[Sinopsis] Reply 1988 Episode 18 ~ Part 2


-----------------------------------------------------------------------
Sinopsis Answer Me 1988 Episode 18 Part 2

Dong Ryong dan Jung Hwan sudah di dalam bioskop menonton film, tapi pikiran Jung HWan kemana-mana, ia sama sekali tidak memikirkan film itu.
Dong ryong terus mengajaknya bicara dan mengambilkan ini dan itu tapi Jung Hwan tidak bereaksi. Pikirannya jelas tertuju pada Deok Sun dan ia ingat lagi pagi ini Deok Sun jelas mengatakan ia akan ke konser Lee Seung Hwan.
Jung Hwan tidak tenang, ia menggigit bibirnya dan mulai berfikir.
Tangannya mulai bergerak meraih jaketnya.
Dong ryong terus bicara mengenai film, Jung Hwan makin menggenggam jaketnya.

Kita melihat adegan Forrest Gump dimana seorang gadis terlihat menyeberangi sungai di tengah keramaian upacara untuk bertemu dengan orang yang ia cintai.
Kita melihat salah satu polisi disana juga melakukan hal yang sama. Tepat saat si pria menyentuh sungai, Jung Hwan bangkit dan meninggalkan tempat duduknya.
OMG!!!!


Jung Hwan berlari menuruni tangga sekuat tenaga dan keluar dari bioskop dengan tergesa-gesa. IA berlari dan berlari! GO! GO! GO!
Jung Hwan tiba di luar dan ia hampir jatuh saat menuju mobilnya di tempat parkir! IA masuk ke dalam mobilnya dengan cepat dan buru-buru mengambil kunci dengan tangannya yang gemetaran dan butuh beberapa saat untuk memasukkan kunci kedalam lobangnya, mana mobilnya awalnya nggak mau hidup, AKH!!! Bikin kesel!!!! Mana musiknya beneran keren lagi, bikin kita ikutan deg degan!!
Akhirnya mobil menyala dan Jung Hwan dengan wajah panik segera menyetir dengan kecepatan penuh.

Deok Sun di luar gedung konser, Deok Sun meninggalkan pesan untuk Ja Hyun, memintanya datang ke tempat konser dan membawakannya beberapa pakaian karena dia hampir mati membeku kedinginan.
Kita bisa melihat Deok Sun benar-benar kedinginan, karena ia bahkan tidak mengenakan jaket dan hanya sendal rumah. Ia mulai batuk-batuk karena kedinginan.

Jung Hwan melaju dengan Jeep-nya, secepat yang ia bisa.
Ia melihat dengan serisu ke jalanan juga ke kaca spion, ia melaju dengan cepat dan sayangnya ia terkena lampu merah!
Jung Hwan kesal sekali, ia memukul pintu mobilnya dan ia beneran tak bisa menunggu, ia mendesah dan mendesah.
Ia sedang terburu-buru tapi lampu merah menghalangi! Saat lampu berubah hijau, ia kembali menginjak gas dan melaju dengan sangat cepat.

Deok Sun masih kedinginan di luar gedung konser.
OMG! Dan Jung HWan kena lampu merah lagi!! AIGOOOOOOOOOOOOOOOOO~

 
Jung Hwan melihat jam tangannya, ia berharap untuk tidak terlambat. Ia menutup matanya karena kesal, ia melihat kesana kemari dan sepertinya ia berniat menerobos lampu merah hanya saja terlalu banyak yang menyeberang jalan.
Jung Hwan menunggu dan menunggu lagi.
Kemudian ia kembali melaju dengan gas penuh menembus jalanan yang panjang.

Deok Sun masih diluar gedung konser, berjalan kesana kemari dan melihat ke arah sana dan sini.
Petugas mengatakan konsernya akan dimulai dan kenapa Deok Sun belum masuk, apakah dia masih menunggu pacarnya. Deok Sun hanya tersenyum saja.
Deok Sun masih kedinginan dan kemudian ia terlihat terkejut melihat seseorang yang ia kenal datang mendekatinya.

Bong masih di Banjul menunggu teman chattingnya.
Masih sama, setiap bel berbunyi, ia melihat ke arah pintu untuk melihat siapa yang datang, dan begitu lah penantiannya.
Sampai akhirnya apa yang ia tunggu tiba, sekali melihatnya, Bong sudah tahu kalau itu adalah teman kencannya. IA perlahan berdiri dan menatap ke depan.

Bo Ra juga menunjukkan wajah terkejutnya melihat teman kencan buta-nya, diantara terkejut, lega, kesal dan sedih (?)
Dia bertanya, Apakah aku Sseurekki?

Deok Sun menatap seseorang yang datang menemuinya itu, orang itu kehabisan nafas karena sepertinya berlari dengan sangat kencang agar sampai disana dengan cepat. Pria itu membungkuk untuk mengambil nafas lebih dalam. Deok Sun menatapnya dengan tatapan tak percaya.
ITU TAEK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
TAek masih mengatur nafasnya, Deok Sun menatapnya dan bertanya kenapa dia bisa ada disana.
Taek tidak bisa menjawab karena dia masih kehabisan nafas, ia hanya menjawab dengan senyuman di wajahnya. Senyuman lega, senyuman bahagia karena ia menemukan Deok Sun.

YAng paling menyakitkan adalah HANYA 10 meter dari sana, ada JUNG HWAN!!!!!!!! Dia melihat keduanya dan ia berbalik berjalan menjauhi mereka berdua!
Jung HWan meninggalkan mereka dengan perasaan campur aduk dna ia terlihat menelan ludahnya. Matanya merah. Ia terlihat sedih, menyesal, kecewa, kesal dan lain sebagainya.

"Takdir tidak akan selalu datang untuk menemuimu. Untuk menggunakan kata 'takdir', itu adalah saat kita berada di momen kritis dan sebuah kebetulan akan membuatnya menjadi takdir. Itu sebabnya, kata lain dari takdir adalah waktu. JIka saja aku tidak terkena lampu merah itu, jika saja lampu merah terkutuk itu aku bisa melewatinya sekali saja... Aku mungkin akan berada dihadapannya sekarang, seperti sebuah takdir. Cinta pertamaku selalu saja tertahan oleh timing yang buruk. Waktuku yang salah itu."

Jung Hwan ada di dalam mobilnya. Ia membuat tatapan kosong dengan mata yang berkaca-kaca, menggunakan otaknya untuk berfikir keras, atau mencoba untuk mengosongkan pikirannya dari hal-hal ini.
Jung Hwan benar-benar terlihat sangat sangat sangat sangat sedih, ia ingin marah tapi sama siapa, tapi ia sangat kesal sekarang, ia benar-benar seperti seseorang yang menahan diri untuk menghancurkan sesuatu.

Jung Bong masih berdiri dengan posisi yang sama, menatap seorang gadis di hadapannya, dari ujung kaki sampai ujung kepala.
Ya tidak salah lagi, itu Mi OK!!!!
Mi Ok sekarang sudah makin cantik, ia mengenakan rok, rambutnya di cat pirang dan ia sudah tidak mengenakan behel lagi, ia tersenyum ke arah Jung Bong.
Bong masih tak percaya dengan apa yang ia lihat. Matanya berkaca-kaca dan mulai melangkah kedepan, ia langsung memeluk Mi Ok disana!
Ia tak peduli dengan apapun dan mempererat pelukannya. Mi Ok membalas pelukannya. Jung Bong menangis bahagia.

Bo Ra yang ada di kencan buta bertanya apakah pria itu Sseurekki, tentu saja bukan. ITU SUN WOO!!!!!!!!!!!
Keduanya sama-sama terkejut dan Sun Woo bertanya kenapa dia ada disana. Bo Ra tak menjawab dan bertanya balik pada Sun Woo apakah dia Sseureki dan memastikan kalau Sun Woo tidak menggunakan nama orang lain untuk kencan buta dengannya.
Sun Woo terdiam.

Lalu kita melihat kilas balik saat Oppa ya meminta nomer pager Sun Woo.
Dan hari itu hujan, kita melihat Na Jung terluka seperti disalah satu adegan Reply 1994 HAHAHHAHAAHHA. Jadi mereka nggak syuting ulang di bagian Na Jung LOL.
Itu adegan saat Na Jung terjatuh di jalan dan menelpon ibunya, tapi Oppa ya yang mengangkat dan Oppa datang menemuinya disana setelah mengurus masalah kencan butanya.

Tentu saja sebelum menjemput Na Jung, Oppa ya mengirim pesan ke Sun Woo, memintanya untuk datang ke kencan butanya dan menggantikannya. Ia benar-benar memohon pada Sun Woo, karena khawatir gadis itu sendirian disana.
Sun Woo tidak bisa menolak, kebetulan ia sedang kosong dan begitulah dia sampai disana.

Malam harinya, Jung Hwan masih di dalam mobilnya, di tengah hujan yang masih sangat deras, menerungi takdirnya.
Dan keadaannya semakin buruk saat acara radio di mobilnya memberitakan bahwa Choi Taek meninggalkan pertandingannya karena alasan pribadi. WOOWOWOWOWOWOWOWOOWOWOW.
Jung Hwan yang mendengarnya langsung terlihat makin rapuh dan memukuli stir mobilnya dengan kedua tangannya sementara ia masih menunduk.
Jung Hwan terlihat sangat terluka dan lebih tepatnya membenci dirinya sendiri.
Aku berusaha melihat air matanya keluar, tapi aku rasa dia tidak menangis tapi menahan perasaannya, lebih tepatnya ia terlalu menahannya tapi air matanya tidak keluar dan itu bahkan lebih menyakitkan dari pada menangis.
Jika dia menangis, dia akan lega pada akhirnya, tapi dia tidak bisa menangis tapi wajahnya terlihat seperti menangis dan dia benar-benar kehilangan akal sehatnya kali ini, ia benar-benar membenci dirinya sendiri, menyia-nyiakan kesempatannya selama 6 tahun ini.

"Tetapi, takdir dan waktu tidak hanya secara kebetulan menemukanmu. Mereka adalah sebuah momen seperti keajaiban, yang timbul dari pilihan yang kau buat karena keinginanmu yang kuat. Menyerah dan keputusan, tanpa keragu-raguan, itulah yang membuat sesuatu yang dinamakan timing. Dia lebih bersemangat dan aku seharusnya mempunyai lebih banyak keberanian. Itu bukanlah karena lampu lalu lintas atau timing-ku yang buruk, tapi karena aku ragu berkali-kali."

OMG! Jung Hwan a~ Please berhenti membuat aku menangis! Please! Akhirnya kamu sadar, itu bukan karena waktumu yang salah dan takdirmu yang tidak tepat, tapi karena kau selalu ragu-ragu, kau punya banyak sekali kesempatan tapi kau selalu ragu-ragu T_____t *tissu mana tissuu

Sun Woo dan Bo Ra masih berdua dalam diam.
Keduanya sama sekali tidak bicara dalam waktu yang lama, membuat Sun Woo memulai percakapan mereka. Ia mengatakan Bo Ra sangat hebat. Bagaimana bisa ia begitu tenang dan tak merasakan apapun, menerima kencan buta dari seseorang di universitas-nya, bahkan fakultas yang sama dengannya.
Bo Ra terdiam, ia menatap Sun woo. Sun Woo melihat reaksinya dan mengatakan kalau Bo Ra bahkan tidak terlihat terganggu dengan hal itu sama sekali.
Mata Bo Ra mulai berkaca-kaca. Ia mulai bicara, aku datang dengan kesempata 1% bahwa itu adalah dirimu.
Sun Woo terkejut.

Bo Ra melanjutkan, Ketika aku mendengar kalau julukan pria itu adalah 'sseurekki', maka kesempatan 1%-ku menghilang, karena aku yakin itu bukan dirimu. Tapi aku masih ingin mempercayai yang 1% itu, aku berfikir untuk tetap menerimanya, karena aku berfikir kau mungkin akan mendengar mengenai hal itu, karena dia satu departemen denganmu, apalagi dia satu kelas denganmu.
Sun Woo terdiam. Bo Ra mulai menangis meski air matanya belum menetes, Dan bahkan jika kesempatannya hanya 1%, jika kau masih menyukaiku, tidak bisa kah kita bersama lagi? Ini mungkin terdengar gila, tapi, Sun Woo ya, aku merindukanmu.
Bo Ra menangis dan Sun Woo cukup terkejut dengan hal itu. Ia tak tahu harus mengatakan apa dan ia hanya menunduk, tidak mengatakan apapun.
*WOWOWOOWOWOWOWOWOOW. Aku suka adegan ini!!!!!!!!!!!

Deok Sun dan Taek naik menuju ke aula konser. Deok Sun mengingatkan Taek kalau dia tidak dicampakkan dan Taek mengatakan ia tahu. Tapi Deok Sun tetap menjelaskan kalau pacarnya kecelakaan di jalan, jadi dia tak bisa datang.
Taek hanya tersenyum dan Deok Sun mengingatkan lagi kalau ia tida dicampakkan HAHAHAHAHAHA.
Taek memberikan jaketnya pada Deok Sun dan Deok Sun mengatakan kalau dia tidak dingin. Taek mengatakan kalau ia kepanasan memakainya. Keduanya tersenyum dan masuk ke dalam aula konser.

Jung Hwan terlihat menyeka air matanya, ia masih didalam mobil dan bersandar di kursi (meski aku jujur, aku ga bisa liat air matanya menetes HHAHAHHAHAHA)
Ia masih terlihat galau dan menyakitkan.

"Hidup ini seperti sekotak cokelat. Kau tidak akan pernah tahu apa yang akan kau dapatkan. Bahkan jika aku sudah memilih cokelat yang paling pahit dari semuanya, tidak ada yang bisa membantuku. Itu adalah takdir yang aku pilih. Tidak ada penyesalan, menangis, atau pun patah hati tentang hal itu."

Tahun 2016.
Deok Sun di wawancara di sebuah cafe, ia makan es krim saat lagu Lee Seung Hwan di putar disana dan ia mulai mengatakan kalau ia sangat menyukai Lee Seung Hwan, dulu ia sering pergi ke konsernya dan juga mendengarkan lagu-lagunya di rumah.
Kemudian ia bicara pada orang yang melakukan interview mengenai dirinya yang tidak masalah jika di interview sering-sering, tapi ia khawatir pada suaminya karena suaminya tidak terlalu suka di interview. Ia mengatakan ia juga menerima interview ini karena kakaknya memintanya.
Tiba-tiba suami Deok Sun naik ke lantai dua dan Deok Sun langsung menyambutnya. Kamera fokus ke tangan mereka beberapa kali memperlihatkan bagaimana Deok Sun menggenggam tangan suaminya persis seperti saat setelah adegan konser Lee Moon See waktu itu.
Suami Deok Sun terlihat membungkuk pada reporter yang ada disana dan tersenyum.

Beneran ada gambar kucing dan anjing disana HAHHAHAHAHHAHAHAHHAHA.
Deok Sun kebawah untuk mengambilkan kopi untuk suaminya sementara suaminya tetap berdiri dengan canggung. Deok Sun kembali dengan kopi di tangannya dan meminta suaminya pulang, ia mengatakan kalau ia tak akan mengganggu suaminya saat bekerja hari ini.
Suaminya awalnya menolak dan mengatakan ia menyukai interview, dan Deok Sun tertawa menyuruhnya segera pulang. Suaminya mengerti dan akan pergi saat Deok Sun memanggil lagi. Ia berbisik pada suaminya untuk membuang sampah hari ini dan suami mengatakan ia sudah melakukannya tadi, saat ia pergi ke toko komik.
Deok Sun menegurnya untuk berhenti memabaca komik, karena image-nya tapi suaminya nggak peduli dan pergi HAHHAHAHAHAHA.

Oke, kemarin yang bilang suaminya mirip Taek siapa ya? HAHHAHAHA, Ini mah Jung Hwan banged!!!! OKE!!! Logo itu juga HAHHHAHAHHAHah dan suka baca komik cuma JUng Hwan dan Dong Ryong LOL.

Pagi hari di tahun 1994.
Sun Woo masih mengantuk dan ia perlahan membuka matanya saat ia melihat ibu dan Jin Joo menatapnya, ia terkejut dan meminta mereka berhenti menakutinya. Ibu cemberut dan mengatakan kalau Taek juga tidur dan Sun Woo juga, rumah jadi sepi.
Jin Joo protes kenapa kakaknya pulang ke rumah kalau kerjaannya hanya tidur. Sun Woo tertawa dan mengatakan itu karena ia sangat lelah.
Sun Woo meminta mereka meninggalkan kamarnya karena ia mau tidur lagi. Ibu dan Jin Joo cemberut dan keluar. Setelah mereka keluar, Sun Woo tersenyum manis dan bangun, ia berteriak pada ibunya karena dia lapar, ia ingin sarapan.

Jung Hwan masih tertidur di kamarnya dan ia merasakan aura yang aneh di belakang, ia segera berbalik dan benar saja, ayah dan ibunya melakukan hal yang sama dengan Jin Joo dan ibu, menatap Jung Hwan yang sedang tidur. Jung Hwan terkejut dan bertanya ngapain mereka.
Ayah mengajak Jung Hwan untuk sarapan, Jung Hwan masih mengantuk dan ia tersenyum kemudian mengatakan ia akan keluar nanti.
Ibu mendekatinya dan dengan lucu ia mengatakan kalau ia memasakkan makanan kesukaan Jung Hwan. Jung Hwan tak bisa menahan tawa-nya dan menyembunyikan wajahnya di bantal.
KYAAAAAAAAAAaa!! Kiyopta!!!

Kita ke rumah keluarga Sung. Pagi itu kakak beradik Sung masih tidur berdua, saat Bo Ra membuka matanya ia terkejut melihat Deok Sun disebelahnya, karena semalam ia tak mendengar kapan Deok Sun pulang ke kamar.
Deok Sun bangun dan masih mengantuk ia juga bertanya sesuatu pada kakaknya, tapi ia memanggilnya dengan 'kau' dan Bo Ra jadi kesal.
Ia mengatakan sudah lama mereka tak serumah dan Deok Sun kelihatannya kehilangan kesopanannya. Bo Ra mulai memukul Deok Sun dan Deok Sun menjadi kesal memintanya berhenti.
Bo Ra tak berhenti dan mengatakan kalau dia salah maka harus di pukul. Deok Sun malas membalas dan membiarkannya saja.

Ayah, ibu dan No Eul makan di luar dan ayah mulai mengomel karena mereka bertengkar lagi, ia berteriak menyuruh mereka berhenti dan ikut makan bersama mereka.
Kemudian mereka bertiga membicarakan sesuatu tentang Deok Sun dan No Eul menyadari kalau hidung ayah berdarah. Ibu terkejut dan memberikan tissu padanya.
Ayah mengatakan ia baik-baik saja dan keluar mencuci wajahnya. Ibu menatapnya dengan khawatir.

Keluarga besar Sun Woo dan Taek makan bersama. Sun Woo mengatakan kalau Jung Hwan akan pulang besok, jadi malam ini mereka akan berkumpul bersama. Ia mengingatkan Taek untuk datang. Taek mengatakan ia ada pertandingan hari ini, setelah selesai ia akan langsung ke sana.
Jin Joo menatap Taek dan mulai mengomelinya karena Taek mengikuti terlalu banyak pertandingan, ia ingin Oppa-nya mengurangi frekuensi pertandingannya. Taek tersenyum dan mengerti. Sun Woo tertawa melihat adik kecilnya mengomeli Taek. Tapi Jin Joo kemudian menatap tajam Sun Woo dan mengatakan padanya jika kerjaannya di rumah cuma tidur makan sebaiknya jangan pulang lagi. Sun Woo terdiam HAHAHHAHAHAHA.
Taek tertawa dan Jin Joo menyuruhnya jangan tertawa dan mengomelinya untuk tidak berkencan dengan selebriti yang suka padanya. TAek mengangguk. (WAAAAAAHHH KODE KODE?!!!)
Sun Woo tertawa dan mengatakan kalau mereka harus menghadapi hari-hari seperti ini setiap hari, bukannya orang tua yang mengomeli tapi malah anak SD HAHAHHAHAHHA.

Kemudian ayah Taek mengajaknya melakukan sesuatu, sepertinya ia mengajak Sun Woo berolahraga atau apa tapi Sun Woo menolak berkali-kali dan ia mengatakan ia mau istirahat. Tapi Jin Joo menatapnya tajam dan mengingatkan untuk tidak tidur terus. Sun Woo tidak bisa menolak dan akhirnya mengiyakan HAHAHAHHAHAHHA.
Jadi ingat dulu Jin Joo ga membantah apa yang Oppa-nya katakan, eh sekarang kebalikannya HAHHAHHA Lucu deh!

Ibu Jung Hwan terlihat menatap kalender rumah mereka dengan mengerutkan kening, ia seperti mengingat-ingat sesuatu. Ayah dan Jung Bong sedang menonton TV dengan suara yang keras dan ibu kesal konsentrasinya terganggu, menyuruh mereka mengecilkan volume TV. Ayah dan Jung Bong menjawab ibu dengan lelucon baru mereka. Bahkan untuk pertanyaan selanjutnya, ibu kesal sekali karena keduanya sama sekali tidak membantu keresahan hatinya.
Ia kembali melihat kalender dan memutuskan ke kamar melihat kalender lainnya. Ibu membolak-balik kalender dan kita melihat dia menandai salah satu tanggal di bulan Juli, ia menghitung dan menghitung. Ibu terlihat mengerutkan kening lagi dan berfikir.
Oke, menopause lagi? Atau ibu HAMIL?! KYAAAAAAAAAAAAa!!! Jung HWan punya adek!!

Deok Sun dan Jung Hwan terdengar permisi pada kedua orang tuanya untuk pergi menemui anak-anak malam ini.
Deok Sun keluar dari gerbang dan melihat Jung Hwan disana, mengikat tali sepatunya. OMO! Apakah dia menunggunya seperti dulu?
Jung Hwan mengajaknya berangkat bersama dengan mobilnya dan Deok Sun setuju.

Deok Sun dan Jung Hwan bersama dalam mobil yang dikendarai Jung Hwan. Deok Sun kelihatan mengecek pagernya, Jung Hwan melihatnya dan mengingatkannya memakai sabuk pengaman. Deok Sun mematuhinya. Deok Sun memakai sabuk pengaman dan bertanya apakah tidak apa-apa Jung HWan bawa mobil padahal mereka akan minum-minum nanti.
Jung Hwan mengatakan kalau Deok Sun yang akan menyetir nanti. Deok Sun kelihatan kesal.
Jung Hwan memintanya untuk memutar musik, Deok Sun kemudian mengecek kaset Jung Hwan dan ia tertawa karena hanya ada kaset Lee Moon See disana.
Jung HWan memintanya memilih satu dan Deok Sun memasukkannya dalam tape.

Musik bergema dalam mobil, Deok Sun tersenyum dan mengatakan ia sangat menyukai lagu-lagu Lee Moon See bahkan sekarang juga ia begitu menyukainya. Ia menebak kalau ini album ketiga dan Jung Hwan mulai memanggilnya bodoh karena itu album keempat. Mereka mulai pertengkaran seperti biasa, dengan beradu mulut memanggil monchongi lah apa lah. DAn mereka melewati malam menuju restoran dengan beradu mulut sepanjang jalan.
OMG! Aku menyadari aku begitu merindukan momen ini T____T

Oke, akhirnya kita memasuki adegan itu. Aku akan dengan hati-hati memeriksa dan menuliskan setiap ekspresinya!

Jung Hwan, Deok Sun, Dong Ryong dan Sun Woo bersulang bersama di sebuah restoran.
Mereka mulai bercerita ini dan itu dan sepertinya mereka meminta Jung HWan melakukan sesuatu tapi ia mengatakan kalau ia lelah. Deok Sun mengatakan sesuatu yang membuat Jung Hwan tersenyum sementara Dong Ryong tertawa mengejek.
Jung Hwan tampak berfikir sebentar dan kemudian bertanya apakah TAek akan datang. SUn woo mengatakan kalau dia akan datang, ia sudah menelpon Taek dan akan segera kesana setelah pertandingannya sudah selesai, mungkin sebentar lagi dia akan datang.
Nah, Deok Sun tampak tersenyum mendengar hal itu, sementara Dong ryong membicarakan mengenai orang yang jenius baduk tapi nggak bisa parkir.

Bel pintu restoran berbunyi, Deok Sun memalingkan wajah untuk melihat siapa yang datang. Ia kemudian berbalik lagi karena itu bukan orang yang ia harapkan.
Jung Hwan melihat hal itu, ia menunduk dan sedikit tersenyum pahit.

Kemudian Dong ryong mengingat sesuatu dan bertanya, Ah, Jung Pal a, kau tidak lupa membawa cincin itu kan?
Sun Woo bertanya, cincin apa? Cincin kelulusan itu?
Dong Ryong mengangguk. Deok Sun tidak mengerti dan bertanya, cincin kelulusan apa?
Sun Woo menjelaskan kalau itu cincin yang diberikan saat kelulusan angkata udara dan Jung Hwan masih memilikinya.
Jung HWan mengeluarkan cincin itu, dalam kotaknya. Ini aku membawanya.

Dong Ryong memperlihatkan senyuman memintanya, kau akan memberikannya padaku kan?
Jung Hwan menatap Dong ryong dan mengatakan tak ada gunanya jika ia memberikannya pada Dong Ryong.
Dong ryong jadi kesal, memangnya kau punya orang untuk kau berikan itu?
Jung Hwan hanya tersenyum pahit dan menatap kebawah, ke arah kotak cincin di tangannya.
Dong ryong mulai mengomelinya, seumur hidup kau bahkan tidak akan bisa menyatakan perasaanmu, untuk apa kau menyimpannya?


Tiba-tiba Jung HWan menjadi terlihat serius, ia masih menatap ke bawah dan tersenyum pahit lagi.
Dong Ryong terus mengomelinya dan mengatakan mendengar pernyataan cinta Jung Hwan adalah harapan / keinginannya sebelum ia mati. Apa kau akan hidup seperti itu terus?
Jung Hwan tiba-tiba terlihat menjadi serius dan ia masih menatap cincin itu setelah ia melihat ke arah Dong Ryong.

Tiba-tiba Jung Hwan berkata, Deok Sun a...
Ia membuka kotak cincinnya dan meletakkannya di depan Deok Sun.
Deok Sun terkejut, ia menatap cincin itu dan melihat ke arah Jung Hwan. Jung Hwan menatap Deok Sun langsung ke matanya dan mengatakan kalau ia sebenarnya akan memberikan itu pada Deok Sun setelah kelulusannya, tapi ia akan memberikannya sekarang.
Deok Sun menunjukkan wajah bingung dan terkejut bersamaan.

Sun Woo juga bingung dan menatap keduanya. Dong ryong juga bingung dan memberi kode ke Sun Woo apa yang terjadi.
Jung Hwan masih menatap Deok Sun dalam diamnya. Ia menunggu beberapa saat dan akhirnya mengatakan, Aku menyukaimu.
Deok Sun terkejut dna ia menelan ludahnya. Ia mendengarkan.
Jung Hwan melihat reaksinya dan mengatakan lagi sambil sedikiiiiiit tersenyum pahit, Aku bilang aku menyukaimu.
Deok Sun masih memasang wajah yang sama dan Jung Hwan tertawa tiba-tiba.

Jung Hwan mulai mengatakan tentang apa yang sudah ia lakukan, ia mencoba mengingat kenangan itu, itu kenangan yang menyenangkan waktu itu tapi mengingatnya sekarang terasa sedikit emnyakitkan.
Kau tahu apa hal-hal kecil yang sudah aku lakukan karenamu? Hanya karena aku ingin berangkat ke sekolah bersamamu, aku menunggumu di depan gerbang rumahku selama satu jam, bahkan sampai kau pulang dari rumah belajar aku tidak bisa tidur sama sekali karena aku sangat mengkhawatirkanmu. 'Kenapa dia terlambat?', 'apakah dia ketiduran lagi?'. Ya! Aku selalu memperhatikanmu. Kau.

Deok Sun terlihat tersenyum mendengarnya, meski senyumannya sangat kecil, tapi kita tahu dia kelihatan bahagia dalam hatinya.
Apalagi dia tidak melepaskan pandangannya dari Jung Hwan, dan Jung HWan dia benar-benar melihat langsung ke mata Deok Sun. apa yang ia katakan adalah apa yang ia rasakan.

Dong ryong yang masih bingung berbisik pada Sun Woo kalau Jung Hwan kelihatan serius.
Sun Woo memberi kode-kode menyuruhnya diam.

Jung Hwan masih melanjutkan, Saat kita bertemu kebetulan di bus, saat kita pergi konser bersama dan saat aku menerima hadiah kemeja itu darimu di hari ulang tahunku...
Jung Hwan kelihatan tertawa mengingatnya dan ia kemudian serius lagi, Aku benar-benar...berfikir aku akan gila karena aku sangat bahagia.....
Deok Sun tersenyum mendengarnya, ia kali ini melihat ke meja dan sepertinya ia mengenang kenangan itu dalam pikirannya.
JUng Hwan melanjutkan, Aku selalu ingin melihatmu ratusan kali dalam sehari dan aku sudah bahagia hanya dengan melihat wajahmu.
Deok Sun masih tersenyum, tapi entah kenapa aku melihat sekelumit kesedihan di dalam wajahnya, seolah ini sudah terlambat. Ia terlihat seperti akan menangis.

JUng Hwan berkata lagi, aku selalu ingin mengatakan ini padamu sejak dulu....
Deok Sun kembali menatap ke arah Jung Hwan, Aku sangat menyukaimu, saranghae....
Jung Hwan menatap ke mata Deok Sun dan mengatakan kalau ia mencintai Deok Sun.
Deok Sun terdiam. Ia tersenyum dan mengalihkan pandangannya sebentar kemudian menatap Jung Hwan lagi.
Jung Hwan hanya terdiam menatapnya.

Jung Hwan menatapnya cukup lama, ia tak mengatakan apa-apa lagi dan Deok Sun juga tidak mengatakan apa-apa.
Aku melihat mata Jung Hwan mulai berkaca-kaca.
DAn tiba-tiba, Jung Hwan menatap ke arah Dong ryong, Apa itu cukup, bodoh?
Dong ryong bingung, Apa maksudmu?
JUng Hwan berkata, bukankah kau mengatakan ini adalah harapanmu?
Tiba-tiba Sun Woo mengingat kata-kata Dong ryong sebelum pengakuan Jung Hwan dan dia tertawa, Dong ryong juga jadi bisa bernafas dan ikutan tertawa, mereka mengatakan mereka sangat terkejut karena berfikir kalau jung Hwan serius.
Jung Hwan tertawa pahit dan ia mulai meneguk minumannya. Ia tidak bisa melihat ke arah Deok Sun untuk mengecek ekspresinya.
Sun Woo si BAKA pun bertanya pada Deok Sun, hey! Kau juga tertipu kan?

Deok Sun mencoba untuk bersikap biasa dan tersenyum. Tapi kemudian ia melihat ke bawah dan ia tampak kecewa atau semacamnya. Ia juga tak bisa melihat ke arah Jung Hwan. Deok Sun tidak tahu harus bersikap bagaimana.
Jung Hwan sendiri benar-benar hampir kelihatan menangis tapi ia menahannya dengan baik. Ia tidak melihat ke arah Deok Sun melainkan keluar.

Dong Ryong mengaku kalau ia tertipu dan mengatakan kalau Jung Hwan sangat hebat, ia bahkan meraih tangan Jung Hwan dan emngajaknya berkencan dengannya. Lalu semuanya tertawa seolah itu benar-benar lelucon.
Tapi tidak dengan Jung HWan dan Deok Sun, kita bisa melihat mereka berdua memaksakan diri untuk tertawa.
Terutama Deok Sun, ia terlihat sangat memaksakan senyumannya.
Dan aku menangkap hal yang aneh saat Jung Hwan menatap ke luar, ia kelihatan melihat seseorang?

Deok Sun meminum minumanya dengan getir, Kemudian bel pintu berbunyi lagi dan Deok Sun kembali melihat ke arah pintu, kali ini ia terlihat sedih.
Jung Hwan menatapnya, ia terdiam san sedikit tersenyum pahit. Dan kita melihat kalau hal itu menjadi candaan Dong Ryong sepanjang malam sepertnya.

Lalu kita melihat flashback yang berharga, itu adalah di episode pertama saat Deok Sun latihan membawa papan nama dengan hanbok putihnya dan Jung Hwan keluar untuk memberi makan anjing dan terkejut melihatnya.
Deok Sun menanyakan bagaimana penampilannya dengan hanbok dan Jung HWan menjawab dengan kejam saat itu, jangan melakukan apapun, itu yang terbaik.
TAPI KENYATAANNYA!!!!
SETELAH JUNG HWAN MASUK KE DALAM RUMAH, IA MENGINTIP DARI JENDELANYA DAN MELIHAT DENGAN SENYUMAN MANIS KE ARAH DEOK SUN!!! BAHKAN SAAT SUN WOO MENGATAKAN KALAU DIA TAK CANTIK, JUNG HWAN MAKIN SENANG KARENA HANYA DIA YANG MENGANGGAP DEOK SUN CANTIK DIAM-DIAM!!!omg!!! Can I cry now!! NOPE!
Saat Sun Woo masuk ke rumahnya, Jung Hwan pura-pura sibuk kembali dan pura-pura tak terjadi apa-apa.

Hari dimana Jung Hwan menjemput Deok Sun di rumah belajar dengan payungnya saat hujan, hari itu!!!!
Meski Jung Hwan kelihatan cool saat ia memberikan payungnya, KENYATAANNYA ADALAH JUNG HWAN SANGAT NERVOUS DAN SETELAH IA KEMBALI KE RUMAHNYA, IA BAHKAN MEMEGANG JANTUNGNYA YANG BERDETAK SANGAT CEPAT. IA TERSENYUM SENANG KARENA IA MELAKUKAN HAL ITU DAN SEGERA KEMBALI KE RUMAH AGAR TIDAK KETAHUAN!

HADIAH NATAL JUGA!!!
Jung HWan sengaja mengejar No Eul dan bertanya dimana kakaknya apakah kakaknya akan keluar hari ini. No Eul bingung dan mengatakan kalau kakaknya ada di kamar. Jung Hwan ragu, sepertinya ia ingin memberikan kadonya sendiri tapi akhirnya ia meminta No Eul memberikan pada kakaknya.
No Eul tentu saja bingung, ini apa?
Jung Hwan mengatakan itu hadiah.
No Eul masih bingung dan Jung Hwan mencoba menjelaskan dengan gaya canggung kalau itu hadiah natal. No Eul tahu kalau itu hadiah natal tapi dia masih bingung kenapa Jung Hwan memberikan pada kakaknya.
No Eul masih saja bingung dan Jung Hwan harus mendorongnya dan menendangnya agar ia masuk ke rumah dan menemui kakaknya.
BAhkan No Eul masih bingung dan Jung Hwan mengejarnya lagi, setelah No eul di bawah ia masih menunjukkan wajah bingung HAHHAHAHAHAHAHA.

OMG!!! Jung Hwan a~~~~ aku yakin masih banyak flashback tersembunyi, kenapa mereka hanya memasukkan 3 sih?!!!

Kembali ke tempat mereka minum-minum, kita melihat mereka masih berempat, TAek kelihatannya tidak datang.
Mereka bicara mengenang masa lalu sambil tertawa dan tertawa.
Mereka akan beralih untuk putaran kedua mereka dan akan memberi tahu Taek untuk menemui mereka disana.
Mereka bangkit dan mulai keluar dari dalam restoran itu.

Dan kita bisa melihat, cincin Jung Hwan masih ada disana...

-THE END-

Komentar:

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKHHHHHHHHHHHHHHHH!!!!!
WENNYOOOOOOOOLLLL!!!!!!!!!!!!!
WENNYOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOLLLLLLLLLLL!!!!!!!!!!!!!!!!
Sekarang aku mengerti setelah menonton keseluruhan episode dan tentu saja puncaknya adalah saat pengakuan Jung Hwan, dan yang menjadi maslaah disini adalah Dong Ryong dan Sun Woo!!!
OMG!! Aku benci mereka berdua! BAgaimana mereka bisa tidak melihat ketulusan disana!!! YA AMPUN< DAN KALIAN MENYEBT DIRI KALIAN TEMAN!!! WENNYOL!!!!

Oke, aku mau komentar tentang pengakuan Jung Hwan, aku sudah menontonnya sebagak 5 kali saat membuat sinopsis ini dan jujur saja, aku salah! Jung Hwan sama sekali tidak bercanda!!! Dia tidak bercanda tapi Dong ryong dan Sun Woo lah yang membuat itu sebagai candaan!!!!!! PAHAM!!!
Jung Hwan sepertinya memang berniat untuk menyatakan perasaannya pada Deok Sun malam ini, karena seperti yang kita tahu, besok dia akan berangkat lagi. JAdi dia benar-benar sudah menyiapkan diri untuk menyatakan perasaannya. Buktinya, dia menunggu Deok Sun didepan gerbang rumahnya, mengajaknya berangkat bersama dan bahkan mengatakan padanya kalau dia yang akan menyetir saat pulang nanti. Jung Hwan sengaja melakukannya, karena dia benar-benar akan mengaku malam ini, entah itu di mobil dalam perjalanan pulang atau malah sudah mengaku saat mereka berdua berangkat.
Karena itu dia membawa cincinnya.

Dong Ryong jelas ingin cincin kelulusan Jung HWan, yang awalnya aku pikir itu hanya cincin batu akik biasa yang salah pilih seperti Trash Oppa yang memilih cinicn mengerikan untuk Na Jung, ternyata cincin itu penuh makna! Itu adalah cincin kelulusan yang diberikan kepada setiap ilot tentara yang lulus dan biasanya akan diberikans aat melamar orang yang ia cintai.
Aku suka saat Dong ryong mengatakan pada Jung Hwan untuk mengaku sekali saja dalam hidupnya dan aku pikir dia tahu kalau jung HWan menyukai Deok Sun, karenanya dia meminta begitu, eh, ternyata salah! Dia sama sekali tidak tahu karena ekspresi kagetnya saat itu sangat mengangguku.
Jung Hwan tidak langsung memberikan cincinnya pada Dong ryong dan Dong ryong memancingnya dengan mengatakan kalau dia ingin melihat pengakuan Jung Hwan sekali saja, Jung HWan memang berniat, makanya ia bertanya dimana Taek dan memastikan Taek belum akan datang.
Akhirnya Jung Hwan melakukannya.

KAlian lihat, pengakuannya sangat sangat tulus!
Jung Hwan benar-benar mengakui perasaan cintanya pada Deok Sun saat itu, bagaimana ia mengatakan ia menyukai Deok Sun, sejak kapan, bagaimana ia menunggunya selama satu jam, menjemputnya dan melakukan hal-hal manis lainnya. DAn kalian tahu, hanya Deok Sun yang tahu akan hal itu, jadi Deok Sun tahu kalau Jung Hwan serius, karena hal-hal itu adalah rahasia kecil Deok Sun dan Jung Hwan, tidak ada yang tahu sama sekali.
Karena itu Deok Sun tersenyum dan penuh dengan harapan, atau mungkin ia mengenangnya sekarang. Jujur, aku tidak terlalu bisa membaca ekspresi Deok Sun, tapi aku yakin dia awalnya terkejut, kemudian tersenyum karena ia merasa masih menyukai Jung Hwan dan ia membuat ekspresi seolah-olah, AKHIRNYAAAAA.
Sampai saat terakhir ia mengatakan I love you, Jung Hwan serius pemirsaaaaa!!! Deok Sun bahkan terlihat malu-malu gitu kok.
Jung HWan mungkin saat itu tidak mengharapkan jawaban apa-apa, karena Jung Hwan berfikir Deok Sun dan Taek sudah pacaran ATAU Deok Sun menyukai TAek.
Tapi ia tak bisa melakukannya, ia tetap membutuhkan jawaban, jadi dia menunggu selama 15 detik, ia diam dan menatap Deok Sun, tapi Deok Sun tidak menjawab.

Kalian lihat Jung Hwan hampir menangis dan sepertinya ia tidak tahan lagi dan akhirnya ia mengalihkan pembicaraan pada Dong Ryong. Ia mengatakan kalau itu harapan Dong Ryong, melihatnya menyatakan perasaan, ia tidak pernah mengatakan kalau dia bercanda, tapi reaksi Dong ryong dan Sun Woo lah yang membuat hal ini menjadi candaan!!!
Akh!!! Mereka benar-benar menganggap Jung Hwan bercanda dan bahkan SUn Woo malah tanya apakah Deok Sun juga tertipu. Kita bisa melihat Deok Sun tidak tahu harus memasang wajah bagaimana, dia sebenarnya kecewa tapi dia terlihat untuk tidak kecewa dan dia hanya tersenyum saja.
Aku merasa Deok Sun merasakan kalau setengah yang dikatan Jung Hwan adalah serius, karena itu dia tak bisa menatap wajah Jung Hwan, meski Dong Ryong dan Sun Woo menambah rumit dengan tertawa dan tertawa nggak jelas.
Jung Hwan, jelas dia serius makanya dia tidak bisa menatap Deok Sun.
Deok Sun kecewa karena Jung Hwan bercanda mengenai pengakuannya, itu di matanya, dan Jung HWan kecewa karena Deok Sun tidak menjawab meski ia tak mengharapkan jawaban.

Jung Hwan serius! Dia serius! AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Jung HWan melihat bagaimana Deok Sun terus melihat ke arah pintu saat ada yang datang. Kita melihat bagaimana Jung Hwan menatapnya dan itu kelihatan seperti ia tahu kalau Deok Sun menunggu Taek, karena hanya Taek yang belum datang.
Ini membuat Jung Hwan yakin kalau Deok Sun menyukai Taek. Apalagi saat kejadian di konser Lee Seung Hwan, Taek yang datang, mungkin Jung Hwan berfikir kalau Deok Sun menelpon Taek, meski pada akhirnya ia tahu kalau itu inisiatif Taek sendiri.
Jung Hwan tidak ingin ada penyesalan pada perasaannya, karena itu dia akhirnya membuat langkah maju, pengakuan. Meski ia tahu jawabannya.
Mungkin Jung Hwan sama sekali tidak tahu, tapi kita tahu masih ada kemungkinan kalau orang yang ditunggu Deok Sun bukanlah Taek. Karena Taek pasti akan datang bergabung dengan mereka. Lalu siapa?
Bisa saja itu adalah pacar Deok Sun, karena saat di mobil tadi Deok Sun juga mengecek pager-nya. Mungkin Deok Sun ingin membuktikan pada teman-temannya kalau dia memang punya pacar dan dia tidak di campakkan, well, Deok Sun belum tahu kalau pacarnya selingkuh.

Aku sama sekali tidak marah pada Jung Hwan atas hal ini, tapi aku benar-benar tidak habis pikir dengan penulis yang membuat karakter Jung Hwan terlihat begitu menderita sejak beberapa episode belakangan. IA kehilangan senyuman dan semangatnya dan aku sebagai tim Jung Hwan benar-benar merasakannya. KArenanya ada yang bilang kalau PD-nim ini adalah fans Ryu Jun Yeol yang menyukai akting sedih Jun Yeol dan membuatnya berakting sedih disetiap episode T____T
Ta[i tentu saja itu adalah taktik mereka agar rating naik. Dan agar cinta segitiga tetap berjalan dan membuat fans makin excited. Saat penonton marah dengan penulis, saat itu lah penulis merasa senang, artinya penonton akan menantikan tulisannya selanjutnya karena mereka penasaran.
Ya! Lee Woo Jung memang sukses membuat hati kita terombang ambing, terjatuh dan terguling.
Dia pasti senang melihat kita galau dengan semua ini. Aku bahkan ingin sekali mencari nomer telponnya dan menelponnya saat episode 18 berakhir waktu itu!!! AKKKKKKKKHH!!!

Aku menyukai Jung Hwan membawakan narasinya di episode ini.
Bagaimana judul episode ini adalah, selamat tinggal cinta pertama dan ini sangat cocok dengan Jung Hwan. Akhirnya ia menyadari apa yang salah dari dirinya, kenapa selama ini, bahkan selama 6 tahun, dia begitu menderita dan tidak bisa melupakan Deok Sun. Ya, karena ia masih mencintainya dan tidak berusaha mengakhirinya atau melangkah maju.
Ia mengeluh tentang timingnya  yang tidak tepat dan takdirnya yang salah. Iya, ada di beberapa hal timing Jung Hwan memang selalu salah dan aku merasa takdirnya menyedihkan. Tapi aku senang dia menyadari semua itu bukan masalahnya. Masalahnya adalah keragu-raguannya.
Sejak episode dia menunjukkan ketertarikan pada Deok Sun, dia melakukannya, tapi tdiak pernah berniat untuk melangkah maju. Bahkan saat ia tahu Taek menyukai Deok Sun, dia malahan stuk di tempat. Timing? Dia punya banyak timing untuk menyatakan perasaannya. TApi keragu-raguan selalu menghalanginya.
Itu benar timingnya sangat jelek di episode ini saat dia akan menemui Deok Sun di konser Lee Seung Hwan, tapi selama 6 tahun ini, ada banyak kesempatan dimana ia bisa menggunakan untuk menyatakan perasaannya. Bahkan saat Deok Sun jelas-jelas menunjukkan dia menyukai Jung Hwan. Dan lagi, keragu-raguannya menghalanginya.

Aku benar-benar sangat menyukai saat Jung HWan sama sekali tidak konsentrasi dengan movie-nya karena ia kepikiran dengan Deok Sun. Aku menunggu dan menunggu kapan dia akan bangkit dari tempat duduknya dan WUSHHHHHHHHHHHHHHHH!!!
Aku berteriak saat dia akhirnya bangkit dan berlari keluar, kalian tahu seberapa kerennya adegan itu, seberapa deg degannya aku melihat adegan itu, aku bahkan ikut gemetaran saat tangan jung Hwan bergetar untuk memasukkan kunci ke dalam mobil dan WOW! Aku mengagumi akting Ryu Jun Yeol sekali lagi!
Aku benar-benar sangat kesal melihat lampu merah itu menghalanginya dua kali! Merah = Taek HAHAHAHAHHA.
Aku benar-benar berharap dia akan menerobos lampu merah itu, tapi dia tidak bisa melakukannya. DAn akhirnya saat ia tiba disana, yang ia lihat adalah hal yang sangat menyakitkan.
Aku sebenarnya tahu hal itu akan terjadi, bahkan saat streaming kemarin tapi aku nggak tahu kalau efeknya semenyakitkan ini.

Aku tidak bisa menyalahkan Taek, ya, kenapa harus menyalahkannya, toh dia juga punya hal karena dia juga menyukai Deok Sun. Dia juga mengkhawatirkan Deok Sun makanya ia berlari kesana, karena sejak awla dia tahu Deok Sun berbohong dan lagi ditambah dengan ia mendengarkan percakapan ajusshi dan teman Deok Sun itu. Aku kagum dia bahkan meninggalkan pertandingannya demi Deok Sun. Akhirnya dia melakukan sesuatu yang membuat aku berfikir kalau dia keren, karena selama ini dia maniak baduk dan aku agak ga suka dia cuek pada Deok Sun karena baduk, padahal katanya dia suka pada Deok Sun.
Tapi yang paling menyakitkan adalah melihat Jung Hwan patah hati. WOW. Saat ia berjalan menjauhi keduanya, aku bisa merasakan sorot mata kekalahan dalam dirinya. Bagaimana dia terlihat sangat terluka dan sakit saat dalam mobil. Ia terlihat seperti menangis meski aku tidak bisa melihat air matanya, tapi ai menangis dan itu membaut ahtiku hancur! Sumpah deh Ryu Jun Yeol ini TOP banged!!!
Aku ikut tertawa jika dia tertawa, aku bahagia melihat dia tersenyum dan aku terluka saat dia terluka. Kim Jung Hwan! Kenapa kau membuat hidupku jadi seperti ini! Aku terus terbayang dahi-mu HAHHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHA.


Oke, ada yang mengatakan kalau Deok Sun melihat ke pintu terus itu menunggu Taek dan aku sudah mengatakan diatas kalau ada dua kemungkinan, dia menunggu Taek dan menunggu pacarnya.
Kenapa Taek, mungkin benar dugaan mereka, sesuatu terjadi saat Taek dan Deok Sun menonton konser Lee Seung Hwan, mungkin Taek menyatakan perasaannya dan Deok Sun menolak, jadi Deok Sun khawatir kalau Taek tidak datang karena masalah itu. TApi menurutku tidak. Karena sejak didalam mobil Jung Hwan dia sudah melihat pagernya. TAek pasti datang, yang lain sudah mengkonfirmasi hal itu, bahkan Sun Woo juga menkonfirmasi dia akan datang saat ronde dua.
Kalau seandainya Taek menyatakan perasaannya dan di tolak, dia tidak mungkin secerian itu di meja makan bersama semuanya, kalau memang Deok Sun takut Taek jadi nggak enak sama dia.
Aku tetap merasa yang ditunggu Deok Sun adalah pacarnya, dia ingin membuktikan pada semuanya kalau dia tidak dicampakkan, termasuk pada Taek juga. Karena Deok Sun belum tahu kalau pacarnya itu begitu. Hanya saja penulis ingin membuat kita merasakan ketidakyakinan, dan meyakinkan kita kalau dia menunggu Taek, sama dengan apa yang difikirkan Jung HWan.

Aku menebak Taek sudah mengakui perasaannya ssebelum tahun 1994.
Kita masih belum melihat adegan spoiler saat Deok Sun dan Taek di taman bermain kan?
Nah, aku merasa disanalah flashback akan menunjukkan kalau di tahun 1989 itu, Taek sudah mengatakan kalau ia dan Jung HWan menyukai Deok Sun.
Tapi aku juga masih ragu, karena di awal episode ini kita bisa melihat kalau Taek masih memikirkan Deok Sun dengan menatap ke tempat dimana Deok Sun duduk saat malam ulang tahunnya itu. Hmmmmmm.

Jadi mbak, apakah masih yakin Jung Hwan suami Deok Sun?
YAKIN DONG!!!
Ternyata setelah menonton episode 17 dan 18, kita jadi makin yakin kalau Jung Hwan adalah suami Deok Sun. HAHHAHAHAHAHA.
Ada yang bilang sifat suami Deok Sun berubah menjadi ke arah Taek, dan aku bersyukur karena aku tidak menemukannya. Aku masih merasa dia adalah Jung Hwan. Karena Jung Hwan memang terlihat 'begitu' didepan teman-temannya dan Deok Sun, tapi asal akian tahu, dihadapan orang lain dia itu sangat sangat sopan, kalian bisa lihat bagaimana ia dihadapan Mi Ok dan Ja Hyun. Aku melihat dia membungkuk pada reporter dan mengingatkan aku saat Jung Hwan melakukan hal sama saat Ja Hyun dan Mi Ok datang ke rumah Deok Sun.
Itu benar kalau Taek benci wawancara, tapi ia sudah terbiasa dengan wawancara bagaimana ia bisa membencinya? Ia hanya tak suka dengan kamera flash saja, kalau wawancara biasa dia nggak benci kok. TApi Jung Hwan jelas benci di rekam, saat ayahnya mencoba merekamunya ia langsung menutup pintu.
Dan lagi katanya ada yang nemu logo Angkatan udara di jaket suami Deok Sun, aku udah lihat memang mirip sih, dan aku berharap itu benar HAHAHAAHAHA

Flashback di akhir episode benar-benar membuat aku menangis tapi juga berbunga-bunga. Akhirnya patah sudah kata-kata orang yang mengatakan kalau Jung Hwan suka sama Deok Sun itu gara-gara hasrat seksualnya saat kejepit di gang itu!
No, kita tahu kalau itu hanyalah menimbulkan kesadaran pada Jung Hwan kalau Deok Sun sekarang sudah dewasa, dan ia sudah tidak bisa menyembunyikan perasaannya lagi. Hasrat seksual? Jika kalian terjebak dalam posisi yang sama dan kalian remaja 18tahunan, sangat aneh jika kalian tidak merasakan sesuatu. Mungkin kalau wanita oke lah, tapi kalau pria, kalau kalian terjebak dalam posisi yang sama dan biasa saja, maka kalian mungkin harus periksa dulu. Gitu kata salah satu komentator cowok di soompi HAHAHAHAHA.
Aku sangaaaaaaaaat menyukai mereka memperlihatkan Jung Hwan sudah menyukai Deok Sun sejak episode pertama, dia tersenyum melihat Deok Sun diluar, sangat manis! Ternyata Jung hwan deg degan setelah memberikan payung itu dan lagi, ternyata proses pemberian kado natal sangat sangat lucu HAHHAHAHAHAHAHAHAHAHA. Aku suka gimana wajah bingung No Eul HAHAHAHHAHAHA.
Aku yakin masih banyak sekali flashback yang ingin di tampilkan tapi masalah durasi pula! PAdahal aku berharap lebih banyak flashback, aku yakin mereak masih menyimpan beberapa.

Goodbye First Love...
Itu adalah judul untuk Jung Hwan yang ingin mengucapkan selamat tinggal pada cinta pertamanya, Sung Deok Sun.
Ia sekarang tahu Deok Sun dan Taek saling menyukai dan ia ingin mengakhiri cinta sepihaknya dengan menyatakan perasaannya meski berakhir seperti itu, itu benar, dia akan mengucapkan selamat tinggal pada cinta pertamaya.
Tapi jangan salah, bahkan di Reply 1997 ada judulnya juga yang mengatakan kenapa cinta pertama tidak pernah berhasil. Dan pada akhirnya? OTP bersatu kan?
Makanya aku bersyukur nangkring di grup soompi bagian Jung Hwan shipper karena mereka selalu memberikan sugesti positif pada pembacanya untuk meyakinkan Jung Hwan akan memenangkan game ini.
Pengakuan dengan cincin, di Reply 1997 dan Reply 1988 ini hampir mirip, bedanya bagian candaannya, itu sama seperti Yoon Jae yang ingin mengkahiri cinta sepihaknya.

Nah, pada akhirnya, sekarang tergantung pada Deok Sun kan?
Kita masih gloomy mengenai perasaan Deok Sun sampai saat ini, karena masih belum jelas. Jadi sekarang tinggal bagian Deok Sun dan aku sangat berharap cinta segitiga ini akan berakhir di episode 19. Aku ingin Episode 20 tinggal bahagia dan bahagia. Karena kita perlu satu tokoh baru untuk Taek kalau dia bukan menjadi sumi Deok Sun, dan aku berharap jangan asal catok kayak Chil Bong dulu, kalau terlalu sulit, maka buatlah Jin Joo menjadi orangnya, dia udah bilang kan kalau Oppa nggak boleh kencan dengan selebriti itu HAHHAAHAHAA.
Deok Sun akan memilih Jung Hwan, aku yakin itu, karena dia masih punya perasaan pada Jung Hwan. Bahkan saat acara kumpul-kumpul mereka saat ulang tahun Taek, Deok Sun sangat banyak melirik Jung Hwan untuk melihat ekspresinya dan meyakinkan kalau dia populer juga.
Bahkan saat malam harinya, aku yakin Deok Sun tidak bisa tidur karena sesuatu terjadi malam itu. Meski kita nggak tahu apa itu.

Ingat, perjalanan cinta calon suami tidak pernah mudah dalam Reply series.
Bagaimana Yoon Jae dan Si Won juga berpisah dan bagaimana Trash dan Na Jung juga berpisah.
DAn Jung Hwan dan Deok Sun juga berpisah dalam hal ini kan?
Deok Sun dewasa mengatakan dengan jelas kalau ia dan suaminya memalui banyak kesulitan sebelum akhirnya mereka bisa menikah.
DAn kalau kita berfikir, bukankan sangat sulit mereka untuk bersama atas semua ini. Taek juga mempunyai banyak kesempatan tapi dia juga kelihatan nggak ada perkembangan sama sekali.
Dan intinya adalah Jung Hwan adalah fokus penulis.
Penulis kita sudah berpengalaman dengan 2 Reply series sebelumnya, aku tahu dia agak kejam, tapi dia tahu apa yang dia tulis, setelah semua episode lebih fokus ke Jung Hwan, menurut aku akan sangat aneh kalau Jung HWan tidak jadian dengan Deok Sun pada akhirnya.
Orang fokusnya selalu sama Jung HWan dan ekspresinya kalau tiba-tiba Taek yang jadi suami Deok Sun, siap-siap aja rumah penulis itu di bom sama netizen, jangan salah netizen korea seram lho HAHAHAHAHA.

Dan aku baru menyadari kalau komentarnya sudah sangat panjang dan aku melupakan komentar tentang para keluarga dan pasangan lainnya.
Aku menyukai akhirnya pasangan yang lain reuni lagi di episode ini, karena ini akan membuat episode minggu depan lebih banyak ke Deok Sun dan cintanya.
Reuni Mi Ok dan Jung Bong hyung sangat mengharukan HAHHAHAHAHAAH. Meski aku ketawa ngakak melihat mereka berdua yang akhirnya bersatu lagi setelah sekian lama, aku harap kali ini ayah Mi Ok merestui hubungan mereka.
Reuni Sun Woo dan Bo RA, aku nggak nyangka kalau sangat menyukainya.
Aku masih kesal karena Bo Ra tiba-tiba minta putus, tapi aku senang karena Sun Woo menepati apa yang ia katakan saat itu, kalau ia tidak akan mau menemui Bo Ra lagi selamanya dan ternyata Bo Ra yang nggak tahan HAHAHHAHAAHHA.
Aku sangaaaaaaaat menyukai saat dia mengatakan kalau ia menggantungkan harapannya untuk Sun Woo sebanyak 1% dan ternyata 1% itu berhasil WOW. Aku jadi takut sama 1% aku nggak yakin Jung Hwan suami Deok Sun HAHAHAHAHAHAHA.
TApi kita belum tahu pasti apakah keduanya kembali bersatu atau tidak.

Jangan khawatir bapaknya Deok Sun sakit, nih, dia masih ada sampai tahun 2015/2016 kok heheheheheh
Para orang tua di episode ini menunjukkan bagaimana kesedihan hati mereka terhada anak-anak mereka yang sudah dewasa. BAgaimana ibu Jung Hwan merindukan saat Jung Hwan masih SMA, meski dia pendiam tapi dia bisa melihatnya setiap hari, tapi sekarang sudah jarang ketemu, pulang sesekali dan dia lebih banyak menghabiskan waktu di luar.
Orang tua Deok Sun juga kelihatan sedih saat puterinya pulang setelah sekian lama dan menghabiskan makan malam bersama sahabat-sahabatnya. Mereka tak bisa melarang sih, tapi tetap ada kesedihan disana.
YA, seperti itu lah orang tua kita dan kita sendiri juga menyadari akan hal itu, bagaimana kadang kita merenungkannya, semakin lama kita semakin menjauh dari mereka, bukan karena kita menjauh, tapi keadaan yang membuatnya begitu.
JAdi bagi kamu yang sesekali pulang ke rumah jangan kaget kalau orang tuamu menatapmu saat tidur ya :)
Ibu biasanya melakuakn hal itu, diam-diam dia akan menatap kita saat kita tertidur pulas. KAlian tahu, semakin tua kamu, waktu tidurmu akan semakin berkurang dan kamu emnyadari kamu terjaga lebih lama dari pada kamu terpejam :)

Akhirnya! Ada tanda-tanda Jung Hwan akan punya adik!!!
KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAa!!!!!!!!!
Aku menyukai hal ini!!! DAri kemarin aku terus berdoa agar impian Jung Hwan kesampaian, meski masih belum jelas, tapi aku yakin kalau Mi Ran Omma hamil, bukannya menopause!!!
Tentu saja aku berharap agar anaknya kali ini cewek, aku selalu kasihan pada Mi Ran Omma yang ingin dekat dengan anak-anaknya tapi anak-anaknya semuanya begitu HAHAHAHAH.
KYAAAAAaa!!! Ga sabar melihat Jung Hwan dekat dengan adik kecilnya, pasti lucu bangeddd! Jun Yeol Oppa kan suka sama anak kecil :)
Semoga anaknya cewek dan itu Jin Joo kecil lagi :)

Aku menyukai geng Ssangmundong yang berkumpul kembali setelah sekian lama dan sifat mereka masih sama, tidak berubah sama sekali.
Aku suka saat mereka mulai bercanda pada Deok Sun mengenai dia yang sering di campakkan dan bla bla bla, itu menunjukkan kalau mereka begitu peduli padanya, mereka selalu mengawasi Deok Sun dan bahkan tahu siapa teman kencan buta Deok Sun meskipun itu baru beberapa saat.
Aku suka mereka mulai berkumpul diluar sekarang, membicarakan masalah yang lebih dewasa meski masih seperti anak-anak. Aku menyukai gaya rambut mereka semuanya, lebih dewasa :)
Meski aku sedikit terganggu dengan rambut Deok Sun, entah itu disambung atau wig, aku lebih suka dia dengan rambut pendek, meski dia juga kelihatan cantik dengan rambut panjangnya.

Akh! bentar lagi tamat ya?
Aku bahkan nggak selera menonton drama lain dan ini udah mau tamat pula!
Itu benar, aku terlalu terobsesi dengan drama ini HAHAHHAAHHA.
BTW ada dua hal yang mengangguku di episode ini. Pertama adalah saat Jung Hwan melihat keluar dan seperti melihat seseorang. Kedua adalah, Cincin itu.
Kenapa posisinya bisa pindah ke meja Jung Hwan?
Apakah Jung Hwan mengambilnya kembali atau Deok Sun menggesernya?
Apakah itu sengaja di tinggalkan disanda pertanda dia melepaskan Deok Sun?
Apakah seseorang akan mengambilnya?
Jawabannya minggu depan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Keponakannya Lee Seo Jin beruntung banged bisa foto bareng Jun Yeol Oppa :) Apakah Lee Seo Jin akan jadi cameo? Atau adiknya akan jadi cameo juga?
Ah, satu lagi, aku punya tips menjelang episode akhir ini untuk tim Jung HWan, kalau kalian nggak mau goyah, jangan sekali-kali mencoba membaca postingan Tim Taek terutama di forum soompi, kalau mau main jangan ke Main Thread tapi pergi ke Jung Hwan dan Deok Sun shipper.
AKU BILANG JANGAN BACA POSTINGAN KEMUNGKINAN TAEK JADI SUAMI DEOK SUN, karena kalian akan mudah goyah karena hal itu. Jadi cobalah membaca hal yang lebih positif.
Jujur saja, aku nggak pernah main ke main thread lagi karena banyak Taek shipper disana, semakin mereka menunjukkan clue, maka semakin sakit hati kita. JAdi sebaiknya hindari hal yang seperti itu.
HAHAHHAAHHAHAHAHAHAHAHAHA.

Oke, bangus banted TVN, kamu berhenti mengupload gambar BTS dan Still Reply 1994 membuat aku kesulitan mencari still untuk di taruh di komentarku T____T 

KEEP CALM AND LOVE OUR JUNG HWAN :)

DO NOT REPOST IN OTHER SITE!
DO NOT SHARE WITHOUT CREDITS!
JUST PUT THE LINK IF YPU WANT TO SHARE!



78 comments:

  1. Halo mbak airin, sejauh ini saya cuma jadi silent reader aja di blog ini dan kita sama2 team junghwan
    Tapi akhirnya gak kuat pgn komen gara-gara episode 17 dan 18 yang bikin panas hati.
    Kebetulan saya punya teman asli korea yang bilang kalau hwansunny syuting di airport dan kabarnya kissu. Semoga jadi kenyataan ya mbak.
    Saya juga yakin adult husband adalah junghwan, dari gaya malu dan sopan terhadap orang baru.
    Kita butuh keajaiban plot twist atau flashback. Kalau gak taek dengan berbesar hati bantuin jh-ds biar bersatu
    #team junghwan hwaiting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku tahu ada yang liat mereka kissu di bandara dan tentu saja aku berharap kalau itu benar!! Aku berharap itu akan menjadi ending episode 19 biar episode 20 hanya tinggal kebahagiaan saja T__T

      Delete
    2. setuju banget mbak... AMINNNNN!!!
      Btw mbak, kata temen aku ep 18 yg adegan anak geng pd ngumpul di restoran kaka dongryong, yg pas anak cwoknya gak jadi pergi nonton dan deuksun kegeeran terus anak cwoknya nyuruh dia pergi, temen aku nangkep adegan lucu, katanya entah itu taek atau bogum tapi dia hampir ngambil cola milik deuksun/hyeri tp gak jadi. aku sih belum sempat ngereview lagi tp gara2 itu temen aku pd ngeship hyeri/bogum di khidupan nyata! katax bogum enak banget, udh di BTS suka megang2 dn meluk hyeri eh didrama dia kiss deuksun.
      hahahaah. pdhal kan bogum lagi dgosipkan ada blind date ama jang na ra. tetap dukung JUNGHWAN-DEUKSUN didrama dan di KEHIDUPAN NYATA!

      Delete
    3. HAHAAHHA, aku langsung cek, ternyata bener LOL.
      Kok Bo Gum bisa salah gitu ya HAHAHA

      Delete
    4. Seriusan mbak bener? wah.. BEEEE BANGET!!! padahal aku udah berapakali ulang ep 18 loh tapi gak bisa nangkep moment itu #mungkin aku terlalu fokus sama JUNGHWAN-DEUKSUN.
      tapi aku yakin satu hal, waktu deuksun hampir jatuh didepan rumah dongryong, dia sempat ngelirik kearah junghwan meski sepintas doang! #MASIH ADA HARAPAN!

      Delete
    5. Btw..waktu bo gum d interview itu kan katanya dia ga bisa minum kn ya.. jadi pas adegan dia minum bir itu masa dia minum bir bneran atau yg d minum air teh.. mungkin gara2 dia ga bisa minum jd lupa klw ngambil cola nya deoksun..wkwk

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. aku juga yakin kok suami nya jung hwan di liat dri future husband nya gak ada mirip taek sama sekali karena aku menyukai choi taek.. tetap dri awal aku yakin suaminya.jung hwan tpi disini aku terlalu memcintai choi taek hahaha team jung hwan semangat ya.. karena aku tau blog ini banyak team junghwan anggap aja adegan duk sun sama choi taek itu fan service hahaha..
    makasih buat airin udh buat sinopsisnya kalau gak ada mungkin aku tau apalah dibicarin dari tdi nonton reply hanya menggunakan insting belaka haha

    ReplyDelete
  4. komentar2 hazuki seperti ini yg jadi salah satu obat penenang....

    suer ... aku kaget melihat jumlah komen d spoiler ep.18....
    komennya berbanding terbalik dgn sinopsis ep. 18 ini....
    byk yg meragukan endingnya dspoiler, tapi djawab hazuki dsinopsis 18 ini...
    dan aku lega setelah membaca sinopsis 18 ini ....

    mgu ini aku putuskan tdk menonton ep.18, biasanya aku lgsg download malam mgunya setelah baca spoiler hazuki, tapi untuk mgu ini aku akan menahannya sampai besok pagi, mau download dkantor aja..

    benar2 melegakan setelah baca sinopsis ep 18 ini...
    makasih hazuki ....
    kita tim JH, tetap yakin !!!! sampai akhir !!!!!

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Makasih airin.. Aku juga ngeliatnya JH g main2. Dia sangat2 tuluuuus.. 5x aku tonton ulang malah 20x aku nangis. Perasaan JH dalem bangeeet.. T_T bener2 ga sanggup adek bang lanjutin drama ini.

    ReplyDelete
  7. Kalo di inget2 ya..di ending ep 6 waktu deoksun berantem sama suaminya masalah siapa pemenang kontes nyanyi MBC music festival itu..kan suaminya bilang dia nonton langsung berdua sama deoksun,tp deoksun bilang kalo mereka nonton rame2 di rumah..nah,di ep 7 ada adegan yg ngejelasin hal itu.Anak2 ssamundong nonton konser itu rame2 di rimah junghwan pas malam natal dan Taek g ada disana.Sooooooo??You know what I mean?Suaminya deoksun kayanya si junghwan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapikan taek ama sunwoo sekarang sodaraan, bisa jadi sunwoo cerita ama taek soalnya kan yang membuat taek jadi agak tahu soal musik/penyanyi lain kan ya sunwoo. bisajadi soal cinta deuksun yg bertepuk sebelah tangan jga sunwoo yg ceritain ke taek. HATI TETAP JUNGHWAN meskipun banyak clue/teori yyg mengarah ke taek!

      Delete
  8. Lagian min, kalo taek sama doek soen , bora gak bakal jadi dunk sama sun woo, kan aneh banget kalo ibu dan bapak mertua bora dan doek soen sama, hahahaha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, sebenarnya aku udah membahas itu sebelumnya, pas awal-awal episode aku kira Jung Bong sama Bo Ra dan DS ga bisa sama JH.
      TApi ternyata kalau di korea, BOLEH!
      Kalo misalnya JB sama BR, DS sama JH juga boleh, artinya JJ sama Taek juga boleh XD

      Delete
  9. Akk rasa DS juga tau kalo junghwan serius..
    Dan berharap banget DS bakal ngambil cincin itu_
    Dan minggu depan adalah akhir dari kegalauan team JH..krna jh bkal jdi suami DS...kkkk
    Tapi muncul kegaloan baru karna bingung mao ngikutin drama apa lagi..
    Udah telalu cinta sama ini drama..
    😭😭😭😭

    ReplyDelete
  10. Akk rasa DS juga tau kalo junghwan serius..
    Dan berharap banget DS bakal ngambil cincin itu_
    Dan minggu depan adalah akhir dari kegalauan team JH..krna jh bkal jdi suami DS...kkkk
    Tapi muncul kegaloan baru karna bingung mao ngikutin drama apa lagi..
    Udah telalu cinta sama ini drama..
    😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt,,bingung mau nonton drama apa lagi.dah terlanjur jth cinta ma ni drama,bakal gak bisa,move on.suka bgt ama jung hwan.

      Delete
  11. eh kalau lee seo jin jadi cameo jangan deh, soalnya muka-mukanya mirip junghwan hahaha

    ReplyDelete
  12. Kayaknya deok son ngerasa jung hwan serius ngungkapin perasaannya, soalnya semua hal yg dibilang junghwan emang cuma junghwan sama deok sun yang tau, temen2 mereka yg lain nggak tau. Aah.. Minggu depan bakal lebih seru lagi nih, semoga minggu depan junghwan udah nggak galau lagi

    ReplyDelete
  13. Udah FEEL jinjoo sama taek. Haha jinjoo sepertinya akan menjadi the next DS

    ReplyDelete
  14. MBAK AIRIN HELP MEEEEE!!!
    aku gak pernah main di soompi baik itu main threadnya atau yg khusus tim junghwan apalgi ke team teak,karena apa? tanpa aku membca semua komen dan clue di soompi, kedua sahabtku udh selalu berhasil membuat menangis darah dengan teori2 aneh nan gila mereka pdahal mereka baru jadi penggemar r88 waktu hari sabtu.
    mbak kata temen aku nih ya, kisah cinta junghwan-deusun-taek itu mitip banget ceritanya sama cerita cinta segita taecyeon-suzy-kim soo hyun di dream high (tanpa bermaksud membanding tapi temen aku bukan pecinta k-drama, spnjang hdupx baru dream high ama r88 yg mereka nonton)taecyeon cuek tapi pehatian ama suzy meskipun kadang dia ragu2 juga sma kayak junghwan yg selalu ragu, sementara suzy emang suka sama taeceyon tp dia selalu khawatir dengan kim soo hyunyg dr kampung, sama kayak deuksun yg selalu mengkhawatirkan taek yg mnurtnya blum dewasa itu. sementara kim soo hyun di hatinya sellau ada suzy, dn dia berubah saat dia ngeliat suzy -taecyeon ciuman, sama kayak taek yg di hatinya cmn ada deuksun dn berubh sikap saat tahu junghwan jga miliki rasa ke ddeuksun saat remaja. DAN MEREKA BILANG kalo kdrama biasanya ceweknya itu selalu berakhir dngan orng yg selalu di khawatirkan, gk peduli awalnya dia sukanya/deketnya sama siapa.
    MENURUT AKU, itu teori yg SALAH! JUNGHWAN juga sedari awal dihatinya cman ada deuksun jdi gak bisa disamain ama couple Dream High. a
    MBAK, AKU TUNGGU TEORI PENYEMANGAT HIDUP TIM JUNGHWAN DARI MBAK! rasanya seminggu ini aku akan mati berdiri karena mendengar teori2 serta clue2 aneh kedua temanku. #HATITETAPYAKINPADAJUNGHWAN
    Tapi biar adil, deuksun ama Dongryong aja deh biar semuanya gak ada yg terluka. lagipula 1% itu bisajadi dongryong soalnya kata2 deuksun dewasa waktuepisode awal yg ditanya soal dimana dia ketemu suaminya jawabnnya buat aku agak ragu 1%itu. jawabn deuksun waktu itu "aku tdk tahu, kami tumbuh dilingkungan yg sama dan AKU GAK PERNAH BERFIKIR AKAN MENIKAHINYA" satu2nya anak geng yang sejauh ini gak memiiki love line dengan deuksun ya cuma Dongryong. mereka cuma selalu melihat sebagai teman satu sama lain. dan kata suami deuksun yg di ep 18 kalo dia suka diinterview membuatku inget sm impian dongryong yg ingin masuk koran sm teori kalo noel dan dongryong gak pernh ngomong satu sama lain meski mereka sdg ngumpul makan bareng makanya paas nikah ama deuksun dia jadi agak sulit untuk dekat ama noel, sama ngerokok, sejauh ini cman taek doang yg kita tau ngerokok tp siapa yg ngajarin coba? mungkin dongryong?
    Aku ngegantungin 1% ini ke DONGRYONG-DEUKSUN meski gak kepikiran sm sekali sih. #SEMANGAT TIM JUNGHWAN #SEMANGAT TIM TAEK #SEMANGAT UNTUK MINGGU DEPAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHHAHAAHHA, Iya, kok aku nggak mikir ke sana ya? Mirip Dream High *nangis di pojokan

      TApi tenang, penulisnya beda kok HAHAHHHAA. Lee Woo Jung SW-nim selalu membuat episode2 terakhir penuh harapan bagi tim lain, agar tidak menghilangkan excitedment kedua belah pihak.

      Mari kita yakin dan berdoa. Makanya aku bilang jangan melihat analisis tim lain, sebaiknya lihat analisis tim sendiri HAHAHAHA

      Delete
    2. Iya mbak... makanya tiap hari selalu bolak balik di blog mbak airin siapa tau aja ada angin segar alias updateterbaru soal junghwan-deuksun. Gak papalah ep 17 taek nyium deuksun (meski gak yakin real/mimpi), terus ep 18 kegalauan tingkat tinggi bagi junghwan yg penting endingnya junghwan AKAN TERSENYUM BAHAGIA.
      SEMANGAT MBAK NULIS SPOILER/SINOPSISNYA. JANGAN LUPA SERTAIN TEORI2 YANG MEMBUAT NYAWA TEAM JUNGHWAN MASIH BERTAHAN!!!! FIGHTING UNNIE!

      Delete
    3. Dan soal komentar diatas yang ngebandingin drama ini dan Dream High, aku ikutan komentar ya :). Soalnya aku adalah salah seorang fans berat Dream High juga. Kalo kisah percintaan JH-DS-TK disamain sama Samdong-Hyemi-Jinhyuk kayanya agak beda kasus deh. Mungkin secara karakter agak sama, walaupun karakter JH dan Jinhyuk itu beda banget menurutku. Jinhyuk itu hangat sama Hyemi dan gak pernah nyari masalah, justru keliatannya Samdong yang sering adu mulut lucu gitu sama Hyemi. Hyemi itu akhirnya sadar kalo dia cintanya sama Samdong, karena Samdong selalu ada buat dia baik seneng maupun sedih. Banyak banget kejadian yang mereka alami berdua yang justru mendekatkan mereka. Justru Jinhyuk itu sibuk banget jarang ada waktu sama Hyemi. Kalo dibandingkan sama kasus JH-DS-TK, selama ini diantara mereka berlima justru TK yang agak jarang ikutan kumpul barena karena sibuk sama pelatihan dan pertandingan baduknya. Walaupun JH sering ngajak berantem tapi dia ada buat DS. Bahkan langsung datang ke McD walau cuma ditelpon sekali, dia juga yang kasih payung pas DS pulang kehujanan di jam 2 pagi, dia juga yang ngikutin DS dari belakang di ep 9 sampe dia ngomong Jalja gitu ke DS (scene favorit aku sejauh ini) yang bikin DS bingung banget sama tingkahnya, dan masih banyak scene2 lainnya. Jadi menurutku gak bisa disamain yg di Dream High dan R88 :)

      Delete
    4. Iya aku jga setuju soal itu. Tapi aku maklumin aja soalnya mereka berdua buknpcinta kdrama kayak aku jdi mreka gak terlalu tau gmana cara main PD-nim dan SW-nim. Tapi R88 ini emag DAEBAK,JJANG!! Temen aku yg bkan pcnta k-drama aja ngakuin kualitas drama ini.
      Lucu jga sih, gara2 R88, aku ama tmn2 ku jd sering ngumpul meski ujung2nya malah debat dan kali ini melibatkan sahabt cwok kita yg capek ngedengerin kita berdebat nggak jelas jdulnya apaan. Jadi kita ber4 nginap dirumah temenku dn nyruh shabt cwokku buat nonton R88 dr ep 1-18 (mash dlm proses nonton sih) jdi besok, kita bertiga ceweknya bakalan dengerin pendpat dia sbgai COWOK! secara kan sdut pandang COWOK biasanya lebih realistis dbnding cwek! berharap dia ada di timku jdi 2 lawan 2 deh.

      Delete
  15. Halo airin ini first komen aku disini slma ini aku jd silent reader.. aku jg di team jung hwan jdi pingin komen jg
    Aku ngrsa ada sesuatu trjdi saat stelah pesta ultah taek wktu semua pada tiduran.. awalnya deok sun kn cuma mejamin mata smbil bersandar di sofa tp saat mrka semua sudh tidur ada selimut ato gk bantal yg nahan kepla deok sun.. jgn" itu yg naruh jung hwan krna kn gk mungkin taek soalnya sun woo+dong ryong tdur di kakinya taek.. nah pas naruh itu mungkin junghwan ngucapin sesuatu apa mungkin dia diem" kiss deok sun dan taek melihatnya.. akhhhhhhhhh makanya doek sun kepikirin ps tidur di kamarnya.. hihihihi.. di tunggu kelanjutannya ya airin.
    Makasih..

    ReplyDelete
  16. aku malah merasa SunWoo-DongRyung menyadari keseriusan Junghwan waktu ngomong ke Doksun. Cuman nggak mau situasi jadi awkwrd pd akhirnya mereka berusaha bercandaan.
    Junghwan pasti lega banget setelah ngungkapin perasaannya. :D dia tau dan yakin Doksun pasti ngerti apa yang dia omongin itu nggak bercanda, dan aku rasa kalau aku sbg Doksun juga bakal lakuin hal sama, mencari kesibukan lain karena rasa canggung itu, dg cara terlihat menunggu kedatangan Taek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya SW pasti tau. "Mata ga bisa dibohongi" mungkin karena dia shock aja dengan pernyataan JH jdi akhirnya mereka begitu T.T

      Delete
  17. F4 di tahun 88. Junghwan,sunwoo,taek,dongryong

    ReplyDelete
  18. ada yg nyadar engk ya, JH minum bir tangan kiri wktu sama DR, hahahaha
    trus, ost nya aku suka, sedih banget.
    masih yakin JH yg bakal jd suaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus mslah ngerokok, emang pada yakin suami ms dpn tu ngerokok, kita kn engk liat langsung dia ngerokok cm ngsh tau kalo mau ngerokok, itu jg dia ngomong krn kesel ama DS yg engk jelas ngasih coklat ama siapa,
      nungguin jumat lama banget, makasih airin udah nulis sinopsisnya, ngebantu banget buat kami yg engk ngerti bhsa korea, hehehe, dan komentar2 kamu itu loh yg buat kangen, drama heboh tambah heboh.

      Delete
  19. salam kenal,,, airin... makasih dah cepet banget bqn sinopsisnya kmrn dah nntn ep 17 & 18 tp seperti biasa nntn pake bahasa kalbu,, hahahahaha... aku team CT tapi ttp yaqn sich DS ma JH akhirnya. tp tetep seneng aja ma drama ini walo akhirnya DS ma JH ,,yg bqn aku penasaran tuh perasaan DS nya. siapa sich sbnrnya yg dia suka, dulu dia caper ke JH gara2 ma temen2nya di bilangin kan JH suka ma dia. tp kalo yg bner2 DS suka tuh siapa ?? hhhmmm itu yg bqn penasaran :-D

    ReplyDelete
  20. Mbak airin,ada yg bikin aku sedikit bingung sih.Emm gimana cerita antara Ibunya Sun Woo dengan Ayahnya Taek?Apa mereka menikah?Terus kenapa mbak bilang kalau Jin Joo sama Taek aja?Tp Jin Joo uda panggil Ayahnya Taek dengan 'Ayah' wkwkwkwk aku bingung dr kemarin nih sbnarnya.Mngkn trlalu fokus sama Jung Hwan hahahaha
    Jawaban dr semua misteri,mulai dr misteri coklat,misteri kemeja pink,misteri rokok,bagaimana ya cerita di balik itu semua?Perlu flashback nihh!!Masa cuman flashback ttg Jung Hwan tp cuman 3 scene,mana cukup,dasar pd-nim ini sengaja nihh biar kita semua penasaran dan ttp nnton Reply sampai episode terakhir.Cepatlah hari Jumat!!Gomawo mbak buat sinop dan komentarnya hihi

    ReplyDelete
  21. Nggak sabar euy Jumat-Sabtu aslinya, semoga endingnya nailed our deepest soul ya. Seoga juga PDnim sama SWnimnya nggak nambah episode, plis 20 cukup. Aku mah nggak sabar sama scene marriednya kalau ada itu juga pasti serulah itu. Kalau nggak ada scene married, scene yang bener-bener romantis harus juara, plus jangan bersedih ok buat Team Taek sama Team Jung Hwan kalau udah Point of View Deok Sun kebuka dan dia udah milih salah satu di antara mereka. Jadiin Reply Series ini juga bahan pelajaran, ada positifnya terutama di sektor kekeluargaannya. Ya semoga semua bahagia ya, jangan ninggalin bekas negatif dari drama ini. Buat Noona Airin, jempol dah sinopsisnya, aku suka caramu berpandangan walaupun kamu ship Jung Hwan, kamu masih dalam batas wajar nggak berlebihan nanggepin peristiwa yang ada di drama ini. Ya kalau Jung Hwan bukan suami Deok Sun we have to support ok. Fighting!!! Salam kenal Ilham Pamungkas..

    ReplyDelete
  22. MBAK AIRIN! AKU BERHASIL MATAHIN TEORI ANEH TEMAN2KU! (MAAF KOMENT LAGI SOAL GREGETAN!)1.katax deuksun jd pramugari krn taek sllu tanding baduk diluar negeri TAPI aku blg klo bs jadi deuksun jd pramugari krn JUNGBONG oppa yg ngeliat kertas pendaftaran pilot militer itu dan curhat ke deuksun.2.KISS it memg REAL dn enth gmana taek tau klo deuksun udah bhong kedia(mgkn ayah/ortu duksun yg nanya/ngash tau taek soal deukun nginap) dn ngjakin deukun bcara 4 mata sklgs mengklarifikasinya di taman (KAYAK FOTO2 YG BEREDAR)tp deuksun cman blg "gewnchana. itu bkan masalah besar" (kata yg sllu deuksun blg ke taek) dn taek mundur scra terhormat TANPA UNGKAPIN PERASAANNYA krn dia merasa deuksun tdk menggpnya sbg pria. liat aja stlah adegan taek bangun dn nanya, udh gak prnh ada scene mreka berdua, tp selalu bergeng (ep17). 3.setelah reuni, anak geng kmbali ke rutinitas masing2, tapi saat Sunwoo sukses jd dokter, mereka kumpul lagi buat ngerayain dn deuksun ke rumah junghwan buat berngkat bareng keruma taek/sunwoo dn distulah dia ngeliat ada KEMEJA PINK tergntung manis di kmrnya junghwan. CATET: kemeja itu yg membuat hubungan mereka renggang dn deuksun kesel ama junghwan tp BISA AJA kemeja itu jga yg bkalan nyatuin mereka. tapi deuksunkan lalot jdinya dia nanya ke junghwan arti itu smua serta confessnya tp junghwan gk mau ngaku saat pas junghwan tau kalo deuksun ada schedule penerbangan sehari sblum dia balik ke militer(scrakan dia gak yakin kpn bisa balik lagi)dia nyusul di bandara dan KISSUUU deh.
    temen ku mati kutu denger teori gilakuu tp menurt mereka itu masuk akal dn bsa terjadi. tp sayang mereka blum nyerah buat ngumpulin clue/teori tntg taek-deuksun.
    #MIKIR POSITIF HINGGA HARI JUMAT-SABTU

    ReplyDelete
  23. Hai airin, ini komen pertama aku di blog kamu, terima kasih bgt krn udah buat dgn cepet sinopsis ini. Sebenernya aku team taek tp taulah aku masih ngerasa DS sm JH nantinya, gapapa aku mah terima aja, yg penting taek pernah ada since kissu sm DS biarpun kayanya just dream, itu aja udah bikin jingkrak". Gak sabar buat episode selanjutnya dan harus terima sebentar lg drama yg bikin greget ini mau abis. Bakal kangen bgt sm geng ssamundong ��

    ReplyDelete
  24. Seneng bgt sama reply series dari R1997. Dan lebih seneng lg trnyata bnyak yg menyadari keistimewaan reply series yg antimainsteam.haha
    Aku greget sama epd kali ini pdhal biasa silent reader, mkasi airin sinopsisnya bagus bgt serasa ntn dramanya krena blankangan aku males download dan cuma bca sinopsis.ckck
    Aku penasaran dengan yg interview, kalo DS diinterview brarti suaminya atau dianya terkenal kan. Dan mreka crita kisah cintanya diinterview itu. Jd mgkin itu taek yg mmg terkenal dari jam dulu.haha
    Tp sedih liat junghwan yg akhirnya sadar dia galau krna dia slalu ragu2, dan membuat tokoh lainnya juga galau mesti gimana.
    Kalau mmg ada kiss DS sama JH brarti taek ngalah lagi sperti dlu pas mau nyatain cinta. Mungkin krena dia denger JH nyatain cinta di restaurant dan sadar JH beneran suka dri dlu, trus ngalah deh taek :(.
    Sekarang aku harap DS sama dongryong aja deh.haha

    ReplyDelete
  25. airin mw nanya ky nya kemarin kamu blng pada scene ds dewasa blng klo dy sm hubby wkt dl ga mdh untuk bersama(d soompi jg ada yg membahasnya),kalo blh tau itu adegan ep brp yah?soalnya yg aku tntn yg udh jd sub indo jd mnkn yg translate slh jd aku ga nemu adegan tu.tlng d jwb soalmya penasaran

    ReplyDelete
  26. Setelah kemarin (hanya) yakin (meyakinkan diri sendir) setelah nonton tanpa sub, sekarang setelah baca sinopsis dan komentar hazuki jadi sekrang TAMBAH YAKIN Jung hwan akan berakhir bahagia bersama DS!!!
    Aku PERCAYA pasti DS tahu apa yg diungkapin JH adalah kebenaran persaanya masak dia sebuta/sebodoh itu gak menyadari TATAPAN n kalimat yang tulus yg teruca dari bibir JH yg seksi (lol), dia cewek yg punya hatikan! (yaiyalah buktinya DS dikenal dengam kebaikan dan hatinya yg tulus).
    Jadi di ep19 &20 kita akan melihat perasan DS yang sebenarnya...
    Makasi hazuki karena udh dengan lapang dada melanjutkan ep yg membuat semua DS dan JH sipper galau lahir batin.

    ReplyDelete
  27. Aku terlalu emosi di Spoiler ep 18 kemaren :3 mataku bengkak sumpah kak. Gakuat banget liat Junghwan nangis. Dia... Udah kuat banget selama ini. Gimana ngga menusuk banget ni sakitnyaaaa???!!! Aku sukaaaaaaakkkkkk sama ekspresi dia emang! Ugh juara!!! Pas kepeleset tu kaya natural aja. Aku suka!!! :D Gimana mata dia natap dukseon. Luar biasa! Aku gasabar liat drama dan film lain diaaaa! Menunggu banget! :3
    Aku sih setelah ke forum, ngakak, liat komentar kakak disini, langsung lega. Haaaah masih yakin 80% Junghwan suami Dukseon. Semoga semogaaaaaa T.T Aku penasaran banget sama adegan apa kira2 yang bakal otp kita lakuin kalo mereka beneran jadian ntar :3 Agh! Walopun eps ini menghancurkan hati tapi aku tetep suka. JungbongManok emang bikin geli2 gimana gitu hahahahaha. Sunwoo-Bora juga sama kak aku suka. Adegan mereka yang ini aku sukaaaa banget! Hehe.
    Balik ke otp kita, Taek uda ciuman sama Dukseon walopun itu kaya mimpi tapi tapi tapi aku sakit :'( :3 Gapapa, semoga aja hal ini cuma hiburan aja buat third party. Berharap dan terus berharap kisseu mereka bakalan luar biasaaaaaa! Huwaaaaaaaaaaaa! Minggu depan cepatlah dataaaaaaaang :3

    ReplyDelete
  28. terjebak diantara teamjunghwan sementara disimi teamtaek sendiri?? :''))) walaupun akhirnya sama junghwan atau sama taek, its oke karepmu sw nim. lelah nebak nebak mulu dari tahun 19971994sampe skrg 1988 yaampun ini drama series favo sayaa, dari eunji sampe hyeri habis nntn reply semuanya jadi bias sayaa, makasih sinopsnya mbaaa, kalo misalkan ep kedepan banyak kode ke taek jangan berhentiin sinopnya ya u.u

    ReplyDelete
  29. Kak, untuk yg episode 19 sma 20 nya, diundur jga kh penayangannya ? Ato minggu ini tetap tayang?

    ReplyDelete
  30. Aku yakin kim jung hwan yang bakalan jadi suami duekson. Dari awal sebenarnya kita udh di perlihatkan adegan2 doeksun sama junghwan. Dri ep pertama aku yakin kalau junghwn bklan ada love line sama doeksun, ya walaupun aku mkir doeksun, junghwan dan sunwoo yg bklan ada cinta segita.Junghwan suami doeksun, liat ajj di reply sebelumnya cnthnya reply 1994 kita di perlihatkan cekcoknya sereuki (suami najung) dan najung dari ep 1, tapi chillbong baru muncul di ep 3 gk thu 4. Trus reply 1997 kakanya yonjae bru di perlihatkan suka siwon di ep brpa gth kalau gk salah ep-ep sblum mreka kuliah, sama halnya kayak taek dari awal taek gk bnyak scenenya bukan? Malah ep 1 bisa aku hitung brapa kali taek muncul, dan taek baru muncul sebagai saingan junghwan di ep6…Malah aku mkir dibanding taek dan doeksun, junghwan yang plng banyak di sorot tentang perasaanya gk mungkin kalau junghwan yg bkln jdi chilbong ke2. fokus utama drama reply 1988 itu perasaan junghwan, pertama dia tahu doeksun menyukai sunwoo dan kita lihat perasaan junghwan yg sakit hti mengetahui doeksun menyukai sunwoo, lalu berkelanjutan ke sakit hatinya kim junghwan tahu kalau taek menyukai doeksun. Jangn terkecoh kyk nama joon di reply 1994, chilbong dluan yg kita tahu nama dpnnya joon. Tpi kenyataanya kim jae joon itu sereuki. Disini taek yg pertama kali kita tahu merokok tpi kim junghwan kita blomt tahu dia merokok atau tdk..jangan terkecoh juga sama karakter suami doeukson yg mulai seperti taek. Taek gk pnya ingatan doeksun ditolak sunwoo, dan yg thu doeksun suka sunwoo cuman kim junghwan, sunwo saja tdk tahu apalgi taek. Dri awal kan udh kaliatan cara ngomongnya sama tingkahnya mirip junghwan, sma halnya kyk reply 1997 terkecoh kalau kakanya yonjae bkln jadi suami siwon pdhal dri awal kan udh di jlsin siwon kalau salasatu dari 4 lelaki itu adalah suaminya, dan 4 orng itu cuman temen-temenya gk ada kakanya yonjae.. Trus saat taek mengendong doeksun kenpa kita di perlihatkan scene doeksun yang memikirkan taek beberapa kali, knpa kita gk diperlihatkan saat doeksun memikirkan tingkah junghwan yang mulai peduli dan perhatian pada doeksun, gk mungkin doeksun gk mikirin tingkah junghwan yg keliatan banget berbeda. Karena kalau kita di perlihatkan scene dimna doeksun memikirkan junghwan ada kemungkinan kita tahu kalau doeksun suka junghwan. Dan scene itu kyknya bklan ada di akhir ep.. Trus aku mkirnya taek udh nyatain perasaanya dan doeksun blmt menjwab atau menolaknya maknya di ep 18 pas scene di restoran doeksun beberapa kali melirik pintu karena ia cemas, takut terjadi apa-apa pada taek. Trus adegan di rumah taek saat tdr kyknya terjdi sesuatu antara junghwan dan doeksun dan taek melihatnya.. ada adegan tangan junghwan gerak-gearak kyknya mu ngelus rambut doeksun, sosweat hahahaha pngn di elus2 junghwan dong Banyak banget scene doeksun dan junghwan, scene itu kebanyakan kepedulian junghwan pda doeksun. Sedangkan sama taek scenenya kebanyak di buat romantis kyk adegan di pantai dan yg ciuman itu. Sebenarnya banyak yg bnget clue kalau junghwan bkln jdi suami doeksun cuman kita terus2 dikecoh… Doeksun dewasa pernah bilang kalau ia dan suaminya harus ngalamin banyak kejadian sblmt akhirnya menikah, nah kalau sma taek kyknya doeksun mulus-mulus ajj… bukanya yg gk plang2 selama 4 tahun itu junghwan itu berarti doeksun udh 4 thun gk ktmu junghwan bisa ajj doeksun pcran sama bnyak cwok buat ngelupain junghwan, kalau misalnya ia suka taek kenapa ia pcrna sma cwok lain, pdahal ia mash suka katemu taek…. Dan keliatan banget di ep 18 doeksun terus-terusan lirik junghwan, trus scene dia plng dri kamar taek dia ngeluarin tiket, permen (hijau) dan pager (kuning) dan doeksun keliatan ragu2..

    ReplyDelete
  31. walaupun baca sinopsis ni galau banget tpi tetap yakin klw suami DS it JH bukn TK...
    #harus positif thingking

    ReplyDelete
  32. Setelah melihat-lihat dua episode terakhir, aku justru makin yakin kalo suaminya pasti (insyaallah) Junghwan. Semakin menderita castnya, maka the end of the gamenya dialah yang menang. Dan itu keliatan banget di dua episode terakhir ini ... Walaupun tetep kasian liat JH yang mengharu biru gitu cinta pertamanya T_T...
    Menurut aku di confessionnya JH, DS juga sadar kalo semua yang dibilang JH itu bener karena dia ngalamin itu sendiri. Makanya DS sempet bingung kenapa JH jadi tetiba baik sama dia dan justru dibales JH dengan nyuruh DS mikir kenapa dia begitu, apa alesan perubahannya (ep 7). Jadi positively, DS tahu kalo JH itu jujur. Dan walaupun aku agak bingung dengan reaksi DS setelah JH ngomong saranghae, tapi pas itu jadi bahan becandaan dia keliatan kecewa gitu. Keliatan banget dari matanya. Kalo menurutku, ketika JH bilang "na neo johae", dia kaget plus nervous. Setelah itu baru deh dia kaya keliatan lega gitu, akhirnya penantiannya untuk denger pengakuan JH kejadian makanya dia senyum2 sekaligus inget2 masa lalu. Dan terlihat juga mata mereka berdua berkaca-kaca gitu kok. Tapi kaya yang aku bilang di atas, aku bingung dengan reaksi DS setelah JH ngomong saranghae itu. Dia kok seolah2 kaya mendesah gitu ya ???
    Dan menurut aku, karena reaksi DS yang begitu dan DS cuma diam bae, makanya JH langsung ngomong begitu ke DR. Dan bener katanya hazuki, JH nungguin respon DS selama 15 detik (aku ikut ngikutin masa).
    Menurut aku kenapa dia ngomong begitu supaya pertemanan mereka enggak jadi canggung. Aku gak mau nebak apakah reaksi SW dan DR yang kaget sambil ketawa itu cuma pura2 doang apa beneran. Tapi menurutku sih beneran, soalnya selama ini kan satu2nya yang paling anti bilang DS cantik cuma JH bahkan dia ngatain temen2nya gila segala lagi (senyum2 sendiri mengingat ketsundere-annya)
    Di R94, hubungan pertemanan mereka jadi awkward setelah Najeong sama Sseureki oppa jadian. Mereka jadi gak enak sama chilbong. Begitu juga ketika yang lain bahas chilbong yg di Jepang mereka gak enak sama Najeong. Jadi JH pengen nyelamatin pertemanan mereka sekaligus mukanya sendiri di depan temen2nya.
    Dan pengakuan JH itu juga menurutku adalah last chance dari JH untuk kehidupan cinta pertamanya. Soalnya selama ini dia ragu-ragu terus terkait perasaannya, makanya kali ini dia coba maju. Dia kaya nothing to lose gitu deh. Kalo emang berhasil mereka jadian, kalo enggak ya sudah. Cinta pertamanya berakhir seperti scene di ending dia ninggalin cincinnya itu. Dia melepaskan cinta pertamanya dan berusaha move on, kaya yang disaranin sama DR.
    Makanya JH nanti jadi playboy supaya bisa lupain rasa buat DS. Kaya kata2 yg selalu di ulang2 di Gentlemen's Dignity "buat lupakan perempuan, butuh perempuan juga" artinya dia harus move on. Dan itu yg bakal dilakukan oleh JH makanya DS dewasa bilang kalo suaminya itu playboy dulunya.

    ReplyDelete
  33. Jadi sampe detik ini aku masih yakin 100% kalo suami DS itu JH. Begitu banyak clue yang indikasinya itu adalah JH. Kaya yang nonton MBC music fest itu yg minus Taek, pengakuan SW di malam salju turun pertama, surat ke radionya Lee Moon Se. Sampe saat ini masih belum terbantahkan kalo hanya JH seorang yang jadi saksi matanya. Kalo clue2 lain yang selama ini dijadikan alasan sama Taek's team, kaya misalnya rokok; sopan santun; kidal, JH juga punya alibinya kok. Rokok yang ada di kardigan mama Miran masih belum diketahui itu punya siapa. Entah kenapa aku setuju sama argumen yg bilang kalo itu punya JH, soalnya dia tipikal anak baik2, pintar tapi juga rada nakal gitu kayanya. Kaya sseureki oppa gitu. Walaupun dokter masih aja ngerokok. Keliatannya gak mungkin banget kalo JB oppa apalagi papa Kim atau mama Miran yg ngerokok. Trus masalah sopan santun, terhadap JH dan MO, JH itu sopan banget. Keliatan pas scene di McD dan di depan rumahnya DS. JH sampe membungkuk gitu dan ngomong pake jeondaemal gitu padahal seumuran. Begitu juga yang masalah kidal. Beberapa kali JH terlihat memegang sesuatu pake tangan kiri kok. Hal ini yang selalu aku dengung2kan ke diri sendiri, untuk jadi penguat supaya gak goyah sama teori lain yang menguntungkan Taek. Dan menurutku, untuk level SW-nim reply yg sangat berpengalaman, jago banget dan sangat detail orangnya, gak mungkin membiarkan scene2 yg penuh arti antara JH-DS selama ini jadi sia2 belaka. Secara scene mereka lovey dovey lebih banyak dibanding TK-DS dan jauh lebih romantis pula. Aku percaya SW-nimnya enggak sepicik itu. Itu cuma cara dia ngetroll penonton aja sekaligus mengkantrol rating. Aku masih inget banget pernah baca artikel yang intinya walaupun Taek bukan suami DS, SW-nimnya tetep respek sama Taek dan PBG secara personal.

    ReplyDelete
  34. aku kaget banget thread JH-DS membludak dan laku keras (?) sampe jadi hot replies dan melebihi main thread answer me '88 di soompi.
    gitu juga dengan komen di blog hazuki yang kian rame, kian mencekam karena JH confess dan TK kiss uri dukseonie :"
    ketika baca recapnya di sini perasaan ku makin tercabik-cabik dan ga siap mau download sub-nya. ga kuaaaat ><
    pd-nim, please... jangan ulang lagi masa lalu dengan chilbong lain, sakitnya tuh kayak gimana udah ga mampu di jelasin pake kata-kata dan air mata :"
    dan please lagi, tambah 100 episode untuk series ini karena aku ga siaaaap pisah sama ssangmundong family </3

    ReplyDelete
  35. Mungkin bakal lama move on dari drama ini.. haha.. critanya kecee sekali..mulai dari keluarga, persahabatannya sampe kisah asmaranya.. wkwk.. applause buat sw nim dan pd nim nya..prok prok prok

    ReplyDelete
  36. aduhhh ga bisa nihh kalo ga komen, kemungkinan masih belom keliatan, soalnya untuk 1988 ini penuh dengan kejutan, suami dokson yg ga suka di wawancara dan suka baca komik itu taek banget, inget ga episode sebelumnya si taek baca komik sehabis pertandingan, terus suami dokson itu perokok, kayaknya junghwan ga ngerokok dehh, masalah jaket, bisa aja kan itu memang jaket junghwan cuma di kasih sama taek, kan junghwan sayang banget tuh ama taek,,,

    malah aku sempet mikir kemungkinan suami dokson itu dongryo... semuanya tergantung di flasback ajahahahha

    ReplyDelete
  37. Sebenarnya gak ush pake teori2 semua jga udh tau klo suami DS pasti JH, karena menurut aku fokus utama drama ini tu Junghwan, Junghwan dan Junghwan. Setuju sama airin dari rp97 , r94 perjuangan sosok suami atau pendamping ceweknya itu emang berat dan menyakitkan. Dan reply88 lah yg paling bikin baper dan nangis2 bombay.

    ReplyDelete
  38. Nadya Shafwa11 January 2016 at 22:51

    Aku suka sekali drama ini...sampe rerun berkali kali...
    Kayaknya bakalan lama nggak bisa move on dari Deoksun dkk...

    Mbak Airin thank you ya sinopsis nya...

    Sebenarnya aku yakin kalo future husband nya DS itu Jung Hwan...tapi nggak tau kenapa masih ngerasa nggak tenang & harap harap cemas...
    kek nya PD nim & SWnim emang jago bener bikin penonton pada baper...
    Aku berharap semoga di 2 episode terakhir ada scene yg nggak di duga2 yg bisa mengobati sakit hatiku karna episode sebelumnya...

    #TeamJungHwan FIGHTING...!!!

    ReplyDelete
  39. wah...aku agak lega pas baca sinopsis 18,,thanks airin..aku sempat liat juga di IG yg ngebandingin logo yg ada di jaket suami dukseon kayak logo militer #teamjunghwan #fighting.. tp jujur aku salut sama drama ini,kebayang kan berapa bnyk penonton harus liat detail di setiap episodenya,cmn nyari clue siapa suami dukseon.. drama yg nyusahin hehehe,,tp suka soalnya itu tadi anti mainstream,, kalau liat ratingnya bisa sampe 20% karena penonton ngerasa ceritanya real bgt dan berasa jadi junghwan karena galau setengah mati hahaha.. cuman drama ini yang aku tonton bisa nangis plus ketawa bersamaan di setiap episodenya,, gak sabar dua episode lagi..kalau boleh buat cerita sendiri,,pengennya flashback lagi ke 88 kalau sebenarnya dukseon juga suka junghwan dari awal ep..dari pake denim bora trus nunjukin ke junghwan berharap klo junghwan ngelirik dan bilang cantik pake jaket denim plus ttg coklat,dukseon ngasih coklat itu emg ke tas junghwan bukan sunwoo..makanya di 2015 dukseon bilang kalau ngasih coklat emg ke suaminya..hehehe itu sih cuman khayalan aku aja,, thanks airin buat sinopsisnya... fighting dua episode lagi!!!

    ReplyDelete
  40. Kalo menurutku ya, dengan mengabaikan flashback/adegan kilas balik yang akan terjadi di episode mendatang. (juga dengan mengabaikan hint yang bikin bingung setengah mati itu)
    1. DS sudah jatuh hati pada TK. Karena mungkin dr keputusasaannya untuk mencari cinta sejati (DS sering date sama cow lain dan sering dikecewakan). Mungkin ia sadar kalo yang slalu ada untuknya hanya TK. TK slalu ada untuknya makanya ia mulai membuka hati untuk TK. Ditambah lagi adegan romantis2 TK ke DS belakangan ini. Jadi DS juga pasti pernah mikir. Apa TK menyukainya? Dan ia tahu jawabannya IYA. Terlihat jelas dari perlakuan TK ke DS. Kalau mutar kebelakang DS mikir apa JW menyukainya? Sepertinya DS mengira TIDAK. Karena peristiwa kemeja pink, ditambah lagi JW jarang menampakkan perasaannya ke DS seperti halnya perlakuan manis TK ke DS. Jadi, bisa dibilang DS menyerah duluan ke JW dan mulai membuka hati buat TK.
    2. Ekspresi DS saat JW mengungkapkan cinta buatku sulit untuk dibaca mimik wajah DS. Asli ini bikin bingung. Kita anggap saja DS kaget dengan pernyataan cinta JW yang tiba-tiba setelah beberapa tahun entah apa kabar itu. Tapi dia biasa saja, tidak seperti seseorang yang penantiannya selama ini telah terjawab. Tidak ada rasa antusias DS akan pernyataan cinta yang romantisnya bukan main itu, (kalau aku mah udah senang sampe enggak tutup mulut mungkin) ditambah lagi mungkin hanya ia dan JW yang tau perihal kecil yang JW sampaikan. Kalau DS udah pernah dengar dari TK/geng yang lain itu lain lagi cerita. Kalau memang DS pertama kalinya dengar, itu artinya sukanya pada JW memang sudah memudar. Ditambah lagi ekspresi terakhir seolah DS merasa lega saat JW bilang itu hanya candaan, aku semakin yakin kalo saat itu hatinya sudah terbuka untuk TK. HEHEHE JANGAN MARAH YA INI HANYA ANALISAKU BERDASARKAN ADEGAN DAN KEYAKINAN HATI YANG TEGUH. MAAF, buat yang enggak suka.
    3. Selanjutnya ini pemikiranku sendiri tentang bagaimana kisah cinta TK/JW/DS tanpa berdasar sama sekali. Jadi jangan terlalu dianggap serius. Bisa dianggap ini keinginanku sebagai penikmat drama ini. Haha. JW sudah menyerah pada DS dan mencoba untuk melupakan DS dengan mencoba mencintai per lain. Anggap saja dia berkencan dengan per lain. Namun gagal karena cinta pertama dan terakhirnya hanya DS (olala wenyol). Anggap saja DS juga memulai hubungan dengan TK namun setelah akhirnya tau kalau pernyataan cinta JW itu bukan candaan dan serius, JW selama ini mencintainya dan ia nggak tahu itu. Cinta bertepuk sebelah tangannya selama ini ternyata terbalas. DS mulai memikirkan JW kembali. DS belum benar-benar melupakan JW. Dan TK menyadari itu, disitulah mungkin TK bisa melepaskan DS. Karena orang yang dicintai DS hanya JW dan sebaliknya orang yang dicintai JW hanya DS. Wkwk, mungkin saya lebih cocok jadi pengarang cerpen kali ya (abal2). Bagaimana pun respek sama drama ini! Sama penulisnya, krunya, pemainnya terutama Ryu Jun Yeol. Benar-benar terkesan dengan akting galaunya, padahal dulunya saya suka PBG gara2 I remember U. Tapi tatapan mata RJY memang bikin lemas lutut. Makasih, maaf udah komen pjg2 begini. #LoveReply1988

    ReplyDelete
  41. "Umm
    In the cold wind that blows (against you),
    You cry lonely
    But i'll always stay by your side
    I'll never leave you

    Stay by my side, only my side
    You shouldn't leave me.."

    kalo dari lyric backsound JH nyatain perasaan ke DS, ya kayanya JH emang nyerah dengan cinta pertamanya, tp ga akan acuh kpd cinta pertamanya..
    aku ga setuju sm airin, klo airin bilang SW & DR ga ngeliat ketulusan hati JH.. menurutku mereka tau dari tatapan JH, pas si SW suruh DR diem dlu ..
    mereka anggap bercanda krn JH duluan yg blg ke DR ttg impiannya melihat JH nyatakan cinta..

    sebagai tmn yg hidup bersama dr kecil sampe besar, mereka pasti ga mau sikap tmn nya berubah krn masalah cinta segitiga, SW & DR jg tau kan klo taeki cinta sm DS..

    jd sekarang ttg gmna DS aja, apa sudah berpaling ke TK atau msh mikirin kejadian2 manis masa remaja nya sm JH..

    pinter bgt ini si writer nya bikin kita smua baper berhari2 :(

    ReplyDelete
  42. Wuiiiihhh... senangnya baca sinop kali ini. Seperti mendapat angin segar. Gumawo airin. Ttp semangat untuk JH.

    Semoga DS balik ke resto dn ambil cincin itu, lalu dipakai.
    Daaaan... keesokan harinya saat JH mw berangkat, DS nyusul ke bandara dan menyatakan "na du, sarange" and kissu kyaaa...

    Menanti jum'at lama sekaleee...

    ReplyDelete
  43. Hmm..kyknya pada ngegalau dgn epsd ini...
    tenang kyknya 2 epsd mndatang difokuskan ma kisah cnta ds ma jh deh...karn di epsd ini cinta junbong-mi ok dan sw-br udh mndapatkan titik terang....cukuplah dgn durasi yg hampir 2 jam itu tuk mnjelaskan ttg kisah jh dan ds (mian..sy harap yg lain dapat dikit scenenya di 2 epsd terakhir)

    Sy msih pngen lihat masa pacaran mereka,scene meluk pasangan jika salah satunya gi sedih (adegan wajib dalam drama),pas nikah, dan punya anak...

    Eh ds ma jh punya anak pa tdk yah?
    Perasaan gak pernah nyinggung anak mreka,..ngerasa lengkap klo mereka pnya anak...

    ReplyDelete
  44. Q dah pasrah PDnimnya mau masangin Deoksun dngn siapa. Smkn Q brharap pd bukti Junghwan pas ngecek mlah jd Taek semua.
    Min2... Yg suka komik bukan cm Dongryong sm Junghwan. :'(
    Taek dan Sunwoo jg suka. Di ep.1 diprlhatin ruangan Taek full, ada komik bnyak brjejer2, dan lemari Sunwoo jg begitu (Pas adegan Junghwan minta batre Sunwoo). Bahkan Taek baca komik sebelum tidur pas mbatalin kencannya ma Deoksun di ep.16.
    Bahkan Q ngecek siapa tau cinta pertama Deoksun di diari mmng Junghwan aja, skrng kandas jg, krn yg ditulis itu tntng Sunwoo. ㅠ.ㅠ
    Coklat dikasih di tas tgl 24 -9-1988. Deoksun nulis diari sblm tgl itu. Dan Deoksun suka dengan Sunwoo mulai Agustus 1988, sejak hbs dr warung ttobboki.
    Hbs ditolak Deoksun ru suka Junghwan jls trlihat. Yg kemudian kandas dengan kesalahpahaman Si kemeja pink pembawa bencana itu. Arrgggghhhh...
    Dan slnjutnya qt tau klo Deoksun mngkn ada hati pd Taek krna bru meliat sisi lelakinya Taek wktu digendong.
    Jd inget ungkapan Deoksun: "Ilusi menawarkan kebebasan sedangkan kesalahpahaman menghancurkanmu." Saat flasback adegan keempat sahabat dpt temen baru Taek yg lagi pindah. (Ini mirip adegan Yoonjae kecil yg dicritain Siwon, trus Oppa Trash yg diceritain Najung di R97 maupun R98).
    Brharap ada keajaiban buat Junghwan bsok. ㅠ.ㅠ
    Krn Q dah liat jaketnya dngn simbol di lengan kiri itu sprtinya merek Jaket yg dipotong. Mirip sm Tape Samsung yg cm tinggal "Sung" aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku balik lagi, setelah baca komen ini jadi gatal tangan mau komen...
      Kalau aku mah mbak, enggak galau lagi siapa yang jadi suaminya DS. Aku yakin 100 % itu JW. Kenapa? Karena fokus utama cerita keseluruhan emang si JW ini. Fokus utama ceritanya lebih keperasaan JW, cinta pertamanya yang berat dengan banyak tantangan. Entah itu karna SW/TK. Ditambah lagi lagu galau yang diputar saat JW patah hati itu (ep 18), yang katanya di forum soompi semacam lagu identik buat karakter utamanya. (lagu berbahasa inggris). Jadi kalo kita mau cari lead male itu udah jelas JW, karena lebih dominan cerita ke dia. Aku nangkepnya yang jadi lead male direply sebelumnya itu pasti bakal jadi suami lead femalenya. Dan itu udah pasti banget si JW ini. Kalo berpaku sama hint/klu/bukti itu mah memang pengecoh banget. Si TK jadi tameng terbaik banget buat ini sama sipenulisnya sama halnya dengan CB di reply 1994. Jadi liat jalan cerita keseluruhan aja mbak, jangan terkecoh oleh klu future husbandnya 
      Jadi buat aku pribadi penulis ini bukan nyuruh kita nebak hasil, tapi nebak proses. Gimana JW yang cintanya stuck di ep 18 (ibaratnya berakhir ini) karena dia udah say goodbye sama first lovenya. Bisa tersampaikan lagi ke DS dan cintanya terbalaskan (di ep 19, 20), cintanya berakhir dengan jadi future husband DS. (Karna aku yakin banget JW suami DS). Aku mikir proses apa yang bakal JW lalui untuk sampai ke tahap itu. Ditambah lagi dengan memikirkan perkataan DS dewasa tentang suaminya yang dulunya pernah punya banyak pacar, jadi aku mikir oh itu udah pasti kejadian setelah JW menyerah sama DS karna mengira lebih memilih TK. Jadi proses itu yang aku tunggu!!! Bagaimana si DS ini bakal balik lagi sama JW. Yaaa dan selanjutnya itu, kunci semua itu juga balik lagi sama TK. Karena JW kehilangan cinta pertamanya karena TK, dan TK pulalah yang akan mengembalikan cinta pertamanya itu. Begitulah… bisa dibilang aku sok tau, tapi aku emang yakin banget dengan hal ini wehehe jadi dari pada galau mending kita nantikan saja prosesnya minggu depan, dengan meyakini JW sebagai future husband 

      Delete
  45. malam ultah taek, dia bukannya lihat ke arah tempat duduk DS sebelumnya, tapi ke arah JW, sambil mikir.."nih orang laki bukan sih, lama amat nyatain cintanya?"...
    hehehehe...

    ReplyDelete
  46. https://www.instagram.com/p/BAbbc74oUIB/ : bora's weeding ceremony
    i got it from ig.

    ReplyDelete
  47. Lihat berita...
    aktor ryu jun yeol mngalami kecelakaan mobil saat menuju lokasi syuting...kata agensinya,ryu gak kenapa2...dan ryu blng ia gak perlu ke rmh sakit dan langsung melanjutkan syutingnya..

    Semoga ryu benar gak kenapa2 n kagak ada yg lecet sdkitpun...

    ReplyDelete
  48. Sekarang hari Selasa sumpah nunggu ke Jum'at kerasa banget lamanya, ingin cepet hari itu dan enjoy the show. Gini kalau adegan bandara gimpo --- semoga ini adegan untuk Reply 1988 bukan iklan atau promo lain--- jadi tempat di mana Deok Sun sama Jung Hwan bersatu kayaknya bakal ada LDR deh, sebelumnya adegan di mana Deok Sun itu bimbang atas keputusannya dan ketika mendapat kabar Jung Hwan mau pergi tugas ke mana untuk waktu yang lama baru dia ngerasa kehilangan dan yakin sama Jung Hwan dan confess her feelings to him itu adegan pasti so sweet and romantic berat. Tapi kalau takdir berbicara lain, misal ternyata Deok Sun itu liat ke pintu terus soalnya nungguin Taek biar bisa ngomong bertiga sama Jung Hwan soal hubungannya kalian para shipper harus legowo, ya, atas keputusan SWnimnya. Aku penginnya episode 19 udah bener Deok Sun itu ngasih keputusan. Kalau masih belum juga, aduh episode 20 bakalan gimana itu bentukannya terlalu riweuh ngeeksekusi endingnya dengan durasi 1 jam setengahan, biar episode 20 itu udah pada damai ada kejutan lain dari penduduk Ssangmundong. Sebenernya, feeling aku nggak tega banget kalau misal Jung Hwan atau Taek yang kesisihin alias jadi runner up doang di game ini, semoga ada cewek lain ya yang berada di sisi runner up dan hidup bahagia di masa depan. Mereka berdua tuh baik-baik semua, nggak ada yang nusuk satu sama lain, ya walaupun Taek bohong soal kejadian dompet Jung Hwan. Aku jadi inget sama bromance antara Kim Yeol sama Seo Ha Joon di Sassy Go Go, aku harap udah Deok Sun milih, keduanya nggak canggung bisa saling dewasa, ya, kayak Kim Yeol sama Seo Ha Joon. Ah nggak sabar banget nih nungguin hari itu, sumpah,ini drama penuh perjuangan cinta mempertahankan persahabatan dan kekeluargaannya mantep, ya walau alurnya super alot bikin ngehe, padahal mah bisa aja dicepetin kok, hahaha...

    ReplyDelete
  49. Moment lain yang kutunggu nanti di final episode mereka berlima yang udah dewasa di tahun 2016 main bersama di mana gitu, saling bercengkrama satu sama lain. Kayaknya scene pantai kalau bisa di pulau Jeju atau ke luar negeri hahaha, dibayarin gratis sama pilot Jung Hwan berlima sambil camping atau gimana itu udah kerasanya nambah klimaks. Siapin mental kalian ya untuk ngeeksekusi episode akhir nanti, mewekin biar lega, hahaha.

    ReplyDelete
  50. Sambil nunggu reply 1988 mending nonton CHESEE IN THE TRAP
    aku kira aku nga bisa move one dari drama reply 1988 tapi setelah lihat CHESEE IN THE TRAP ternyata seru juga
    ka airin bikin sinopsisnya dong nanti setelah reply 1988 selesai
    makasih ...

    ReplyDelete
  51. ada spolier nyasar,di soompi ,foto doksun nikah,katanya di gedung angkatan udara ngitu
    jadi nga sabarrr nunggu hari jumat dan sabtuuu
    #teamjungwan

    ReplyDelete
  52. Haloooo hazuki :D
    selama ini jadi silent reader (sejak sinopsis reply 97) tapi akhirnya gatel juga pengen komen hahah
    ngelihat udah banyak komentar positif #teamjunghwan bikin aku semangat lagi dan jadi senyum mengiyakan, udah fix itu suaminya Jungpal hahaha *ngotot

    btw, itu quote ttg kotak cokelat dikutip dr film forest gump, salah satu film terbaik dan terfavorit aku, coba nonton deh recommended banget :)

    ReplyDelete
  53. comentnya panjang2,,,,
    #teamjunghwan

    ReplyDelete
  54. Kak airin bikin team junghwan kembali bersemangaaat hahahaha
    Makasih kak sinopsis dan komentarnya. Aku nggak bisa bilang apa apa. Karena mungkin aku udah sepemikiran sama sama kak airin hahahaha untuk akhir cerita ini :)

    ReplyDelete
  55. kenapa yah aku kok sedih yah, liat jinjoo skrg, hubungan sama yg lainnya ga sekuat dulu gitu.. atau mungkin aku emg msh suka sama jinjoo yg dulu kali yah, abis lucu bgt haha. aku team junghwan, fighting! yeay!

    ReplyDelete
  56. Menurut ke sotoyan gw, di eps 18 DS ama TK udah jadian. Kemungkinan TK nembak DS pas mereka nonton konser. Makanya adegan terakhir di eps 18 sebelum dan sesudah JH nyatain perasaannya ke DS, DS kek nunggu banget kehadiran TK gitu. Terlihat dia selalu memalingkan pandangan ke arah pintu saat terdengar orang masuk. Dan DS sebenarnya udah tau perasaan JH ke dia, makanya DS walaupun sekilas bahagia tp ga kaget saat JH nyatain perasaannya. Ekspresi wajahnya pun cenderung datar2 aja.
    Mengenai adegan Kiss DS ama TK di eps 17 kayaknya itu emang bener2 nyata bukan mimpi. DS pura2 aja bahwa itu semua ga pernah terjadi dan berusaha agar TK mempercayai itu semua hanya mimpi. Entah mungkin untuk menghilangkan rasa canggung.
    Analisis gw ini diperkuat oleh artikel yg beredar kemarin yg berjudul "Jung Hwan atau Choi Taek? Ini Kata Si Imut Jin Joo Soal Suami Hyeri di 'Reply 1988'!". Menurut artikel tersebut, artis cilik pemeran Jin Joo saat diwawancara mengatakan "Dia (Deoksun) akan putus dengan Taek dan menikahi Jung Hwan. Dia harus melakukan itu, tapi aku tidak tahu akhirnya. Aku juga penasaran,". Kalo emang bener jalan ceritanya kek gini, bakal rumit banget ni drama di dua episode terakhir -__-

    ReplyDelete
  57. Haloo salam kenal mba Airin...sejauh ini sy adalah silent reader dr blog ini dan FORUM soompi Jung Hwan x Deok Sun shipper. Seminggu ini sy tdk bs tdur dengan tenang bahkan hari2 sy lalui dengan campur aduk di hati menunggu ep 19. JUNG HWAN ah benar2 membuat sy menangis ketika dia menangis,dan tersenyum ketika dia tersenyum REPLY 1988 BENAR2 DAEBAKKK. Thank for you synopsis ^^

    ReplyDelete
  58. Halo mba airin salam kenal.. saya selama ini jadi silent reader di blog ini. Makasih mba airin setelah baca blog ini saya masih punya harapan untuk junghwan.. tapi saya sebelumnya juga baca yang taek shipper di sompi duh jadi bingung nih :( nyesel baca itu.. jadi takut kalau harapan junghwan terkabul. Pas bintang jatuh dia berharap "aku berharap anak itu, dia seorang bajingan" saya takut taek jadi berubah sikap pas udah di 2015 (alias future husband) tapi aaaaaa tetep berharap please be junghwan yang jadi future husband doeksun :)

    ReplyDelete
  59. apalah ini aku kecewa berat kalau tau begini lebih baik aku tak pernah tau kasihan jung hwan
    aku harap akan ada keajaiban untuk jung hwan

    ReplyDelete
  60. butuh waktu lama buat move on dr drama ini T.T bahkan sampai sekarangpun masih blm bisa nonton ep 19-20. bagi saya mah, ending reply 1988 di ep 18 huhuhu. Junghwanaaah saranghae!!

    oiya saya numpang yaa, saya lagi coba buat ff ceritanya tentang kisah cinta Junghwan :D buat ngobatin luka hatiku yang hancur berkeping-keping. ff pertama tentang kdrama sih. semoga suka, mohon maklum yaah kalo jelek https://www.wattpad.com/212094535-reply-the-story-eungdabhara-spoiler-1

    ReplyDelete
  61. Mian, aku komen lagi. Hehee
    Uwaahhh.. finalllyyy,,, in ep 18. Wah,, kometrnya seru seru... jadi, semgant komentr juga. N well, tersadar, ku org paling lambat nge komen.(coz ini drama aku simpan simpan buat nonton di waktu yg tepat, krn aku tahu ini reply series n bakal seru. Belum 2 minggu pasca nonton ini drama, baru ada waktu. N weanyoll, belum bisa move on sama ini drama.) Hehhe.
    N jreng jrengg... tiba di ep.18.
    Asli, ini episode bikin hati tersayat, smpt hati berdegup kencang, nafas terasa terhenti waktu confessnya oppa jungpal.aaaaaarrgghhh...kyaaaaa... N lagi dan lagi,, kesal sama DR SW.. jungpal serius, mereka malah anggap lelucon, sakit kan.. sedih.
    Adegan, di dlm mobil jeep, saat junghwan menahan tangis, knp malah kita yg pke tissu nya bayk.. nyesek, sedih.T.T, Betul kata airin, saat Junghwan tertawa kita ikut tertawa, saat sedih kita ikut sedih, (junyeol virus. TOP sama aktignya). Kata kata yg ada keraguannya itu, bisa jd pelajaran juga. Jd, baper waktu jungpal ngomong kata kata timing, waktu, n keraguan.
    Sedihh...

    Jun yeol, keren. Betul kata teman ku "tak selamanya org yg berwajah tampan yg bisa buat kita baper" kyaaa~~~. Tp, mwnurutku jung yeol oppa, cakep, manis. Hehehehe.. semakin ditatap ada cakep cakpenya gitu. Hehe.
    Kembali lagi, aku jga terfikir saat senyuman pahitnya oppa, dia migkin tahu klo DS lagi nunggu Taek. So, oppa kyk hopeless gitu. N DS juga, tatapanyalike she said, well, itu sdh terlambat... n I Say, Andwaeee..
    Oppa semkin yakin DS mulai menyukai taek, krn DS selalu melihat kearah pintu. Dan setlh baca kli ada 2 kemungkinan, aku pilih kemungkinan ke dua. Yg DS lg nunggu pacarnya. Hehe.
    Tp, di ending ep, cincinnya, itu.. liatnya kyk ada sedih sedihnyaa, hati sedih.. T.T uri Jungpal. Fighting!!

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story