[Trivia + Review] Reference Movies That I Watch Recently - Part 2



Masuk ke Part 2 ^^
Kewalahan kalau harus post satu-satu, jadi enaknya diginiin aja ya :)
Karena banyak yang request minta rekomendasi baru HAHAHHAHA.
Aku menonton movie random banged. Mana yang kira-kira mood di tonton. Kalau boring biasanya aku stop dulu, kapan-kapan lanjut lagi. Kalo yang asik malahan ga pake skip nontonnya XD

Di part 2 kali ini ada  8 movie. Silakan di cek, siapa tahu ada yang tertarik ^^


The Kirishima Thing (2010)

Alasan kenapa aku menontonnya:
  • Penasaran karena ada yang bilang ini movie bagus dan setelah di cek ternyata memenangkan banyak penghargaan.
  • Ada Ai Hashimoto. Aku suka banged Ai-chan selalu memilih movie yang berbeda dari kebanyakan artis seusianya. Sejak Amachan, suka banged sama Ai :)
  • Kamiki Ryunosuke. Karena dia seiyuu Kimi No Na Wa, jadi tertarik bagus ga sih hahhahaha (aku nonton sebelum Kimi No Na Wa rilis dan aku sama sekali ga tau kalo Kamiki ini voice actor *nangis di pojokan*
  • Masahiro Higashide.  Karena bapak-nya si kembar main disini jadi pengen nonton hehhehhe
Cast:  Kamiki Ryunosuke, Ai Hashimoto, Masahiro Higashide, Kurumi Shimizu, Suzuka Ohno, Mizuki Yamamoto, Mayu Matsuoka, Taiga ect

Seperti judulnya, movie ini menceritakan tentang 'Kirishima'. Karena di poster utama ada Kamiki, aku pikir Kamiki adalah Kirishima, ternyata 100 salah! HAHAHAHAHA.
Setelah menonton filmnya, aku mencoba melihat review di blog lain dan  mereka menyebutkan pembagian kasta di sekolah dan aku sama sekali tidak menyadari hal itu saat menontonnya.
Seperti biasa, aku menonton movie ini tanpa membaca sinopsisnya, jadi masalah kasta bla bla aku ga tau hahaahahh. Aku hanya menikmati proses movienya karena unik.

Ini movie sangat unik dengan ceritanya, mereka mengangkat beberapa POV / cara pandang terhadap sesuatu. Hmmmm, gimana mengatakannya ya, misalnya ada sebuah adegan, kalau dalam movie lain kan kita fokus pada sudut pandang si tokoh utama dan mengikuti alur dari pov tokoh utama, tapi di movie ini kita di ajak melihat mengenai sebuah kejadian dari POV beberapa tokoh di movie ini.

Nah, kejadiannya adalah mengenai si Kirishima ini. Katanya sih Kirishima ini libero berbakat dari klub volly sekolah yang tiba-tiba menghilang/tidak masuk klub bahkan mengundurkan diri. Dia tak bisa dihubungi.
POV pertama dari sang pacar, Risa yang menunggu Kirishima di luar klub untuk pulang bersama, saat mendengar Kirishima menghilang tentu saja ia terkejut.
POV kedua dari teman Risa, anggota klub bulu tangkis Kasumi dan Mika.
POV ketiga dari Hiroki Kikuchi, anggota klub baseball yang malas datang latihan dan Sana sang pacar.
POV keempat dari Aya Sawashima, anggota brass band sekolah yang menyukai Kikuchi.
POV kelima dari anggota klub film sekolah Ryoya Maeda.

Menghilangnya Kirishima ini menggemparkan orang-orang disekitarnya. Mereka khawatir dan mencoba menghubunginya. Klub volly sendiri harus mengganti libero mereka karena ada pertandingan dalam waktu dekat. Teman-teman di sekitar Kirishima benar-benar terpengaruh dan gempar atas menghilangnya Kirishima. Kecuali klub Film. Satu-satunya yang tidak terpengaruh atas menghilangnya Kirishima adalah Ryoya Maeda dan teman-teman klub filmnya. Mereka sedang membuat film untuk kompetisi, sayangnya tema zombie yang mereka inginkan di larang oleh pembimbing, jadi mereka tetap syuting sembunyi-sembunyi dan lucunya, selalu gagal karena pasti ada saja yang mengganggu syuting mereka.

Skor: 9/10 (Film ini sangat unik. Membutuhkan pemikiran yang dalam agar bisa mengerti ada apa sebenarnya. Aku mengerti kenapa film ini mendapat banyak penghargaan. Recomended! Tapi jangan berharap bisa melihat wajah Kirishima di akhir HAHAHAHHAHA)

Control Tower / Kanseitou (2011)

Alasan aku menontonnya:
  • Cover film menarik. Aku sudah mendownload film ini jauh sebelum aku mengenal Yamazaki Kento. Tapi lama mengendap dan belum aku tonton hahahahahaah. Padahal aku baca rekomendasinya di idws.
  • Ai Hashimoto. Aku ingat karena aku suka Ai Hashimoto, itu juga menjadi alasan aku mendownload film ini.
  • Yamazaki Kento. Yamazaki Kento adalah alasan aku menonton ulang movie ini HAHHAHAHA
  • Takahiro Miki. Aku suka cara directing Takahiro Miki yang indah sejak Hot Road, jadi aku menonton semua movie-nya HAHAHAHHAH
Cast: Hashimoto Ai, Yamazaki Kento ect

Control Tower menceritakan kisah 2 anak muda ini.
Kakeru adalah siswa SMA yang merasa kalau kehidupannya membosankan, selalu melakukan hal yang sama setiap hari, ke sekolah, belajar, pulang, tidur. Ia merasa hidupnya begitu begitu saja tanpa ada sesuatu yang berarti. Suatu hari saat ia bolos dan tiduran di ruang musik (aku lupa itu gereja atau ruang musik ya hahahha) ia melihat sebuah pesawat kertas terbang di atasnya. Ia bangkit dan melihat seorang gadis disana. Gadis itu adalah Mizuho, seorang siswi pindahan.

Mizuho bisa mengerti Kakeru karena ia juga merasakan hal yang sama. Ia bosa di dikte oleh orang dewasa dan dikatai macam-macam padahal itu tidak benar. Karena saling mengerti, mereka berdua menjadi dekat. Di Kelas, Mizuho tidak punya teman, ia pendiam dan tak peduli dengan sekitarnya. Kakeru ada di kelas yang sama dan mereka tidak saling sapa. Tapi sepulang sekolah, mereka berdua menghabiskan waktu bersama-sama dan menikmati hal-hal baru. Sejak Mizuho datang, kehidupan Kakeru tidak lagi membosankan.

Mizuho dan Kakeru menyukai musik. Mereka berdua bahkan menantang diri untuk menciptakan lagu dan manggung di sebuah cafe kenalan ayah Kakeru. Mereka menghabiskan waktu bersama menciptakan lagu dan tampil dengan baik. Tapi setelah itu tidak semuanya berjalan dengan baik. Masalah mendatangi Mizuho. sebenarnya Mizuho pindah ke kota itu karena ia dan ayahnya di kejar hutang. Mizuho sendiri mengakui kalau ia sering pindah sekolah karena ayahnya. Meski begitu ia tak bisa meninggalkan ayahnya. Pada akhirnya Ia harus meninggalkan kota itu.

Ini movie keren banged! Aku suka! Cara pengambilan gambarnya, kisahnya, apalagi saat mereka ke menara kontrol, indah banged. Aku suka bagian saat Kakeru mengatakan menara kontrol adalah penandanya, Mizuho bisa kembali kapan saja kesana.
Aku sangat merekomendasikan bagi fans Yamazaki Kento dan Ai Hashimoto.

Skor: 9,5/10

Have a Song on Your Lips / Kuchibiru ni Uta o (2015)

Alasan kenapa aku menontonnya:
  • Aragaki Yui. Meski aku bukan fans Yui, tapi aku suka dia di movie XD
  • Takahiro Miki. Lagi-lagi sutradar satu ini hahhahhahha. Aku udah tertarik karena Takahiro sensei sutradaranya XD Akhirnya dengan movie ini, aku sudah menonton semua movie Takahiro yang sudah rilis.
  • Posternya keren! Melihat posternya saja sudah membuatku tertarik untuk menontonnya.
Cast: Yui aragaki, Yuri Tsunematsu, Shota Shimoda, Wakana Aoi, Hayato Sano, Kyoka Shibata, Daichi Watanabe, Mayu Yamaguchi ect

Meski aku punya alasan menontonnya, aku juga punya alasan untuk menundanya. Sebenarnya ini movie aku download udah lama tapi belum ditonton karena temanya paduan suara. Aku biasanya tidak menyukai movie paduan suara, makanya masih ragu, tapi ternyata KEREN BANGED!!!!!!!!!!!!!!! Sama dengan tema brass band dan musik, aku bisanya tidak menyukainya, tapi ternyata kuereeen!!!!

Have a Song on Your Lips menceritakan tentang Yuri Kashiwaga yang kembali ke kampung halamannya dan menjadi guru sementara di sebuah SMP, menggantikan temannya yang sedang hamil tua. SMP itu adalah SMP lamanya. Ia juga menjadi pembimbing klub paduan suara sekolah menggantikan temannya. Tapi Yuri sifatnya tidak sukai para siswa, karena terlihat sombong dan tidak pernah tersenyum.

Sebentar lagi akan ada perlombaan paduan suara dan SMP mereka sudah siap ikut, jadi mereka ingin Yuri membimbing mereka. Yuri awalnya menolak tapi karena terus diminta, ia mengajukan syarat, kalau paduan suara mereka harus menambah anggota baru. Nazuna sebagai ketua paduan suara awalnya menolak, karena ia tidak setuju ada anak laki-laki di klub paduan suara mereka. Menurutnya anak laki-laki hanya pengganggu. Tapi demi perlombaan, akhirnya mereka melakukannya. Tapi anak laki-laki masuk ke klub hanya karena Yuri jadi pembimbingnya dan mereka tidak serius. Selain itu Yuri juga menugaskan setiap anggota klub untuk menulis surat untuk diri mereka 15 tahun mendatang dan mereka kesulitan menulisnya.

Selain mengenai paduan suara, masalah yang diangkat disini adalah mengenai Yuri yang sebenarnya adalah seorang pianis berbakat di Tokyo yang ternyata berhenti bermain piano setelah sebuah insiden di konsernya. Bukannya tidak mau, tapi Yuri tidak bisa memainkannya, karena trauma. Malam sebelum konser itu, ia memaksa kekasihnya datang menonton dan itu menyebabkan kecelakaan dan kekasihnya meninggal. Karena ia merasa itu kesalahannya, ia tidak bisa memainkan piano lagi.

Masalah lainnya adalah Nazuna. Ia tinggal bersama kakek dan neneknya. Mereka yang membiayai dan membesarkan Nazuna setelah ibunya meninggal. Ayah Nazuna terkenal di desa sebagai ayah yang meninggalkan rumah saat istri sakit dan membuang anaknya sendiri. Karena itu Nazuna membenci pria. Sekali ayahnya pulang, Nazuna membuka hati, tapi ternyata ayahnya malah kabur mencuri uang neneknya. Nazuna dibuang dua kali oleh ayahnya dan ia harus tetap bertahan.

Masalah lainnya adalah Satoru Kuwahara, salah satu anggota baru klub. Satoru adalah anak bungsu dari 2 bersaudara. Kakak laki-lakinya idiot. Ia selalu ditugaskan menjemput kakaknya sepulang sekolah. Ia tertarik pada klub paduan suara saat mendengarkan mereka menyanyi di hari pertama masuk sekolah dan ia juga mendaftar di klub. Tapi ia kemudian berhenti karena kalau ia masuk klub ia tak bisa menjemput kakaknya dan membuat ayahnya marah.
Satoru adalah satu-satunya yang mengumpulkan tugas surat untuk diriku 15 tahun mendatang. Dan sukses membuat aku menangis dengan suratnya. Selama ini ternyata ia merasa dia dilahirkan untuk menjaga kakaknya karena kakaknya tak bisa melakukan apapun. Itu membuat ia kadang membenci kakaknya, tapi ia menyayangi kakaknya.

Lagu untuk perlombaan mereka memilih lagu Tegami/Letter dan sukses masuk dalam playlist-ku. Lagunya KEREN BANGED!!!!!!!!!!!!!!
Aku nangis saat tahu arti lagu itu T________________T
Pokoknya ini film sangat di rekomendasikan. Plis tonton!

Skor: 10/10

Little DJ (2007)

Alasan aku menontonnya:
  • Aku tertarik karena sebuah potongan gambar movie ini. Aku menemukan potongan gambar movie ini dan aku sama sekali tidak tahu judulnya. Aku sempat bertanya di blog ini dan di twitter hingga akhirnya aku tahu judulnya dan menontonnya.
  • Kamiki Ryunosuke. Kapan lagi bisa nonton Kamiki yang masih imut-imut HAHAHHAHHA
Cast: Ryunosuke Kamiki, Mayuko Fukuda, Ryoko Hirosue ect.

Awalnya aku pikir ini movie hanya tentang DJ radio, ternyata salah HAHAHHAHA.
Tamaki adalah seorang produser radio untuk sebuah program musik tengah malam. Sayangnya programnya tidak populer, bahkan akan dihentikan karena sama sekali tidak ada request. Atasannya memintanya untuk mengambil liburan, memikirkan konsep baru. Dalam masa liburannya, Tamaki memikirkan tentang orang yang membuatnya ingin menjadi produser radio.

Taro Takano adalah siswa SMP (di asianwiki katanya SMP, tapi dia sekolah ga pake seragam, harusnya SD kan ya? ) anggota klub baseball. Ia sangat menyukai siaran radio malam dan selalu menirukannya sambil latihan baseball. Suatu hari ia pingsan dan di bawa ke rumah sakit. Sejak itu ia sering demam tinggi dan mimisan hingga membuatnya harus menginap di rumah sakit untuk perawatan dan tes.
Di rumah sakit itu, Taro bertemu dengan pasien lainnya, ada yang seumuran dengannya dan ada juga pasien dewasa. Ia memutuskan pindah ke kamar rawat inap berbagi karena bosan di kamar VIP sendirian.
Ia kemudian bertemu dengan Tamaki yang dirawat di rumah sakit itu karena kecelakaan dan seluruh tubuhnya di perban. Anak-anak memanggilnya manusia mummi.

Setiap jam makan siang di rumah sakit, musik klasik selalu terdengar dari siaran radio amatir yang dihubungkan ke rumah sakit itu. Taro tertarik dan mencari tahu dimana pusat siarannya. Ternyata pemilih siaran adalah dokter di rumah sakit itu juga dan tertarik pada Taro yang berbakat menjadi DJ dan mengizinkan Taro menjadi DJ radio amatir rumah sakit setiap jam makan siang.
Dimulailah hari-hari Taro sebagai DJ cilik di rumah sakit itu, sekaligus menjalani perawatannya.
Siaran radionya sangat disukai, bahkan dengan cepat berkembang, mereka juga menerima request dari rumah sakit dengan membuat kotak request disana.

Tapi penyakit Taro semakin lama semakin memburuk membuatnya absen dari siaran radio itu. Bahkan saat teman-temannya satu per satu meninggalkan rumah sakit, ia tetap disana. Hingga pada akhirnya diantara teman-temannya tinggal dia dan Tamaki. Setelah perban Tamaki lepas, Taro baru tahu kalau dia adalah perempuan. Taro jatuh cinta pada pandangan pertama tapi ia tidak pernah bisa menyampaikannya.

Movie ini lebih berat dari yang aku kira. Karena judulnya A Tales of Little Love Story, jadi aku pikir ini fokus pada kisah cinta mereka, ternyata justru Tamaki baru muncul di pertengahan HAHAHAHAHA. Tapi Movie-nya bagus banged. Hanya saja aku tidak terlalu familiar dengan lagu lama jadi aku kurang begitu menikmati musiknya. Dan suara Kamiki memang cocok jadi voice actor, suaranya halus banged!!!

Skor: 8,5/10

Lemon No Koro / The Graduates (2007)

Alasan aku menontonnya:
  • Aku suka posternya tanpa tahu ini cerita tentang apa. Jatuh cinta pada poster movie hal yang biasa bagiku. Aku merasa posternya sangat indah HAHHAHHAH.
  • Aku suka judulnya 'lemon no koro'. Saat pertama membaca judulnya, aku berfikir ini mungkin ada hubungannya dengan lemon, pasti ada sesuatu dengan lemon. Dan The Graduates, aku suka film-film tema kelulusan ^^
  • Pertama mengetahui dan melihat movie ini terpampang di web filmku.net, tanpa ragu, aku langsung mendownloadnya.
Cast: Eikura Nana, Mitsuki Tanimura, Naojiro Hayashi, Tasuku Emoto ect

Saat melihat poster dan judulnya, aku menebak ini movie tentang persahabatan mereka yang diposter dan kelulusan mereka. Tapi aku salah 100%. HAHAHAHAHAHA. Tidak ada persahabatan dalam movie ini dan bahkan kelulusan juga nggak dibahas. Tapi iya, ini kisah 5 tokoh utama kita sebelum kelulusan mereka.

5 tokoh dalam poster mengenal satu sama lain, tapi mereka tidak akrab, mungkin hanya mengenal saja. Tokoh utama kita adalah Kayoko Akimoto. Tapi aku lebih tertarik dengan kisah Kei Shirata.
Kayoko dan Kei berada di kelas yang sama. Mereka tidak akrab, hanya saling mengenal nama karena sekelas. Kayoko adalah anggota brass band, pintar, cantik, populer. Sementara Kei adalah siswi dengan nilai rendah, tidak tertarik belajar dan sangat menyukai musik, ia bercita-cita menjadi pengamat musik. Kei tidak terlalu menyukai Kayoko karena Kayoko punya banyak teman dan selalu ribut di kelas mereka, tertawa dan tertawa.

Kayoko sendiri menyukai member klub baseball sekolah, Sasaki. Tapi Sasaki adalah sahabat Takumi, teman SMP Kayoko dimana saat SMP keduanya saling menyukai. Selama ini Kayoko selalu menghindari Takumi, ia tahu Takumi masih menyukainya, tapi ia tak menyukai Takumi lagi, jadi saat mereka naik kereta bersama-sama, keduanya sangat awkward. Kayoko mengatakan kalau ia menyukai Sasaki dan Takumi mengerti, ia akan menjauh dari Sasaki demi Kayoko.
Setelah itu Sasaki dan Kayoko berpacaran dengan bahagia. Sampai masalah muncul diantara mereka.
KAyoko sejak dulu punya impian untuk kuliah di Tokyo dan ia sudah berusaha sampai sekarang dengan belajar dan belajar. Sementara itu Sasaki mempunyai nilai yang rendah, ia tak akan bisa menyusul Kayoko sekolah di Tokyo. Hal ini membuat hubungan mereka renggang.

Kisah Kei Shirata sendiri berkisar sekitaran impiannya dan musik. Kei tertarik pada teman sekelasnya, Kazuya, dimana ia baru menyadari Kazuya menyukai musik sama seperti dirinya. Saat tugas piket di laboratorium, anak kelas mereka tak ada yang datang. Yang datang hanya KAzuya seorang dan Kei terkejut, meski kelihatan agak preman, ternyata Kazuya bertanggung jawab, Ia bahkan shock mengetahui Kazuya adalah member band sekolah mereka. Kazuya dan Kei menjadi dekat karena mereka cocok satu sama lain, membicarakan musik dan musik.
Kazuya tahu impian Kei, jadi ia meminta Kei untuk mengomentari lirik lagu baru yang mereka buat dan bahkan memintanya menuliskan liriknya.

Kei kemudian mendapat masalah saat satu-satunya temannya, teman tempatnya berbagi, menjadi populer karena kritik-nya terhadap musik ada di halaman sebuah majalah musik. Kei kemudian menjadi ragu akan impiannya. Ia selama ini selalu mengatakan ia ingin menjadi kritikus musik tapi pada akhirnya ia tak bisa melakukannya, bahkan temannya sendiri yang selama ini selalu dibawahnya, kritiknya di terima di majalah musik. Masalah lainnya muncul saat Kei tahu Kazuya mempunyai pacar dan ternyata pacar Kazuya adalah anggota band mereka yang jarang latihan dan berteman dengan sahabatnya satu-satunya itu. Sahabatnya sudah tahu tau tak mengatakan padanya, padahal Kei cerita pada sahabatnya dia menyukai KAzuya.

Suasana hati yang gundah dan patah hati mengeluarkan inspirasi pada Kei untuk menulis lirik lagu. Dan ia berhasil melakukannya, memberikannya diam-diam pada Kazuya dimana mereka akan tampil saat festival sekolah mendatang.

Lirik yang dibuat Kei sendiri menyentuh hati Kayoko saat mendengarkan penampilan band Kazuya. Kayoko tahu Kei yang menulis liriknya karena ia pernah membaca catatan milik Kei yang ketinggalan di atap sekolah.
Kayoko seniri mengucapkan terima kasih karena lirik lagu Kei dan aku rasa keduanya berteman sebelum kelulusan mereka.

Aku sangat menyukai kisah Kei, aku bahkan menangis saat adegan sedih Kei. Tapi fokus movie ini lebih ke hubungan Kayoko dan pacarnya, entah kenapa aku merasa datar aja kalau adegan mereka berdua, apalagi adegan ending, tidak membuatku sampai menangis HHAHAHAHHAA.

Skor: 8,5/10

Moshidora / Drucker in the Dug Out (2011)

Alasan kenapa aku menontonnya:
  • Moshidora. Judulnya unik. XD
  • Tentang Baseball. Entah kenapa sedang ingin menonton movie baseball.
  • Yo Oizumi dan Shuhei Nomura. Ada ayahnya Mare dan Shuhei HAHAHHAH. Jadi kayaknya asyik gitu.
Cast: Atsuko Maeda, Minami Minegishi, Koji Seto, Sosuke Ikematsu, Haruna Kawaguchi, Nomura Shuhei, Yo Oizumi ect

Karena sedang ingin menonton movie baseball aku menonton drama ini dan aku shock karena berbeda dari yang aku harapkan. Tapi disitulah uniknya. Yuki Miyata adalah manajer klub baseball. Karena penyakitnya ia harus dirawat di rumah sakit. Minami Kawashima adalah sahabatnya sejak SD, dulu Minami adalah pemain baseball tapi ia berhenti setelah mengetahui kalau wanita tak bisa menjadi pemain pro. Yuki sangat menyukai baseball dan punya impian membawa klub mereka ke Koshien. Demi membantu Yuki, sampai Yuki sembuh Minami menggantikannya menjadi manajer di klub baseball.

Tapi Minami sama sekali tak punya pengalaman dan pengetahuan menjadi manajer. Ia ke toko buku dan pemilik toko memberikannya buku Management: Tasks, Responsibilities, Practises by Peter Drucker. Dengan buku itu, Minami belajar menjadi manajer dan menerapkan prinsip yang ada pada buku itu dalam klub baseball.

Klub baseball mereka sendiri sangat bermasalah. Mereka selalu kalah di putaran pertama pertandingan. Pelatih mereka tidak bersemangat. Anggota yang malas latihan tapi kalau pertandingan semuanya datang.
Minami mencoba menyatukan semua anggota tim, dengan bantuan Yuki manajer kesayangan mereka dan Ayano manajer kedua, serta pelatih mereka, beberapa hal mulai teratasi. Masalah dalam tim juga perlahan-lahan bisa diatasi, seperti Keiichiro pitcher berbakat yang tidak mau latihan meski datang ke lapangan dan kalau pertandingan dia selalu melakukan kesalahan.

Mungkin anggota klub baseball mereka tampak pemalas, tapi sebenarnya mereka berbakat kalau mereka serius. Mereka semuanya mencintai baseball, buktinya kalau pertandingan mereka datang. Dengan usaha Minami dan yang lain, mereka menemukan semangat baru tim dan membentuk strategi baru menuju Koshien.
Tapi masalah lain kemudian datang saat Minami mengetahui kalau selama ini Yuki menyembunyikan kondisi kesehatan darinya. Minami shock karena hanya dia yang tidak tahu mengenai hal itu.

Karena aku bukan anak IPS, part awal movie ini aku sama sekali tak mengerti, karena mereka membicarakan manajemen. Aku berusaha mengerti sih, tapi tetap ada bagian yang membutuhkan pemikiran dalam dan menurutku sedikit membosankan. Tapi paruh terakhir movie ini sangat seru. Apalagi saat pertandingan, bikin deg degan. Movie/drama yang ada pertandingannya memang bikin doki doki HAHAHHAHA.
Aku suka anggota klub baseball sekolah, mereka lucu-lucu dan sangat mencintai Yuki. Saat Yuki datang berkunjung, semuanya lari untuk menemuinya dan bahagia mereka bisa bertemu.

Skor: 8/10

Miracle Apples / Fruits of Faith / Kiseki no Ringo (2013)

Alasan aku menontonnya:
  • Aku menyukai movie-movie berlatar pedesaan. Saat aku meminta rekomendasi movie mirip Wood Job dan Little Forest, salah seorang pembaca blog ini merekomendasikan movie ini.
  • Dari judulnya, aku sudha tahu ini movie tentag perkebunan Apel, dan sepertinya menarik.
Cast: Sadao Abe, Miho Konno, Hiroyuki Ikeuchi, Tsumugi Hatakeyama ect

Movie ini berdasarkan kisah nyata petani Apel Organik yang kisahnya menarik perhatian lewat program acara NHK, dibuat menjadi novel pada tahun 2008 dan tahun 2012 dibuat menjadi sebuah movie.
Ini cerita yang mengharukan, aku nggak tahu berapa liter air mata yang aku teteskan saat menonton movie ini (lebay dikit), tapi KEREN BANGED!

Kimura Akinori adalah putera dari pemilik perkebunan apel di desa-nya. Tapi ia sama sekali tidak tertarik dengan pertanian. Ia lebih menyukai mekanik, membongkar mesin ini dan itu. Ibunya mendukung apapun impiannya meski ayahnya melarang. Tapi kemudian ia meninggalkan desanya dan bekerja di Tokyo di bidang yang ia sukai. Ia kembali ke kampung halamannya setelah sekian lama karena permintaan kedua orang tuanya. Dan ia mengikuti perjodohan keluarga meski awalnya ia menolak. Ia menikah dengan puteri tunggal keluarga pemilik perkebunan apel dengan harapan Akinori akan meneruskan perkebunannya.

Akinori menikah dengan Mieko yang adalah temannya saat SMA. Sebenarnya mereka tidak berteman, hanya saling mengenal. Mieko adalah gadis populer di desa kala itu dan semuanya iri karena Akinori mendapatkannya. Meskipun Akinori tidak tertarik dengan perkebunan apel, tapi dia adalah suami yang bertanggung jawab dan ia mulai merawat kebun apel mereka bersama ayah mertuanya dan Mieko. Suatu hari saat musim penyemprotan kebun apel dengan pestisida, Akinori mengetahui kalau Mieko ternyata alergi pada pestisida. Ayah mertuanya mengatakan kalau itu hal biasa, Mieko akan sakit selama sebulan setelah penyemprotan.
Tak tega melihat istrinya begitu, Akinori mencari jalan keluar dan bertemu para petani muda untuk mengatakan idenya mengenai pengurangan kadar pestisida yang digunakan. Akinori mulai melakukan hal itu tapi tidak berlangsung lama karena hama muncul. Saat itu Mieko sedang hamil anak pertama mereka, ia ke toko buku dan membeli buku mengenai cara merawat anak pertama. Saat ia mengambil buku itu, ada sebuah buku yang terambil olehnya, buku mengenai pertanian organik tanpa pestisida.

Awalnya Akinori merasa itu tidak mungkin. Meski begitu ia membelinya dan membaca buku itu sambil tertawa mengejek, tapi lama kelamaan ia sangat tertarik dan selesai membaca buku tebal itu dalam semalam. Ia bersemangat dan menyampaikan ide itu pada ayah mertuanya, ia ingin mencoba pertanian organik. Setelah memikirkan hal itu, ayahnya mengizinkan Akinori menggunakan satu petak kebun mereka sebagai percobaan.

Akinori mulai pertanian organiknya dengan mencoba berbagai macam bahan alami sebagai pengganti pestisida seperti jahe, bawang, dan bahan lain yang mengandung anti bakteri. Ia juag mengkombinasikan bahan-bahan, tapi sayang sekali, hal itu tak berhasil. Hama tetap muncul dan muncul. Tapi Akinori tidak menyerah, untung saja istri dan ayah mertuanya masih mendukungnya.
Sampai anak ketiga mereka lahir, Akinori masih mencoba dan mencoba dan mencoba. Bahkan sampai mereka kehabisan uang, 2 petak kebun mereka di jual dan keluarga mereka jatuh miskin.

10 tahun mencoba pertanian organik, gagal total. Keluarga mereka benar-benar miskin sekarang, tak ada yang tersisa, hanya kebun apel dengan hama dimana-mana, ulat disana sini. Akinori bahkan ke kebun dengan jalan kaki 2 jam. Ia selalu di ejek di desa sebagai pria gagal yang tak tahu menyerah dan membuat keluarga Kimura sangat miskin. Ia menghindari bertemu orang. Selalu di marahi kebuh apel tetangga karena hama apel Kimura asuk ke kebun mereka. Bahkan saat musim dingin Akinori ke kota mencari uang, tidak ada tempat tinggal ia menginap di luar tapi uangnya di curi. Ia meminjam uang ke keluarganya tapi keluarga tak mau meminjamkannya, mereka ingin Akinori berhenti keras kepala dan menyerah.

Setelah semua kejadian yang benar-benar mengiris hatiku yang menonton, Akinori sampai pada batas dimana ia mengetahui kalau puteri sulungnya mengambil penghapus milih temannya, memotong menjadi tiga untuk diberikan ke adiknya. Temannya bertengkar dengan Akinori meminta Akinori menyerah, ia kasihan melihat Hinako, anak Akinori seperti itu. Ia juga kasihan melihat keluarga Akinori.
Tapi Akinori tak bisa berhenti, karena kalau ia berhenti juga keuangan keluarga mereka tak akan kembali karena mereka tak punya apa-apa lagi. Akinori kehilangan senyumannya, ia bahkan ingin bercerai dari Mieko karena ia malu pada dirinya sendiri. Ia ingin menyerah malam itu tapi Hinako yang mendengarnya marah pada ayahnya yang ingin berhenti. Hinako mengatakan kalau ayahnya menyerah sekarang, maka pengorbanan keluarga mereka yang menanggung kemiskinan selama ini akan sia-sia.


Hinako pingsan setelah itu dan dibawa ke rumah sakit. mendengar puterinya sendiri yang mengatakan hal itu, membuat Akinori ingin mati. Ia meninggalkan surat untuk Mieko dan berjalan ke hutan dengan tali untuk bunuh diri. Akinori memang berniat melakukannya malam itu meski gagal beberapa kali, sampai ia melihat sesuatu. Ia melihat sebuah pohon apel hidup dengan baik di dalam hutan. Tidak ada hama di daunnya, tidak ada ulat, subur dan batangnya tegap. Akinori penasaran kenapa bisa dan setelah mencari tahu penyebabnya, ia menyadari kalau masalahnya bukan mengenai penyemprotan atau apapun dalam pertanian organik, tapi tanah tempat pohon tumbuh.

Menemukan harapan baru untuk menyelamatkan kebun mereka, Akinori mulai berkebun lagi. Kali ini ia tak fokus pada bahan penyemprot tapi mengambil tanah dari hutan dan membiarkan rumput dan gulma tumbuh disekitaran pohon apel. Mereka juga menanam tanaman lain seperti kacang dan sayur dibawah pohon apel.

Aku menangis sesegukan menonton movie in. KEREN BANGED!
Aku rasa ini adalah kisah perkebunan apel organik pertama dan memang sangat sulit untuk memulainya, melawan kebiasaan pertanian di desa, banyak yang memandang rendah. Akinori sendiri berhasil bukan setaun dua tahun, kalau nggak salah 12 tahun dia baru berhasil melakukannya.
Essay Hinako yang ia tulis sukses membuat aku menangis. Ia menulis mengenai ayahnya seorang petani apel yang mengurus apel tapi ia sendiri tidak pernah memakan apel hasil pertanian mereka. Saat itu aku baru sadar kalau Hinako memang belum pernah melihat bunga apel kebun mereka T_______T

Skor: 10/10 (Aku sangat menyukai movie ini dan masuk list the my fav japanese movie all time!)


Biri Gal / Flying Colors / Biri Gyaru (2015)

Alasan aku menontonnya:
  • Aku sudah lama tertarik dengan movie ini, tapi entah kenapa aku lupa kalau movie ini ada HAHHAHAAH, dan saat me-list, aku teringat akan movie ini.
  • Kasumi Arimura dan Nomura Shuhei. Aku bukan fans Kasumi Arimura, menurutku aktingnya biasa saja, tapi Kasumi selalu memilih movie yang aku sangat tertarik dengan kisahnya. Jadi meski aku kurang suka aktingnya kadang aku menonton movienya karena script nya bagus. Kalau Nomura Shuhei, aku memang suka sih HAHAAHHAH
Cast: Kasumi Arimura, Nomura Shuhei, Airi Matsui, Atsuhsi Ito ect.

Meski aku punya alasan menontonnya, aku ragu-ragu juga menontonnya. Karena melihat Kasumi blonde gitu, jadi males nontonnya. Tapi akhirnya kemarin malam aku mencoba menontonnya dan KEREN! INI MOVIE BAGUS!
Dan ternyata bener, akting Kasumi di Biri Gal ini bagus, dia cocok dengan karakter yang seperti ini, dari pada karakter-karakter yang sedih, feminin gitu XD

Biri Gal adalah istilah bagi anak perempuan yang mengenakan rok sangat oendek di sekolah, mewarnai rambut, suka pesta dan pokoknya anak nakal banged kelihatannya gitu.
Sayaka adalah anak pertama di keluarganya. Sejak kecil ia kesulitan mendapatkan teman sehingga ia sering di kucilkan di sekolah. Awalnya ibunya menyangka ia dibully, jadi dia pindah sekolah, ternyata masih saja tak punya teman. Saat masuk SMP, Sayaka bertemu teman baru dan ia mulai bisa bergaul dengan mereka, tapi sayangnya pergaulannya bebas, meski begitu Sayaka menikmatinya. Karena ia punya teman, ia sering main-main, suka bersolek di sekolah dan pesta di bar saat malam. Sampai SMA, dia masuk ke kelas paing rendah di sekolahnya. Ia tak peduli asalkan ia punya teman.

Suatu hari ia di skor karena sesuatu dan ibunya punya ide agar ia masuk ke bimbingan belajar. Karena tidak ada kegiatan, Sayaka menurutinya, uniknya, bimbingan belajar dibawah asuhan Tsubota sensei sangat menarik. Tsubota sensei memberikan metode pengajaran yang menarik bagi siswa, dengan mendekati mereka dg cara yang unik. Ia tahu hobi mereka dan mempengaruhi mereka untuk belajar mengenai hal itu. Seperti sayaka yang menyukai manga, ia memberikan manga pada Sayaka untuk belajar sejarah jepang dari sana. Pokoknya keren metode pembelajarannya.
Sayaka menjadi tertarik. Awalnya ia ikut hanya untuk main-main, ibunya tidak masalah, selama Sayaka menikmatinya. Sampai suatu hari ia membuat taruhan dengan gurunya kalau ia akan masuk ke Universitas Keio. Tentu saja semua orang tertawa akan hal itu termasuk ayahnya sendiri. Semakin dibilang tidak bisa, Sayaka ingin membuktikan kalau ia bisa melakukannya.

Tapi masalah di movie ini bukan hanya itu. Masalah keluarga Sayaka juga disorot, mengenai ayah Sayaka yang selalu meremehkan Sayaka dan fokus pada putera mereka Ryuta. Ayahnya bahkan tak mau membiayai Sayaka, padahal ia selalu membelikan sesuatu yang baru untuk ryuta yang ia bimbing agar menjadi pemain pro baseball di sekolahnya. Ibu Sayaka harus bekerja sambilan malam harinya untuk biaya Sayaka. Sementara adik perempuan mereka Mayumi harus melakukan pekerjaan rumah. Sayaka sangat membenci ayahnya karena hal itu.

Sayaka juga menjadi serius masuk ke Keio selain demi ibu, juga demi Tsubota sensei yang membelanya dan percaya akan ada potensi dalam dirinya. Saat semuanya meremehkannya karena ia tidka punya kemampuan, Tsubota sensei percaya ia bisa melakukannya. Tapi ibu Sayaka mengatakan ia tidak berharap banyak, asalkan Sayaka senang dan menikmatinya ia akan mendukungnya. Karena ini pertama kalinya Sayaka mempunyai sesuatu yang ingin ia kejar.

Tapi tentu saja masuk ke Keio tidak lah mudah dengan nilai Sayaka yang sekarang. Ia terus mengikuti tes percobaan dan selalu gagal. Ia belajar siang dan malam dan bahkan tertidur di sekolah saat pelajaran. Sayaka termasuk anak nakal di sekolah jadi ibunya sering di panggil. Tapi ibu yakin Sayaka anak yang baik.
demi orang-orang yang percaya akan dirinya dan juga demi teman-temannya yang percaya padanya, Sayaka terus berjuang hingga akhir.

Nomura Shuhei disini adalah anak nakal dnegan rambut blonde, tidak serius melakukan apapun, karena ia benci ayahnya terus mengharapkannya masuk jurusan hukum. Ibunya menyeretnya ke binbingan belajar itu dan dengan mudah Tsubota sensei memenangkan hatinya agar mau belajar demi balas dendam. Awalnya balas dendam Reiji disini adalah belajar seperti permintaan ayahnya dan nanti pas tes universitas memilih jurusan yang berbeda. Tapi lama kelamaan melihat betapa bodohnya Sayaka dalam pelajaran tapi tidak menyerah, ini membuatnya mengubah impiannya, caranya balas dendam adalah dengan melampaui ayahnya.

Aku sangat menyukai hubungan Reiji dan Sayaka disini.
Sayaka bukan gadis yang gampangan, aku suka kepercayaan dirinya dan harga dirinya tinggi.
Meski ia di remehkan, ia tetap ingin melakukannya. Gagal pun ia tetap berusaha.

Skor: 9/10 (recomended)




0 comments:

Post a Comment

 

Random Post

Clover Blossoms Fanpage

In My Radar

Watching :
- We Married as A Job
- Jimi ni Sugoi!
- Weightlifting Fairy
- Goblin
- The Legend of The Blue Sea
- Father I'll Take Care of You
- Beppin-san
- Gochisousan

Waiting Drama:
- Miss in Kiss

Waiting Movies:
- One Week Friends
- Your Lie in April
- Aozora Yell
- Itakiss Movie

Favorite Song This Time :
- Red Cheek Puberty - Galaxy
- Ben - Foggy Road
- Twice - Next Page
- Utada Hikaru - Hanataba wo Kimini
- LYn - Love Story