang future husband DS terlihat seperti JH tapi kadang terlihat seperti TK. I dunno.

    Satu lagi yang bikin aku greget. Kembalinya Jung Bong dan Man Ok (tiba-tiba Right Here Waitingnya Richard Marx ke play) dan bertemunya Bora-Sunwoo. Bahkan Bora menyatakan untuk kembali dan ia mengaku merindukan Sunwoo awawaw.

    ReplyDelete
  47. Tadi barusan mampi ke Soomi. ada pendapat menarik tentang cara Taek dan Jung Hwan dalam menunjukkan cintanya. Jung Hwan seperti yang kita tau bukanlah seoarang yang Selfish. ia oarang yang suka berkorban dan mengalah, meskipun gak secara terang-terangan. cinta Jung Hwan bersifat "memberi". ia menyukai Deok Sun kerena diri Deok Sun sendiri, dimatanya Deok Sun itu cantik. meski ia juga ga suka jika ada yang berpendapat sama. Sedangkan Cinta Taek bersifat "menerima". ia menunjukkan cintanya dengan menuntut perhatian. ia senang karena Deok Sun ada disekitarnya. ia merasa Deok Sun ada untuknya. sebagian orang menyukai jika dicintai seperti ini. Contohnya mami Mi Ran. ia galau ketika merasa tak dibutuhkan suami dan anak-anaknya. tapi sebagian malah merasa sebagai beban jika sudah berlebihan. seperti Deok Sun yang marah waktu Taek minta ini itu karena tak mengerti itulah cara Taek menunjukkan cintanya. aku rasa itu perbedaan besar antara mencintai karena "dirimu" dan karena "aku".

    ReplyDelete
  48. saya gak mau komen tentang future husbandnya deoksun yang sdh pasti adalah junghwan,. :D insting saya dari ep.1 emang langsung tertuju sama lelaki yang punya mata khas itu,.
    semua drama replay series selalu buat saya jatuh hati sama ceritanya,pemainnya,bahkan ostnya,. entah sdh berapa puluh kali saya menonton ulang rep97 dan ep94 dan sepertinya rep88 jg akan sama,. tp hingga saat ini dari ketiganya saya masih memilih rep97,.tidak ada alasan khusus,.hanya saja mngkn krn itu adalah rep.series yang pertama, dan terkadang yang pertama akan selalu memberi kesan mendalam,.
    dilemanya junghwan disini mengingatkan saya sama yoonjae,saya yang nonton saja terasa sesak..tapi mari kita lihat bagaimana akhirnya,. bagi tim junghwan sepertinya sedang diatas angin, dan bagi tim teukk,.ini bukan akhir jika blm berakhir,.tetaplah berharap,. :D
    and its friday guyss,....

    ReplyDelete
  49. Tapi kiss scenenya banyak deok sun sama taek di ep 19 juga, karena aku team junghwan jadinya nyesekkk liatnya. APalagi ngrasain kalo jadi jung hwannya

    ReplyDelete
  50. future husband kn pernah bilang klo first kiss mreka sekitar th 1994, tp itu sangat nonsense klo taek jd suami. krn first kiss taek-deoksun th 1989 waktu d kamar taek. hopefully junghwan is just be the one and only candidate. masih ada harapan utk team junghwan. kita berharap tvn bisa menyajikan banyakk hal ttg perkembangan keluarga gang dan melihat jin joo tumbuh dewasa.

    ReplyDelete
  51. sinopsis nya eps 19 20 ditunggu banget minn, btw makasih untuk sinopsis nya

    ReplyDelete
  52. di eps 9 duksun-junghwan foto bareng lanjut scene dimasa skrg duksun dan future husband nya kan ngomongin ttg foto itu. kira-kira itu foto yang mana ya. foto dgn junghwan atau taek? karena aku denger-denger taek yang jadi future husband nya duksun. aku jadi berfikir itu scene nha menjebak. karena setelah duksun-taek foto juga ada scene dimana duksun nanya ke future husband nya kapan foto itu diambil. aku bingung mungkin ada yang tau:(

    ReplyDelete
  53. kak, tau ga soundtrack pas duksun sama taek ciuman dihotel dan di kamar? lagunya enak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHHAHHAH, aku bahkan ga nonton pas itu jadi aku ga tau LOL

      Delete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story