[Trivia] Reply 1988 : Sad Fate, A Piece of My Empty Heart for Kim Jung Hwan Shipper


SONG OF THE DAY
Lee Seung Hwan - Empty Heart [ download ]



Cuap Cuap Tentang Kekecewaan Minmin terhadap Ending Reply 1988
-Its just my personal thought. If you dont agree, leave it alone-
-Leave me to express my  disappointment-

Fiuh, setelah merenung semalaman dan membaca banyak komentar netizen dan fans akhirnya aku memutuskan untuk membuat postingan ini. Sekali lagi aku ingatkan aku TIDAK akan melanjutkan sinopsis episode 19 dan 20, seperti yang aku katakan di akun twitter-ku semalam. Kenapa?

Jika kalian ada diposisiku, saat menulis sinopsis berbeda dengan menonton drama saja. Kalian akan melihat detail-nya dan tidak bisa skip-skip adegan, begitu lah aku membuat sinopsis. BAgaimana aku bisa melakukannya, saat hatiku hancur berkeping-keping melihat adegan mesra pasangan yang bukan OTP-ku? Bagaimana aku bisa melakukannya saat Jung Hwan hanya seolah menjadi cameo di episode 20? Bagaimana aku bisa melakukannya saat aku hanya dengan melihat adegan mesra mereka aku bahkan meneteskan air mata?

Aku tidak mau menyakiti hatiku lagi dan lagu. Ya. Ini hanya sekedar drama. Itu hanya tokoh fiksi. Tapi aku tidak bisa. Aku terlalu dalam menyukai drama ini dan tokoh fiksi itu. Aku bahkan tidak mengira aku akan jatuh terlalu dalam. Selama 12 tahun aku menonton drama Korea, jujur saja, aku juga pernah suka pada second lead male dan juga pada lead male yang tidak mendapatkan tokoh utama wanita, tapi aku tidak pernah seperti ini, setidaknya aku menemukan alasan kenapa OTP-ku tidak berhasil dan setidaknya aku masih tetap menyukai OTP yang berhasil itu.

Tapi kali ini. Sulit.

Jujur saja, aku sebenarnya sudah menulis episode 19 setengahnya, tapi aku benar-benar nggak kuat ketika memasuki adegan itu. Dari pada aku galau nggak jelas, jadi kepikiran dan nangis-nangis mending aku hentikan. Masalahnya adalah, aku sudah tidak bisa menatap Deok Sun dan Taek secara positif. Aku masih bisa melakukannya di episode 17 dan 18, tapi jujur, untuk episode 19 dan 20, aku tidak bisa menatap mereka dengan positif, dalam artian, tiap wajah mereka muncul aku pengin nabok aja bawaannya, bisa dikatakan aku sedikit muak atau bagaimana. Bahkan scene mereka dengan keluarga yang harusnya menjadi hangat, aku malah nggak merasakan feel-nya, rasanya hatiku kosong dan aku tidak bisa menulis dengan baik.
Aku tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata, tapi ini seperti melihat adegan yang seharusnya manis, menghangatkan hati, tapi aku tidak bisa masuk dalam emosinya.

Maaf jika aku sedikit kasar, tapi itu lah yang aku rasakan. Jika tidak menyukainya tolong jangan lanjutkan membaca. KARENA INI MURNI PENDAPAT AKU PRIBADI! AKU INGIN BERKOAR-KOAR TENTANG KEKECEWAANKU DISINI!

Aku sangaaaaaaaat menyukai kekeluargaan dalam drama ini. Aku kasih poin 100! Semua scene kekeluargaan sangat hangat dan membuat aku tersenyum sambil menangis. Di Episode 19 aku sangat menyukai saat Jung Bong dan Jung Hwan yang menghibur ibunya dengan membuat acara pernikahan dadakan kembali saat ulang tahun ibunya. You know, I crying so hard.
Di Episode 20, puncaknya adalah pernikahan SunBora yang membuatku menangis dan menangis dan juga saat ayah dan anak itu membaca surat masing-masing, walau aku hanya mengerti sedikit isinya, aku benar-benar menghabiskan banyak tissu untuk itu.

Selama drama ini tayang sejak episode 1-20, scene family adalah favorite-ku. Aku sangat menyukai hangatnya kekeluargaan dalam drama ini. Seperti kata PD dan SW kalau drama ini adalah family drama dan aku acungi jempol dengan script mereka tentang keluarga yang sangat menghangatkan hati.

Tapi untuk hubungan percintaan, loveline, cinta segitiga, maaf saja. Aku tidak bisa mengcungi jempol. Mereka merusak keseluruhan drama ini dengan penyelesaian masalah cinta yang sangat aneh menurutku. Mereka merusak semua momen bahwa ini the best drama, dengan ending yang, meh. Aku bahkan tidak tahu harus berkata apa.

Oke. Aku adalah Tim Jung Hwan. Tentu saja aku kecewa dengan endingnya. Apa yang membuat aku kecewa aku sudah mengatakannya dengan berkoar-koar di twitter semalam. Bagaimana aku sangat kecewa dengan perubahan ending yang sangat signifikan, bagaimana aku kecewa dengan female lead yang terkesan plin plan, bagaimana aku kecewa dengan tidak ada rasa berdebar-debar dengan psangan yang terpilih dan tentu saja aku kecewa karena mereka seolah membuang Jung Hwan layaknya sampah di akhir episode, pada tahap ini, dia hanyalah cameo!

Tidak dipungkiri, sebagai tim Jung Hwan dan HwanSunny shipper, aku sangat kecewa karena Jung Hwan dan Deok Sun ternyata tidak di takdirkan bersatu.
Kalian jelas tahu, point of view drama ini seja episode pertama adalah dari sisi Jung Hwan dan Deok Sun, lalu berubah ke pov Jung Hwan sejak episode 3, sejak alley scene itu.
Kita melihat semua kisah drama ini,, dengan menitik beratkan pada hubungan cinta segitiga, hampir semuanya dari sudut pandang Jung Hwan. Aku yakin shipper yang lain juga setuju.

Kita melihat bagaimana dia mulai menyukai Deok Sun dan memandangnya dengan cara berbeda, menunggunya di depan gerbang selama satu jam untuk berangkat ke sekolah bersama, melindunginya dalam bus, pergi ke McDonalds begitu di telpon, tersenyum diam-diam dan hampir menyatakan perasaannya pada Deok Sun, memberikan hadiah natal, menunggu sampai jam 2 malam dan menjemput dengan payung di rumah belajar, pergi ke konser bersama, meaw scene dan masih banyak lagi momen kebersamaan HwanSunny lainnya.

Kalian bisa melihat bagaimana pengorbanan Jung Hwan pada Deok Sun dan sampai saat Taek menyatakan perasaannya di hadapan teman-temannya, dia memilih mundur untuk tidak jatuh lebih dalam. Dan pada akhirnya, kita melihat bagaimana Deok Sun mendekati dan mendekatinya dan itu tetap tidak berhasil mempersatukan mereka. Sampai tahun 1994, kita bisa menarik kesimpulan bahwa Jung Hwan, sama sekali tidak tahu kalau Deok Sun pernah menyukainya.
Dan bahkan pernyataan cintanya yang tulus dan indah, akhirnya berubah karena lelucon oleh teman-temannya yang bahkan SEDIKIT PUN tidak menyadari kalau Jung Hwan menyukai Deok Sun.

Katakanlah penulis ingin membuat sebuah cerita tentang cinta pertama yang gagal / tak terbalas. Dimana Jung Hwan akhirnya menyatakan cintanya untuk melepaskan cinta pertamanya atau sejenisnya. Tapi, penulis gagal disini. Kenapa? Karena dia terlalu terik ulur dengan plot dan membuat semakin banyak orang yang percaya kalau Jung Hwan akan bersatu dengan Deok Sun.

Maksud aku disini adalah kalau dia ingin membuat cerita seperti itu, seharusnya dia lebih cepat mengakhiri cinta sepihak Jung Hwan dan membuatnya move on, dan sekaligus mengembangkan perasaan cinta tokoh yang dia inginkan bersatu, Taek dan Deok Sun.

Tapi apa? Dia drag plot sampai episode 18 hanya untuk POV Jung Hwan dan membuat kita berfikir masih ada harapan, bahkan sampai saat itu, bahkan saat Episode 18 dimana tahun 1994 saat ulang tahun Taek, aku masih merasa kalau Taek dan Deok Sun tidak ada perkembangan sama sekali. Mereka masih terihat hanya sebatas teman. Kemana saja mereka selama ini?! Tidak bisa kah mereka membuat Taek dan Deok Sun sudah saling memperlihatkan perasaan suka mereka berdua?

Maksud aku adalah, itu jelas Taek memang menyukai Deok Sun dari dalam hatinya. DAn itu benar kalau Taek adalah satu-satunya yang berani mengambil langkah dan tidak ragu-ragu pada akhirnya ia menyatakan perasaan sukanya pada Deok Sun. Tapi karakter Deok Sun malah tetap dibuat seperti dia masih 18 tahun dimana dia menyukai seseorang kalau orang lain mengatakan ada yang suka padanya.

Aku membaca ada yang mengatakan kalau Deok Sun memang menyukai Taek sejak dulu bahkan sebelum Jung Hwan, bahkan sebelum Sun Woo, oke, aku bisa melihat itu dari episode 20, karena ada flasback ke masa kecil mereka, TAPI APA? DIMANA PERKEMBANGAN KARAKTERNYA?!
Itu yang aku harapkan! Aku mengharapkan kita lebih awal melihat bagaimana Deok Sun memang suka pada Taek, tapi apa yang aku tangkap adalah dia hanya menganggap Taek sebagai adik kecilnya. Jujur saja, bagiku scene Taek dan Deok Sun sejak episode 1-16, itu hanya terlihat seperti Deok Sun yang menganggap Taek seperti adik kecil baginya, istilah di forum, babying him.

Mungkin aku yang salah baca maksud penulis atau aku terlalu delulu terhadap Jung Hwan, tapi itu lah yang bisa aku tangkap, bahwa sama sekali tidak ada debaran dan perasaan romantis saat Deok Sun menghabiskan waktu bersama Taek (Ep 1-18). Itu yang aku rasakan.

Bahkan di episode 17-20 aku benar-benar merasakan perubahan plot yang sangat besar. Dan aku masih merasa kalau penulis mengubah script-nya, kecuali untuk episode 18, aku merasa kalau itu adalah script aslinya, karena adegannya terasa mengalir dan begitu indah meski Jung Hwan patah hati disana. Kenapa aku mengatakan begitu?
Aku merasakan perubahan tiba-tiba sikap Deok Sun. Oke, sejak itu dia mungkin menganggap Taek sebagai pria di matanya, sejak Taek membatalkan janjinya dan dia tak bisa tidur setelah Taek menggendongnya. Aku bisa menerima itu. Tapi di episode 18, mereka membuat kalau Deok Sun masih kelihatan tidak ada perasaan apa-apa pada Taek, karena saat mereka membicarakan pacarnya, matanya masih tertuju pada Jung Hwan. Bahkan saat menyatakan perasaan itu, anggap saja kalau dia kaget kemudian merasakan itu hanya masa lalu, apalagi di sampai berubah menjadi candaan, aku yakin dia kecewa.

Sejak tim R88 break seminggu, aku dan bahkan k-netizen juga merasakan perubahan plot di episode 17-20, seolah kita menonton drama baru dengan memfokuskan pada Taek dan Deok Sun.
Mereka ingin mencoba menciptakan chemistry dan membangun cinta Taek dan Deok Sun hanya dalam 4 episode, tapi itu gagal membuat aku deg-degan. Ada banyak adegan ciuman mereka, tapi aku sama sekali tidak merasakan itu romantis atau apa, aku malah mengerutkan kening, lho kok jadi gini?

Ditambah lagi, screentime Jung Hwan semakin lama semakin berkurang.
Mereka ingin membangun hubungan cinta Taek dan Deok Sun menjadi lebih dalam dengan mengurangi screentime Jung Hwan. Karena apa? Kalau Jung Hwan ada, mereka nggak akan bisa fokus dengan TK & DS. Aku benar-benar marah saat melihat bagaimana Jung Hwan semakin lama semakin tidak kelihatan, menghabiskan banyak waktu di rmah belajar, menghabiskan waktu di markas Sacheonnya. WHAT THE?!

Setelah mereka memfokuskan semua kisah pada perasaan Jung Hwan di episode 1-18 (minus 17), semua tentang bagaimana perasaan Jung Hwan, POV Jung Hwan, tiba-tiba mereka membuangnya entah kemana?!
Aku bahkan merasa penulis membenci Ryu Jun Yeol, karena dia benar-benar hanya menjadi cameo di episode 20. Mereka membuang karakternya begitu saja, tidak ada plot lagi, bahkan kita tidak tahu dia kemana saat mereka mengambil gambar bersama dengan seluruh anggota keluarga saat pernikahan Bo Ra. Dan yang paling membuat aku kesal adalah kita tidak melihat dia muncul sama sekali di tahun 2016, bahkan Reply series yang lain membuat HAPPY ENDING bagi seluruh karakter di tahun 2013 dan 2014, tapi APA? Katanya ini drama kekeluargaan dan persahabatan? MANA DONG RYONG DAN JUNG HWAN DEWASA?

Ending drama ini dalam hubungan loveline benar-benar membuat aku ingin menyumpah serapah. Tentu saja masih banyak yang tidak terjawab sama sekali.
Untuk apa INTERVIEW 2015/2016 itu dilakukan?!
Kita tidak menemukan jawabannya. Untuk membahas kisah cinta Deok Sun dan suaminya?
Lalu kenapa POV tahun 1988 dan 1989 semuanya adalah POV Jung Hwan? Apakah kenangan Deok Sun dimasa itu dipenuhi oleh JungHwan? Konyol.

Makanya aku mengatakan penulis gagal membuat ending untuk drama ini.
Aku nggak masalah kalau Deok Sun bersama Taek, terserahlah, gue ga peduli gitu.
Tapi tidak bisakah mereka menjelaskan lebih detail kenapa dan kenapa?
Semua kenangan manis JUng Hwan dan Deok Sun saat 18 tahun, yang tahu hanya Jung Hwan dan Deok Sun. BAhkan TIDAK ADA SEORANGPUN YANG TAHU BETAPA JUNG HWAN MENCINTAI DEOK SUN SAAT ITU. SEMUA KENANGAN MANIS MEREKA ADALAH RAHASIA MASA LALU MEREKA.
Jika ujung-ujungnya Taek yang menjadi suami Deok Sun, lalu wawancara itu gunanya apa? Karena mereka menceritakan masa lalu mereka saat itu tapi adegan yang kita lihat kebanyakana dalah adegan-adegan manis JUng Hwan dan Deok Sun. HEOL. Aku ketawa nggak percaya dengan hal ini.

Seharusnya PD-nim memperdalam cinta Deok Sun pada Taek lebih awal, dan membuat perasaan Deok Sun lebih jelas sejak awal kalau dia menyukai Taek. TApi apa yang aku tangkap hanyalah dia plinplan dan terlalu bodoh untuk menyadari ada yang menyukainya. Dia excited saat Sun Woo menyukainya dan excited saat Jung Hwan menyukainya, ia bahkan menyukai Jung Hwan kembali dan berusaha menarik perhatiannya. Kemana semua perasaan itu?
Bukankah terlalu kejam melihat Deok Sun dan Taek pacaran dengan Jung Hwan disekitar mereka?
Oke, Jung Hwan mungkin sudah merelakan Deok Sun, tapi tidak bisakah penulis menemukan ending yang menunjukkan kalau dia merelakan Deok Sun? Seperti memperlihatkan kebahagiaannya dengan hubungan cintanya, dimana dia bertemu dengan gadis yang benar-benar mencintainya atau setidaknya dia punya pacar dan membawanya ke pernikahan Sun Bora?
Tapi pada akhirnya, jangankan ending untuk Jung Hwan, screentimenya pun hanya beberapa menit di episode 20.
Makanya aku mengatakan mereka membuangnya setelah ia berjuang keras dari episode 1-18.

Dari dalam lubuk hatiku, aku masih percaya 90% kalau penulis awalnya akan membuat Jung Hwan dan Deok Sun bersatu, tidak ada gunanya dia membuat sebanyak itu adegan manis, karena selama ini dalam setiap Reply Series dia tidak menyia-nyiakan momen seperti itu, tapi aku yakin dia mengubah script-nya.
Aku mendiskusikan bersama rekan soompi yang lain, Dimana sih kami salah menafsirkan kalau Jung Hwan harusnya yang berakhir bersama Deok Sun? Dalam hal ini aku tidak mengatakan Jung Hwan adalah second lead male, dia adalah LEAD MALE REPLY 1988!

Sejak awal episode, 100% suami Deok Sun persis Jung Hwan, dari sikapnya, dari gaya rambutnya, bagaimana mereka bertengkar, bagaimana dia mengatakan istrinya jelek, bagaimana Deok Sun menggigit tangan suaminya dan lain lain.
Itu adalah 100% kepribadian Jung Hwan. Kita bisa melihatnya dengan baik, kalau mereka merefleksikan Jung Hwan pada suami Deok Sun. Ya, mungkin itu adalah tipuan PD-nim, biasa, dia tukang troll.
Tapi bukanlah sangat kelihatan perbedaan sikap suami Deok Sun dengan tahun 2016 di episode 20?
Aku nggak tahu bagaimana mengatakannya tapi aku merasa Kim Joo Hyuk di awal-awal episode dan Kim Joo Hyuk di akhir episode 20 benar-benar punya kepribadian berbeda. LOL.
Aku bahkan nggak tahu kalau Taek punya dua kepribadian. Dan ini membuat aku tertawa. Jujur, kalian tidak akan bisa berubah secara signifikan bahkan setelah dewasa.
Bagiku Kim Joo Hyun diawal-awal episode adalah Jung Hwan, bahkan sampai episode 19, tapi di episode 20, itu memang Taek. Aku cuma bisa ketawa ga percaya.

Ada yang mengatakan kalau script berubah karena banyak spoiler yang berkeliaran. Toh, mereka syuting di luar, tentu akan banyak spoiler, memangnya apa masalahnya dengan spoiler?
Itu tidak akan mengurangi excited-nya fans untuk menonton, justru akan lebih excited.
Bukankah lebih bagus membuat ending yang rasional dari pada mengubah plot sehingga bagi sebagian yang mengikuti drama ini karena scriptnya merasa mereka menonton drama lain.

Apa gunanya mereka membuat Jung Hwan sebagai pilot dan Deok Sun sebagai pramugari kalau tidak ada paralelnya sama sekali? Aku yakin awalnya mereka ingin membuat Jung HWan dan Deok Sun adalah couple on the air, karena tidak ada alasannya membuat Jung Hwan dan Deok Sun bekerja di bidang yang sama / mirip. Bahkan sampai akhir kita tidak menemukan alasan kenapa Deok Sun memilih menjadi pramugari, bukankah itu sangat aneh?
Aku yakin Deok Sun ingin menjadi pramugari ada hubungannya dengan Jung Hwan menjadi pilot.
Desas desus kissing di bandara itu sepertinya benar. Mereka sudah syuting adegan itu tapi spoiler keluar dan mereka kesal, kemudian mengubah endingnya.

Kita bahkan tidak menemukan alasan kenapa Sun Woo dan Bo Ra melakukan pernikahan di gedung Angkatan Udara. Ada yang mengatakan kalau mereka sudah booking tempat itu sudah lama untuk pernikahan Deok Sun dan Jung Hwan, tapi karena mereka mengubah script, mereka memutuskan itu pernikahan untuk Bo Ra dan Sun Woo, mereka bisa menggunakan alasan dulu ayah Sun Woo adalah pilot angkatan udara. HEOL.

10%-nya aku menganggap penulis tidak mengubah script karena sejak awal dia berniat membuat Deok Sun dan Taek bersatu. Dia ingin membuat kisah cinta mereka pelan-pelan sekaligus ingin membuat Jung Hwan mengalami cinta tak terbalasnya. Tapi terlalu banyak yang suka pada karakter Jung Hwan dan mereka menjadi bingung dengan hal itu.
Mereka menggunakan Jung Hwan untuk mendongkrak rating, karena kita tahu banyak yang suka padanya, tapi mereka benar-benar kejam dengan memperpanjang masa galaunya, melihatnya kecewa dan lain sebagainya hanya untuk membuangnya pada akhirnya.

Chilbong bahkan masih mendapatkan takdir yang lebih baik. Dia mencintai Na Jung, dia menunjukkan bahwa dia sangat mencintainya, ia sempat mengatakan cintanya dengan baik dan hanya berdua dengan Na Jung, dan kemudian Na Jung menunjukkan rasa terima kasihnya karena sudah mencintainya dan akhirnya Chilbong bisa melepaskan cinta pertamanya.
Nah. Jung Hwan?
Aku tak bisa berkata apa-apa, setelah semua yang ia lakukan, mereka bahkan tidak bisa merawat karakter Jung Hwan lebih baik, screentime-nya di potong, dia selalu memikirkan keluarga dan sahabatnya, dia muncul cuma di saat penting dan lagi, dia menghilang dibeberapa bagian pernikahan Bo Ra, dia tidak mendapatkan pacar dan bahkan tak muncul di tahun 2016.
Bukankah ini drama keluarga? Bikankah setidaknya kita bisa melihat para Ssangmundong 5 berkumpul bersama ditahun 2016?

Jujur saja, nostalgia adalah titik utama drama ini sejak awal.
Sejak episode 17-20, rasa nostalgia itu menjadi pudar LOL

Mungkin ada yang bilang ini 'hanya sekedar drama' jangan terlalu diambil hati.
Well, aku sudah ada di dunia per K-dramaan sejak tahun 2004 (kalo aku ga salah ingat) dan jujur saja, bagiku sebuah drama bukan hanya sekedar drama.
Terserah ada yang bilang aku terlalu delulu atau bagaimana, tapi sebuah drama bagiku, bisa memberikan efek yang besar dan bahkan aku akan selalu kepikiran setelah bertahun tahun.
Aku masih ingat bagaimana aku menyukai Princess Hours dan aku terus membayangkan karakter mereka sampai aku kelas 3 SMA dan bahkan menulis banyak cerpen tentang mereka.

Itu aku, yang terengaruhi oleh karakter dalam drama.
Aku tahu harusnya tidak terlalu shipping dan lain sebagainya, tapi tidak bisa. Kali ini tidak bisa.
Aku merasa tertipu dan dibohongi.
Iya, itu benar, aku sedikit membenci karakter Deok Sun disini, dalam hal hubungan cintanya.
aku begitu menyukai dia bersama keluarganya, bagaimana dia terlihat selalu ceria dan menyelesaikan masalah dengan baik. Hubungannya dengan family memang the best. Tapi untuk hubungan cinta, aku tidak menyukai karakternyat, aku lebih menyukai Bo Ra.
aku emngatakan kalau Na Jung teryata jauh lebih baik, karena perasaannya tidak pernah berubah sama sekali, sejak awal dia menyukai Oppa.

Kalian bisa bilang kalau karakter Deok Sun memang ada di dunia nyata, dan itu benar.
Tapi ini adalah sebuah drama, tidak bisa kah kita tetap menyukai karakter Deok Sun meski ia akhirnya menyukai Taek?
Maksud aku adalah penulis gagal mengembangkan karakternya dan Taek / hubungannya dan Taek.
Sejak episode 1-18, kalian tidka bisa menolak kalau drama ini fokus pada persfektif Jung Hwan. Semuanya tentang Jung Hwan dan perasaannya.
Tapi tiba-tiba semuanya berubah dengan cepat dan plot jadi aneh, terutama sejak mereka take break 2 minggu itu.

Kalau seandainya mereka lebih cepat menumbuhkan perasaan cinta antara Deok Sun dan Taek, maka kita tim Jung Hwan akan lebih mudah menerimanya.
Maksud aku disini adalah, TAek JELAS menyukai Deok Sun dan aku tidak pernah meragukannya. Hanya saja, perasaan Deok Sun tidak jelas. Oke kalau dia baik pada TAek, tapi sebagian orang menangkapnya dia baik seperti seorang kakak pada adik dan beneran ga ada romancenya. Satu-satunya adegan yang membuatku berfikir Deok Sun menyadari TAek sebagai seorang pria hanay saat di lapangan bola itu. Bukankah itu sangat terlambat?
Kenapa mereka tidak membuatnya jauh lebih cepat dan mulai mengembangkan karakter Deok Sun yang menyukai Taek dan juga hubungan keduanya semakin dekat dan dekat?
Kalau penulisnya membuat seperti itu, aku yakin aku nggak akan sekecewa ini.
DAn lagi, bukankah Taek terlalu mudah mendapatkan tokoh utama kita? BUkannya Deok Sun bilang kalau mereka berdua sulit untuk menikah? aku makin nggak ngerti.
Bagaimana PD-nim dan SW-nim akan menjelaskan semua keganjalan dan semua pertanyaan tim Jung Hwan?
Aku bahkan nggak mengerti kenapa Deok Sun san suaminya di wawancara dan flasback malah menceritakan cinta JUng Hwan. Non Sense!

Pada akhirnya, apa yang aku syukuri adalah Jung Hwan tidak menikah dengan Deok Sun.
Ya, Jung Hwan, dia pantas mendapatkan wanita yang lebih baik dari pada Deok Sun. Aku mencoba berfikir positif mungkin itu maksud penulis.
Tapi bukankah terlalu banyak hal yang masih mengganjal selain yang diatas?
Bukankah ada banyak hal yang mengganjal di hati kita, dan tentu saja aku?

  • Bagaimana dengan cincin Jung Hwan? Apakah ditinggalkan begitu saja?
  • Bagaimana dengan kemeja pink itu, tidak bisakah mereka setidaknya membiarkan Jung Hwan menjelaskannya atau membuat Deok Sun tahu kalau selama ini dia salah paham? SW nim takut melakukannya karena jika Deok Sun tahu maka dia akan kesulitan membuat Deok Sun berakhir dengan Taek.
  • Jadi apa gunanya kita melihat Jung Hwan mengepak kemeja pinknya saat dia akan pergi ke Angkatan Udara?
  • Bahkan Si Won menyelesakan kisah cintanya dengan Tae Woong, bahkan Na Jung menyelesaikan dengan baik dengan ChilBong. Dan bagaimana dengan Jung Hwan? Bahkan tidak ada yang pernah tahu kalau ia mencintai Deok Sun sangat dalam, kecuali kita. Taek mungkin tahu, tapi dia tak tahu sedalam apa, dia cuma liat dompet itu doank.
  • Untuk apa mereka memasukkan film Forrest Gump di episode 18? Bahkan tokoh film itu bersatu setelah berpisah beberapa tahun.  MAkanya aku mengatakan episode 18 masih merupakan naskah asli penulis.
  • Kita bahkan tidak mendapatkan penjelasan mengenai sarung tangan pink yang udah entah kemana dan tentu saja kemeja pink itu juga. Paralel yang sangat jelas dan disia-siakan.
  • Future hubby personality, udah ga perlu di tanya lagi.
  • Screentime Jung Hwan bahkan lebih sedikit dari pada botol soju dan bir di episode 19 dan 20.
  • Sangat aneh melihat Deok Sun dan Jung Hwan yang seolah-olah menjadi orang asing di episode 19 dan 20, mereka bahkan tidak ada screen bersama dan hanya bicara sedikit di episode 19. Seolah-olah selama ini Jung Hwan hanya tokoh sampingan yang dilupakan.
  • Deok Sun bangun pagi-pagi hanya untuk satu bus dengan Jung Hwan, Ia berusaha meyakinkan Jung Hwan untuk ke konser bersamanya, ia memberikan hadiah ulang tahun untuk Jung Hwan dan berdandan maksimal ke pesta ulang tahunnya, ia bahkan pura-pura terluka agar bisa skinsip dengan Jung Hwan, dan di episode 20, kita melihat flashback Deok Sun yang selalu mencintai Taek? HAHHAHAHAHAHAHA. Are you kidding me? Kemana semua perasaan itu? Apakah itu semuanya hanya mimpi belaka? LOL
  • Bahkan MBC musik festival saat itu, bukankah Deok Sun mengatakan mereka menonton di rumah? Bukankah saat itu Taek tidak ada?
  • Kenangan yang diceritakan Deok Sun dewasa kebanyakan adalah tahun 1988 dan 1989, bukankah saat itu kita jelas melihat cinta Deok Sun hanya untuk Sun Woo dan Jung Hwan? Karena bagiku, Deok Sun dan Taek tidak lebih dari kakak adek saat itu.
  • Plotholes Everywhere, WENYEOL!
  • Perasaan Jung Hwan untuk Deok Sun, alley scene, miaw scene, bus scene, use your head and think carefully why I come, JH smile when his dad and DS do gag, UNTUK APA MEREKA MENAMPILKAN SEMUA INI MEMBUAT KITA JATUH PADA JUNG HWAN LEBIH DALAM KALAU AKHIRNYA DIA HANYA MENJADI CAMEO DI EPISODE TERAKHIR T____T
 
 
  • Jung Hwan melakukan semuanya untuk membahagiakan orang tuanya, memberikan cinta pertamanya pada sahabatnya, mengabulkan impian kakaknya yang sekarang menjadi impiannya, Ia menyimpan perasaaan cintanya sendirian, menahan sakitnya sendirian dan dia mengabdi untuk negara, pada akhirnya dia tidak mendapatkan apa-apa, bahkan tidak untuk screentime? Bahkan untuk kehidupan cintanya dan juga karirnya?
  • Bagaimana dengan Dong Ryong yang juga menjadi cameo di akhir episode? Bahkan ada yang mengatakan dia dan Jung Hwan kawin lari saat pernikahan Bo Ra dan Sun Woo HAHAHHAHAHAHA makanya mereka menghilang.
  • Mereka mengatakan kita terlalu bias pada Jung Hwan, lalu kenapa kebanyakan fans juga merasakan ketidakadilan yang sama pada karakter Jung Hwan?
  • Mereka melemparkan semuanya untuk membuat Taek menjadi suami Deok Sun, semua perkembangan di 10 episode pertama tidak ada artinya sama sekali.  Aku masih tak habis pikir bagaimana penulisnya bisa memilih ending yang seperti ini. Sebagian dari dalam diriku masih tidak menerima Taek menjadi suami Deok Sun, aku, pribadi, tidak menemukan sesuatu yang berdebar-debar disana. LOL
  • Taek dan Deok Sun berakhir dengan terlalu cepat. Maksud aku adalah tidak ada rintangan yang berarti dalam kehidupan cinta mereka. Mereka berdua lancar-lancar saja, makanya lovey dovey, pelukan, kissing scene dan bahkan saat mereka mengatakan saranghae, sama sekali tidak memberikan efek bagi aku pribadi yang menonton. Bahkan adegan bed scene Jung Hwan yang cuma bilang 'halkke' lebih memberikan efek berdebar-debar.
  • Taek adalah yang paling beruntung dalam drama ini diantara 5 geng. Dia mendapatkan ibu, semua orang menyayanginya, ia punya sahabat-sahabat yang baik dan ia bahkan mendapatkan Deok Sun dengan cukup mudah. Jangan katakan kalau dia juga kesulitan menahan perasaannya karena menangis waktu itu, itu nggak ada apa-apanya dengan perjuangan Jung Hwan. Ya, pada akhirnya Jung Hwan kalah karena dia selalu ragu-ragu, aku akui hal itu. Aku tidak menyalahkan karakter Taek sedikitpun, aku hanya kecewa dengan karakter Deok Sun.
  • Aku tahu sejak awal mereak juga memperlihatkan kalau Taek selalu ada disaat Deok Sun membutuhkan dan aku akui akan hal itu, tapi aku benci karena penulis lebih memfokuskan pada Jung Hwan dan ekspresinya, itu membuat kami lebih banyak berharap. Tapi apa? Pada akhirnya mereka tak bisa merawat karakter Jung Hwan dengan baik

Pada akhirnya hatiku di penuhi dengan kekecewaan, hancur berkeping-keping, seperti kau diterbangkan lalu dihempaskan ke bumi. TApi jangan salah sangka, aku tetap menyukai drama ini karena kekeluargaannya, aku yakin suatu saat nanti aku akan mengulang drama ini dengan tersenyum kembali, tapi aku bisa menebak kalau aku mengulang menontonnya, aku rasa aku tetap akan jatuh cinta pada Jung Hwan.

Bagiku, Reply 1988 berakhir di Episode 18. Biarlah itu akan menjadi bittersweet ending.
Aku berencana setelah drama ini berakhir aku akan membuat banyak MV tentang Jung Hwan dan Deok Sun, bahkan BTS mereka dan diluar Reply juga. Tapi aku rasa aku tak sanggup, itu terlalu menyedihkan dan aku menyesal sudah mendownload banyak video variety Hyeri di youtube.

Aku tahu itu hanya Deok Sun dan Taek, bukan Hyeri dan Park Bo Gum. Tapi untuk saat ini aku tidak bisa. Bagiku Hyeri adalah Deok Sun dan Taek adalah PArk Bo Gum. Aku bahkan tidak ingin melihat wajah mereka di layar laptopku sekarang.
Aku mengerti aku jatuh terlalu dalam dan aku pribadi bahkan tidak mengerti kenapa ini terjadi padaku.

Tapi aku sama sekali tidak menyesal menonton Reply 1988.
Karena aku menemukan Ryu Jun Yeol sebagai salah satu aktor yang akan bersinar. Aku akan terus mengikuti drama-drama dan movienya, tentu saja. Itu akan membuat aku lebih cepat sembuh dari sakit hati ini.
Aku jadi sedikit mengerti bagaimana sakitnya menjadi tim Chilbong saat Reply 1994, karena aku waktu itu tim Trash Oppa. Mungkin ini adalah karma HAHHAHAHAHAHHAHAHA.
Tapi bahkan tim Chilbong masih bisa menerima kenapa Na Jung berakhir dengan Trash Oppa, karena sejak awal hati Na Jung tidak pernah berubah dan aku SALUT pada Na Jung.

Jadi kesimpulannya adalah aku sangat kecewa dengan ending Reply 1988 ini.
10% karena Deok Sun berakhir dengan Taek dan 90% karena mereka mengabaikan karakter Jung HWan. Seandainya penulis fokus pada love line sejak awal episode, membuat perkembangan bagaimana Jung Hwan melupakan Deok Sun dan membuat Deok Sun mulai menyadari cintanya lebih awal (misalnya dari ep 15) maka aku yakin kalau drama ini akan menjadi drama yang terbaik.
Sayangnya, 4 episode tidak cukup mengakhiri semuanya, LOL.
Dan 1 episode untuk memperlihatkan lovey dovey Taek dan Deok Sun, terasa sangat hambar dan boring. Bahkan kisah cinta SunBora yang awalnya terasa boring menjadi pemenang di akhir episode ini. Karena kisah cinta mereka menjadi menarik dan mengharukan.
Pada akhirnya Deok Sun menikmati kemanjaan Taek sih, ya sudah lah.

Awalnya aku berfikir Reply 1988 akan menjadi Reply terbaikku, tapi ternyata tidak.
Setelah aku fikir lagi, yang terbaik bagiku tetaplah Reply 1997. Tidak ada plot yang dipanjang-panjangin, ceritanya cepat, jelas, to the point, meski ada husband hunting game, tapi semuanya berakhir dengan jelas dan mengharukan. Sung Si Won tetap menjadi favorite aku dan Yoon Yoon Jae tetap menjadi the best character, diikuti oleh Kim Jung Hwan dan Trash Oppa juga :)

Aku akan berfikir ulang jika ada Reply series selanjutnya.
Aku tidak akan percaya lagi dengan script, aku tidak akan percaya lagi dengan hint. Karena bahkan jika mereka mengarah pada satu nama, penulis bisa benar-benar mengubah 180 derajat ke arah berlawanan, bahkan jika endingnya menjadi aneh. Tapi aku tetap mengakui kalau mereka memilih aktor dan aktrisnya dengan sangat baik.
Ingat ya minyu, meskipun ga ada chemistry sama sekali, meski kamu jatuh cinta pada tokoh lain lagi, yang patah tulang adalah suami si tokoh utama wanita.

Entah ini akan menjadi postingan terakhirku tentang Reply 1988 atau tidak, kita lihat saja nanti. Begitu aku menemukan hatiku kembali, aku akan memulai lagi. Tapi seperti judulnya, hatiku sekarang sangat kosong. Setelah semuanya, ternyata berakhir sangat menyedihkan.
Aku tahu semua tim Jung Hwan mengalami hal yang sama, kita menyukai drama ini tapi kemudian dilemparkan ke bumi dengan sangat keras di akhir episode. Bahkan harapan 1% pun sudah tidak ada disuguhi dengan ending yang sampai detik ini masih belum bisa di terima, karena uri Jung Hwan, menjadi cameo T___T
Bukankah tulisanku sangat panjang?
HAHHAAHAHAAHAHAAHAHA
Aku yakin kalau ada tim Taek yang membacanya mereka akan marah, tapi well, ini berdasarkan pendapat aku pribadi. So? Tiap orang punya pemikiran yang berbeda kan?
Aku hanya kecewa karena mereka tidak bisa lebih baik pada karakter Jung Hwan. Karena itu Episode 18 adalah episode terakhir bagiku.
Kim Jung Hwan mungkin tidak mendapatkan cinta pertamanya, tapi dia mendapatkan cinta dari seluruh negeri :)

Destined to meet, but not destined to be together. Sometimes, people are meant to stay in your heart, but not in your life. Its true first love sometime cant work even you try your best. But, you cant forget it, because it's really pure love...

I am not disappointed enter to this ship. I'm not disappointed, after all time I cheer for you.
I'm glad I know you and love you until know.
I know you happy with your choice, i know you happy with your family that love you so much. I know how you really loves your friends, but sometime you also think of your happiness too.
Someday, sometime we will met again Kim Jung Hwan. I hope that time, if we meet again, you already find your new family, your new love and I know that girls is so lucky to have you as her husband and to have your family as their family.
Someday, sometime, even I back in time, i will love you again and again...
You is Male Lead in my herat.
That memories is real.
Your love is real.
You made right choice, even they abadone you, but you know entire world love you.

Ryu Jun Yeol.
See you later in your next project.
I'm glad find you in this series.
I'm glad I choose to love you.
You Do Your Best.
'You know, my concern is always you. You. I like you. I love you....'


With Love #TeamJungHwan
Hazuki Airin :)

133 comments:

  1. Hai kak , aku setuju sama kakak, aku excited banget nonton drama ini dari awal aku baru nonton tuh pas awal awal tahun baru aku abisin 2 minggu buat nonton drama ini soalnya aku uda dibuat jatuh cinta sama junghwan karena perjuangan dia ke duksun , aku selalu liatin apa aja teori teori yang di simpulkan orang orang ttg junghwan dan duksun jujur aku kepikiran terus mau ngapa ngapain tentang drama ini , ceritanya sederhana tapi bisa buat aku nangis dan ketawa ngakak , dari eps awal kalo emang penulisnya mau nya taek mestinya dia ga buat cerita tentang junghwan ckckck aku setuju sama tulisan kaka disini. Kemarin malem aku sampe nangis kenapa kok begini . Yah aku sih uda siapin hati dari eps 19 cuman yah aku ngerasa aneh aja ini terlalu cepet buat taek dan duksun , emang pas awal aku suka taek cuman makin kesini taek itu aku liat kurang peduli pas aku uda suka ama junghwan dia baru menunjukkan rasa ama duksun , tapi banyak hikmah si yang aku dapet dr scene kekeluargaannya sama dari junghwan kalo mau sesuatu jangan ragu ragu karena takdir bukan dr kebetulan tapi dari ketepatan :) terima kasih buat drama reply 1988 uda mengenalkan Ryu Jun Yeol semoga oppa main drama yang lebih baik sama ntar jam 3 nonton v appnya kak terus aku juga ga sabar nonton film dia brg suho jisoo hahaha
    Maaf ya kak commentvaku panjang , commentvaku ini bentuk kekecewaan pada endingnya yang menurutku ini agak aneh untuk diterima karena tidak ada jawaban yang didapatkan hahahaha makasih kak uda buat spoiler dll aku suka baca tulisan kaka :)

    ReplyDelete
  2. Setuju banget Airin, aku juga sebel kenapa semua berubah dalam sekejap cuma karena 2 episode, rasanya masih gak percaya, semua mengarah ke JH, tp di dua eps trakhir langsung berubah total, seolah2 JH gak ada artiny lg, seolah smua kerasa dipaksakan tp gk ada feelnya sama skali, dan iya, masih bagus reply 1994 yang bahkan masih ada kejelasan antara cinta chillbong dan najung, lah ini? Jd perjuangan Jh selama ini sia2 dong buat apa ditampilin sampe ada adegan flashback di eps 18 banyak kalo cm endingnya gni? Worst ending ever.

    ReplyDelete
  3. 20 episode, di ending kita disuguhkan tutorial buka kaleng monde..
    EMBHEKKKKKKKKKK...

    kepribadian future husband DS emang beda bgt di awal episode sama di akhir..
    asli ini loveline nya DS-TK maksa abisssss..

    setuju sm airin reply 1997 the best..

    ReplyDelete
  4. Junghwan deserves a better girl airin. Fighting
    Ak baca di soompi katany ad reply 1980 yaa

    ReplyDelete
  5. Setuju! Buat apa dari awal episode repot-repot ngebuat seolah-olah itu kisah cinta DS-JH. Buat sifat taek sendiri, awal episode kita disuguhkan sifat taek yg "u know lah ya", okelah gw paham kalo misalnya sifat emg bisa berubah dg berjalannya waktu, tp masa dari dia kecil sampe umurnya 17/18 (itungannya SMA kelas 2) dia ga bisa memiliki sifat yg kita liat di ending cerita. Baru pas gede, dia lbh playful lalala. Jd ya gw makin mikir, emg ini ada pembelokan alur cerita. Kambing. Satu lahi, bahkan di ep 19 pas DS baca tulisan di plakat buat Papa Sung, kamera ngeshoot satu per satu muka-muka pemainnya, tp cuma JH yg ga dishoot. Apa-apaan coba maksudnya...? Dan ga ada interaksi antara DS-JH, udah gt aja, kaya ga kenal lg. Sia-sia bang sia-sia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya aku bilang JH itu came di ep 19 dan 20, dy cuma ga jadi cameo pas bagian cerita keluarga KIm.
      Sumpah lah, penulisnya ini parah banged!

      kayaknya dia punya dendam sama Jung Hwan.

      Delete
  6. Aku menghindahi baca sinopsis sejak berakhirnya ep 18. Tapi tetap menyakinkan diri untuk nonton streaming bahkan hingga akhir ep 20. Bodohnya aku. Aku benar benar kecewa sama ending drama ini. Sama seperti kak airin. Semuanya terasa tidak adil bagi katakter junghwan. Selama menonton mencari cari dan menunggu kapan ada scene junghwan, scene seperti apa, apa bahagia, apa sedih, sayangnya ep 20 menampilkan junghwan dalam waktu 2 menit. Kecewa, sedih, dan bingung. Aku bingung harus melakukan apa? Nangis akhirnya.
    Bahkan aku berpikir kalau lee soo jin akan menjadi junghwan dewasa. dan choi ji woo akan menjadi istri junghwan. Park bo young menjadi istri junghwan yang masih mudanya. Dan aku membayangkan di ep 20 akan ada scene gang ssammundong kumpul bersama dengan anak anaknya. Dong ryong nyong menjadi yoo jae suk dengan istrinya chae yoon. Aku bahkan sempat memilih siapakah aktor dan aktris anak yang cocok kalau akhirnya mereka bertemu dengan anak anaknya. Aku bermimpi anak junghwan dan istrinya itu jisoo dan kim soohyun. Anaknya bora bernama jaewoo itu diperankan oleh d.o . anak dong ryung nyung masih kecil. Aku terlalu bermimpi banyak untuk ending yang bahagia bagi drama ini.

    Aku pasrah dengan ending yang dibuat oleh pd nim dan sw nim. Aku ingin akan banyak muncul fanfiction yang di buat dengan script yang endingnya membahagiakan geng ssammundong.

    Maaf kak airin. Komentarnya terlalu panjang. Makasih sudah mencurahkan segalanya untuk tetap bertahan dengan drama reply 1988 hingga akhir. Hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku banyak banyak beristigfar dan alhamdulillah saat beres nya drama ini. Aku bisa menjadi diri aku seutuhnya lagi. Aku merasa selama ada drama ini aku menjadi orang lain, yang menjadikan reply segalanya. Buka blog sana sini. Buka forum sana sini. Chat di beberapa chattago. Stalker di banyak medsos. Ngulang berkali kali nonton untuk mencari hint dan mencocokan teori. Mensketsa rumah rumah gang ssammundong. Aku berterima kasih karena ini sudah usai. Dan bisa kembali ke dunia nyata. Mungkin semua orang yang menyukai reply sama gilanya denganku. Bahkan mungkin lebih. Dan merasakan perubahan aktivitas yang signifikan sejak mengikuti drama ini dari awal hingga akhir. Terimakasih untuk semua team junghwan yang saling menguatkan dan menyenangkan.

      Ryu Joon Yeol tetap rising star bagi seluruh penonton reply 88. Kim Jung Hwan dan keluarga Kim adalah keluarga terbaik. Jungbong dan Junghwan adalah sibling terbaik. Setelah ini aku bakal support RJY dan akan menantikan RJY di drama, film, cf, photoshoot, magazine. Ayo semangat lagi team junghwan. Ayo kembali jadi diri kita yang dulu (bagi yang merasakan perubahan signifikan). Pemeran reply 1988 semuanya sulit dilupakan. Cheer up!! Hug. :)

      Delete
    2. hahaha sama gilanya kita. aku sampai gak selera makan dan gak bisa tidur setelah streaming ep 19. tapi begitu ep 20 end, awalnya aku syok, gak terima sampai curhat berkali-kali dimari. tapi setelah itu aku lega. meski masih gak puas banget sama endingnya.

      Delete
  7. Setuju...
    Masih gak ngerti dengan keputusan SWnim ubah plot loveline-nya. Jadinya plot holes dimana mana.
    Harusnya drama ini bisa berakhir sempurna. Tapi sayangnya jadi gagal...
    Troll penulisnya terlalu lebay 😕
    Harusnya R88 rampung syuting dulu sampai ending baru tayang. Supaya gak pusing bocor spoiler dan gak pusing dengan berbagai argumen2 dan komentar penonton.
    Sayang sekali...

    ReplyDelete
  8. airin, aku bacanya jd nangis,
    ya ampun ternyata aku jg mendalami peran Junghwan dlm drama ini,
    tulisanmu mewakili perasaan sedih kami,
    drama reply the best family,,

    ReplyDelete
  9. Tadinya gue juga mikir ini series paling bagus.. gue bahkan gak nonton sma skli 1994.. liat ending bgini.. tetap shi won yg dbest... takdir jung hwan ditangan penuliz
    .. mungkin setelah chilbong dan junghwan kita tahu klo penulis punya jiwa masokis.. kecewa

    ReplyDelete
  10. airin postinganmu kali ini bner2 ngungkapin unek2ku dari smalem, reply 1988 bner2 mngecewakan , awal2 nonton udah lgsg suka sama jh n ds , ds yg dulu bgitu brsinar eh pas akir2 malah jd kyk gtu, taek juga pas awal kesengsem rasanya , cute2 gimana gitu, eh pas trakir kok ya mlah jd gak simpati , sriusan males rasanya nonton ds n taek, mreka udah gak shining kyk dulu lagi,gini nih yg bikin prefer k drama thailand, mreka syuting dselesein dulu sampai tamat baru d siarin,gak kbanyakan drakor mreka syuting trus tayang mggu dpannya, mkanya jd banyak spoiler bertebaran, aq akui aq team junghwan sgt kecewa dgn ending drama ini, barusan tengok netizenbuzz juga banyak yg kecewa knetz juga banyak bgt yg kecewa , mreka smua bertanya untuk apa smua pov junghwan trhadap ds n pengorbanannya kyk gak hargain nget,trxta berakir hanya jd cameo, ya ada bberapa team taek yg memberikan pmbelaan mreka sbenarnya mngakui klo ada yg aneh sama bbrpa episode trakir,tapi mreka gak mau ngakuin pengorbanan junghwan yg bgitu bnyak itu n so many undeniable clues about jh,dgn alasan taek juga brkorban wlopun hanya sdikit, yg mreka banggakan taek itu berani gak ragu2 JUST IT.
    trserah team taek mau marah , kita bebas mngeluarkan pendapat .
    yg jelas scriptwriter ini bner2 keterlaluan, gak lagi2 deh nonton reply series, for me reply 1997 is the best, plotnya gak dpaksain wlopun critanya mudah ketebak tapi ttp bikin banyak fans terkesan sampai skrg, smoga ini bisa bwt pelajaran scriptwriter jgn terlalu merasa d atas angin karena drama ini ratingnya tinggi,mainin hati penonton, truz bikin plot twist yg konyol d akir cerita,I hope no more reply series in the future.

    ReplyDelete
  11. Setuju... yg aku gk hbis fikir apa krna doeksun digendong taek trs dia krfkrn taek.. trus slama ini semua yg udh dilakukan junghwan ke doeksun ko gk ada klas balik doeksun kefkrn junghwan pdhl itu lbh mendbrkan dibndnkan digendong taek... aku fkr ya krna junghwan bkln jdi suaminya ity berarti akan ada kilas blik doekaun memikirkan semua tingkah dan prjunan junghwan.. tpi kenyataanya kan engk... trus klau mslnya doeksun mlai ada prsaan ke taek krna insiden ciuman itu, knpa mrka hrus nunggu 6 th cmn buat jadian pdhl mrka srng ktmu....knpa dan knpa ep 18 mash kliatan klau yg doeksun fkrkan junghwan.. wktu doeksun ktwa soal artis yg menyukai taek doeksun ktwa ngkak abis.. tpi wktu kim junghwan blng dia fans berat artis itu knpa raut wjhya doeksun brbh. Dan plotnya sumpah itu ep 19 geje bnget.apa doeksun mash sprti anak sma, stlh adgn kss di hotel doeksun senang bnget.. aku mkrnya doeksun mash SMA.. saat ada orng yg menyuakinya mka ia menyukai lgi.. itu terjadi ke taek.. jlas stlah mrka kiss skap doeksun brbh lgi.. kyknya klau junghwan yg kisa dluan dia bkln ska junghwan lgi.. haha karakter doeksun ini yg aku gk ska..

    ReplyDelete
  12. Setuju...
    reply 1988 plin plan...makanya sy blng kekuatan menulis tuk reply kali ini melemah...semuanya gak logis..

    ReplyDelete
  13. Airin ntr kan Ryu jun yeol mw ada V special..di review juga ya please soalnya senang bacanya klo direview sama airin..hihihi.

    ReplyDelete
  14. Sabodohlah RJY didrama nggak dapet DS, nggak dapet cewe baru, nggak dapet happy end. Etapi dia banyak dapet cinta dari banyak orang, liat aja tuh Instagramnya bejibun komen lope2 semua. Saya nggak ngerti huruf hangulnya sama sekali tapi yang pasti dia menerima cinta dari semua orang. Lah penulisnya dapet apa selain protes fans? dapet pasangan TK-DS (pasangan tergaring dalam semua kisah cinta yg ada) iya.
    Makasih Thor buat poin JH-DR kawin lari itu, asli sangat menghibur dan membuat ngakak, karna habis nangis baca postingan diatas. insta RJY @ryusdb follow yok rame2 ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEHEHEHEHEH AKU KETAWA LIAT KOMENUMU SETUJU BANGET.... SEMUANYA JATUH CINTA SAMA RYU JUN YEOL... SAYA JUGA UDAH FOLLOW IGNYA tapi entah mengapa rasanya sgera akan unfollow IGNYA HYERI.... KEKEKEKEKEK

      Delete
  15. Bahkan 3 temanku yg taek shipper pun yakin lho kl suaminya itu Junghwan. Salah satu dari mereka malah pindah ke teamJunghwan di episode2 akhir. Karena tau dari reply series sebelumnya karakater yg banyak rintangan dan menderita itu yg akan jadi pemenang.. dan di akhir episode pun mereka merasa tertipu krn yg menang taek hahahaahhaa...

    ReplyDelete
  16. Owh penulis start dr princess hours tho
    Maafvy bahkan sebelum saya penggemar drama korea saya penggemar drama jepang
    Dan seingt saya drama jorea yg saya tonton adlh endless love songhyo kyo dan wobin
    Sdgkan darama jepang tokyo love story

    But its still to enjoy it.....no matter how its ends the story still the story

    Except if the memories going to be story

    Kl mau di bawa baper drama korea km tonton aja tree of heaven lbh gila tragis

    So just mope on coz its not reality
    They act jus for entertain us

    Saya cm gagalpaham aja
    WHY SO SERIOUS

    Ambil aja yg bagus dr R88 makna kebersamaan mslh cinta atw engga y sesuai selera

    ReplyDelete
  17. nih aku kutip 1 komentar dr netizenbuzz, dsana tiap ada netter yg mngeluh team taek slalu datang menyanggah tapi bwt komentar yg satu ini tak ada tanggapan sama sekali dari team taek lol check it out

    what i hated the most was tvn and reply 1988 selling Junghwan's first love as the main point of this drama HAHHAHAHA

    A Little Girl - Oh Hyuk ver would not be able to top the charts for so long if not for the Junghwan x Deoksun fans????

    And what was the use of his wonderful and bittersweet coming of age arc from having a dog-like personality to finally a human being who can show emotions?? and even pursuing the dream that Jungbong cannot be????

    WAS THAT NOT WORTH ANY SCREEN TIME FOR THE FREAKING FINALE????

    And sorry, Junghwan's "saranghae"/"i love you" was much more iconic, raw, real, and definitely memorable than Taek/Deoksun's exchange of "i love you"s.

    WHY WAS JUNGHWAN AT SACHEON FOR ALMOST THE WHOLE EP 20
    AND WHAT THE FUCK HAPPENED TO THE RING
    DID DEOKSUN EVEN KNOW THAT JUNGBONG CANNOT FIT IN THAT PINK SHIRT SHE GAVE FOR JUNGHWAN
    DID DEOKSUN EVEN REMEMBER HER WAKING EARLY IN THE MORNING JUST TO GO TO SCHOOL WITH HIM
    THE FUCK WAS THAT "SEE YOU TOMORROW" SHIT
    DID JUNGHWAN EVER TELL ANYONE THAT HIS CONFESSION WAS REAL
    WAS SHE EVEN MOVED BY THAT CONFESSION
    WHAT THE FUCK WAS THAT FORREST GRUMP FEATHER THING
    WHY THE FUCK WAS 2016 DEOKSUN TALKING ABOUT JUNGHWAN SO MUCH IF SHE WAS RETELLING TK-DS LOVESTORY FROM THE PAST
    CAN TAEK EVEN MARRY SOMEONE IF DEOKSUN DIDN'T LIKE HIM SINCE THEY WERE 5
    WHAT WAS THOSE COMICS ABOUT
    WHERE ARE THE REST OF SSANGMUNDONG IN THE PRESENT SCENES
    WHERE IS JAEWOO
    DID HAENG GOOKIE DIE
    WHAT WAS THE FREAKING POINT OF THE HAJIMA DONT GO TO BLIND DATE SCENE
    WHY ARE DEOKSUN AND JUNGHWAN ALWAYS PARALLELED?/?
    WHY WAS THE PROPOSAL SCENE OF TAEK X DEOKSUN SO WEAK????
    WHERE WAS THAT TAEK X DEOKSUN RIDING THE SWINGS SCENE FROM A SPOILER PIC
    WHAT'S THE POINT OF SUNWOO'S LAST NAME HIDING???
    WHAT WAS THE POINT OF THE INTERVIEW
    WHY DIDN'T YOU SHOOT THE PRE-EPISODE 1 SCENE WHEN YOU ACTUALLY SHOT THE EP1 SO IT WON'T LOOK WEIRD??/ (like junghwan's flashback of his freaking crush for deoksun)
    WHERE THE FUCK WAS THE COLOR FUCKING THEORY
    WHO WAS GREEN
    WHO WAS RED
    WHO WAS YELLOW YOU LITTLE SHITS
    WHAT WAS THE POINT OF THE PILOT - STEWARDESS SHIT IF IT'S NOT IMPORTANT
    WHY IS THERE EVEN A NARRATION OF JUNGHWAN IF DEOKSUN DOESN'T HAVE A MEMORY OF THAT SUFFERING
    DID DEOKSUN EVEN WROTE A DIARY ENTRY ABOUT JUNGHWAN
    WHAT WAS THE POINT OF REVEALING JUNGHWAN'S CHILDHOOD DIARY WHICH IS FILLED WITH DEOKSUN THIS DEOKSUN THAT AND SUNGGYUN'S "IM GONNA GIVE IT AS A GIFT AT HIS WEDDING" SCENE IF IT WASN'T IMPORTANT
    THE FUCK WITH THE BUS SCENES
    THE FUCK WAS THAT MCDONALD'S SCENE AND THE ICONIC SCENE THAT HAPPENED AFTER
    CAN RYU HYE YOUNG AND GO KYUNG PYO DATE IN REAL LIFE PLS
    WHAT IS THE POINT OF THE WHOLE LEE MI YEON THING?????
    WAS THAT NOT IMPORTANT AS WELL???

    TAEK GOT HIS KISS (and got the girl in the end)
    BUT THE WHOLE WORLD CRIED WHEN JUNGHWAN CONFESSED AND GAVE UP HIS LOVE.

    EPISODE 17 AND 18 CANNOT PAR WITH EPISODE 19 AND 20.

    Bleeh. It hurts because Junghwan's goodbye to his first love felt so real that I thought I lost my chance to a treasured first love, too, along with him.

    But after all, thank you Reply 1988 for putting Ryu Jun Yeol on the map.
    Junghwan's character is something I am proud to be rooting for.
    No regrets.
    He grew up well and fine and so handsome.

    Goodbye, Reply 1988.
    This will be the last.

    xx emang bener taek win the game in this drama but junghwan win our hearts #teamjunghwanhappiness

    ReplyDelete
    Replies
    1. Junghwan itu sesuatu banget.. Taek emang pemenangnya. Tapi Junghwan lah penguasa cerita. Ini bukan soal hint atau clue tapi masalah feel. Daan Junghwan lah yang menguasai feel cerita. Eh pada nntn Ryu jun yeol di v special gak..aku smpe dugun dugun pas nunggu mw lihat mukanya ryu jun yeol

      Delete
    2. JJANG! PERASAANKU TERUNGKAPKAN SAMA NETIZEN ITU.

      Delete
  18. Gomawo airin .. Setuju bgt sm pndapatmu .. Msh terlalu sakit hati karena mereka mengabaikan karakter junghwan dan jalan cerita yg sangat keren dari eps 1-18 .. Berharap msh ada harapan, tp apalah daya .. Semua sdh berakhir .. Drama pertama yg mungkin akan membuatku galau berkepanjangan .. Ditunggu project sinopsis selanjutnya airin .. Keep fighting utk team #junghwan

    ReplyDelete
  19. Setuju sama semua kata hazuki,, rasanya hati ini hampa sekarang setelah kemarin kecewa,marah dan nagis,,, menerima kenyataan terlebih karena jung hwan tidak diberikan kebahagian yang nyata di akhir reply ini,,,
    Suka banget kata2 hazuki "Mereka mengatakan kita terlalu bias pada Jung Hwan, lalu kenapa kebanyakan fans juga merasakan ketidakadilan yang sama pada karakter Jung Hwan" terutama di akhir2 episode ini,,
    Terimakasih jd Saya tahu saya tidak hanya sendirian merasa seperti ini jadi merasa lebih kuat sedikit dr hari kemarin menerima kenyataan, meski sampai hari ini belum berani mencoba menonton ep 19&20 (mungkin nanti,,,)!
    Bagi hazuki dan semua Team Jung Hwan, mari kita pelan2 menata hati dan mulai bangkit menerima kenyataan pahit ini yang batas waktunya (hanya waktu dan tuhan yg tahu),,, :)

    ReplyDelete
  20. AKU SETUJU 100% TENTANG APA YANG DIKATAKAN OLEMU AIRIN. SEBENARNYA MASIH BANYAK YANG PENGIN AKU KATAKAN TAPI AKU SUDAH TIDAK BISA NGOMONG APA-APA... MEREKA MENGHANCURKANNYA DRI BEST DRAMA JADI WORST DRAMA... BAHKAN AKU MERASA PD NIM SWNIM DAN EMUANYA PD MEMBENCI RYU JUN YEOL MEREKA BENAR-BENAR MEMBUANG JUNG HWAN.

    ReplyDelete
  21. hahaha bnr banget, kecewa berat. liat di forum soompi sebelum ep.20 tayang masih ada yg nguatin utk bertahan pada 1% makanya rela2in beli kuota buat streaming, tapi sampai 20mnt terakhir gk ada tanda2 akhir yg kita inginkan, dan malah bnyak lovey dovey couple itu heol. mess banget lah, ngapain itu couple di interview sementara dlm 18 eps kisah cinta dr sudut pandang mereka mana??? sempat bertahan di menit2 terakhir cuma mau lihat junghwan dewasa, dan khidupan junghwan dewasa, bgaimana pengganti dukseon bhkn walau cuma bbrp menit. tapi....arghhhh sialan.
    kekeselan ku sma couple itu berimbas pd hyeri dan bogum, langsung unfollow akun fanpage dan official mereka. untuk sementara gk mau lihat mereka dulu.

    dan bhkn adegan junghwan nemenin sunwoo minum sukses bikin aku nangis, sebegitunya dia sma teman yg bhkn gk peduli sm perasaan dia. junghwan anak yg baik dan teman yg baik. cwek semacam dukseon gk sebanding sm junghwan.
    taek deoksun cocok bgt satu sama lain, sama2 couple yg blablabla.
    baca komen di netizenbuzz ada akun taekds yg bikin kesel banget komennya,

    ReplyDelete
  22. Aku bkn dr team JH-DS maupun CT-DS krn aku ngshipny sun woo & bora cpl (aku suka dg ending OTPku mian.. Hehe) tp jujur aku kecewa dg ending reply 1988. Di awal2 smp pertengahan plot dr drama ini bgitu mnarik dan menghibur tp aku mrasa alur drama ini trlalu lmbat di awal tp trlalu cpat di akhir, sperti memaksakan endingny. Aku sdh punya firasat bruk ttg endingny, dmn perkembngan crita ny msh blm brkembang jauh tp tinggal 4 episode lg pasti akan ad yg dipaksakan. Bisa dibilang byk hal yg tidak terjwab, memaksa, dan tergesa2 di akhir drama ini. Setuju bgt klo dblng sperti ada prubahan plot, krn jujur sj (skali lg aku cm ship nuna cpl) perkembangan romance CT-DS trlalu hambar cm ditunjukan di akhir2 ep dan itu gk membuat greget. Dan crita kluarga yg greget di awal, tp di akhir tdk trlalu detail sperti di awal ep. Aku mrasa dg plot/ alur crita sperti ini, drama ini lbh pantas disebut sitkom dr pd drama. Tp R88 ttp sgt menghibur dan mengandung byk makna di awal dan prtengan lebih episodeny.

    Utk mslah siapa suami DS aku gk trlalu mmprslhkn (aku nuna shipper). Sebenarnya baik taek n junghwan memiliki peluang. Tp jujur sj dg mlihat pekembangan crita n plov dr chara aku mmg mrasa lbh menonjol ke junghwan. Ending romance yg sperti ini trkesan trlalu dipaksakan, stidakny penulis membuat hub CT-DS lbh mendalam n lbh byk di tiap ep ny shg baik team taek maupun junghwan mrs puas dg hasilny. Penulis trkesan lbh ingin membuat crita yg tdk terduga shg mengorbankan kesinambungan alur tiap ep.

    Tp sy ttp memberi apresiasi utk team reply 1989 yg sdh bkerja keras membuat crita yg saya akui sgt menghibur dan brbeda dr drama lainya. Stiap drama memiliki maksud n konsepny sndiri :). Tp jujur saja utk awal2 ep mnurut sy reply 1988 adlh seri reply yg terbaik (trutama dr segi kekeluargaanny) tp utk keseluruhan ttp reply 94 (smw chara mendpt porsiny msg2 dan kita mmg sperti dibawa ke thn 94 krn byk hal yg dijelaskan dan diangkat ke dlm crita) ^^

    Dan terima kasih Hazuki Airin atas waktu dan kerja kerasny update ttg drama ini :)

    ReplyDelete
  23. Airin yang sabar ya...
    dan tulisannya sesuai seperti yg aku pikirkan juga..
    Aku merasa sepertinya SW n PD drama ini tidak suka atau punya masalah pribadi sama RJY...makanya jadi begitu...n dia fans gilanya PBG sepertinya jadi terlalu delulu...mian buat PBG fans ya..
    Atau senenarnya dari awal memang mau menjadikan Taek alias PBG yg jd endgamenya...tapi tampa di sangka2 RJY memerankan tokoh JH terlalu mempesona penonton...jadinya ya gitu d pakai buat ninggiin rating jadi JH d manfaatin sampai akhir...dan sepertinya tim produksi drama ini jadi kejingungan d endingnya karna dari awal sudah tarikbulur gak jelas...dengan banyaknya tokoh yg harus di jelaskan dan dari awal alurnya terlalu lambat jadinya endingnya kebablasan...n dana juga gak ada...jadi ending d bikin seadanya...
    Dan untul DS aku benar2 hak suka karakter dia d akhir2...menyebalkan banget plus PBG yg menurut aku aktingnya lempeng bgt...

    ReplyDelete
  24. gue penggemar Reply series dan asal tahu aja OTP gue yg brhasil cumn satu Reply 1997. Reply 94 gue team chilbong bhkan sampe mnjelang eps terakhir pun gue kekeuh team chilbong dulu gue gg prnh ikutan namanya comment untuk bela team chilbong mkanya gue gg prnh tau ttng "Teori Warna" sampe akhirnya gue baca blog ini.Gue mo commentin ttg teori warna tp hati gue udah trlanjur SAKIT,ngeliat final kemaren,,bnar kata Hazuki cumn Junghwan yg rela berkorban sedemikian buat orang yang disayanginya dy emang orgnya terus terang kalo ngomong asal tp dy btul2 penyayang,coba deh diliat dy gg prnh tau mimpinya apa ampe kakanya bilng mau jadi pemain bola,basket sampe jadi pilot pesawat tempur itu demi siapa JUNGBONG OPPA,dy salah paham kira sun woo suka ama deuksoon tp dy diem karna apa sunwoo sohibnya bhkan ama taek pun dy diem,dy org yg MIKIR KEBAHAGIAAN ORG LAIN TP BAHAGIANYA DIRI SENDIRI GG D PIKIRIN (mungkin ini pesen writer kebahagiannmu sendiri itu yg pling penting) dy bukannya gg suka bnget ama deuksoon tp dy mikir ke depannya bagaimana dr eps 1 -18 itu bner-bener kita bisa liat pengorbanannya dy bagaimana bisa writer kejam bngett gtu bhkan lbh kejam dulu team chilbong (gue) gag trlalu permasalahin chilbong gg sama najung karna chilbong d ceritakan d situ masa depannya gmna sama siapa,,lah ini??WAENYEOOLLL.... DAN BENER GUE SETUJU LG AMA ELO MUNGKIN TAEK BIPOLAR BISA LANGSUNG BERUBAH GTU. HOW CAN DO THAT??WRITTERNIM....BUAT APA ADEGAN BNYK SCENE JUNGHWAN BULLSHIT AMA TEORI TEORI WARNA,,GUE NGELIAT PENGORBANANNYA LANGSUNG JDI BAPER TINGKAT ATAS.DAN BAGI GUE ENDING EPS ADALAH EPS 18!!!DAN DEUKSOONAA SEBENARNYA ELO TU SUKA SAMA SAPA SUMPAH NDAK TAU GUE BNCI BNGET NI KARAKTER MELEBIHI DENGAN KARAKTER ANTAGONIS LAINNYA..HEOLL..WAENYOOLLL

    ReplyDelete
  25. G percaya smpe saat ini aku masie nangis gr2 Jh oppa aku merasa g adil bgt.. mrk g hargai perjuangan Jh dr awal..trs ap gunay cb d buat adegan gitu...airmata aku masie ngalir onget pengakuan Jh ep 18...bnran g nyangka bakalan kyk gni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita samaan *tooss
      Gue jga msh nangs .
      Walaupun ini hnya drama tapi rasanya hati gue skt . Kalau mikirn perasaan JH oppa😢

      Delete
  26. stuju ma airin.. gagal paham ma SWnim nya.. -.-
    wktu liat DS blg saranghae k taek.. brasa konyol bgt.. hahaha gx da feel ny..
    masih super feel wktu JH blg saranghae.. krn kyk tulus dr hati.. lhah ni taek ma DS.. klo Taek yg blg saranghae sih kyknybmsih ngfeel.. soalny emg taek ska DS dr awal.. bt smwa yg udh DS lkuin bt taek (walo sbnerny babying) .. lhah DS?! hahaha..

    reply97 ttp plg favorit...
    goodbye 88 .. g bkal nonton ulg deh.. kcuali cut"ny ja.. hehe

    ReplyDelete
  27. Setujuu, setuju banget sama tulisan mbak airin ini, jujur aku udah mulai nonton drama Korea sejak endless love, full house, princess hours, dan ini drama pertama yg buat aku frustasi... Bukan kenapa napa, tapi alasan kita masuk akal kok.. Aku gak benci karakter taek malah, tapi kenapa junghwan bener2 dijadiin korban disini. Entah kenapa aku yakin skrip awal junghwan emang buat duksun, tapi skrip tiba2 diubah di akhir..
    Enggak ngerti lagi emang, aku Kira reply 1988 jadi reply paling favorite, 1.5 jam per ep yg aku rasa lama dan ngebosenin buat drama Korea, entah kenapa aku sangat menikmati.. ep 1 dan 2 udah sukses buat aku nangis dengan segala kisah ttg family nya. Tapi skrg malah endingnya yg bikin aku nangis karna kecewa dan sakit hati..
    Sebenarnya reply 94 juga bikin aku kecewa tapi sakit hatinya gak sebesar ini,, ceritanya jelas Karna na Jung emang naksir dengan trash oppa dari awal..
    Ntah apa maksud pd nimnya yg jelas ini ending nya gak msuk akal.. Bnyak pertanyaan di otak yg belum terjawab, junghwan benar2 dijadiin cameo dan aku benci itu..

    ReplyDelete
  28. Setuju pake banget sama postingan mbak Hazuki sekarang. Oiya, sekadar curcol sih, Jumat kemarin aku gak sengaja hapus file drama Reply '88 dari lepiku gara2 ke-drag ke file drama lain dan kupikir itu hasil copasan. *doeng* Dan anehnya aku punya perasaan aneh kalo endingnya ngganjal. DAN ITU TERBUKTI!!
    Pada akhirnya aku bersyukur kalo filenya udah hilang sekarang, tapi kenangan Reply '88 gak bakal hilang dari ingatanku, semuanya. 😊

    ReplyDelete
  29. Setujuu, setuju banget sama tulisan mbak airin ini, jujur aku udah mulai nonton drama Korea sejak endless love, full house, princess hours, dan ini drama pertama yg buat aku frustasi... Bukan kenapa napa, tapi alasan kita masuk akal kok.. Aku gak benci karakter taek malah, tapi kenapa junghwan bener2 dijadiin korban disini. Entah kenapa aku yakin skrip awal junghwan emang buat duksun, tapi skrip tiba2 diubah di akhir..
    Enggak ngerti lagi emang, aku Kira reply 1988 jadi reply paling favorite, 1.5 jam per ep yg aku rasa lama dan ngebosenin buat drama Korea, entah kenapa aku sangat menikmati.. ep 1 dan 2 udah sukses buat aku nangis dengan segala kisah ttg family nya. Tapi skrg malah endingnya yg bikin aku nangis karna kecewa dan sakit hati..
    Sebenarnya reply 94 juga bikin aku kecewa tapi sakit hatinya gak sebesar ini,, ceritanya jelas Karna na Jung emang naksir dengan trash oppa dari awal..
    Ntah apa maksud pd nimnya yg jelas ini ending nya gak msuk akal.. Bnyak pertanyaan di otak yg belum terjawab, junghwan benar2 dijadiin cameo dan aku benci itu..

    ReplyDelete
  30. analsiis saya dari awal ini tidak ada yang namanya ganti script segala dll, jgn menyalahkan penulis. settingan dr awal emang udh dibuat utuk taek, cmn kalian sebagai penontonmelihat dari hanya 1 - 6 ep awal saja saat masa2nya JH. Masak drama dibuat segapmang itu nebak suami dari awal ? dipikir lah. saya setuju dgn ulasan mbak airin kalau JH gak layak dapat porsi hanya sekian dan seolah2 dibuang tapi saya gak setuju dgn pernyataan alasan script diubah. Lagian break 2 minggu dikarenakan ada award di korea sana.

    berikut saya paparkan kenapa taek emang udh drencanakan dari awal :
    1. Left- handed/ ambidextrous.
    2. Smoke
    3. Lack of socks
    4. Thin layer of clothes
    5. saat bicara dgn no eul yg tau rahasia mereka bertiga hanya DS, Taek dan No eul saat masalah bicara formal
    6. Photo on January 1989.
    7. Went to 1989 MBC Song Festival with DS and everybody else.
    8. calls her pretty.
    9. Ingatan memory kuat seperti yg dikatakan DR di ep 9

    kesamaan dgn reply 97 dan 94

    1. Childhood flashback scene
    2. Moment of realization.
    3. Running in white shirt.
    4. SUKA MIMIK SUSU
    5. MEROKOK
    6. PATAH TULANG
    7. Saves the main girl from a stranger.
    8. Plays a game before a big day and wins (1997= before exam. 1988= before competition).
    9. Failure to confess as planned on the d- day because of someone important.
    10. Technically always kissed the girl first.
    11. Taek dalam bahasa kanji = husband

    kemudian clue dr awal adalah clue YINYANG yg tidak JH Shiper perhatikan
    -posisi awal rumah taek dan ada jam yang selalu diperlihatkan angka 6
    apabila dibalik menjadi 9 dan sesuai nama panggilan choi taek 9-dan
    - Baduk : Hitam Putih
    - Foto : saat foto dgn JH perhatikan frame tengahnya berbeda dgn TK, saat JH hanya garis lurus menandakan flat line sedangkan saat TK miring seperti yinyang hitam putih

    pelajari makna yinyang dulu ya JH Shiper

    kemudian masalah buku yg dibaca oleh DS di ep 2 ada 3 macam masing2 sesuai artinya ke ep di depan
    1. Mengarah Sunwoo
    2. Mengarah hub dgn JH (scene dgn JH )
    3. Mengarah hub dgn TK (Dangerous Roommate = kamar hotel)

    dan satu hal lagi promo2 sebelum reply dimulai diisi dgn hyeri dan bogum yg mempromosikan di situs resmi TVn...

    hanya kalian terbawa suasana dgn ep awal2 yg menunjukan JH DS, skrg dipikir lah sbagai DS kalau slalu dgantung tanpa ada kepastian apa dia mau ? Begitu lah kalau analisisnya kacau.. bye.

    Tipe2 JH SHiper :
    -nyalahin script
    -cari clue yg gak detail dan gak nyambung (contoh simbol jaket, kalung cincin)
    -seperti JH bawaanya marah2 (kebawa emosinya JH ni ye)

    Lead male Utama adl taek karena awal dan akir cerita semua bermula dari taek room ...
    sekian bye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yg dimaksud airin bahwa penulisnya itu gagal dalam pengembangan karakter TK-DS . okelah secara analisi team taek emang benar aku akui, tapi secara feel Junghwan lah yg menguasai cerita. Jd tlng ya jgn seenaknya bilang klo team junghwan itu hobinya nyalahin script. Karena kita ngotot bukan tanpa bukti. hampir Semua netter yg netral juga pada mikir gitu. Oke bye

      Delete
    2. Jadi gini loh sista cantik, neutral side pun bisa menilai junghwan character wins every spotlight. Yess itu bagus, r88 jadi keren dengan karakter yg kuat dll. Tapi apa ga merasa janggal gitu, masa OTP dsxts kalah "glamour" sama si mas "supporting cast" (read:junghwan). Jelas ini bukan salah aktor nya,, tapi seperti yg banyak netizen katakan, what's the point of 1-18eps if they just dumped jh in the ocean?
      Dan sekali lagi ini bukan karna jh is not the husband, it just about spotlight and eksekusi ending yang aneh. Mungkin, mungkin loh ini ya.. Mereka stuck to the script since very firt time (seperti yg sista bilang) tapi the just never expect kalau ryu jun yeol bisa menghidupkan "junghwan" -- distraksi manis melebihi the lovely story DK-TK.

      Delete
    3. Soal nonton tv konser yg menang c orbit..itu jelas petunjuk u/ taek, karena taek emg ga brg2 ma tmn2na nobar dirmh JH..
      Soal komik..dr eps awal, qt udah dibwt familiar dgn taek yg jg rajin disuruh2 deoksun ke toko pminjaman komik..dieps 16pun qt liat taek tidur ditemani komik yg tbuka lebar diatas kepalanya..
      Aq meski taek shipper, tp sedari awal mengira husbandna itu JH..karna emg porsi JH byk skalo didrama ini..kl soal POV, reply 1994 jg pake POV Chilbong lbh dl drpd pov trash..(di94 aq kbtln jg oppa-lover)..
      Tp stelah 2hr ini aq nntn ulg r88, slaen sikap kasar&stylenya, tnyt ud byk hint ttg taek yg jd suami ds..
      Slaen yg dijelasin sama Test, ad dieps awal2 wwncr, ds ditny ptemuan ptamanya dgn suami, dan dieps itu/eps stlhnya dijbrin masa kecil mreka b4 disaat taek baru2 dtg..it means suami ds adlh org yg baru diantara mreka dan sgt penting/tkenal sampe ds n suaminya diwwwncr media..
      Kalimat taek berkepribadian ganda, gmn kl qt ganti jd taek itu tlalu gmpg belajar n mniru..sperti dy blajar bhs kasar dr ds n tmn2na..
      Di eps saat tmn2 segang mw study tour, qt tw taek jg bharap bs jln2 brg..dan u/ mengganti study tour yg ga bs dy laksanain, taek akhirnya ngajak ds nntn bioskop b2..jd buildfeelnya sbtlna udah dr lama..
      Tp aq stuju ma tmn2 JH yg blg bhw yg mengecewakan adlh reaksi yg dtunjukan ds ke sikap taek n jh..terlalu lambat!
      Yg mengecewakan lainnya jg adlh tdk terlihatnya masa skrg anak2 segang itu..aq yakin tim jh pasti sdikit bkrg kecewanya kl ad penjelasan dr question mark yg diksh crita flashback maupun saat wwncr thn bjalan.. jwbn yg plg logis knp ga ad penggambaran anak2 segang dimasa skrg hny 1..scr financial n mgkn ksulitan casting u/ dptin versi tua dr anak2 segang scr lgkp..
      Krn r88 ini beda ma r94 n 97 yg msh nggunain pmain utamanya u/ dibw ke masa skrg..
      Yah..kl ampe menjelek2an SW n PD c aq ga tega..krn aq tw capeknya jd pekerja dibalik layar (kbtln kenal org2 yg bkerja dibalik lyr tv), seengganya btrima kasih ke mreka yg udah berhasil memberi tontonan kluarga yg mnarik n pelajaran hidup dgn mliat crita JH n taek..
      *please tim jh jgn menganggap tlalu ringan pmasalahan yg dihadapi taek..bygin kl kalian hrs mnrima ibu sohib kalian jd istri baru ayah kalian yg menggantikan posisi ibu kndg kalian? Gmn rasanya? Sunwoo aja susah bgt nrima itu, tp taek bs dgn sgt dewasa merelakan..
      Dy jg udah mrelakan ds bgitu tw jh suka ma ds..cm lagi2 bygin kl kalian jd taek..dsaat org yg kalian cintai dianggurin bgitu aja oleh org yg membwt kalian mengalah, bhkn sampai org yg kaian cintai itu ngalamin bbrp x rasanya kecewa n jd bahan olok2an, apa kalian akan tinggal diam? Apalagi km n org yg km cintai sama2 dlm status available for sale..jd sikap taek yg akhirnya btindak stlh ngalah 6thn itu hrs bs dmaklumi..
      qt inget kan kata2 DR yg blg taek adlh org yg kompetitif? org spt taek mlh bsedia ngalah u/ jh..tp sifat kompetitifna muncul lg stlh dy liat ds tnyt ga bahagia stlh 6thn mreka ga bsama2..
      Bgitu tw jh suka ma ds, taek lgsg ambl police line yg jelas u/ sikap n prasaannya ke ds demi menghormati jh..
      Sdgkn jh dsaat dy tw prasaan taek, meski sempat menghindar dr ds, tp sperti yg qt liat, dy msh bsedia nntn konser n breaksi ke tgkh ds yg ngbwt qt pnonton aja tw kl ds menangkap sinyal 'I like u around me' dr jh..
      Yah..tp smua udah lewat lah ya..jikalau ad reply series laenna smoga lovelinenya jelas spt r94 tp kkluargaanna bgs spt r88..dan smoga dsaat itu netizen/fans2 yg ngliat syuting mreka ga nyebar2 spoiler eps2 kritis, jd kl2 endingna ga ssuai harapan shipper2, ga ada dugaan bhw pnulis mengubah script didetik2 terakhir lagi..
      Thanks for all your hardwork airin..

      Delete
    4. Begitulah end of drama lets mope on you can write your own fanfiction if you dont like it the end

      Delete
    5. Baru kali ini ngeliat orang nonton drama kok ya merhatiin nya clue bukan cerita... Kalo untuk bisa nebak dan ga ngerasa aneh sama akhir ceritanya (kayak mbak test), orang-orang harus bikin analisis + ngeliatin clue kayak yang dilakukan mbak test mah gaada lagi yang mau nonton drama / film kali ya. Orang nonton kan biar ngga stress a.k.a buat refreshing, lah masak disuruh merhatiin clue -__- Tambah botak yang ada -__-

      Maaf loh ya mbak, ending cerita itu aneh a.k.a absurd atau ngga itu ya diliatnya dari jalan cerita, bukannya dari patah tulang, lari pake baju putih, dll -__-

      Delete
    6. Sebenenya you know every detail of the clue!!!! Bener sih... Dan sebenerny permasalahannya how everything and the ending twist everything not without the explanation, even dong ryong pun juga punya porsi yg besar di genk ini termasuk mama miran dan papa kim. Yg gue masih sesalkan sampai saat ini kenapa mereka selalu detail membahas masalah emak2 dan papa termasuk papa dekan hidupnya di masa R88 sedangkan ending nya udh! Done! Taek ga cerita kalo dia pacaran sama ds pas kepergak mama2pap2 pulang dr rumah miran, ditanya ada hub malah enggak! Gitu lhoh. Trus misalkan JH jadi suami nasip clue sama yg lain apakabar dong? Kalo dgn ending seperti episode 20 kmrn menurut gue sih ga terselasaikan answer me nya. Dia lupa flashback ke jaman foto ( seperty r97 dan r 94 ) yg akhirnya mereka nunjukkin di masa depan akhirnya seperti itu. Mama papa pas tuany. intinyA sih klo lo cuman mecahin clue tp ga bisa nemu inti cerita dr awal lo buka viewers reply sejati sih!

      Delete
  31. sebenernya aku belum nonton, hanya liat beberapa komentar dan terjemahan manual aja. Sejujurnya rasa kecewa aku terhadap kisah JH&DS sedikit. Aku menyadari alasan dr awal nnton R88 itu karena park bo gum. tapi, love line yang aku rasain mengikuti cerita dari awal hingga ep18 adalah JH&DS. Entah apa yang bisa aku bilang sekarang, yang jelas R88 adalah drama yang buat aku penasaran mati2an dengan jalan cerita dan semua teka-tekinya. Maafin airin aku mungkin ngk bisa rasain seberapa besar kekecewaan airin sekarang:( aku menyadari aku di pihak netral setelah ep 19, seneng iya sedih pun iya.
    Semoga semua mendapat makna drama R88 dari segi manapun.
    Sangat menunggu tulisan2 airin selanjutnya
    Thank you

    ReplyDelete
  32. Nangis baca postingan mu ini..
    Bad ending korean drama ever..
    😭
    Sampe semua ost reply yg ak download akk hapus semua..
    Ini terlalu sakit dari pada mengalami patah hati sendiri

    ReplyDelete
  33. dulu reply 1994,aku fikir nasib chilbong itu ngenessss...tpi ternyata nasib jung hwan lebih ngenes,aku sampek bertanya tanya apa jung hwan punya masalah sama penulis nya,kenapa seolah olah jung hwan perlahan di buang,menyebalkan,,,,,aku udah gak mau ngikutin reply series lagi,,,,,,,,,udah terlanjur sakit hati,.....

    ReplyDelete
  34. Reply 1988 hampir sama kayak school 2015, walaupun tae gwang second lead male dan jung hwan lead male tpi mereka sama" memperjuangkan cinta mereka tapi malah yg lain yg dpetin-_- okelah jung hwan agak ragu" untuk mengekspresikan cintanya ke DS tpi kan jung hwan udh terlalu banyak menyimpan rsa sakitnya sendiri ;( dengan ending yg kayak gini semoga gk diprotes sama netter kaya school 2015 dulu. Dan aku juga setuju, sekarang agak kesel" gitu sama karakternya DS dan ngefek juga klo ngelit hyeri, klo bo gum gk maslah krena aku ship dia sama irene :D aku udh bener" kehilangan feel sama reply1988 semenjak screentime nya junghwan makin lama makin dikit, yg awalnya nonton full setelah ep 15-20 cukup baca spoiler aja. Semoga next project nya jun yeol bakal bisa ngobatin rasa sakit ini

    ReplyDelete
  35. Setuju. Lebih baik sinopsisnya tidak usah dilanjutkan. Saya mengerti dengan Ending seperti ini pasti sangat menyakitkan. Menontonnya saja sudah menyakitkan apalagi harus membuat sinopsisnya. Saya juga hanya menganggap episode Reply 1988 itu hanya sampai episode 18 dan saya tidak akan menonton episode 19 dan 20. Sudah cukup menyakitkan dan berlinang air mata melihat live recapnya di soompi.

    ReplyDelete
  36. cckkc buat airin liat juga tuh JH jd cameo di ep 20 cz d ep 1 Taek jd cameo,
    kalau kalian perhatikan ini semua mirroring seperti 6 dan 9
    ep 1 = ep 20 (kebalikan, fokus pada keluarga, Taek x JH)
    ep 2 = ep 19 (Taek story)
    ep 3 = ep 18 (JH story)
    ep 7 = ep 14

    piss,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia maksud aku, kalau misalnya penulis bikin porsi JH & TK seimbang, maka nggak akan hgini jadinya. Seandainya penulis bikin sejak awal kalau TK juga potensial, maka aku yakin aku ga akan sekecewa ini.

      pembuka berbeda dengan penutup, karena apa yang diingat orang adalah penutup, itu sebabnya byk yang kecewa pada SW-nim masalah love line ini, dan juga ttg screentime JH. Karena apa yg diingata dalah akhirnya, jika akhir sebuah drama jelek, maka org2 akan melupakan betapa bagusnya awalnya.

      Tentu saja R88 tetap menjadi drama yang bagus dengan kekeluargaan dan pertemannya.
      Aku akui TK mungkin memang sejak awal mmg direncanakan jadi husband. cuma itu knp JH diterlantarkan seperti itu di akhir episode, setelah fokus drama 1-18 byk pov JH.
      Oke karena dia sudah merelakan cinta pertama jadi mereka membuka babak baru utk TK&DS.

      tp tetap saja harusnya mrk ;ebih memperhatikan karakter lain spt JH, NE, DR juga.

      Itu sih yg membuat aku kecewa.

      Delete
    2. Analisis team taek emang jempolan sich karena pake rumus2 yg ribet gitu, tapi buat team junghwan itu bukan masalah hint/clue tapi its all about feel. JH-DS lebih dapet feel nya dri pada CT-DS. sekian

      Delete
    3. Setuju bgt airin, klo emang yg jd lead male ny taek hrsny dr awal2 episode hrs sdh excited.setahu ak keseringan taek itu fokus baduk ama keseringan mengantuk klo ketemu dok sun.pengenya malah taek dimanjain ama dok sun ky anak kecil.beda dgn karakter jung hwan rasa,kepedulian pengorbanan untk dok sun dan teman keren bgt.tp syg ny diakhir episode,dok sun tdk prnh tau bgmn perasaan jung hwan,waktu ngungkapin perasaan malah diketawain ama temen2 nya.kasihan sekali,,,gila bgt ni pd nim dan sw nimny,,dibikin tragis bgt nasib jung pal.itulah alasan knp ak malah jd in reply 1988 ini mjd reply series terburuk.

      Delete
    4. Mksd ny feel itu apa?
      Jgn cm bs Hanya liat kejelekan taek aja segala manja di bahas,
      Lah wajar dia ga punya IBU dan apa kalkan tau bgmn perasaan abegeh g pny ibu tp g bs ungkapin

      Kl bkn karna taek di pantai sama deoksun. Dia mau plg gmn kl iya bawa duid maka ny dia pinjem dompet taek sambil bilang mari makan daginh aqu traktir

      Trus yg pasang badan menghalau bola voli nyasar siapa kl bukan taek

      Siapa jg kl bukan taek yg telpon kepala Rs spy kim sajang bs di operasi

      Siapa jg yg bs menenangkan shock ny deoksun pas liat org cabul

      Kalian bisa bisa ny anggep taek g dewasa

      #edisigagalpaham
      #letsmopeon
      #itsjustdrama

      Delete
    5. Hazuki Airin.... km bloger yg baik banget yah, klo it ak udah kudelet tuh komen2 yg ak ga suka. Jgn sampe kehilangan karaktermu dlm menulis jg jgn sampe kadar cintamu k Jung Hwan kita berkurang hanya karna timTaek. Fighting !!^^
      Dan Memangny knp klo menyalahkn script, klo marahnya k SWnim dan PDnim lalu knp ? Dosa ? Kan kita jg yg nanggung ! Kasian mereka yg sudh kerja keras ? Memangnya yg punya rasa mengasihi it cuma km, Km ndk liat Hazuki nulis Reply97, 94 it bukti dia menghargai SWnim PDnim dan seluruh staf sejak lama. Bisalah km bayanhkan tingkat kecewanya sedalem apa....
      Bukannya gagal faham, bukanya ga mau move on_tp kata mba Fanny "When Drama Becomes More than A Drama" inilah efekny_ Ak akan sangat berterima kasih klo km yg timTaek berhenti komen dan menjelaskan analisis kalian.

      Delete
  37. Yuk bangkit bersama team junghwan..ada Ryu Jun Yeol di V app special skrg lagi tayang, sebagai pengobat semua rasa sakit yng kita rasakan. Padaa nntn gak??? Ryu jun yeol charismatic banget

    ReplyDelete
  38. EHEM, EHEM. setelah ngebaca berbagai komentar di forum soompi, netizenbuzz ataupun disini, aku menyadari bahwa tim Junghwan pikirannya sama semua LOL. di ending ep 18, aku sudah sangat berekspetasi tiiiiiiiiiiiiiingggiiiiii sama episode 19 & 20. walaupun ada keraguan karena melihat junghwan yang sudah pasrah dan deoksun yang..., apa ya? dia terlihat masih menyukai junghwan tapi melihat junghwan yang sikapnya seperti itu aku rasa dia ragu2 apakah dia akan melanjutkan rasa sukanya atau tidak. ya secara junghwan itu pilot militer, jarang pulang, dan interaksinya ke deoksun biasa aja setelah 6 tahun (walau kita tahu junghwan masih sangat menyukai deoksun, tapi keraguannya membuat dia menyerah dan 'terlihat' mengabaikan deoksun). ditengah kebersamaan taek dan deoksun yg ababil, aku masih yakin sekali kalo junghwan suami deoksun. TIDAK PERNAH SEKALIPUN KEPIKIRAN BAKAL SAMA TAEK. kenapa? karena fokus drama ini ke junghwan! perasaannya, sikapnya, dan semua yang berhubungan sama dia menjadi fokus. jadi aku sangat yakin 100% kalo junghwan suami deoksun. aku pikir akan absurd dan gila kalo ternyata taek adalah sang suami. gimana enggak? taek bukan fokusnya drama ini. menurutku kehadirannya hanya sebagai bumbu cinta antara junghwan dan deoksun dan aku pikir dia akan membuat mereka berdua bersatu dengan cara dia mengalah. TAPI APA? PENULIS DENGAN GILANYA MENGJUNGKIR BALIKKAN STORYLINE SAAT EPISODE 19. FOKUS MENJADI KE TAEK. DEOKSUN TIBA - TIBA MENJADI LOVEY DOVEY DENGANNYA HANYA KARENA TAEK MENYATAKAN PERASAANNYA LALU MENCIUMNYA. BAGIKU SAAT ITU DEOKSUN SUDAH HILANG PESONANYA. KUKIRA DIA UDAH DEWASA SOAL URUSAN CINTA. TAPI APA? DIA LANGSUNG SUKA PADA SESEORANG JIKA SESEORANG ITU MENYUKAINYA JUGA? HEOL. KALO GITU KALO DONGRYONG NEMBAK DIA JUGA LALU MENCIUMNYA APAKAH DIA JUGA SUKA SAMA DONGRYONG? LOL. SEMAKIN DITONTON EPISODE 19 SEMAKIN GANJIL. SEAKAN AKU MENONTON DRAMA BARU YANG BARU TAYANG 1 EPISODE. DAN BELUM ABIS EPISODE ITU, AKU GAK KUAT NONTON DAN LEBIH MILIH NYUMPAHIN PENULIS DAN PRODUSERNYA. DAN SETELAH MUTER2 DI SOOMPI DAN BACA SPOILER EP 20, AKU LEBIH MEMILIH GAK MENONTON ENDINGNYA. CAPEK HATI GUE. well maaf banget kalo kata2ku terlalu kasar. tapi gimana yah? R88 sudah bawa gue ke langit ke 7, tapi tiba2 gue dijatuhin ke tanah. sakit banget dong rasanya?:)

    ReplyDelete
  39. sumpah unek2 gue udh disampaikan oleh airinn. gue suka semua analisis airin tentang junghwan. selama ini gue gak komen apa2 . ada dikomenan diatas yg bilang si taek jg pernah jd cameo. salah kan penulisnya kalo pun emang udh taek menang dr dulu emang dia jd lead male nya kenapa disetiap episode junghwan yg lebih di fokusin kenapa gak taek aja.LOL. dan penonton pun banyak yg setuju kalo disini junghwan lah yg jadi LEAD MALE NYA dr pada taek. selain kekeluargaanya yg membuat reply menarik ya karakter si junghwan.gak munafik lah waktu pertama kali nonton yg lain fokus ke bogum tp ternyata penonton malah banyak yg terarik dengan kharisma ryu . dan ini dimanfaatkan oleh sw dan pdnim lebih fokus ke PV nya si junghwan . wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups jd sepertinya Sw dan pd nim nya itu manfaatin kepopulerannya Ryu Jun Yeol selama 18 episode karena ratting.. aku yakin ratting reply 1988 melonjak trus naim bukan hanya karena family storybnya tapi juga yg utama karena Junghwan.

      Delete
  40. Alhamdulillah, air mata saya akhirnya bisa keluar juga pas baca tulisan kak Airin...semalam mau nangis tapi nggak bisa-bisa, ujung-ujungnya cuma tidur 3 jam. Sekarang udah lega rasanyaaa....
    Terimakasih telah menyuarakan pendapat Team Jung Hwan tentang kejanggalan/keanehan dari ending Reply 1988. Kak Airin memang the best!
    Ini kedua kalinya saya patah hati sama ending Reply series. Ya, saya memang Team Chilbong di Reply 1994 tapi seperti yang kak Airin katakan, saya masih bisa menerima endingnya. Lha, ending Reply 1988, ewh, bikin saya ogah lihat Hyeri dan Park Bo Gum juga-_- (bahkan sempat unfollow IG Hyeri lol). Sepertinya ini saya kena karma deh, pas Reply 1994 saya berharap banget ada twist plot namun saat Reply 1988, saya nggak mau ada twist2 gitu. Eh ternyata malah kebalikan, itu sangat menyakitkan. Ekspresi saya pas streaming ep 19-20, "Uh... what? I cant feel anything expect family part." Jujur sih, sayang banget drama keluarga yang bagus banget kayak Reply 1988 mesti ada husband hunting game.
    Okelah, saya sudah lelah mengikuti drama Reply series yang masih ongoing untuk kedua kalinya. Mungkin, saya akan menunggu sampai ending jika ada Reply selanjutnya (kecuali nggak ada husband hunting game).
    Sebagai Team Jung Hwan, saya tentu mengharapkan Kim Jung Hwan aka Ryu Jun Yeol dapat banyak proyek yang baik dan penulis yang baik sama dia pula. Sampai kapanpun, saya tak pernah menyesal memilih jadi Team Jung Hwan (dan saya takkan pernah mengakui suami DS itu CT, no offense). Semangat sesama Team Jung Hwan!

    #TeamJungHwanForever #StayStrongTeamJungHwan #FightingTeamJungHwan

    ReplyDelete
  41. dari awal kyknya airin udah bilang postingan ini d dedikasikan bwt team junghwan yg broken hearts , jd bwt team sbelah mendingan skip aja postingan ini daripada marah n makan ati lah ya,dan ngejudge team junghwan blablabla,klo sikapnya sperti itu lbih baik klian visit blog soal reply 1988 yg se team dgn klian, setidaknya klian mrasa senang bertemu teman sperjuangan #ngomongapaanakuinihahahaha
    tapi jjur ya sejak reply 1994 aq gak pernah visit thread team lawan,ngapain cuma bwt makan ati juga.
    waktu jaman reply 1994 aq gak visit blognya airin soalnya aq tw airin team oppa, klo skrg sering visit soalnya airin team junghwan ^^
    jd ya yg td jgn anggap itu larangan anggaplah itu saran klo ttp milih makan ati ya silakan
    ok bye ^^.

    ReplyDelete
  42. Baru komen nih soal drama ini, setelah kemaren sampai tadi siang itu ngerehatin diri dari efek drama ini, ya terjadi banyak plot hole dan endingnya emang geje. Ini tergolong absurd, dan aku nggak dapetin feel dari drama ini yang ada malah keriweuhan alur yang diputer-puter ke sana ke sini nggak ada juntrungannya. Karakter juga semua jadi melempem Dong Ryong yang dewasa bisa nengahin konflik ini dibuat mati kutu, Jung Hwan yang dirasa cukup berpotensi tinggi dibuat layaknya pemeran cameo, Deok Sun malah jadi kesannya dia tuh fake, apalagi Choi Taek yang perjuangannya cuma sebatas itu doang, plus Sun Woo juga dibuat melempem ok dia itu nikah cuma ya karakternya flat menjelang akhir. Pokoknya banyak banget swingnya drama ini sampai aku cuma bisa ngetawain writernimnya dan pdnimnya. Sebegitunya ya tim produksi Reply 1988, parah ini mah. Ya udah buat semua ayo ah semangat, jangan teterusan galau atuhlah. Lagian kedua tim juga ngerasa janggal kok sama endingnya. Nggak cuma ship Jung Hwan, Taek juga begitu. Writernimnya punya ambisi aneh sepertinya, dia ingin beda plus juga ceritanya muter-muter, tapi eksekusinya gagal total terus 3 Reply masih banyak celah, well kalau berita ada Reply 1974 aku harap naskah begitu finalisasi udah lock langsung jangan ada perombakan lagi plus penulisnya sama pdnimnya ganti, jangan yang labil lagi tvN harus bisa ngemas ceritanya dengan baik. Udah yuk move on. Cheers up yuk.

    ReplyDelete
  43. SETUJU!!! lega berasa unek"ku keluar semuanya juga aaahh sialan deh ni drama -_- kayaknya si PD-SWnim itu orangnya labil dan ngambekan deh, apa cuma gara" kita dah bisa nebak kalo suaminya itu junghwan trus mereka ngrasa gak seru ngambek marah alurnya ketebak trus maen ganti plot diakhir episode yg malah jadi GATOT GEJE BANGET -_- aku baru nyadar mungkin yg bisa dapetin deoksun itu kalo udah gendong dia sama nyium gitu ya?ah jongpal km telat malu sih!!
    aku juga setuju kata" yg drama bukan cuma sekedar drama, drama korea tu bener" bisa membekas sampe bikin gila kalo kita saking sukanya sama itu drama
    dan reply88 kan juga drama yg dibuat sama Sw-pd nim dr imajinasi mereka walaupun hampir mirip realita tp kan ini tetap drama dan bukan diangkat dr kisah nyata jadi wajar kalo kita ngrasa beberapa karakternya ada yg aneh diakhir
    duh maaf jadi ngomen geje gini hahaha , oya kalian ada yg liat Vapp nya ryu jun yeol?aku sih cuma bentar gegara kuota sialan tinggal dikit wkw

    ReplyDelete
  44. Hhhmmmm...
    Mau cerita juga ah...
    Kalo ak tuh sebelum reply 1988 ada, ak udah jadi penggemarnya Park Bo Gum sejak dia main di Remember Me.
    Trus pas ak tahu dia main di serial Reply ak seneng banget karena ak penyuka Reply Series.

    Di awal2 drama, ak agak sebel karena Bo Gum ga nongol2 (krena yg ak suka adalah Bo Gum, bukan Choi Taek). Trus disaat ini ak mulai suka sama karakternya Jung Hwan, suka sama smw pengorbanannya buat Duk Seon, so sweeeet... cintanya bener2 tulus bgt, dan ak agak deg2an waktu di awal DS sukanya sama Sun Woo. Trus legaaa bgt setelah tahu ternyata yg disukai SW adalah Bo Ra. Yeay Jung Hwan pnya kesempatan lagi (pikirku). Well, sejak saat itu emang yg terpikir dikepalaku adalah DS akan berakhir dg JH.

    Nah..lagi hepi2nya sama pasangan itu, trus kita dikasi tahu klo Taek juga suka sama DS. Huaaa..disitu ak mulai berharap setidaknya scene Taek dan DS akan banyak walaupun tidak happy ending.

    Makin lama aku makin berpikir kalo aku Taek bakal jadi Chilbong kedua (btw, kmarin aku Chilbong team). Jadi ak pengen DS-JH berhasil tapi ak kasian sama Taeknya >.< (ga tega liat bo gum bertepuk sebelah tangan)

    Trus akhirnya ak ud mempersiapkan diri buat patah hati gitu, krena kalo dari alurnya ak udah yakin 100% kalo suaminya Jung Hwan. Ya secara kisahnya JH tuh so sweet bgt, ak yakin bakal berakhir bahagia.

    Nah ssekrang pas udah tahu endingnya ak malah bingung. Seneng sih Bo Gum ga patah hati, tapi jadi bikin demotivasi gt ngeliat Jung Hwan. Bahwa perasaan yg tulus itu ga selamanya akan tersampaikan dan berakhir bahagia ya.

    Sumpah,kukira Chilbongnya 88 tuh bakalan Taek, ternyata malah Jung Hwan. Aneh sih memang. Tapi apa yg dialamin JH bener2 pelajaran buat aku, bahwa keberanian dan kejujuran dlm cinta itu diperluin.
    Bayangin kalo dia ud nyatain sejak DS lagi suka sama dia..pasti deh berakhir bahagia mereka.

    Semoga JH jg bisa belajar dr pngalaman itu.
    Sekali lagi, yg ak suka itu Park Bo Gum, jadi ak bahagianya krna Bo Gum ga patah hati. Tapi tetep menyedihkan akhir cerita JH yg kukira adalah Lead Male di film ini.

    Scene favoritku di drama ini tetep scene di bus, ketika JH ngelindungin DS. Huaaaaa...so sweeeeet..bahkan ak ulang berkali2 adegan itu >.<

    ReplyDelete
  45. SETUJU!!! lega berasa unek"ku keluar semuanya juga aaahh sialan deh ni drama -_- kayaknya si PD-SWnim itu orangnya labil dan ngambekan deh, apa cuma gara" kita dah bisa nebak kalo suaminya itu junghwan trus mereka ngrasa gak seru ngambek marah alurnya ketebak trus maen ganti plot diakhir episode yg malah jadi GATOT GEJE BANGET -_- aku baru nyadar mungkin yg bisa dapetin deoksun itu kalo udah gendong dia sama nyium gitu ya?ah jongpal km telat malu sih!!
    aku juga setuju kata" yg drama bukan cuma sekedar drama, drama korea tu bener" bisa membekas sampe bikin gila kalo kita saking sukanya sama itu drama
    dan reply88 kan juga drama yg dibuat sama Sw-pd nim dr imajinasi mereka walaupun hampir mirip realita tp kan ini tetap drama dan bukan diangkat dr kisah nyata jadi wajar kalo kita ngrasa beberapa karakternya ada yg aneh diakhir
    duh maaf jadi ngomen geje gini hahaha , oya kalian ada yg liat Vapp nya ryu jun yeol?aku sih cuma bentar gegara kuota sialan tinggal dikit wkw

    ReplyDelete
  46. Aku begitu masuk episode 17 pas udah rehat seminggu itu ngeliat drama ini udah bener mati rasa udah muak malah nontonnya banyak janggal ini itu, nggak jelas plot porsi adegan nggak imbang, boro dapetin balance yang ada mendem cuma bisa ngetawain ngekekeak dalam bahasa sunda mah. Aku penasaran aja sejauh mana mereka beda, eh taunya ambles parah udah bener terjun ke jurang plotnya. Ah ya sudahlah, pada semangat atuh ih jangan pada baper terus peluk hangat dari semua penggemar Reply Series kita ngerasain bangetlah gimana tetek bengeknya. Saling nguatin ya satu sama lain.

    ReplyDelete
  47. Tidak banyak yang aku ingat tentang tahun 1988, secara umurku masih 3 tahun saat itu. Namun dari serial ini aku memiliki gambaran tentang bagaimana kehidupan di tahun itu. Semula aku tidak begitu fokus dengan pemainnya karena yang aku kenal baru papa Sung dan mama Ill hwa dengan kekhasan ala Replynya. Karakter remaja masih imbang, karena masih kuselami satu persatu. dan tentu saja seperti yang lain fokus pertama langsung ke karakter Sun woo, cowok cakep pinter baik hati dan perhatian dengan keluarga. Apalagi di narasi awal , Deok sun menggambarkan Sun woo lah yang paling normal diantara mereka berlima. Namun setelah episode 3 perhatianku berubah drastis saudara saudara, dan ternyata bukan hanya aku yang merasa begitu, penonton histeris dengan sikap karakter Jung Hwan. Dengan tampang "minimal" namun aksi "maksimal" mbuatku jatuh cinta dengan karakternya. Apalagi ketika memasuki episode 5 aku semakin salut dengan sikapnya yang diam-diam sayang dan perhatian pada keluarganya. Kebalikan dari Sun woo yang mengekspresikan sikapnya dengan terbuka, karakter Jung Hwan lebih bersikap menutupinya, dia melakukan sesuatu secara diam-diam tidak ingin memperlihatkan perasaannya termasuk perasaan pribadinya terhadap Deok Sun. Mulai dari ketika dia ingin mengembalikan mood Mami Mi ran yang bete karena biarpun ditinggal dua hari, suami dan anaknya mampu hidup dengan baik tanpanya. Asliiiiii....aku ngakak ketika dengan tampang masa bodohnya , dia menempelkan tangan Hyung nya ke tutup panci panas hahahahahahaha...... Juga saat dia diam-diam menuliskan nama dengan ejaan Inggris di Paspor Mami Mi ran yang tidak bisa mengeja selain tulisan Hangul. Ketika diam-diam dia selalu menjadikan impian Hyungnya Jung Bong sebagai impiannya karena mengingat kondisi Jung bong yang tidak sehat, dan ada banyak lagi adegan Jung Hwan yang selalu melakukan sesuatu secara diam-diam yang tidak bisa kusebut satu persatu. Yang aku lihat Jung Hwan melepaskan perasaan marah hanya ketika dia membela Sun Woo dengan meninju kakak kelas yang bertindak sewenang-wenang ke Sun woo dengan kata-kata kasarnya. Bahkan setelah itupun Jung Hwan menutupi sakitnya babak belur dihajar balik, ketika Sun woo menanyakan keadaannya, dia mengatakan baik-baik saja, meski kita bisa lihat wajahnya yang juga ikutan bonyok :( Yang pasti, karakter Jung Hwan di Reply 1988 ini begitu detail digambarkan dan dideskripsikan adegan per adegan. Sehingga kita fokus terhadap perkembangan karakternya. Bahkan ketika perlahan-lahan karakternya dibunuh dan kemudian di akhir dibantai dengan sadis menurutku, seolah-olah dia bukan siapa-siapa hiksssssssss.......
    BUKAN...SEKALI LAGI BUKAN karena endingnya Deok Sun bukan dengan Jung Hwan yang membuat aku kecewa dan merasa menyesalllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii mengikuti drama ini. Namun karena pembunuhan karakter di drama ini yang kurasa sangat-sangat sangat itdak masuk akal. Sekali lagi kuingatkan, sebagai penikmat drama kita tentu sudah paham dengan ciri khas permainan alur dalam sebuah drama korea, dan biasanya itu sudah menjadi pakem. sekali lagi drama korea bukanlah sinetron yang alur dan karakternya bisa diuabah seenak udel. selama ini yang kutau drama korea konsisten dengan permainan alur dan karakter.
    Bagaimana bisa Future Husband Deok Sun yang Jung Hwan bangetttttttttttt..........bisa berubah hanya dalam satu episode. Aku rasa penulisnya perlu dikasih kopi Vietnam Sianida........

    ReplyDelete
  48. Baru kali ini aku melihat seorang penulis Sinopsis Drakor yang begitu emosional sehingga tidak lagi objektif mendeskripsikan karakternya.....namun hal itu jelas terjadi mengingat betapa sebuah drama bagus di awal yang bisa diobok obok di episode-episode akhir sehingga terasa absurd.Sebenarnya aku sudah niat untuk menulis tentang ragam dan serba serbi Reply 1988 setelah serial ini tamat, namun hatiku begitu sakittttttttttttt jika membayangkan Jung Hwan. Dan aku putuskan untuk tutup buku. bahkan untuk sekedar mendengar Ost nya saja aku sudah tidak sanggup, kebayang sakit dan kecewanya sebuah drama bagus yang diacak-acak seenak udel. mudah-mudahan aku segera move on pemirsa!!!!!!!!

    ReplyDelete
  49. Nonton V-app nya jungpal,makin nyeseeekkkkk.sumpaahhhhh,actually,,he is the captain in our teamjunghwan ship.dia sendiri sedih dengan endingnya...tapi, aku makin cinta sama jungpaaal :) Airin,thank you so much, and be happy, at least you've write excellent recaps in each story for junghwan.let's heal our wound and cheering for Ryu Jun Yeol :)

    ReplyDelete
  50. Yupyup aku setuju dengan istilah pembunuhan karakter dalam drama ini emang itu kok yang terjadi. Biasanya drakor itu alur plus karakternya kuat itu yang bikin juaranya drakor. Ini mah riweuh dramanya asli.

    ReplyDelete
  51. Bagaimana bisa kefokusan penulis terhadap karakter Jung Hwan bisa tergantikan di akhir dengan Karakter Taek yang sepanjang Drama fokus ke baduk. Kita yang salah fokus atau penulisnya yang mabok.....Jadi salah fokus penontonnya kan ????

    ReplyDelete
  52. Bagaimana bisa cerita yang fokusnya Ke karakter Jung Hwan sepanjang drama berubah menjadi ke karakter Taek yang sepanjang drama fokusnya hanya ke Baduk???????? Aneh kan??? jadinya kita yang dibikin salah fokussss......
    Oke lahhhhhhhh..... hikmahnya adalah Pada akhirnya ..... yang menyembunyikanlah yang akan terluka. Jadi pemirsa....daripada kita terluka, mending kita keluarkan uneg-uneg kita supaya lega bukan??

    ReplyDelete
  53. Eps trakhir trkesan hambar dan krg greget.. keliatan banget abisnya maksa..

    ReplyDelete
  54. Sepakat airin! Sebenernya pas episode 30 kmrn gue nonton dengan kecurigaan taek yg jadi suami dan memberanikan diri buat streaming. Okay this is it! Gue harus terima siapapun yg jadi suami!
    MASALAHNYA ENDINGNYA KENAPA GITU AJA? TWIST BGT KENAPA!
    Ingat kan reply 1994 semu dijelaskan satu satu bagaimana selanjutnya mereka menjalani hidup, dulu aku team chilbong sampe akhirnya aku terima alasan na jeung mengenai cinta pertama sama oppa trash alasannya kenapa dia tidak bs hidup sama trash okay! I got it! I accepted! Dan semuanya dijelasin bagaimana hidup mereka di masa sekarang, termasuk our chilbong. At least di episode20 kmrn aku harap akan ada alasan logis maupun penjelasan dr DS Suamin di masa depan ( walaupun bahasa korea ku msh setengah3 dan banyak scene aku msh pake google translate hihi ) LAHHHH GAJELAS!
    Paling kesel yang semua ibu bapk dari rumah miran dan ada noeul kasih koran menunjukkan kalo deoksun dan taek ada hubungan! Pas dikonfirmasi ke taek dan ditanyain sama ibu2 apakah kalian mempunyai hubungan?
    TAEK BILANG KAGAK DONG
    , yang minta Duk Seon! I mean... Sama aja kayak jung hwan dong , why you don't say something bravely like sunwoo. Curiga bgt sama screen writer dan Pd nim. Ada apasih?
    Sejak ep 17-18 aku akhirnya mengesampingkan ship aku yg memang suka bgt sama Junghwan dengan lebih mengarah rasional dengan harapan kalo emg akan taek yg jadi, berilah aku pengertian supaya drama ini berakhir indah, KOK CUMAN FLASHBACK MASA KECILNYA DOANG!
    Sampain di menit terakhir aku yakin kayak gini ' oh pasti ada episode 21, kayak reply 1994 bir kita paham dan jelas.
    Lah ini kaaggaaaklk.... Either kamu team taek atau team junghwan , kamu harus ngerti posisi seluruh cerita ini. Trus kenapa bora dan sunwoo yg jadi lead penutup nya. I reallu adored them! Boran and sunwoo! Lah selama ini ngapain dong? Trus coba deh mikirin clue2 yg dikasih kmrn pas ep 1-19 . Emang ngarah ke taek sih.merokok, kidal,kenal sama yg wawancarain taek jaman baduk dulu.
    But you have to watch carefully! Adegan suami banyak didominasi dari kejadian bersama junghwan dahulu baru ke taek.
    I love everything about reply series from 1997,1994, dan aku menghargai setiap scene mereka but i'm sorry to say. Everything perfect except the twist and unanswered ending of 1988. If you ended conciusly with the great explanation! This would be my fav reply series! Gue berharap buat reply series berikutnya ! No more adult cameo! Yg main waktu muda ya yg jadi tua jg , explain everything perfectly! *seharusnya gue dan airin daftar jd screen writer reply series berikutnya wkwkkw*
    Anyway thank you so much airin for every detailed spoiler that you gave to us! It means so much! Termasuk saat aku gabisa nonton 1 minggu karena lg nyasar di pulau untuk kerjaan! Keep up the goodwork! Jgn salahin airin because deep inside your heart you know she's right and she's so detail in every aspect! And please no more winning2 an ship ship! Ini bukan tentang siapa yg ship nya menanh jd suami. Heuheheheueue goodluck for your next spoiler on k drama! This might be my next fav blog:website!
    Peace and love - G-

    ReplyDelete
  55. Husband nya memang taek, tapi mirisnya,90% viewer yang ditanya mana scene favoritnya di Reply 1988, bakalan jawab salah satu dari scene JH-DS.entah itu alley scene, bus scene, ato scene mereka lainnya.poor real husband

    ReplyDelete
  56. aneh ga sih mertua kaka adik sama, ibu sw kan nikah sma bapanya taek... sw nikah sma bora trus ke 2 keluarga kan udah jadi mertua trus berati ds sama taek ipar dong yah, ko malah nikah nya sama taek yah hahaha trus mertua mereka samaan dong haha...

    ReplyDelete
  57. Habis nonton Vapp nya RJY dia juga sedih JH tidak jadi suaminya....hiks...
    Kenapa hyri n RJY chemistrinya dapat bgt karna sepertinya mereka ber 2 yakin banget JH yg bakal jadi suami...
    Nonton V app RJY beneran sedikit mengobati sakit hati...dia sampai berkaca2 pas cerita adengan comfession itu...hyeri sampai tidak bisa berhenti menangis sehingga suting harus d hentikan karna mereka d kasih tau kalau comfession iti adalah akhir dari JH...hiks...semuanya sedih...n sepertinya hyeri juga berharap DS berakhir dengan JH huwaaa sediiihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pemainnya aja junyeol hyeri juga ngerasa kalo mereka mungkin bakal dijadiin pasangan sampe sedih gitu, jadi ya bukan team junghwan aja yg terlalu delulu

      Delete
    2. ya begitulah...drama ini memang mengejutkan endingnya...
      hyeri katanya sampai tidak berhenti menagis pas di kasih tau pengakuan d epi 18 itu akhir dari petualangan cinta JH sehingga suting harus di tunda...

      Delete
    3. Bukan mengejutkan lagi tp gak masuk akal
      Iya tadi aku juga liat tapi gak ngeh ngomongin itu soalnya terlalu fokus ke muka gantengnya junyeol pdhl ada english sub nya haha
      Yah mereka semoga jadian aja didunia nyata plis ini masih baper banget

      Delete
    4. nonton V App ini aku makin suka RJY dia sepertinya pintar dan ngomongnya bagus sekali...lucu pas ada yg berkomentar dia kelihatan jelak kalau menangis, n di balasnya aku tidak hanya jelek ketika aku menangis tapi juga jelek ketika aku tertawa dan langsung tertawa lebar...lol...*Dia tidak sadar kalau dia Charming sekali n dia Cakep*

      Delete
    5. iya sih...Vapp itu emang obat cukup mujarab buat sakit hatinya.bahkan donghwi oppa jg ngerasa sedih pas adegan nembak itu.pemain lain jg sedih tahu endingnya.dan bener kata RYJ harusnya junghwan udah nembak duksun dari pas kejepit ditembok berdua itu.hahaha...si oppa jg gemes ga jadi dapet duksun.

      Delete
  58. Ini kedua kalinya, ak ngrasa tragedi 94 ane terulang lagi -_- nyesek nyesek NYESEK 😢 kayaknya emg bnr SW nim bilang ga ada hunting game, karena endingnya bakal bikin 'mukul ke ati(?)'. Ini ga ada special edition yaa? Bnr ga ada? Rasanya meski kecewa sma endingnya, kyknya masih blm rela Junyeol oppa ninggalin karakter Junghwan. Soalnya ane bnr2 jatuh hati sma karakternya, trasa hidup. Kyk itu emg Junyeol oppa. Tpi bkn yang bgn ngenes -_-" #sikutSWnim. Berharap ada special edition trs diliatin 5 sekawan bahagia semua, meski jungpal ga dpt cintanya, tpi seenggaknya dia dibuat bahagia. Tpi kyknga ga mungkin lah, trauma buat mengharap buat reply sekarang. Thn dpn di R80 ga mau ngeship. Netral senetral-netral ya kyk airin. Mata ane bakal ane tutup buat liat teori lagi :3 ckp dua kali saja, jgn sampai keterusan -_- #Amin Btw, ane jadi keinget 5 cm #apadah 😆 Kasi support aja buat Junyeol oppa. Moga dia main drama tpi dg cirikhas ngedumbel dan usil lagi #like >///< Tanya, ak pernah inget fhusnand DS itu kidal. Taek apa kidal ya? :o

    ReplyDelete
  59. Setelah tau ending Reply 1988 saya langsung nangis, lalu jadi moody sejak kemarin malem sampe ditanya sama ortu sya kenapa cemberut terus,sampe temen2 saya yang mau nyontek PR gak saya kasih karena lagi galau.
    Lalu nonton V app Ryu Junyeol dan saya nangis lagi liat betapa dia mencintai karakternya sebagai Junghwan. Betapa dia ikut berharap bahwa dia yang bakal jadi suami DS. baca trivia ini malah tambah nangis...
    Karena berakhir dengan banyak "Kenapa?. Tapi makasih banyak Kak udah setia bikin sinopsis dan trivia2 tentang drama ini
    Sincerely,
    #TeamJunghwan

    ReplyDelete
  60. Airin dan semua yang ada di sini lets move on friends...ini sudah berlalu...
    aku tau semua team Jung Hwan sedih dan sakit hati but life still go on...ok..ok...
    setelah nonton V app nya RJY aku sedikit merasa senang buat tokoh JH kita ini...betapa dia menerima banyak cinta dari semua orang...terharu liat dia berkaca-kaca ketika bercerita tentang komen2 positif di IG nya *padahal sebelumnya dia hampir mendeled akun IGnya*...pamornya langsung melonjak karna banyaknya simpati buat JH...
    jadi setelah nonton V app ini aku berfikir kalau SW n PD nya drama ini benar benar mencintai RYU JUN YEOL...sehingga dia membuat tokoh yang diperankannya berakhir agak tragis sehingga seluruh cinta penonton drama ini di berikan untuk dia...kalau seandainya JH yg bersama DS kurasa PBG yg akan di cintai...
    begitu besarnya simpatisan buat JH sehingga IGnya RJY dalam sehari saja Followernya bertambah dengan sangat banyak...dan komen2 positif buat dia mengalir bagai air bah...aku senang untuk ini, karna menurut aku JH bisa seperti itu karna Akting RJY yang sangat bagus...
    so paling tidak kita punya hal positif dari drama ini yaitu mengenal RYU JUN YEOL...

    LOVE YOU ALLL...

    ReplyDelete
  61. V app ryu jun yeol menjawab semuanya. Ternyata gak cuma JHshipper yg kecewa :'( ryu sebenernya jg pengen merjuangin DS hiks ternyata sampai episode2 akhir dia jg baru tau kalo dia hanya second lead. Serius aku baru kali ini sampe segininya kebawa sama satu karakter di drama sampai yg gak bisa move on yg tiap kepikiran JH ujung2nya nangis.
    Karakter junghwan bener2 dibawakan RJY seperti real! Bahkan pas streaming v appnya seperti lihat junghwan lagi, susah bedain ryu sama JH. At some point they look very similar. Yes both of them is a warm person i think :')

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Aku juga setuju banget sama MBAK AIRIN!
    Jujur, aku ngegantungin harapan 1% ku pd spoiler yg bertebaran (terutama kissu di bandara) klo Junghwan bkalan jdi suami deuksun tp nyatanyaa. Oke, aku akuin smua clue/hint mengarah ke taek (menurut teman2ku) meski aku ttap berkeras nyari hint yg mengarah ke junghwan jga.
    TAPIIII... FEEL UNTUK EP 20 NGILANGGGGGGG!!!
    aku masih ngerasain harapan hdup untk ep 19 meskipun udh ada KISS KONFIRMASI antara taek dn deuksun tp aku masih berhrap pd 1% itu. tapi episde 20 ini benar-benar...JAUH DARI BAYANGAN!
    OK,congrats buat kedu shabatku dn team taek, smua hint itu terbuki benar tapi FEEL-nya gak dapet sama sekali.
    JUJUR, adegan kiss Taek Deuksun pd eps 17 itu bener2 bikin aku merinding saking lembut dn tulusnya perasaan taek pada deuksun sama seperti perasaan junghwan ke deuksun TAPI KOK FEEL kiss konfirmasi dan yg di parkiran mobil itu,AKU NGGAK BISA NGERASAIN FEEL-nya?? KENAPA? PADAHAL AKU SUKA NGELIAT LOVEDOVEY MEREKA TAPI KENAPA?
    Saat kiss di hotel dan di parkiran jujur aku gak ngelat SOSOK TAEK YANG NYIUM DEUKSUN tapi PARK BO GUM YANG NYIUM HYERI. itulah yang aku tangkap dr kiss mereka. dan kedua sahabatku setuju akan hal itu meski mereka di team taek. bahkan mereka sendiri bilang kalo mereka lebih merasakan FEEL saat taek dan deuksun pelukan di ep 19 KETIMBANG adegan kiss konfirmasi dan di parkiran itu.
    dari semua keluhan dan kekecewaan, aku rasa stu kekurangan dri berakhirnya R88 yaitu FEEL LOVELINE-nya. HANYA ITU. selebihnya baik family dan persahabatan mereka, aku sangat sukaaa. terutama saat mereka ngumpul untk ngebahas masalh bora dan sunwoo IT'S TRUE FRIEND,RIGHT?
    KESEMPURNAAN CERITA R88 HANCUR krn KURANGNYA FEEL ITU.dan itu bukan cuma untk TAEK DEUKSUN aja tapi untuk BORA DAN SUNWOO juga. focus couple di R88 untuk Endnya sangat kurng dalam Feel. soalnya kita gak dliatin gimana perjuangan mereka membuktkan ke ortu mereka shingga akhirnya nikah yg diliatin cmn minta restu doang.
    BARU kkali ini aku nonton drama yg membuat aku kecewa sama LOVELINE-nya.
    Maaf cuma numpang buang kegalauan.

    ReplyDelete
  64. Sista airin, aku ijin comment ya. Terima kasih untuk spoiler-sinopsis kamu. Bener2 membantu banget untuk menanti subs tiap selasa ����.
    Aku rasa kita sama berpikir r88 sangat2 treasurable banget.. Even after they ruined 2 last eps. But still, ini 1st drama yg bikin impact sedemikian rupa bagi aku. In real life malah. Aku bersyukur bahwa drakor ini membuat aku rindu sama keluarga, sahabat, dan cinta pertama :)
    Terlebih aku kenal mas "junghwan" yang bikin baper lebay, dan sukses memporakporandakan pandangan aku tentang type pria ideal. Haha.
    Setelah melewati fase anger dan denial aku pun dapat pencerahan. On v apps ryu jun yeol finally said: even the actors still didn't knows who's the husband until (at least ep.18). RJY bahkan sempat discuss sm Hyeri ttg kemungkinan kalo mereka kiss scene (asumsi kalo jh suaminya). Hyeri, saat adegan confession JH sempat cryin and needs time to pulled herself. See? DSxJH has a lot memories, even the actor acknowledge it. Show must go on, mereka memang tidak ditakdirkan bersama (on the script) dan kita semua tahu endingnya bagaimana. Naskah, okay.. Aku juga ga berani menyalahkan kalo writer berubah di tengah jalan. Kalo iya, ya sayang sekali.. For what intention coba? Risky sekali keputusannya.
    Tapi kalo tidak, naskah itu memang begitulah adanya dari awal.. Maka aku akan angkat topi untuk ryu jun yeol. He plays junghwan ounstandingly amazing even DSxTK cant compared.
    Dan aku tidak akan membantah bila ada yang bilang kalau kesalahan drama ini adalah "writers invest too much in support cast more than real main lead."
    Dan untuk director r88, aku sangat berterima kasih karena mereka menemukan ryu jun yeol.

    xoxo

    ReplyDelete
  65. hahaha :D jadi pingin ketawa baca semua komen2 yg pada nyumpahin SWnim sama PDnim. ya walaupun aku disini sebagai tim SunBo couple, tapi juga ikutan kesel sama mereka karena ngerasa ketipu dari awal. but it's okay, because finally my couple get their beautiful ending :D
    buat tim junghwan termasuk airin, tetep semangat ya, ingat ! live must go on. dan buat team taek, chukkae karena couple kalian akhirnya bisa bersatu.

    ReplyDelete
  66. Abis nontn Vlivenya RJY oppa
    Oppa blng hyeri aja menngs pas tahu deukson suaminya bkn Junghwan 😢 :'(
    Chemist mereka bags bangt krna dri awal keduanya sdh ngira suaminya deukson itu junghwan .
    Gue baca post kk ini smpe nangis . Bkn gue berlebihan tpi jujur gue jga sdh jatuh terlalu dalam dengn drama ini . Smpe2 pas ep 19-20 gue mersa hati gue hancur bangt . Yeah dri ep 1 gue udh srek sm junghwan pas liht dia cuman senyum sdkt ps lihat dukseon megang papan nama negara di olympiade dri situ hti gue udh gerak junghwan suaminya. Dengan karakter bgt gue langsng terhanyut dan ska ama junghwan . Bhkan pada saat nntn olympiade semuanya kacau dan pada lebay tapo junghwan tenng dan hnya senyum dann... mna taek ? Mana suami dukseon pilihn writernim ? Dia gak ada ! Padahal itu moment terpentng dalam hidup istrinya . Wennyiol?

    ReplyDelete
  67. terimakasih,,,ini mewakili kekesalanku,,,
    sumpah serapah keluar terus setelah liat spoiler 20,,bener2 gak habis pikir,, ceritanya kayak gt,,pertanyaan besar menghapiriku 2 malam ini,,, DIKEMANAKAN KISAH JH><DS?????DIKEMANAKAN KARAKTER JH YG DULU??? DIKEMANAKAN MISTERI2 YG BELUM TERPECAHKAN ITU???Haaah lol banget aku nnton drama ini,,, aku bersyukur cuma 1 hal : aku bisa mengenal Ryu JOon Yeol,,,, itu saja... bagiku R88 cukup sampai ep. 18.

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Terimakasih airin,,ak mengerti knp kamu males bikin sinop 19&20.krn mnrt ak jg ending drama ini berakhir di epsd 18.ak adlh penggemar,drama korea dr dulu.baru kali ini nemu drama yg endingnya bikin emosi.udah dibikin galau berminggu2 untk ngikutin drama ini pgn lht ,bgmn kfirst kiiss ny dok sun ama jung hwan.tp apa yg ak dpt 2 episode terakhir bikin emosi.walaupun percaya ada kemungkinan 1% diending drama jing hwan berakhir bahagia,tapi apa daya sw nim n pd nim nya ngebuat karakter jung hwan berakhir dgn tragis.semoga cpt2 bisa move on dr drama ini.nunggu ryu yoenjol main drama terbaru lg yg lbh keren dr drama ini biar bisa ngobatin sakit hatinya ak.

    ReplyDelete
  70. Judulnyakan Answer Me / Reply 1988 . Tapi apa masih banyak pertanyaan2 yang belum terjawab , apalagi tentang JUNGHWAN ... Dll
    Hufftt ~~
    lelahnya hati ini dengan semua ini . Hahahaha ~

    ReplyDelete
  71. Aku jg mw ikt komen,sm ky airin dan smw team jung hwan perasaan aku hancur lebur dan ngerasa hampa saat bc spoiler airin ep 19-20.tp stlh kluar vapp nya ryu joon yeol hatiku sdkt trhbr.awalnya aku bnci bngt deok sun yg imbas nya aku jd benci hyeri jg tp pas joon yeol blng hyeri sdh krn bkn jung hwan yg jd swmi deok sun aku ralat benci ku bwt hyeri.YA TEAM TAEK EMNG SMW CLUE COCOK BWT TAEK tp kalian sbnrnya mengakui dlm hati kcl kan kalo sbgian bsr penonton reply 1988 baik yg netral atw shiper bora/sw memberikan cinta mereka bwt jung hwan meskipun dy ga dpt deoksun dy dpt smw cinta dr penonton.aku rasa award favorite couple ky yg d adain sbs/kbs yg menang pst jh/ds drpd tk/ds.mngkn kami shiper delulu trhdp jung hwan tp kmi jd shiper bkn krn WAJAH joon yeol tp krn karakter jung hwan yg loveable.dan aku yakin 90% shiper taek krna yg jd taek adalh PARK BOO GEUM yg aku akui wajah nya flower boys dan imut abis palagi kalo lg senyum.aku ga benci karakter taek cm nyayangin aja knp swnim ga bsa gambarin karakter taek sebagus dy gambarin jung hwan.kalo taem taek nyombong soal teori yg bnr tlng jgn komen d blog airin itu sm aja ky naburin garam k luka km team jung hwan.tp kalo kita bkn perbandingan drama ini sm pertandingan sepak bola.mngkn analoginya ky gini team A berjuang dr menit 1 - 90 dengan segenap tenaga dan bermain bagus tp krn ktdk beruntungan team A blm bsa mencetak gol entah bolanya cm kena tiang dll.tp d injury time team B medptkan kbrntungan lwt pinalti shngga team B menang krn gol pinalti.pst komentator bola akan blng begini stand aplalause bwt perjuang team A mski dewi fortuna tdk berpihak tp slrh pertandingan mlk team A.aku bsa blng gini krn aku suka bola dan team fav aku adlah liverpool,syng rjy fans MU.dan swnim itu seperti dewi fortuna dlm.pertandingan tersebut dan taek menang krn dpt hadiah pinalti mski menang tp ga dpt pujian dr penonton

    ReplyDelete
  72. Beneran ketipu sama SWnim hahaha.
    Menurutku sih, cerita keluarganya R88 emang mateng banget d sini. Perhatiin deh, masalah keluarga memiliki screamtime paling banyak d setiap episode, dan love line adalah pemanis yg bikin paber penonton hahaha. Aku berpikir bahwa hunting husband nggak akan hilang dari drama ini karena titlenya adalah reply series yg jadi ciri khas dan kunci kesuksesan drama ini.
    Masi ingatkan SWnim itu anti mainstream soal cerita dan cast. Sebagai penonton dgn berjuta teori jelas kita tdk akan terima dgn ending drama ini, tapi yg harus diingat bahwa SWnim tdk akan membuat cerita dgn teori yg sama. Jadi dari awal aku udah penasaran bgmn ending husband hunting game, krn SWnim nggak perna sama dalam membuat ending reply series. Itulah mengapa setelah nonton ep 20 aku jadi kepikiran, soal scene nikah d R97 kita nggak liat soal itu, sementara d R94 scene ini adalah yg paling membuat penasaran. Dan d R88 bahkan tdk d singgung soal pernikahan couple utama, krn pada akhirnya second couplelah yg memiliki tema d episode 20.
    Meski kecewa setidaknya kita harus menghargai karya SWnim, menjadi dibalik layar itu nggak gampang loh, aku ngerti banget krn aku jga ngerasain itu. Aku malah kagum dgn SWnim yg bisa membuat penonton ikut merasakan sedihnya jadi junghwan.
    Sekian komentar sy, hazuki-chan terima kasih untuk postingan2 R88 selama ini. Aku akan selalu jadi silent readers mu forever hahahaha. Sampai bertemu d reply series berikut hazuki-chan!!!

    From Tim Penyelamat SWnim dan PDnim 😅😅😅😅

    ReplyDelete
  73. Hai~

    Hati beneran hampa.
    Aku kira tim sebelah bisa bersabar untuk tidak komentar, karena disini memang dipenuhi oleh tim junghwan ataupun tim netral, jadi disinilah kami bisa berbagi perasaan bukan untuk menerima komentar dari tim sebelah lagi. Hufftt :( T_T

    Kalau dari awal porsi taek juga sama kayak junghwan aku ga bakal sakit hati sampe gini. Cerita episode 1-18 bagus, walaupun aku skip episode 17 karena ada kiss scene. Harusnya dibuat juga pengakuan cinta duksun ke junghwan. Banyak sekali adegan yang sia-sia. :(

    Ohya di V app, jun yeol aja kaget kalau bukan junghwan suaminya duksun. Yang mainkan perannya saja kaget, apalagi para penonton yang dikagetkan dengan ending seperti itu. Aku juga baru tau kalo First Lead Male / Suami First Lead Female itu ditelpon langsung sama staff bukan dikasting. *Ohh

    Junyeol sendiri baru dikasih tau pas shooting pengakuan cinta di episode 18 kalau bukan dia suami duksun, dan kayaknya PBG udah dikasih tau dari awal dia suaminya, soalnya dari semua BTS dia emang beda gitu kelakuannya. *Poor Junghwan*

    Semangat terus Airin, aku mengerti perasaanmu ♥♥♥

    *Maaf kalo ada kata-kataku yang kurang berkenan*


    ReplyDelete
  74. Hai airin. Makasih udh share isi hatinya disini, karena isi hatiku dan kekecewaannku sama besarnya sm yg airin rasakan. Pas baca spoiler ep 19 aja udh pengen nangis rasanya dan bersumpah ga bakal terusin nonton ep 19-20. Aku setuju sm airin hampir di semua poin. Se extreme nge shipper juga, tp entah ini dinamakan plot twist atau apalah, rasanya menjengkelkan junghwan dibuat seperti itu. Aku sampe menitikan air mata pas baca trivia ini hahaha. Mudah2an yah dalam waktu dekat ryu jun yeol ada project drama yg bisa mengobati luka kita semua.

    ReplyDelete
  75. Menurut sy saat kita menonton film dan drama yg kita mau nonton adalah alur ceritanya dan clue2 adalah bumbu2nya saja. Sejujurnya sy tidak pernah tahu tentang clue sebelum reply 1988 tapi sy sebelumnya sudah menonton reply series yg lain.
    Sy rasa banyak yg kecewa karena alur cerita cinta segitiga ini timpang ke JH dibandingkan ke CT.
    1. Waktu CT mendeklarasikan cintanya ke DS didepan teman2nya, kita disuguhka bagaimana galaunya JH dibanding rasa senangnya CT sudah bersama2 DS
    2. Saat CT membuka dompet JH, perasaan CT hanya disuguhkan di ujung episode, sedangkan di sepanjang ep diperlihatkan kegalauan dan tidak fokusnya JH
    3. Sewaktu di konser LSH, lebih difokuskan bagaimana perjuangan JH yg lari2 dan cepat2 menuju kesana dibanding perjuangan CT yg ngos2an sampai disana

    Reply 1997 diawal diceritakan bagaimana YYJ menyukai SSW baru diep selanjutnya diceritakan cinta YTW. Di reply 1994 diawal diceritakan cinta najunh kepada sseureki baru diceritakan cinta chilbong. Reply 1988 diawal diceritakan cinta JH ke DS baru diceritakan cinta CT.
    Jadi wajar kalau banyak yg menganggap JH adalah lead male bukan CT.

    ReplyDelete
  76. aku belajar dari R94 :v
    netral dlm hbungn OTP di R88, nggak mau terpuruk dan hilang semangat sprt wktu itu.
    kl buat airin R88 mengecewakan, bt aku sampai skrg dari semua seri Reply, R94 yg paling mengecewakan. haha,
    menunggu Reply yg lainnya. :)

    ReplyDelete
  77. Aku mau ngingetin adegan coklat. gimana mungkin DS bingung dengan coklat yg dia kasih kesiapa. (DS meletakan coklat di tas). apabila suaminya taek, taek saat itu kan ga sekolah dan tas yg ada hanya 4. kalau suaminya itu taek (yg ga sekolah). ga seharusnya DS salah pikir dia memberikan coklat itu kesuaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus juga rokok di jaketnya mami miran punya siapa ya?? jadi pingin nabok pd and sw-nimnya pake dompetnya mami miran dehh..

      Delete
  78. setuju bgt sama kak airin. rasanya aku pengen bgt ngetranslate postingan ini ke b.inggris terus aku kirim ke SW-nim, writer-nim, pd-nim dan semua crew. sumpah rasanya nyesel bgt klo inget kerja keras aku nonton ini drama, sampe aku bener2 tergila-gila dan pikiranku selalu reply88, tiap hari dengerin lagu ost nya, ngumpulin semua foto2 reply88, yg tadinya aku ga suka baca ff, jadi suka gara2 baca ff deoksun-junghwan, dsb. nyesel banget sumpah. aku bener2 kesel,marah sama drama ini, kecewa bgt sama writer nimnya. jujur, perasaan kak airin sama bgt kayak aku. aku harap ka airin jg ga akan ngepost sinopsis ep 19-20. udah cukup aku gakuat lagi. tapi aku pengen kak airin tetep posting tentang cast reply88, terutama hyeri dan junyeol. makasih kak atas semua postingan kakak, semua yg kakak omongin itu mewakili hati aku banget xD aku bener2 udah lelah, saking keselnya aku ngehapus semua ost reply88 di hapeku. bener bener udah cape dipermainin kayak gini

    ReplyDelete
  79. Hiks...hiks...hiks...aku juga sedih banget rasanya. Kenapa rasanya saya bisa merasakan sakitnya Jung Hwan ya... Kemarin sempat mikir kalo Deok Seon bakal nikah sama Jung Hwan, Taek pasti bisa baik-baik saja karena toh dia bakal makin fokus main baduk nya. Tetapi karena Deuk Seon jadi nya sama Taek, trus Jung Hwan gimana dong??? Perjuangan nya selama ini gimana? Perjuangan nya memendam rasa sukanya gimana? aduh kenapa rasanya pengen nangis buat pengorbanan Jung Hwan yang benar-benar sia-sia. Bahkan dia sama sekali tak dapat kesempatan berbahagia walau sebentar bareng Deuk Seon..hiks hiks

    ReplyDelete
  80. Yg jelas penulis lbh menghdpkan karakter junghwan dibanding.. mngkin pnlis awalnya gk mkr karakter junghwan bkln sebuming ini.. mknya kta jdi ngersa kesel dan kecwa sama keadaan junghwan..krna karkter taek trsa biasa dan saat brsama doeksun trsa datar .. difkr2 ko gk ada bts ber2 hyeri sam junyeol ya.. ada jga barng geng sklinya br2 cmn beberapa dtik..

    ReplyDelete
  81. “Ketika satu orang jatuh cinta, yang lain mungkin berpisah.”

    salah satu lirik lagu urri oppa chunnie .... di first albumnya

    ReplyDelete
  82. SUPERRRRR BANGETTTTT!!!! INI! INI KOMEN YANG AKU CARIIII :")))) makasiiiii chingu udah meluapkan komentar yang mungkin kita #teamjunghwan ngga bisa ungkapin. superr banget. makasii pol:) semoga pd, writernimnya bisa sadar ya

    ReplyDelete
  83. Semuanya sudah tertuang disini. Aku gamau ngomong apa2 lagi. Kak Airin uda nyampein semuanya. Cuma buat team sebelah santai bro, kalian uda dapet ending yang kalian mau jadi kita nyalurin kecewa kita pake cara apapun ya terserah kita, gausah ngurusin kita. Lagian kalian seneng kah dapet yang kalian "mau" padahal ngga masuk akal gini? Jelas2 suami-dewasa suka pacaran pas kuliah tapi tiba2 ternyata suami-yang-terpilih ngga sekolah.
    Aku gabisa nih nahan amarah lagi kek dulu, karna udah kapal karam, masa ya mau nyampein kekecewaan aja dibash juga. Lelah hati. Kalian seneng2 aja sana sudah nikmati ending yang kalian mau.
    Sama banget kak, aku masih belum bisa nerima ending dan berimbas pada pasangan-yang-anehnya-terpilih itu di dunia nyata. Aku masih gamau liat muka mereka untuk saat ini. Tunggu hatiku sembuh dulu kali ya baru aku bisa. Bukan salah mereka emang, cuma aku tetep gabisa.
    Yes. Bener kak. Poin terpenting dalam hal ini adalah... "Kalau interview itu untuk menceritakan kisah cinta mereka berdua, kenapa Junghwan lebih jadi fokus utama?" ini yang paling aneh dari semuanya. Bener.
    Aku gasuka karakter Dukseon (dalem percintaan) tapi ga benci Hyeri kok. Hyeri juga nangis pas tau Dukseon ga bersatu sama Junghwan. Pasti dia setengah hati meranin Dukseon di ep2 akhir. Disini yang salah writer kenapa bikin Dukseon jadi begitu? Perombakan besar2an selama seminggu terakhir MERUSAK segalanya. Sayang banget. Padahal bisa aja jadi drama terbaik tapi yah sudahlah.
    Everything abt this drama is amazing. Kecuali penyelesaian lovelinenya. Reply 1988 adalah drama yang bertemakan Keluarga, Persahabatan dan Cinta. Semuanya dikemas apik dalam 18 episode. Selesai.
    Reply series yang paling aku suka tetep 1997. Keseluruhannya. Seri ke-3 ini juga tapi cuma bagian familynya aja.
    94 dipertengahan lah :D
    Walopun hatiku masih sakiiiit, tapi lihat berita kalo Pd-nim mau ngeproduksi Reply 1974 tetep ngebuat aku excited hehe. Kagum sama karya mereka. Walopun ending ini emang mess banget.
    Aku harap Ryu Oppa bisa main lagi di Reply series entahlah aku masih pengen liat dia dalam kemasan itu hahaha :v Dan entah aku gila ato gimana, tapi Junyeol-Hyeri, aku pengen liat mereka dipasangin lagi di satu drama ato film :v aku uda terlalu dalam nge-ship mereka.
    Gapapa... Akhir2 ini pemenangnya bukanlah pemenang sebenarnya. Kaya Pacman-Mayweather yang menang May tapi yang dicintai Pacaman. Rossi kalah tapi seluruh cinta buat dia. Dan sekarang, Junghwan ngga dapet cinta pertamanya tapi dia dapet cinta dari seluruh wanita di Korea bahkan di dunia hahaha /plak xD
    Dia pemenang sebenarnya. Dia bukan 2nd lead. Dia Main character dan peran yang paling berpengaruh dalam Reply 1988.
    BETTY.

    ReplyDelete
  84. ini seratus persen sama seperti yang aku fikirin.bahkan aku sama temenku punya panggilan buat duksun,si otak ayam.emang ga salah kalo dulu bora manggil dia gitu.entah salah makan apa si penulisnya sampe bikin ending yang super aneh dan gagal total.saking keselnya aku mikir kalo emang cuma jadi cameo diending kenapa Junghwan ga dibikin tewas sekalian pas ikut tempur(ngakak pas dibilang botol soju lebih banyak screentime dibanding Junghwan di eps 20 wkwkwk).Kim Junghwan tetep pemenang sesungguhnya.dia pemilik kisah ini.jadi harusnya yg diwawancara ya Kim Junghwan bukan pasangan ajaib itu.

    tapi tetep suka sama 88 karena cerita keluarganya.kisah mereka terasa sangat nyata dan penuh kehangatan.aku fans berat keluarga Kim.kalopun nonton lagi palingan skip cerita kalo ada taeksun(asli masih dendam sama mereka).dan yah...97 is still de best buatku.
    tapi positifnya Ryu Junyeol jadi star yg paling bersinar.mendapat banyak simpati dan dukungan.dan membuatku jatuh cinta sejatuh2nya.completely tottaly fall for him.

    ReplyDelete
  85. TOSSSS!!!ini SAMA BANGETTTT sama perasaannn ku sama pikiraaann aku... aku nyeseekkk sebel kesel..rasanyaaaa kaya abis putus cintaa.. hukss.. aku blm ntn eps 19 dan 20, nanti aja kalo hatiku udh bisa move on..skrg msh sakit hati sm writernim.. huhuhu

    ReplyDelete
  86. Ini cuma drama, semua #teamjunghwan harus move on. Tapi drama ini memang sukses membuat galau selama berhari-hari karena memikirkan ending yang sepertinya dipaksakan. Memang hanya writer-nim yang tau apakah memang CT yang sudah dipersiapkan sejak awal utk menjadi suami DS (karena clue merokok di ep. 1) atau mengubah jalan cerita di 4 episode terakhir karena writer nim tidak mau ceritanya terlalu mudah ditebak. Tapi jangan salahkan #teamjunghwan karena kami merasa semua clue kecuali rokok mengarah ke JH. Meskipun disebutkan bahwa CT mengalami develop personality menjadi lebih terbuka, tapi CT tidak pernah bisa menjadi lawan bicara atau lawan debat yang seimbang bagi DS. Hanya JH yang sejak awal bisa menjadi lawan yang seimbang. Dan itulah yang ditunjukkan oleh clue futurenya. Jika pun di akhir dibuat bahwa CT tau juga DS pernah ditolak SW karena dari membaca diary nya, bukankah dia juga akan menemukan bahwa DS pernah menyukai JH. Karena terlalu banyak momen manis mereka berdua dan beberapa kali DS berlaku gokil hanya karena ingin diperhatikan lebih, seperti saat dipegang tangannya oleh JH karena pura2 kakinya keseleo. Dan meski kecewa dengan endingnya, aku tetap menyukai reri ini karena momen keluarganya sweet banget (terutama di keluarga Kim, ex: saat JH menangis karena terharu Jung Bong malah mengkhawatirkan hidungnya daripada operasinya, juga ketika JH mengalah pada Kim Sajang agar merasa senang dan melakukan saran Dong Ryong untuk menyenangkan ibunya).Tapi menyenangkan melihat kisah DS dan JH (sebelum ep 17 pastinya), terutama melihat bahwa hanpir setiap momen berkumpul bersama, mereka selalu bersisian :) Jika pun letaknya melingkar, dan ada seseorang diantara mereka, maka mereka akan duduk berhadapan. Jadi ak sudah bisa move on sekarang. Just remember the sweet moment guys. And sekali lagi, ini hanyalah drama.

    ReplyDelete
  87. Aku setuju dengan semua analisis hazuki, dan ya aku team jung hwan.
    Bahkan di ep 6 aja aku dengan mudah menebak bahwa suami masa depannya adl jung hwan.
    Sempat terbersit kenapa ini terlalu mudah ditebak?
    Tp akhirnya ada scene pengakuan Taek ke teman2 cowoknya. Dan akhirnya aku masih memberikan peluang untuk Taek.
    Bener kata Hazuki, ep 1-18 adalah cerita yg fokus di Jung Hwan. Itulah kenapa aku juga berfikir drama ini sudah berakhir di ep 18.
    Aku udh gk peduli lagi setelah itu, dan aku mengumpat penulisnya terus menerus.
    Dan terakhir aku bahkan berjanji tidak akan menonton Reply series selanjutnya jika ada, hanya krn aku sangat sangat kecewa dengan ending yg gk masuk akal ini.

    Salam dariku silent reader

    ReplyDelete
  88. ah ternyata aku gak sendiri merasakan sakit hati yang terdalam karna storyline yang ga masuk akal menurutku, rasanya masih ada yang kurang setelah nonton ini tapi memang itu kenyataannya, dan aku masih bingung di scene restoran saat taek menjumpai jung hwan, padahal aku sudah jatuh cinta banget ama karakter jung hwan yng tadinya aku second male lover pas kesini eh malah kepotek sendiri hati pas liat jung hwan gaadakejelasannya

    drama yang paing worse ending menurut aku.

    ReplyDelete
  89. Read point 1 hehe i think it makes sense
    https://mobile.twitter.com/vajayjayhope/status/688907857937350656

    ReplyDelete
  90. Aku rasa ada pihak pihak tertentu yg memaksa pnulis buat ngubah alur ceritanya. 😳😢

    ReplyDelete
  91. brrt tim reply 1988 sukses besar krn smp skrg msh ada 2 kubu besar yg memperebutkan siapa yg layak jd suami DS... hehehe..
    dr awal reply 1997 - 1994 dan 1988 sprtny tujuan memang sprt itu, wkt reply 1994 ak juga pengannya si cew sm si pemain baseball aja. hehehehe.
    tp dr ep. awal sih kayakny sdh ada clue juga kl suami DS itu Taek
    - ep. 2 ada scene masa kini dimana suami DS ak kan kembali setelah merokok, cow yg merokok diantara 5 geng cm Taek

    ReplyDelete
  92. Aku juga merasa kecewa dgn reply series yg satu ini. Dari awal sudah keliahatan bgt kalo jung hwan, tp kenapa endingngya aneh gini??? Kalo emg bukan jung hwan yg jadi suaminya deok sun, knp semua usahanya yg diliatin dr awal?? Kenapa deok sun jadi pramugari?? Kenapa yang diliatin dr eps 3 smpe 16 adalah scene deok sun dan jung hwan?? Tp ujung"ny eps 17 sma taek?? Sampe skrg aku jg blm bisa move on. Dan sebel tiap liat muka hyeri sma bo geum padahal mereka gk salah. Yg salah itu pd-nimny, knp bikin ending yg aneh kyk gtu. Aku sama kayak airin, hatiku tetep kosong smpe skrg, meski tmen"ku bilang move on ke cheesse in the trap. Tp yg ada dihatiku cuma jung hwan, dan cinta pertamany yg berakhir tragis, tanpa tahu siapa pengganti hatiny yg luka itu. Sedih dan miris kalo inget jung hwan dan cintanya yg tragis.
    Maaf jd comment panjang lebar. Ini jg merupakan kekecewaanku sebagai penggemar reply series.
    Nb: airin, laguny cocok bgt. Kalo bisa post translate dan romanjiny dong. Hehehe... Makasih..

    ReplyDelete
  93. airin tulisanmu adalah isi hatiku, saranghae chingu,,,,
    dr semua drama mulai tahun 2004 sampai skarang sy blm pernah merasa hancur dan sefrustasi ini ( inikan cuma drama coba,,, kok bisa sy jd semarah ini) sy bahkan tdk bisa makan dan cm tidur seharian mikirin ending cinta jung hwan, sy pun tdk bisa meneruskan ep 19-20 hanya bikin sakit hati,, semoga sy bisa melewati hari yg menyakitkan ini dan kedepanya gak ada lg drama yg bisa menyesakkan dadaku seperti R88

    ReplyDelete
  94. Maaf kak airin,aku baru jd penonton reply 88..
    Setelah ntn reply, gak sengaja aku baca sinopsis kaka,dan.. hehehe.. aku ngerti perasaan kakak... hehehe..
    Tp kak,mian ya.. klo boleh saran..
    Setelah tw siapa suaminya,coba deh tonton replynya lg... sebenarnya melihat dr sudut pandang taek,romantis juga loooohhhhh~~ ^^ dan drama ini bagus banget ceritanya.. lbh mature k keluarga(walaupun pemeran utamanya jd dibuang entah kmn -_-)(dan aku pengen tambah episode lg.. hiks...)
    Tapi aku SANGAATT SETUJU waktu kakak bilang seharusnya klo mmg mw ama taek,di kasih tw lbh cepat,dr ep.15 gitu jadiannya,jd banyak adegan mesra.. hahahhaaa
    Semangat ka airin,aku sangat terhibur membaca sinopsis kakak ^^
    *btw sangkin senangnya ntn drama ini,aku bantai 2 hari aja loh.. hahaha
    Aku udh mikir klo taek bakal jd suaminya,tp awalnya krna mw ngangek2in kakak2ku,eh ternyata bener,hahaha.. ^^
    Airin fighting!!

    ReplyDelete
  95. setuju banget...

    aku juga junghwanteam dari awal....
    udah jelas klo junghwan itu future husbandnya si DS...

    jelas banget klo endingnya diubah...

    aku juga ngrasa sakittt bangett, rasanya itu kayak udah terbang tinggi trus tiba2 jatuh dihempaskan gitu aja.....




    dari sikap dan clue2 yg ada udah je

    ReplyDelete
  96. Oke kalo dari saya. Point Anda memang benar, kenapa dibagian akhir ngga diperlihatkan ketika pemain sudah pada tua. Itu jadi pikiran saya juga sih. Lalu siapa yang men-interview dan untuk kepentingan apa? Tapi untuk hal lainnya, pertama ingatlah kalo ini drama keluarga yg menggambarkan keseharian kita. Ini memang drama tapi kalau DS nikah sama JH yaaa menurut saya jadi cerita drama biasa aja. Cewe berakhir dengan cowok cuek impian wanita. Menurutku si penulis emang mau gambarin apa aja sih yg bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Semua episode bagi saya masih masuk akal kok. Saya juga ngga ngerasa endingnya di rubah. Menurut saya Taek dewasa mirip banget sama bapaknya. Inget gak kalau dia berubah semenjak pacaran sama si DS? Memang perubahan digambarkan secara signifikan, karena kan Taek dari dulu sensitif, minum obat tidur sebelum sama DS. DS membawa perubahan buat Taek selama itu. Dan menurutku JH terlalu gengsi sih buat nyatain perasaannya. Karena lebih milih gengsi akhirnya telat kan ketika mau nyatain ya telat banhet, mendingan disimpen untuk diri sendiri. Wajar aja 1 geng gak tau. Selalu ada yang begitu juga kan di kenyataan? Mereka udah tau Taek suka trus tiba2 JH cerita jg sama geng kalo dia suka DS pasti malah jadi awkward rasanya JH akan terlihat egois aja. JH harusnya ngga usah terlalu gengsi dr awal. Kenapa kita diperlihatkan perasaan JH dr awal ke DS karena menurut saya si penulis pengen banget ngeliatin di keseharian kita ada loh yg seperti JH. Cinta tapi ngalah. Kalau menurut saya pertanyaan anda sih ya seperti anda Ingin ending yang sama seperti drama korea yang lain. Karena buat saya ending bersama Taek ini unik banget sampai bikin suamiku terharu juga. Ini opinion saya loh ya.

    ReplyDelete
  97. Baru selesai nonton R88, maraton 3d, nonton gara2 sukak bngt acting.y RJY d lucky romance. Ep.18 stop sejenak berkeliaran d blog krn berasa sakit.y tuh d sini lalu terdampar d blog ini dan wowwww penulis sama yg koment bener2 curhat.
    Hemm.., pd kritis smw ya, saya jg merasakn scene awal yg suami DS merokok & karakter.y saat itu dag nyambung, maka.y nunggu adegan JH merokok tp apa daya dia anak baik2. Ya sudah lah, drama ini sukses bikin galau n mengacaukan duniaq jd mari muv on. Lol

    ReplyDelete
  98. lagi nyari lagu, tau nya nyasar kesini, pas baca ternyata penggemar JH, sedikit masukan ini yaa No offense,
    sejak Nonton reply 1988 ini, menurut saya ini drama terbaik, semua episode punya maksud dan tujuan tertentu, dan endingnya emang juara banget, saya juga sempat bertanya, kenapa si DS ga jadi sama si Jung Pal, tau nya emang kesalahan si Jungpal sendiri, dia memang ragu ragu, dari situ diambil kesimpulan hidup itu ga boleh dengan keraguan, cinta ga boleh di sembunyikan, itu lah akhirnya kenapa si DS jadinya sama si CT, karena emang si CT dia orangnya Kompetitif, dingdong aja Ga mau kalah apalagi soal cinta..
    jadi menurutku drama ini paling sempurna dari segi manapun, cinta, kekeluargaan, persahabatan, bagaimana hidup bertetangga..
    jika dilihat dari satu sisi yaa pasti semua orang bakal Iba ke si Jung Hwan, tapi jika dilihat dari semua aspek, yaa ini drama bisa dibilang Sempurna..
    penulis disini ingin membuat sebuah drama yang se REAL mungkin, ga seperti drama drama yang lain yang penuh khayalan yang jika di dunia nyata itu ga mungkin.. begitu

    ReplyDelete
  99. setiap inget junghwan aku nangis ... masih baper ... #teamjunghwan

    ReplyDelete
  100. hai,everyone,seneng ketemu kalian disini.,, aku baru namatin R88 awal agustus kemaren,sampe sekarang aku ga bisa move on,,apalagi nemu tulisan ini,, makin jleb *backsong lee seung hwan (empty heart). beneran seperti apa yang kalian rasakan. aku tau banget apa yang kalian rasakan disini..tp apa ?? aku kenal oppa RJY lewat lucky romance, aku mank dh suka banget sama dia, aku selalu kenang dia di lucky romance, tiap aku keinget R88,jadi ga nampol banget lah.. btw,sorry bukannya berpaling tapi aku jadi kenal sama Bogum sekarang, hehheheee..


    but my heart masih ga bisa nerima ending R88.

    so buat aku pribadi, kalo dongkol saat inget ending nya R88,aku inget RJY oppa di lucky romance,., Udah itu aja.. salut buat kalian yg mencurahkan semuanya tuk Jung Hwan :D


    i Know what u feel girls :D

    ReplyDelete
  101. Tambahan lagi ni girl,dari JungHwan kita belajar bahwa apa yang kita perjuangkan,walau udah dengan segenap tenaga,doa,kalau waktu bilang enggak ya engga. aku selalu keinget kata" Junghwan saat dia mau nemuin Dukseon di bioskop, doi udah bertekad ni,udah berjuang ni,tapi ada aja gangguannya, kena trafficlight berkali",

    hufftt.. udah lah,, baper si baper,tapi dari JungHwan kita belajar menerima..


    Intinya.. saranghae RJY oppa.. keep JungHwan team

    ReplyDelete
  102. udah 9 bulan lebih dan hatiku masih sakit kalo inget Junghwan:""""
    fvkin writers!!!

    ReplyDelete
  103. PLIS DEH TEAM TAEK NGGA USAH KOMEN DISINI!!! BIKIN BOILING BOILING AJA! UDAH SENENG KAN TAEK SAMA DOKSUN?! NGGA USAH LAH MAKSAIN "REPLY88 INI DRAMA YG SEMPURNA, KEKELUARGAAN TOKCER, JANGAN DILIHAT DARI SISI JUNGHWAN AJA!" HELLOOOO KALO MAU NGOMONG ITU UDAH SANA KE FORUM SOOMPI ATAU DIMANA KEK, NGGA USAH DISINI!!! GRRR

    ReplyDelete

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story