[Trivia] How Are You My Fellow Team Jung Hwan?


Bagaimana kabar kalian, sesama Tim Jung Hwan shipper?
Apakah ke-BAPER-an kalian sudah menghilang, atau masih tinggal setengahnya, atau malah makin menjadi-jadi?
Apakah kalian sudah mencoba untuk menonton Episode 19 dan 20?


Aku ingin menyapa sesama tim Jung Hwan yang hatinya hancur lebur karena ending Reply 1988 disini, baik itu yang hatinya hancur karena Jung Hwan dan Deok Sun tidak bersatu, atau yang hancur karena Jung Hwan hanya menjadi cameo di episode terakhir, atau hancur karena masih saja tidak menerima ending Reply 1988 ATAU yang masih mengira SW-nim mengubah script T____T

Terserah orang ingin mengatakan apa-apa, tapi kita, sebagai penikmat drama punya penilaian sendiri.
Aku pribadi tidak mempermasalahkan bagi siapa saja yang ingin curhat tentang kekesalannya pada drama ini atau bagi yang berbahagia menerima endingnya, atau bagi kalian yang berusaha untuk bersikap netral. Ya. Kita punya penilaian masing-masing.

Aku mungkin tidak sempat menjawab satu per satu komentar yang ada di blog ini, tapi aku sudah membaca hampir semuanya dan seperti yang kita lihat, semua orang punya penilaian masing-masing tentang apa yang terjadi.
Kita semuanya juga mempunyai imajinasi masing-masing tentang ending yang seharusnya seperti ini dan itu, atau kita juga punya pemikiran masing-masing tentang apa yang terjadi. Jadi ya intinya, itu tergantung pada diri kita pribadi.

Kita tidak bisa memaksa seseorang untuk menerima pemikiran kita.
Meskipun yang sudah terjadi adalah ITU, tapi tentu saja kita juga mempunyai penilaian kita sendiri, yang pada akhirnya hal itu kita lakukan untuk membuat suasana hati kita lebih baik.

Intinya adalah untuk menerima pemikiran orang lain.
Aku tahu ada banyak yang berdebat tentang clue ini dan itu, sejak awal sudah begini dan begitu dan juga perdebatan tentang mengubah script begini dan begitu.
Kenyataannya adalah kita sudah sampai pada ENDING drama yang sudah membuat kita galau berminggu-minggu.
ITU ADALAH ENDINGNYA DAN TITIK.

Takdir setiap pemain ada di penulisnya, penulisnya memilih begitu ya sudah begitu. Bahkan apapun yang kalian lakukan tidak akan mengubah kenyataan kalau ending Reply 1988 adalah seperti itu.
Sebenarnya tidak ada yang namanya menyalahkan penulisnya (meski penulisnya salah) karena semuanya toh tergantung dirinya.

HANYA SAJA.
Bagi tim yang kecewa tentu saja mereka butuh sesuatu yang bisa membuat kekecewaan mereka  berkurang. Baik itu dalam hal curhat kekesalannya, menyalahkan ini dan itu dan masih banyak lagi, kalian bisa membacanya dengan baik di berbagai forum.

Tim yang menang tentu saja tidak akan mengerti bagaimana hancur leburnya hati tim yang kalah setelah semua harapan digantungkan pada satu titik dan akhirnya rubuh terhempas ke bumi.
Aku sendiri juga mengalaminya kali ini, seperti yang kalian lihat dan tahu, bahwa aku masih saja tidak mengerti dimana aku yang salah dalam mengartikan drama ini sehingga aku bisa terjebak cukup parah.

Sebenarnya aku tidak berharap ada banyak kontroversi di blog ini, bahkan aku sampai punya haters sekarang HAHAHAHHAHAHHAHAHA.
Tapi aku masih memaklumi bagaimana kita Tim Jung Hwan ingin mencari pencerahan, tempat curhat, dan menunjukkan kekesalan kita, sebelum drama ini akhirnya hanya tinggal sebuah drama.
Aku sendiri melakukan itu dengan membaca adanya banyak fakta dan tebakan fans di forum Jung Hwan x Deok Sun shipper, dimana sebagian masih belum puas dengan endingnya, tentu saja karena banyak hal yang belum terjawab, bagaimana mereka yakin kalau Jung Hwan adalah suami dan menunjukkan bukti-bukti.

Tapi toh, drama ini sudah berakhir.
Ada yang puas, ada yang tidak, ada yang menerima dan masih ada yang tidak menerima.
Semuanya tergantung masing-masing kita, dan kita tak bisa memaksakan seseorang untuk menerima pendapat kita. Karena sebuah lubang di hati, yang tak terlihat itu, menyesakkan dan hanya kita yang bisa merasakannya.

Tentu saja drama ini lebih ke arah drama keluarga dan KITA SEMUANYA sama sekali tidak meragukan kalau ini drama keluarga yang mengharukan dan sangat solid.
Aku menyukai semua momen kekeluargaan drama ini sayangnya husband hunting  memisahkan kita.
Kalian tahu, seandainya tidak ada Deok Sun dan suaminya di tahun 2015/2016, maka aku rasa kita tidak akan segalau ini. Aku rasa kalau penulis ingin lebih fokus pada kekeluargaan, maka dia harusnya tidak perlu menunjukkan pemeran dewasa di tahun 2015 dan 2016. Cukup mengikuti alur maju saja dari tahun 1988.
ATAU dia bisa membuat episode terakhir tahun 2015/2016 diakhiri dengan berkumpul kembali anak cucu Ssangmundong.

Oke. Move on?
Yes, we must!
You cant?
Slowly and enjoy the process :)

Mbak Hazuki gimana?
Laporan lengkapnya, kalian bisa lihat bagaimana aku di twitter HAHAHAHAHAHAHAHA.
Bagi yang ngikuti TL aku pasti tahu kalau aku belum move on sepenuhnya, justru makin excited!
Tim Jung Hwan forever dan aku sama sekali nggak menyesal menjadi bagian dari tim Jung Hwan.
Terserah apakah orang ingin mengatakan dia Second Lead Male atau bagaimana tapi bagiku pribadi, Jung Hwan adalah Lead Male Reply 1988 yang tidak mendapatkan Female Lead. It's okay! He get ALL female heart entire world :)

Aku sudah berkali-kali mengulangi menonton V-App Ryu Jun Yeol dan WOW, aku masih belum puas sebelum aku mendapatkan engsub FULL-nya, karena aku hanya mengerti setengahnya dari apa yang ia bicarakan.
Yang jelas, intinya aku tahu kalau dia adalah Tim Jung Hwan, kapten kapal kita yang juga berharap dia akan berakhir menjadi suami Deok Sun setelah semua hal-hal yang telah Jung Hwan lakukan.
Dan saat itu Hyeri juga menangis karena dia baru tahu kalau itu adalah adegan terakhir dia dan Jung Hwan satu scene, dimana Deok Sun harus merelakan cinta-nya untuk Jung Hwan juga.

Aku tahu banyak yang mengatakan kalau Hyeri menangis hanya karena ia sedih dengan adegan itu. Yaps, thats. Ia sedih karena ia juga berfikir kalau Jung Hwan dan Deok Sun akan bersatu, karena ia tahu kalau Jung Hwan akan melepaskannya disana, ia menangis. Tangisannya bisa berarti untuk Jung Hwan dan bisa juga berarti untuk melepaskannya.
Kalian tahu hal itu lah yang membuat aku tidak membenci karakter Deok Sun lagi. Karena awalnya aku benci dengan Deok Sun, tapi setelah Jun Yeol mengatakan hal itu, aku jadi bisa tenang dan mencintai Deok Sun seperti biasanya :)
Karena aku tahu kalau dia juga punya keinginan untuk berakhir dengan Jung Hwan.

Tentu saja hal itu di perkuat saat ternyata Hyeri dan Jun Yeol juga membicarakan masalah kapan kira-kira mereka akan melakukan kissu scene. Mereka berfikir akan mendapatkan kissu scene saat episode 3 dan kemudian berfikir kalau itu akan menjadi episode 5 dan sebagainya. Membicarakan hal itu dengan lawan mainnya tentu saja mereka berdua juga berfikir kalau  mereka akan bersatu, iya kan?
Tapi sayangnya, takdir berkata lain dan kissu scene itu hanya angan-angan kita yang ada dalam imajinasi kita masing-masing atau hanya tertulis dalam beberapa fanfic HAHHAHAHAHAHA.

Dan aku juga senang karena para cast juga tahu bagaimana kita menjadi sangat galau dengan endingnya, jadi mereka menunjukkan kalau mereka juga tim Jung Hwan.
Aku menyukai saat No Eul diwawancara dan dia memilih Jung Hwan. Lalu saat Cheetah Omma dan Hye Young juga menunjukkan kalau mereka mendukung Jung Hwan :) (Saat mereka meminta RJY berhenti membaca komik).
Saat Hyeri berangkat ke Phuket, dia mengenakan sebuah jas yang selidik punya selidik itu mirip yang dipakai Kim Joo Hyuk, dan fans langsung mencari tahu kalau di lengannya ternyata memang logo Air Force HHAHHAHHAHAHAHAHHA.
FAns memang JJANG!!!

Foto ini berhasil bikin aku baper lagi! Anggap aja ini bulan madu mereka HAHAHAHHAAHA
Dan tentu saja pernyataan Jin Joo kembali menjadi kontroversi.
Sebelumnya dia mengatakan kalau ia memilih Jung Hwan untuk Deok Sun dan ia berharap kalau Taek dan Deok Sun putus lalu Deok Sun memilih Jung Hwan.

Nah, di artikel terbarunya ia mengatakan :
“The husband? Oh, you mean Jung Pal and Choi Taek. I think Jung Pal is the husband. I think [Duk Sun] is going to break up with Choi Taek. I know I saw Choi Taek breaking up with her on TV.” Kim Seol must’ve seen Park Bo Gum on TV acting out a breakup scene before. __cr. soompi
Sebenarnya aku masih bertanya-tanya apa maksud dari perkataannya itu dan beberapa fans mengartikan kalau sebenarnya Kim Seol melihat adegan dimana Take putus dengan Deok Sun.
Itu artinya Jin Joo melihat siaran TV dimana Taek memutuskan Deok Sun, so? Taek memutuskan Deok Sun diwawancara TV? Hmmmmm

Setidaknya itu memberikan harapan bagi tim Jung Hwan HAHAHAHHAHAHA.

Aku tahu drama ini sudah berakhir dan itu adalah akhirnya. Tapi aku masih saja mencari-cari kemungkinan akan ini dan itu LOL.
Masih belum menyerah katanya. HAHAHHAHAHAHA.
Tentu saja belum menyerah, karena Jun Yeol dan Hyeri sangat dekat di dunia nyata, bagaimana aku bisa move on coba?!

Kalian yang mengikuti TL twitter aku pasti melihat kan? Gambar-gambar keberangkatan tim Reply 1988 ke Phuket?
Aku tahu aku hanya fokus pada Jun Yeol dan Hyeri LOL.
Bagaimana mereka berdua sama-sama mengenakan masker hitam di bandara LOL.
Bagaimana mereka berdua berjalanan beriringan di bandara.
Duduk di kursi yang berdekatan di pesawat, bahkan setelah Seol mengunggah foto di IG-nya, fix deh kalau mereka berdua duduk bersebelahan.
Saat menunggu bus untuk mengantar mereka ke Hotel, Hyeri jelas-jelas nyuapin Jun Yeol KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!

Jun yeol awalnya duduk bareng Mi Ran Omma dan yang lain, kemudian ia pindah ke samping Hyeri cieeeeee :) BAhkan di pesawat juga mereka masih aja pengin dekat-dekat LOL
Mereka pake masker couple dan jalan berdampingan LOL bikin baper!
Nemu pula video yang memperlihatkan Hyeri nyuapin Jun Yeol, habis sudah! Kagak bisa move on!
Kemarin bahkan ada yang curhat di twitter atau di blog naver gitu, dia kerja part time dan ketemu Jun Yeol dan Hyeri lagi makan berdua di cafe. Dia minta tanda tangan Hyeri duluan dan baru Jun Yeol yang kaget karena pekerja itu juga minta tandatangan dia. Jun Yeol nulis 'pekerja part time yang cantik' HAHHAHHAHA.
Nah, masalahnya disini adalah, ngapain coba mereka makan berdua di cafe. HAHHHAHAHAHA.
terserahlah itu karena mereka temenan atau apa yang jelas yang baper disini bahagia HAHAHHAHAHAHHAHHAA.

Bagaimana bisa move on kalau begini?!!!!
HAHHAHHAHAHHA
Aku bahkan belum mencoba menonton drama lainnya, meski aku sudah melirik Cheese in Trap dan One More Happy Ending :)

The Nation Husband and Nation First Love. LOL.
Korea punya aja julukan untuk Ryu Jun Yeol HAHHAHAHAH.
BTW Jun Yeol Oppa dicast untuk movie terbaru The King lho, yang dibintangi Joo In Sung dan Jung Woo Sung juga :)
Aku udah nebak sih, proyeknya selanjutnya pasti movie, meski aku ingin melihat dia main di drama lain, tapi kayaknya dia milih proyek yang bagus nih, meski bukan tokoh utama tapi bisa memantapkan aktingnya.
aku masih belum rela liat Jun Yeol sama cewek selain Hyeri HAHAHHAHAHAHAHHA.

Editan fans!! HAHHAHAHAH!

Pasangan yang tiba-tiba menghilang di akhir episode XD
Hyeri di bandara mau berangkat ke Phuket. Itu jaker PJS-nya, info lengkap bisa cek  soompi forum Jung Hwan x Deok Sun shipper, halaman 703
Jun Yeol yang nggak peduli sama airport fashion, pokoknya mana yang nyaman pake aja :)
Park Bo Gum yang berangkat dengan gaya rambut Choi Taek LOL
Airport Fashion R88 yang paling kontroversional HAHHAHAHAHA
Go Kyung Pyo dengan tanda cintanya :) Dia pake pita kuning tuh, kataknya karena kontroversi IG-nya.
Uri No Eul-i~
Lee Min Ji bawa koper gedeee
Uri Jin Joo :) Kim Seol berangkat juga, bareng ayahnya :)
Para orang tua juga berangkat, cuma aku ga nemu foto bandaranya.
Sun Young Omma, Mi Ran Omma dan Il Hwa Omma juga berangkat. Gile, dandanan Il Hwa Omma lebih modis dari Hyeri HAHAHHHA, badannya bagus lhoo~
Papa Kim, Papa Sung, Papa Ryu dan Papa Choi juga ikut :)
Papa Sung harus pulang cepat karena ibunya meninggal dunia T____T
Ahn Jae Hong, Lee Si Young dan Ryu Hye Young tidak kelihatan disana, tapi katanya Ryu Hye Young berangkat hari ini.

Staff dan cast pake baju 88 :)
Itu sekilas liburan pada staf dan cast di Phuket, aku harap mereka menikmatinya dan juga istirahat disana :)
Aku sendiri  menyibukkan diri di waktu luang dengan membuat MV Deok Sun & Jung Hwan dan juga masih dalam tahap pembuatan MV Hyeri & Jun Yeol, hehehhhehehhe.
Kayak Honoki kemarin :)

Hati-hati baper lagi lho HAHAHHAHAHAHHAHA
*aku aja buatnya nangis LOL*





Aku udah buat 4 MV Jung Hwan x Deok Sun sejauh ini HAHAHAHAHAH.
Emang susah sih kalau udah cinta banged ini yak? LOL
Untuk MV yang lain, monggo ke YT Channel aku :)
Jangan lupa di like ya Hheheheeheh



38 comments:

  1. pas tahu taek suami doeksun aku gk tidur 2hari 2malam...hatiku sesak rasanya mau nangis pun tk bisa...tapi sekarang udah bisa tidur nyenyak...tapi sampai kapanpun masih belum bisa menerima akhir reply 1988...dek airin aku tunggu terjemahan V app nya ryu jun yeol ya dek(karena aku gkbisa bahasa inggris)makasih ya dek airin

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Hazuki untuk kerja kerasnya.
    memang kisah Jung Hwan ini mendekati kenyataan hidup. Bukankah banyak juga yg mengalami kisah seperti JH; cinta yg tidak berjalan sesuai impian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya juga pernah mengalaminya makanya jatuh cinta bgt ma Jung Hwan... makanya pas hazuki menjelaskan in kisah cinta Jung Hwan sendiri dan dia tidak lg ikut campur love lineny DS TK jd schoookkk....

      Delete
  3. Waktu episode 19 tayang, aku liat ig dan liat ternyata suami doek sun bukan jung hwan bikin nangis semaleman, dan memutuskan buat gak liat episode 19-20. Tapi karena peanasaran akhirnya liat juga. Bener bener gak ngerasain feel nya deok sun ama taek,hambar gitu. Dan tiap liat jung hwan bawaannya nangis terus. Pas liat postingan hazuki makin nangis gak karuan, apalagi pas bagian alternatif ending. Sebagai team taek, tetep percaya kalo akhirnya doek sun itu nikahnya ama jung hwan (team jung hwan forever)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku skip scene DS TK entah mengapa tidak memoengaruhi drmany ama sekali... aq malah pikir mereka ber2 syuting drama laen hahaha... coba liat lg ep 1 si Deok Sun dewasa blg di ga sadar dan rada gila krna ga nyangka nikah ma suaminya... jd aq langsung bilang emang dia udah gila hahhaha... dia ga sadar nikah ma si Taek... kita yg ga terima jangan sedih lagi krna si Deok Sunnya aja ga sadar nikahi si Taek... drmanya berakhr gtu tp dlm dunia nyatany dr jaketny Hyeri ke Phuket dan len laenny berasa kita yg menang karena semua berada d team Jung Hwan... Jung Hwanlah yg menang dg semua sikap dan kepribadiannya..

      Delete
  4. Sekarang sudah bisa menerima hampir 80% coz sampai hari ini masih belum nonton n download reply 88 ep akhir,, T.T atau mungkin gak akan pernah nonton hehehehe (klo gitu namanya gagal move no dong),,
    Bauat hazuki makasi n selalu ditunggu kabar kapetn kapal kita jung hwan ehhh ryu jun yeol

    ReplyDelete
  5. kacau. Padahal udah kepalang kesel karna ending yg eror. Baru 1st kali nonton drama kacau di akhir. Aku selalu berharap SWnim PDnim nambahin episode besok utk penjelasan dan merubah suami. Hiks..
    Awalnya aku juga jd ga suka hyeri gara2 karakter DS tp setelah tau kenyataan dr v-app RJY & sikap mereka di kehidupan nyata. Ah luntur sudaaaaah keselku pd hyeri

    harusnya TVN keluarkan lg BTS utk mengobati sakiiiit hati tim JH. Tapiii BTS DS JH aja kl boleh hahaha..

    Apa mereka bener2 cinlok??
    Ayo dispatch!!!
    Kami menungguuuuu

    ReplyDelete
  6. Hai~

    Aku masih nyesek sampe sekarang. aku memutuskan untuk ga nonton episode 19 dan 20. Huhuhu T.T

    Ohya nanti peran junyeol jadi temannya jo in sung berharap scene dia agak banyak sih :D

    Aku mau komentar banyak tapi nanti takut banyak yang ga suka dan takutnya malah terlihat memojokkan sesuatu/seseorang~ Jadinya aku komentar biasanya aja... Hehehe :)

    Senang bisa berbagi pendapat dengan airin dan teman2 tim junghwan lainnya♥

    Ohya nanti airin ada niatan ga buat postingan "episode paling favorit dari semua episode reply 1988" maksudku yang paling favorit, yang semua scenenya ga ada yang mengecewakan satupun. Kalo aku sih paling favorit episode 5 *ga ada yang nanya* Hehehe :D

    Tetap semangat airin ♥♥

    ReplyDelete
  7. Masih ga habis pikir..tapiiiiii yaudahlah yaa udah berakhir dramanya..huhu..buat move on coba nonton drama baru cheese in the trap, sedikit berhasil buat senyum2 lagi gara2 drama..

    ReplyDelete
  8. Maaf airin blm snggp ntn mv tntng junghwan/deoksun atw yg berbau r88.blm bsa move on cm bwt ngobatin skt hati aku msh ngikutin smw info junyeol.dr awal drama ini ngeluarin bts aku udh ship hyri/junyeol d real life krn ga tau knp filing aja ngeliat mrka berinteraksi ky ada percikan asmara cieeee lebay.ingt bts 1 junyeol godain hyeri dngn megangin kaki hyeri atw pas bergaya mw ninju hyeri pas scene stlah sobangcha,atw pas hyeri lmpr sepatu trus junyeol akhrnya makein sepatu hyeri ala sinderela.aku tau kynya kalo artis d korea pacaran bnyk fans ga ska bhkn bsa bkn jd ada antifans.ky kejadian IU br2 ini pas dy ngumumin udh pny pcr slm 2 thn tb2 bnyk fans nya berubah jd haters trhdp pcr IU.beda yah sm d indo d sni mah yg namanya cinlok udh biasa mlh kdng fans yg ngejodoh2in artis yg main brng.aku berharap junyeol/hyeri pcran terbuka kaya ji sung/bo yong ampe merit (amin) krn aku dngr mrka jg awal nya cinlok kan cm jdian lama stlh drama mrka berakhr.yah aku hrp para fans tmbh dewasa bsa ttp mendukung idola nya mw pcrn sm siapapun asal idola bahagia.blk k OTP kita aku sh ngeliat nya mrka tuh udh nyaman 1 sm lain ky ga bsa d pshin,trus udh msa bodo dngn bnyk nya fans yg ambl foto kedekatan mrka.aku sh ga tau kalo OTP d drama lain kdktn nya ky mrka atw cm pny chemistry on cam aja.tp liat OTP kita ini yah bkn kita team jung hwan ssh move on dan trus berimajinasi kalo jh lah real husband ds.kalo yg d drama taek adlh fake husband rekayasa penulis.aduh opi lo udh mly crazy yah msa ga bsa bedain drama sm realita jh/ds/tk smw tokoh fiksi (tampar muka biar kmbl waras).yah mrka fiksi tp jonyeol sm hyeri bkn kah nyata kan dan lgian drama ini udh berakhr TP KNP ???? mereka msh bersikap ky jung hwan dan deok sun,aaahhhhh aku jd nangis lg kalo ingt mrka ga jdian d drama.plis jdian bnrn yah biar kalian jd the real next couple

    ReplyDelete
  9. hai airin! thanks ya atas kerja kerasnya buat sinopsis R88.saya putuskan bahwa r88 berakhir di eps 18 jd saya tdk menonton yg 19-20.airin blh tahu twitternya apa ya dan G+ nya msh aktifkan :)
    saya udah liat Cheese in the trap dan lumayanlah utk sedikit bs move on dr galau r88.semoga jung pal dpt peran yg bagus di next projectnya.gomawo airin

    ReplyDelete
  10. Aku mendukungmu min...aku team junghwan yg susa move on..sampai sekarang gaq nntn ep 19- 20..bagi ku end reply 1988 ep 18..
    Terus updte ttg junghwan oppa..
    Aku suka blogmu..
    Hwaitingg...

    ReplyDelete
  11. Hai Airin...
    Sebagai team Jung Hwan yg berusaha buat move on.harus di akui prosesnya sungguh sulit.tidak disangka aku jatuh terlalu dalam jadi susah untuk merangkak naik...hiks...
    Sudah punya epi 19-20 tapi gak sanggup buat nontonnya...walaupun temanku yg berada d pihak netral alias tidak ngeship siapa2 bilang kalau epi 19-20 tidak terlalu menyedihkan buat JH karna d epi 19-20 dia di buat tidak peduli sama sekali sama DS n Taek...tapi tidak tau mengapa ini lebih menyedihkan aku...huwaaaaa...sedih membayangka JH bagai mana dia menahan perasaannya ke DS karna kita tau betapa dia mencintai gadis ini...*ini semakin gila karna ini hanya tokih drama...bagiku JH serasa nyata* ottokeee...

    ReplyDelete
  12. Terlalu bnyk momen bgs utk di lupakan hiks Jh_Ds

    ReplyDelete
  13. Saat baca trnyata taek suami deoksun aq lngsung ptuskan untuk tdk nntn ep. 19 dn 20 ... baca na aja nyesek bgt ... apalagi nntn na ...

    ReplyDelete
  14. hampir bisa move on tpi setelah baca ini sy kembali ke dasar kegalauan sy ... huhuhu

    ReplyDelete
  15. pada tau ga kenapa go kyung pyo masang tangan hati gitu ? itu karena go kyung pyo die hard fansnya yoo jaesuk uri mettugi oppa. tangan hati itu signature movenya yoo jaesuk. go kyung pyo bela2in ke restoran haha demi ketemu jaesuk

    ReplyDelete
  16. Masih sulit untuk percaya Ending dari drama ini. Padahal cuma drama yang ceritanya tergantung sama penulisnya. Ending cerita yang sangat sulit saya terima...

    ReplyDelete
  17. Semalam nonton ep terakhir tp blm nonton dah nangis smbl dnger ost meski tidak adil bg JUNG HWAN tp aku mulai kangen dg ni drama familynya mami miran... pas nonton scene mami miran ma papi sungkyun malem malem jalan trus duduk d bangku luar rumah membicarakan anak2ny yg tumbuh dg baik jadi org yg baik aku langsung nangis... tiga bulan tmbh 1 bln nunggu ni drama tayang deg degan, ga sabar, tertawa, menangis pd akhrny marah marah ma ni drama... penurut pendapat pribadiku naskah di ganti karena spoliler... liat aja ep trakhr nikahanua bora bener d hall AU aq liat d btsnya ada foto pesawat dan prajuritny.... Jung hwan dikit banget munculnya tp suka banget ketika dia hormat ma ortunya pas dorongnyong blg letnan Kim hehehe... sbnrya akan lbh bgus lo di ep 10 dah goodbye my first loveny jung hwan trus diceritakan kehidupan jung hwan d Sacheon dan jatuh cinta lg ma temen cewekny yg juga kerja d AU yg juga anak jendral atau menteri yg ceria baik pinter trus d kenalin ma mami dan papi cheetah dan menikahlah mereka... dan janganlah bgian 2015-2016nya cuama DS Tk aja yg di wawancara tp semuanya d wawancara jg ktnya tema wawancaranya adlah masa muda... trus mereka semua ssangmundong reuni lagi di pernikahanya jinjoo trus mereka semua wawancara lg bareng bareng stleh nikahnya jinjoo smbl ssangmundong 5 bwa anak2nya yg sudah gede2...

    ReplyDelete
  18. Keliahatanny mereka dket banget hahaha jadian ajalah... baru ngeh lo jaket nya hyeri jaket air force hehehe... kenapa mereka ga syuting ulang aja lagi sih heheheheh.... udah liat mv buatan airin yg baru dan sedih banget... seberapapun kita mau komentar tetap tidak bisa merubah kenyataann ttg ni drama... berharap penulisny bisa ngomong gmana sih aslinya ni cerita ketika smua pada dukung JUng Hwan bahkan cast cast lainnya jg dg clue clue semua ke Jung Hwan..... itu jaket yg di pakai suami deoksun d ep 18 berarti bener netizeen tu jaket air force... Jun Yeol oppa jd Nation First Love krna semua rakyat korea dan laennya pd jatuh cinta pdnya... Entah kenapa aku ngerasa Jun Yeol opps naksir beneran ma Hyeri liat aja d bts ep 20 dia ga berhenti lirik hyeri hahahaha d tmbh mereka ke phuket dan berduaan mulu... mana makan berdua d cafe pula.. meski akhrnya begitu tp kapal Team Jung Hwan malah pd seneng dan dukung mereka d dunia nyata jd tambah sweet bgt mereka ber2 meski hyeri jg dkt ma bogum tp kyknya deketny beda ma Jun Yeol oppa...

    ReplyDelete
  19. Airin katany ga sanggup buat mv lg tp jd semangat lagi krna trnyata Jun Yeol Oppa dan Hyeri yg selalu nempel kemana-mana... Stylenya dorongnyong hehehehe.... .. drma ni ga akan selesai gitu aja... ini kan Reply series... setelah ni drmaa tmt aku jd ngerti perassaanny chilbong... tp yg palng aneh stlh drma ini tamat aku yg bisanya bolak-balik sekolah ga pernah yg namany lihat mobil jeep tp setlh ni drma tmat bahkan nympe td aq msh liaht dan papasan dg yg namany mobil JEEP jd keingt Jungpal... trus lg ada bnyk org yg d sekitrq yg menghubungkan warna hijau dan kuning.. aq heran apa2 semua ini hehehe... meski sepertinya warna Jung Hwan adlah biru... tp kontroverzi apa si Kyung Pyo yg dulu pas heboh d IGnya bukanny dah lewat ya???? mereka kok ga nunjukkin foto lburny d Phuket d IGnya y?

    ReplyDelete
  20. okeh gue kudet emang kyung pyo kena kontroversi apa d IG???

    ReplyDelete
  21. Airin...terimakasih banyak atas kerja kerasnya atas info RJY n r88, sampai sekarang masih belum sanggup nonton ep19-20 mungkin ga akan, sama ep17-18 aja blm sanggup nonton, skrg untuk ngobatin hati yg luluh lantak ini #agaklebaytapibeneran aku baca blog EYES ON RYU, disana khusus ngeliput segala sesuatu tentang RJY....makasih banyak airin di tunggu postingan selanjutnya...tetap semangat ya ;)<3

    ReplyDelete
  22. Airin katany ga sanggup buat mv lg tp jd semangat lagi krna trnyata Jun Yeol Oppa dan Hyeri yg selalu nempel kemana-mana... Stylenya dorongnyong hehehehe.... .. drma ni ga akan selesai gitu aja... ini kan Reply series... setelah ni drmaa tmt aku jd ngerti perassaanny chilbong... tp yg palng aneh stlh drma ini tamat aku yg bisanya bolak-balik sekolah ga pernah yg namany lihat mobil jeep tp setlh ni drma tmat bahkan nympe td aq msh liaht dan papasan dg yg namany mobil JEEP jd keingt Jungpal... trus lg ada bnyk org yg d sekitrq yg menghubungkan warna hijau dan kuning.. aq heran apa2 semua ini hehehe... meski sepertinya warna Jung Hwan adlah biru... tp kontroverzi apa si Kyung Pyo yg dulu pas heboh d IGnya bukanny dah lewat ya???? mereka kok ga nunjukkin foto lburny d Phuket d IGnya y?

    ReplyDelete
  23. Ktany ada Reply 1974 berhrap airin bisa bahas itu juga prediksi cerita dan siapa pemain yg diinginkan... ahhhhh pengenya ttp ada Sung Dong Il , Lee Il Hwa, Kim Sung Kyun, dan Mi Ran nyonya Cheetah.... ngefans berat ma Nyonya Cheetah.m

    ReplyDelete
  24. Pengen share aja lg ntn sitkom tetangga masa gitu ada 2 psngan yg jd tetanga bd karakter kalo d liat2 psngan adi-angel ingt junghwan-deoksun yg selalu ribut tp slng mencintai kalo liat bastian-bintang ini cck mengambrkan taek-deoksun yg slalu lovey dovey.tp knp d scene 2015/2016 ga cck yah pengambaran psngn taek-deoksun krn mski udh berumah tangga bertahun2 ga mngkn ngubah kpribadian psngn jd beda bngt kan.btw swnim nya udh merit blm sh jgn2 blm lg mknya dy ga bsa gmbrn khdpn RT taek-deoksun dgn real(edisi blm move on) dan msh blm bsa nerima ending nya haa...ha...

    ReplyDelete
  25. Udah mulai bisa let junghwan go~ sekarang :') sedikit terobati sama fanfic di thisismyharbour.tumblr.com cukup puas sama penyelesain katakter JH disini hehe dan entah kenapa malah kepikiran ryu jinyeol terus sekarang, yang ada cuma bolak balik soompi, nunggu updetan twitter dan ig gatau kenapa jadi beneran suka sama junyeol apalagi setelah nonton vapp nya aaak x)))) berharap dia main drama lagi secepatnya! :)

    ReplyDelete
  26. huaaa padahal udah lumayan mup on tapi karena baca artikel ini dan liat mv fanmade nya jadi baper lagi, yah pada akhirnya aku emang menikmati kebaperan ini lol
    btw emang di ig kyungpo kenapa ya?

    ReplyDelete
  27. Aku udah nggak baper lagi sih sama r88 tapi tetap aja males dan nggak mood nonton ep 19-20 padahal temen aku udah cerewet nyuruh download tapi ya males aja hahahahahaha mulai mencoba melirik drama lain kali aja bisa bikin move on sepenuhnya dari reply 😂😂

    ReplyDelete
  28. Woah,, nemu bLog ini dan baca semua tentang drma R88 jd baper & gaLau Lg kan... :(
    Aku jg team jung hwan dan sampe skrg beLum berani nonton ep 19 & 20. Ngeri soaLnya... :D
    Mksi mbak uda buatin ini dan bs sedikit meLegakan hatiku, kaLo bs posting jg donk mbak tntg mereka Liburan di Phuket, dan pastinya part Hye Ri sm JunYeoL oppa coz aku jg shipperin mereka di dunia nyata... :D
    SaLam kenaL buat yg punya bLog,, Lope Lope dari Medan... :*

    ReplyDelete
  29. Beluum sanggup nonton ep 19 & 20, dan belum ada rencana download tuh ep akhir *meski udah tau ceritanya.. Kayaknya bakalan nonton kalo udah liat ryu jun yeol berakhir bahagia di drama lain deh.. Ahahaha

    ReplyDelete
  30. Sampe sekarang aku belom nonton ep 19-20 lol Ini baper drama terparah yg aku alamin. Entah karna endingnya yg ga memuaskan atau emang gamau move on dari kim junghwan. Dan liat MV sad fate yg hazuki jd makin sedih, kenapa bisa begitu endingnya reply :'(
    Btw klo mau download V-app junyeol bisa di link ini udah ada engsubnya jg ->
    http://home.soshistagram.com/naver_v/4706

    ReplyDelete
  31. makasih banyak airin buat kerja kerasnya. ngerecap itu gak gampang, aku dah nyoba dan nyerah diepisode pertama hahaha. makasih juga blog kamu dah jadi tempat menumpahkan kegalauan selama nonton drama ini terutama endingnya. semangat terus. kami menanti karya kamu berikutnya. gak apa -apa kalo tulisan kamu rada subyektif, ini malah bikin beda dengan recaper drama lain. gaya penulisan kamu memperlihatan besarnya emosimu terlibat disana mewakili sebagian pembacamu. keep doing it, i like your style.

    ReplyDelete
  32. Hallo airin,,, nih first coment aku d blog kamu,,, msk aku slalu baca blg km...
    Aku penggemar replay series,, aku suka sm replay series dr replay 1997,jd slalu iktin drama replay series...
    Awal ny aku sgt brharap dr replay 1988,, eps awal mpe eps 18,,, aku berpikir nih replay trbaik,,, tp aku mlh jd bingung dgn akhir ny,,, knp seolah2 endingny seakan d paksain,,, aku br kali nonton drama yg eps awal & akhr benar2 g nyambung...
    Bgaimna bs d awal eps mpe eps 18 yg jd pembhasan adlh cinta pertama ny junghwan tp d ending malah cm jd cameo gtu,,, bkn ny it bnr2 g msk akal...
    Aku bnr2 kecewa dg end drama ini...
    Mnrt ku msh replay 1997 yg terbaik....

    ReplyDelete
  33. Permisi.. ijin komen..
    Sblumnnya makasih min, blogmu sangat mmbantu bagi gw yg haus spoiler..
    Gw bru aja slesei ep 18..
    N gw brani jamin SWnim n PDnim sangat mncintai junghwan.. ep 18 tu ep tribute untk junghwan, dicritakn scr puitis n d visualkan dg indah..
    Mlalui junghwan SWnim mmbri pesan hidup "hidup bkn drama dmn goddamn fate akn slalu ada, hidup adalh keputusan, keberanian, keinginan yg kuat dan pada akhirnya fate mngikuti".. aq ngangguk2 sambil nangis aplg ditutup dg foto2 momen JHxDS.. ok SWnin i hear u.. jd tlong jgn bnci SWnim n PDnim, karna tanpa mrk junghwan g ada..
    Maaf aq komen dsni, jujur aq teamtaek.. satu alasan knp aq teamtaek krn junghwan adalh karakter hero kdrama, aq bs nemuin junghwan lain, tp hanya d reply aq bs temukan karakter weirdgenius antihero kdrama taek..
    Kami teamtaek sadar akn itu dan kbnykan kami adlh team chilbong yg kelelep krn kapal karam, kami tw rasanya kelelep, kami ragu kapal kami akn sailed untk itu kami mnyiapkn smuanya sekoci dan pelampung. Bhkn kami mnamakn diri kami taekitanic, tp krn perlindungn diri itu tnpa kami sadari bnyk clue yg mnjurus k taek. Kami msh takut kelelep lg. bhkan bts dr tvnpun bnyk bogum ma hyeri. Bgiq masuk k teamtaek sprti kw mlihat sbuah mobil yg akn bertabrakan, kw tw akn terluka tp tetap mnyaksikannya..
    Beda dg teamjunghwan, yg tdk mnyiapkn apapun untk kelelep (gw g salahkn itu, gwpun prcy junghwan endgame). Jd timbullah gelombang galau masal..
    Untk clue, gw rasa clue junghwan hnya sifat adult hubby itu aja. Dan aq tdk trll mnganggap pusing itu, krn noeul ma bora aja brubh. Junghwan itu co cuit, pedli ma deoksun tp hanya qt yg liat, duksun g tw. Dsnilah letak pesan SWnim. Hanya satu yg aq takutkn dr junghwan, dia fansnya lee mi yeon, aq tkut SWnim jdkn itu sbg metajoke..
    Pada akhrnya reply adlh drama terbaik yg pernh q tonton, krn hidup adlh drama itu sndiri

    ReplyDelete
  34. Udah move on kok tapi ya gitudeh aku belum nonton ep 19 29 padahal ada file-nya di lappy. Ntar aja deh nontonnya kalo ngga sibuk :3
    Yaaa Junyeol-Hyeri shipper lah sekarang :v kata Oppa juga dia pengen main sama Hyeri lagi. Yang endingnya ngga pait katanya :3 semoga tercapai deh. Amin.

    ReplyDelete
  35. forum soompi Jung Hwan dan Deok Sun mau di tutupppppp T-T

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story